Unsur Logika Dalam Cerita Fiksi

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Kumaha damang? Wilujeng wayah kieu wae ea... ;-) Buat elo yang sering ngintip ke lapak ini, mungkin tau banyak siapa gue. Sebagai blogger dan reader, mungkin elo juga tau gimana gaya penulisan di lapak ini. Kalo apa yang ditulis di sini, jangankan elo, gue juga bingung apa tema lapak ini? Karna hal apapun pengen gue coretin di sini! Termasuk akhir-akhir ini gue lagi getol-getolnya belajar bikin fiksi. Tapi walopun masih dalam tahap belajar, seolah-olah gue dilahirin buat ngerusak pakem penulisan yang berlaku di kalangan penggiat fiksi.

Well! Ini cuma coretan tentang gue yang lagi musuhan ama logika dalam sebuah fiksi. Karna sok tau gue bilang, "Jenis cerita itu ada dua yaitu fiksi dan non-fiksi. Dan gue nganggep dua hal itu udah final buat ngereduksi arti kata 'gak logis' dan 'logis', gak masuk akal dan masuk akal."

Kalo upaya buat nulis kejadian yang bener-bener pernah terjadi disebut non-fiksi, maka upaya buat ngarang cerita yang diketahui belum terjadi atau dianggep gak bakalan terjadi disebut fiksi. Ketika cerita non-fiksi dan fiksi netepin logika sebagai salah satu unsur bercerita dalam setiap alurnya, next dimanakah letak imajinasi sang penulis?

Oke! Gue bakal nunjukin bahwa imajinasi dan khayalan selalu dapet tempat, bahkan dalam tulisan non-fiksi sekalipun! Penulis cuma perlu beradaptasi ama apa yang ditulisnya. Kalo elo ngelibatin imajinasi dalam tulisan non-fiksi (feature, laporan jurnalistik, perjalanan) apakah nantinya elo gak bakal keliatan konyol? Tentu aja enggak! Karna di sini, imajinasi berperan sebagai pelengkap deskripsi. Misal elo lagi ada di sebuah bangunan bersejarah, dan elo pengen bikin laporan tentang bangunan itu. Elo gak cuma harus nulis tentang warna, arsitektur, dan tahun berapa dibangun. Khayalin elo lagi ada di situ, saat pembangunan berlangsung! Ngerasa'in gimana romusha dan kerja rodi terjadi di tempat itu dsb. Di sinilah imajinasi elo dibutuhin. Dengan berbagai data perihal kejadian bersejarah yang pernah terjadi di dalam bangunan tsb. Secara imajiner, kiranya elo bisa ngerasain suasana ketika peristiwa-peristiwa penting tengah berlangsung di tempat itu.

So, apakah imajinasi juga dapet tempat dalam cerita fiksi? Gak usah ditanya, pastinya iya banget! Bahkan gue bilang, "Dalam fiksi, khayalan dan imajinasi adalah Raja!" Walopun sebagian literatur bilang kalo imajinasi dalam alur fiksi gak boleh ngerusak logika cerita. Mereka bilang jenis cerita yang murni berisi imajinasi disebut "fantasy-story" , di sinilah gue bingung! Berarti jenis cerita ada 3: non-fiksi, fiksi dan fantasy-story! Nah, kenapa gak bilang dari dulu waktu gue masih SD ?

But, it's OK lah! Kalo elo minta logika dalam fiksi gue tentang Rino yang ketemu ama Presiden. Presiden yang gak semua orang tau tempat ngumpetnya, tanpa jurnalis, tanpa paspamres dsb. Now, kita bakalan bermain logika!

Ahmadinejad, presiden Iran. Beliau penganut hidup bersahaja. Gak ada kursi dan meja di rumah beliau. Gak ada kamera, gak ada penjagaan. Rumah beliau selalu open buat siapa aja yang pengen nyampe'in aspirasinya.

Kedua, Saddam Hussein, alm. Presiden Irak. Yang ngumpat-ngumpet di akhir masa hidupnya. Jangankan media masa, sebagian keluarganya aja gak tau Beliau berada. ;-)

Rasulullah SAW dan para khalifah sesudah Beliau. Kalo elo ngira istana, pakaian dan kekayaan sebagai indikasi seorang kepala negara, elo gak bakal nemuin itu pada mereka. ;-)

Masuk akal atau enggak, itu pernah terjadi! Makanya tulisan gue yang kemaren ngangkat cerita tentang kepala negara yang sederhana dan bersahaja. Ada yang mau ngeritik? Silahkan di kotak komen, ea... Gue suka dikritik, kok! :-)

Karakter di hp gue hampir abis, sob! Elo gak bakalan ngelanggar hukum kalo elo gak punya logika dalam fiksi elo. So, keluarin ide dan imajinasi liar itu! Karna secara itu juga yang bikin Harry Potter dan Alice in Wonderland jadi fenomenal! ;-)

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :-)

Komentar

  1. Setuju deh kalo mas Eksak yg ngomong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, si mas mah maen setuju ajah! Hohoho

      Hapus
    2. lho soalnya ini yg ngomong mas Eksak lho,
      bukan orang sembarangan..

      Hapus
    3. Belom tau ya, mas? Kalo eksak tu orangnya suka sembarangan... Bhahaha

      Hapus
  2. uhuuy....ber api2 oi... Nitip salam buat Pak Pres yg lagi incognito ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ber api2 ? Kebakaran dong, mec! Iya deh, entar gue salamin... ;-)

      Hapus
  3. salam..
    Hehehe, ulasan yang menarik :)

    BalasHapus
  4. Fiksi itu bukannya yg "nggak pernah terjadi" alias masih nguplek di seputar imajinasi ea? Imajinasi = khayalan = hanya ada dan terjadi dalam pikiran. Oia, Fiksi yg kemaren udah kubaca. Dan, mau nulis apapun n gimanapun jalan cerita ato alurnya, kalo labelnya fiksi, ya suka2 si pembuat fiksi donk. ya nggak? :P

    Silakan Bang Eksak lanjutkan imajinasinya. Boleh dan bebas menuliskan imajinasi, asal nggak mengandung muatan yg menyesatkan dan dapat dipertanggungjawabkan. :P Banyak kog fiksi yg gak pake unsur logis. Contoh: Film Abraham Lincoln the Vampire Hunter.
    ~kalo ane sih malah nganggapnya, si pembuat film pengen mengatakan sesuatu yg lain. Abe si penumpas penghisap darah rakyat jelata. (mulai komennya melenceng deh) XD

    Kembali ke topik: trus trus, Non fiksi itu bukannya yg "Nulis berdasarkan data dan fakta" eaa? Dan, pelengkap utk menulis cerita NONfiksi itu namanya DATA. Bukan imajinasi. Hmmm, contoh: nulis feature perjalanan, kita pasti udah melakukan perjalanan. Kita catat segala hal yg kita temui dan rasakan selama perjalanan. Itu namanya data donk?! Bukan imajinasi.

    Kalo cuman imajinasi sih, cuman main khayalan. Kita nggak bener2 pernah mengalami dan bener2 meraskan. Cuma mengkhayal. Dan itu bisa jadi dituduh sbg nulis berdasarkan khayalan. Nggak bisa disamakan dg jurnalistik donk. @__@

    Mau logis ato gak logis, kalo cerita yg ditulis itu belum pernah kejadian di dunia nyata, bukannya bisa dikategorikan sbg fiksi? Contoh, novel2 yg berlabelkan fiksi. Mungkin ceritanya emang seputar keseharian manusia, tapikan itu hanya berdasarkan imajinasi si penulis.

    Mau masuk akal atopun gak masuk akal, kalo itu udah pernah kejadian di dunia nyata (n ada bukti bhw itu benar2 terjadi), bukannya bisa dibilang nonfiksi? contoh: Mukjizat para nabi. Kalo ada yg mau bilang kisah2 itu nggak masuk akal, tapikan ada buktinya. Kisah2 itu ditulis di kitab suci.

    FYI aku nulis ini belum buka KBBi. Gomene. :P
    satu lagi, CMIIW.Tapi koreksinya jangan pedes-pedes, ane lagi sensi. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. buset dah, komen ane panjang juga ternyata.
      :v

      Hapus
    2. aduuuhh, sampe lupa intinya. Intinya, ane sepakat sama uraian bang eksak. Mau logis atau nggak logis, yang namanya fiksi itu bebas. Sebebas dan seluas imajinasi yg menulisnya.

      Tapi ingat eaa, apa yg kita sampaikan, pasti akan dimintai pertanggungjawaban. Jadi, jangan sampe pembaca berpikir yg aneh2 aja deh. hehe..

      Hapus
    3. Wah! Baca komen elu kayak baca sebuah postingan, en! Bhahaha, berarti perhatian elo ke gue lebih bgt! :-P

      Emang semua yg kita lakuin bakal dipertanggungjawabin. Apa yg kita omongin, apa yg kita tulis, dsb. Selama apa yg gue lakuin gak ngebahaya'in dan gak ngehina orang laen, gue gak peduli ama apa prasangka orang! ;-)

      Menurut gue logika dalam fiksi adalah logika imajinatif, sedangkan logika dalam non-fiksi adalah logika factual.

      Masalah logika di dalam cerita fiksi sebenernya relatif banget, tergantung ama apa yg lagi kita tulis. Sebuah kisah bisa cukup disaji'in pake logika factual pada apa yg pernah terjadi, sementara kisah yg lain perlu pake logika fiksi menurut imajinasi si penulis. Tapi pastinya, kalo pinter maenin logika fiksi, penulis bisa lebih gampang beraksi dan pasang aksi tanpa kompromi.

      Kadang kita takut, tulisan kita dibilang, "gak logis atau gak masuk akal" karna itu kontroversial bgt ama kebanyakan penggiat fiksi. So, kenapa musti takut? Kita gak lagi nyebar propaganda konspirasi, kok! Hehehe...

      Buat elo, 'met nulis aja en! ;-)

      Hapus
  5. hehehe.. ini dia yg gue suka dari elo Sak! logika dalam fiksi ini yang paling gue sukai. itu semua yang akhirnya membangkitkan fantasy-story (asal jangan kelewat batas melogikannya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, ini yg gue bingung, bung! Kalo kelewat logika jadinya apa ea? ;-)

      Hapus
  6. kalo ga masuk logika tar jadi kurang membumi rasanya, om
    cerita sci-fi ala jules verne juga tetap menyisipkan nalar yang digabungkan dengan pemikiran futuristik

    yang ga pake nalar itu kayaknya cerita horor indonesia macam suster ngempot dan semacamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membumi gak membumi sih sebenernya bukan masalah, om! Kayak yg ente bilang, yg gak nalar kayak suster ngempot aja tetep banyak yg nonton. Berarti itu kan membumi banget! Bhahaha

      Hapus
  7. wa'alaikumsalaam warohmatullah
    saya ndak ngerti tentang sastra atau tulis menulis,
    saya cuma setuju dengan pernyataan imajinasi dalam tulisan non fiksi seperti featrus dsb untuk melebarkan deskripsi dan seolah2 menjiwaai. atau bahasa kerennya di lebay kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak yg gue tulis di atas sob... Dibilang lebay atau konyol, imajinasi tetep ada dalam non-fiksi skalipun. Tapi kan ya gak dilaporin scara lebay juga... Hehehe

      Hapus
    2. hmm...masuk akal juga kalau tidak dilebaykan,
      Kalau sampai di lebaykan malah jadi kayak iklan atau marketing

      Hapus
    3. Bhahaha, bisa aja mas agus, nih! Emang iklan banyak yg lebay, atau mungkin itu sbuah kewajiban? Hehehe

      Hapus
    4. sepertinya sebuah keharusan.jika ingin produknya laku

      Hapus
    5. Bener bgt, mas! Jangankan produk, capres aja ngiklan! Bhahaha

      Hapus
  8. Nah, di non fiksi pun sebenarnya ada imanjinasi (sedikit khayalannya) biasanya dengan permainan kata-kata sebagai pemanis kalau kata om eksak mah di bagian deskripsinya.

    Yang bedain kan emang ceritanya, fiksi or non fiksi kalau penggambaran dan cara ceritanya sih suka-suka penulisnya ya... mau lebai juga its ok selagi cerita intinya yang ia sampaikan benar pernah kejadian (untuk yang non fiksi) suka -suka ajalah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti intinya suka2 gue ya, zay? :-) orang bilang lebay, konyol, gak logis, gak masuk akal, biarin aja kan? Hohoho

      Hapus
  9. di baca dlu mas artikel nya , mantaapp nih untuk ane ke depan nyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, mas! Smoga bermanfaat... ^_^

      Hapus
  10. kalau bicara soal imajinasi ..aku nggak bisa komentar apa2, karena setiap orang punya imajinasi masing2 :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, sob! Imajinasi setiap org gak bakal ketuker! ;-)

      Hapus
    2. yang ketuker palingan sendal atau sepatu, atau mungkin baju dan pasangannya :-D

      Hapus
    3. Bhahaha, bisa aja si Abang ni! Apalagi sandal di mesjid ya, Bang... :-P

      Hapus
  11. kisah yang sepertinya fiksi tapi memang nyata dan dapat diterima logika.. terima kasih telah berbagi, minta folbeknya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi gak semua harus bisa diterima logika...

      Insya Allah! :-) thanks dah mampir di mari, sob... :-)

      Hapus
  12. saya cuma berata "liarkan imajinasimu" hehe
    sukses selalu gan :)

    BalasHapus
  13. .. jiach,, maen logika aja nich. gak denger lagunya Agnes ya?!? he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya pie! Cinta aja kadang2 gak ada logika! Apalagi fiksi? Bhahaha, elu kadang2 emang pinter, pie! Hehehe

      Hapus
  14. santai aj mas eksak, kalo fiksi yg kmrn dikritik, berarti tulisannya bagus *jempol* ;)

    menurutku, fiksi itu karya paling jujur, dan kita sebagai penulis bebas sebebas2nya mau nulis si cerita logis atw tidak.

    Lagipula, terkadang itu kembali ke pembaca kok, saya pernah nulis cerita dg tokoh berkepribadian ganda (which is itu sudah banyak terjadi), tapi ada aja yg mencemooh dan mengkritik habis2an cerita itu 'gila'. Pdhl mah dia-nya aja yg belum (atw ngga?) tahu soal itu kan? *ups* hihihi

    ealah panjang bgt komenku :P Yg penting tetap menulis yo mas ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelomnya, thanks ya, Rin! Tapi kita gak bakalan mandeg ampe di sini, kan? Hehehe, moga2 kritikan itu jadi lesson buat kita! ;-)

      Di sinilah knp ada twist dalam fiksi, mereka gak pernah nyangka ama apa yg ada di otak kita. Ketika mereka nemuin itu di fiksi kita, mereka seakan-akan gak terima! Hohoho

      #knp jadi berburuk sangka gini, ea? Hehe, maap! So, terus nulis kan? :-)

      Hapus
  15. Saya pernah nih nulis FF. Dan beberapa memang ada yang logis dan nggak logis.. :D

    Kalau saya pribadi sih menuangkan ide-ide di kepala ke dalam tulisan. Masalah logis atau nggak. Nah itu tergantung yang baca. Namanya juga cerita fiksi, iya kan? :D


    Tetap semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih, bee... So, kita balikin ke reader aja deh! ;-) namanya juga piksi! Hehehe

      Hapus
  16. Sumpeh, gw baru liat yang ini beberapa hari lalu saat gw komenin FF loe yang di BC #07

    Dan ini jawaban gw, Sak!

    http://nurusyainie.wordpress.com/2013/04/20/bukan-hanya-sekedar-imajinasi/

    Sorry, sementara gw proteksi. Kalau mau baca, hubungin gw di FB, gw bakal kasih passwordnya

    BalasHapus
  17. Aku ingin bebas dalam menulis fiksi yang utama pesannya dapet!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, Sob! Dan berikan pesan itu ... :-)

      Hapus
  18. dalem banget lo sak ! Terkagum kagum ane #speechless

    ini yg gue suka dari gaya loe " berwawasan , padat dan kena nusuk nusuk "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. What's? Apanya yg kena tusuk2? Kriminal dong gue, Kang? Maapin lair batin ea ... :-)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita ABG | Pendidikan Seks

BTW, Apa Sich Arti CMIIW, FYI, IMHO & LOL?

Belajar Bahasa Minang

Ayat-Ayat Teleportasi

Cerita Anak SMP | Bag. III: Geng