Postingan

[RESENSI] Sirkus Pohon

Gambar
Assalaamu 'alaikum,Lama hiatus bagi seorang penyampah dunia maya tentu saja membuat kalian dengan mudahnya melupakan gue, bukan malah merindukan gue. Iya, kan? Udah, ngaku aja ... I’m OK! Jauh berbeda dengan penulis buku yang bukunya best seller kemudian dijadikan referensi sastra, pasti nama mereka akan selalu dikenang sepanjang masa. So, nevermind. Anggaplah gue sekadar mampir menyapa kalian yang tak begitu mengharapkan kehadiran gue. Pendahuluan Sedikit cerita bolehlah, ya?Udah pertengahan 2019 dan selama tahun ini gue baru bikin 3 tulisan? Iya, 3 (tiga). Sedangkan tahun ini gue beli 4 buku. Eh, bukan sesuatu yang patut untuk dibanggakan, ya? Terus titik persinggungan keduanya apa? Tiga tulisan dan empat buku. Jadi ceritanya gue pengen nge-review salah satu buku tersebut sebagai tulisan keempat gue di tahun 2019 ini. Yeyy!*hadeuhh ...Buku pertama dan kedua adalah Buku Panduan Matematika Terapan (BPMT) dan Cara Berbahagia Tanpa Kepala (CBTK) karya Triskaidekaman. Dan dua…

eksak #16 | Kronologi

Gambar
Cerita sebelumnya, gue sebut Pentagram Ketiga. Kalo belum baca, mending baca dulu biar paham cerita selanjutnya.1. eksak #11 | Tanatologi.
2. eksak #12 | Livor Mortis.
3. eksak #13 | Victim Family.
4. eksak #14 | Kegalauan Sejarah.
5. eksak #15 | Hidden Message. Rani terpekur di ruang kerjanya, merenungi kasus pembegalan dan pembunuhan yang tengah diselidikinya. Foto-foto korban berserak di atas meja. Mulai dari foto di TKP sampai foto dari hasil autopsi. Tapi kasus pembegalan bisa saja dicoret dari catatan kasus, karena menurut pelapak motor seken di Pasar Maling, korban sendirilah yang telah menjual motornya. Itulah pengakuan si Pelapak setelah eksak memperlihatkan foto korban kepadanya.Rani memegang beberapa foto hasil autopsi. Bola matanya bergerak cepat. Perhatiannya meloncat-loncat dari satu foto ke foto lainnya dengan harapan menemukan petunjuk lain dari luka korban. Luka memar di belakang kepala, abrasi di buku-buku jari tangan dan ... bola matanya berhenti berputar, tertuju pa…

eksak #15 | Hidden Message

Gambar
Cerita sebelumnya, tepatnya tahun lalu.PrologDalam satu pemikiran yang kosong dan dalam, selalu ada esensi yang meruam di baliknya – penyakitan, lemah, lalu perlahan-lahan mati karena tak dimengerti. Percuma saja seorang pelukis menciptakan begitu banyak pesan yang tersirat dalam guratan cat di atas kanvas, jika tak satu pun penikmat lukisannya akan melihat, apalagi memahami serta mengapresiasi pesan yang tersembunyi di baliknya. Mungkin ini adalah sumber frustasi yang paling luar biasa bagi para seniman. Padahal Andy Warhol, Pop Artist tahun 60’an, pernah berkata:Jika anda ingin tahu siapa itu Andy Warhol, lihat saja tampak luar dari lukisan-lukisan saya dan tampak luar dari saya sendiri. Itulah saya. Tidak ada apapun di baliknya.Reaksi yang nyaris drastis ini berbicara banyak tentang segelintir kecenderungan untuk mencari makna tersembunyi, tapi lebih lantang lagi; berbicara tentang penerimaan bahwa kebanyakan orang tak peduli tentang makna yang tersembunyi. DialogSebutan Pasar Mali…

Rematch

Gambar
HomeFirst MatchVersusRematchScore

Segalanya busuk dalam cinta dan politik. Manipulasi informasi, debat penuh caci-maki, pamer misi dan kontes visi. Massa dari kedua calon pemimpin kita ini agaknya lebih rajin mencoreng muka lawannya ketimbang merias wajahnya sendiri. Di akhir lomba, gue yakin, keduanya akan muncul dengan garis muka yang sama. Kusut, berantakan, messy; like a clown in the end of parade.Rematch. Peta perpolitikan Indonesia tampaknya cuma punya dua figur; Jokowi versus Prabowo. Ini perhitungan popularitas saja. Sederhananya; Prabowo masih berada dalam posisi pesaing paling potensial bagi Jokowi. Pun, hanya Jokowi seorang yang bisa menandingi tekad pantang menyerah Prabowo sejak dari first match. Semua calon-calon lain tak memiliki massa maupun gaung politik yang cukup untuk melampaui mereka berdua. Bandwagon-nya sudah jelas; tinggal para badut-badut politik itu memilih mau jadi parasit untuk siapa."Kita seringkali tak ingat apa yang kita miliki, tetapi lebih sering m…

Insidious: The Last Key | Mungkinkah Jadi Chapter Terakhir ?

Gambar

Nyctophilia*

Gambar
No one can tell your story, so tell it yourself. No one can write your story, so write it yourself. There are days when I feel stuck. With no inspiration, I feel standing in the quicksand of useless. Perhaps I have a tendency to only update once a year, what's the point of having a blog at all. But soon I'll have it up and alive as much as I can to give myself some space to share some thoughts. I think the struggle with running a blog is that I have too much to say, but too little vocabulary to really express what I want to. Although I believe writing has the power to change and impact lives. Setiap orang tentunya punya karakter yang berbeda-beda. Ada yang suka curhat, ngungkapin uneg-unegnya kepada orang lain, sahabat, teman dekat dsb. Mereka biasanya udah bisa tenang pake metode curhat kayak gitu. Ada juga yang gak ngerasa puas dengan metode itu, kayak gue misalnya. Sering gue dijadiin tempat curhat, tapi gue sendiri males buat curhat balik. Ampe gue dibilang orangnya tertu…

Mengartikan Sebelah Mata

Gambar
SEBELAH MATA


Efek Rumah Kaca Sebelah mataku yang mampu melihat Bercak adalah sebuah warna warna mempesona Membaur suara, dibawanya kegetiran Begitu asing terdengar
Sebelah mataku yang mempelajari Gelombang kan mengisi seluruh ruang tubuhku Terbentuk dari sel akut Dan diabetes adalah sebuah proses yang alami
Tapi sebelah mataku yang lain menyadari Gelap adalah teman setia Dari waktu waktu yang hilang
Sebelah mataku yang mempelajari Gelombang kan mengisi seluruh ruang tubuhku Terbentuk dari sel akut Dan diabetes adalah sebuah proses yang alami
Tapi sebelah mataku yang lain menyadari Gelap adalah teman setia Dari waktu waktu yang hilang



SEBELAH MATA Adalah lagu lawas dari band indie yang beranggotakan Cholil Mahmud (vokal utama, gitar), Adrian Yunan Faisal (bass, vokal latar), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar). Sedangkan lagu di atas adalah ciptaan dari sang Bassist. Walaupun dirilis tahun 2007, tapi gue baru benar-benar mendalami artinya setelah berulang-ulang, setiap hari nem…