Friday, November 18, 2016

6 Hal Yang Perlu Elo Siapin Sebelum Demo




Assalaamu 'alaikum, Sobat! Apa kabar? Baik! Masih suka demo? Atau cuma ikut-ikutan aja? Kan demo lagi nge-trend. Sedikit-sedikit demo, sedikit-sedikit demo, kenapa kok demo cuma sedikit? Ya gak papa, sih ... karna demo adalah salah satu cara sekelompok orang atau golongan buat nyampein aspirasinya. Mulai dari aksi demo dengan orasi yang penuh esensi atau cuma aksi anarkis yang ngerusak suasana dan sarana aja.



Makanya perlu adanya persiapan sebelum elo dan massa elo ngelakuin demo. Persiapan yang bertujuan biar demo yang elo lakuin punya visi misi yang jelas, gak asal teriak trus ngamuk dan ngerusak sarana umum. So di bawah ini, gue bakal ngasih 6 hal yang perlu elo siapin sebelum demo, tentunya biar demo elo jauh lebih berkesan:

1

Musuh Bersama

Gak mungkin kita demo kalo suasana lagi tentrem dan adem ayem. Kita musti punya "musuh" yang emang pantes didemo. Gak harus manusia, bisa juga kebijakan atau peraturan yang gak sesuai dsb. Dan "musuh" itu harus sama, entar kalo beda malah pada kemana-mana. Yang satu demo tentang korupsi, yang lain demo kenaikan gaji, ada juga yang demo masak, demo alat pijet ...

2

Kostum

Ini juga penting. Jangan sampe salah kostum. Entar yang laen pake baju item karna berkabung atas hukum yang melemah, eh elo malah pake baju pink. Emangnya mau nonton chibi? Kan gak pas ...

3

Atribut

Kalo demo gak usah bawa-bawa bendera slank dan oi, ya ... bukan tempatnya! Gak lagi konser juga. Walaupun di konser musik apapun bendera mereka selalu ada, gak peduli yang bersangkutan diundang apa enggak. Sesuaikan ama apa yang lagi dimusuhin. JANGAN PAKE ATRIBUT AGAMA JUGA!

4

Provokator

Pasti pada mikir negatif kalo denger kata itu. Makanya sekalian gue lurusin, sebelum demo, ada baiknya ditunjuk salah satu dari elo buat jadi provokator. Pastinya provokator yang baik, yang memprovokasi pada keselarasan, kekompakan serta ketertiban umum. Bukan provokator yang suka memprovokasi buat bakar toko, bakar mobil dan bakar ban bekas.

5

Orasi

Siapin juga orasi yang keren. Kalo bisa diformat kayak iklan layanan publik atau pidato kepresidenan. Makin bagus format orasi elo, makin banyak juga yang ngedengerin, syukur-syukur aspirasi elo diterima dan diwujudin ama pemerintah. Jadi gak asal teriak-teriak aja, didenger enggak, radang tenggorokan iya. TURUNKAN HARGA SEMBAKO, NAIKKAN GAJI BURUH, TURUNKAN HARGA ARTIS PANGGILAN, eh ...

6

Wasiat

Kita gak pernah tau apa yang bakal terjadi di jalanan nanti. So, wasiat juga penting elo siapin buat keluarga elo di rumah. Bukannya nakut-nakutin, tapi risiko apapun di depan sana siapa yang tau? Gak tau juga kalo tiba-tiba ada peluru nyasar atau meteor jatuh tepat di kepala elo. Takut? Ya udah gak usah ikut demo, di rumah aja, nonton tipi yang nyiarin orang demo.

Gitu aja, Sob! Tetap bijak dalam berdemo dan damai dalam beraksi. Jangan demo kalo cuma ikut-ikutan atau cuma jadi massa bayaran, murah lagi. Happy Blogging and Keep On Fire! Wassalaam ... )



11 comments:

  1. Replies
    1. Gak! Mo ikut nyari jejak elo aja ...

      Delete
  2. Siiih kok jadi kece gini kaaak blognyaaaaa...

    eaaaa *gagalfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih aja ada yg buli elo di blog sak sak ...

      Delete
  3. Replies
    1. wkwkwk ... wasiat apa ini?

      Delete
  4. Karena saya wanita jadiii tambah 1 lagi yaituu ransum, ya iyyalaah perlu itu mosok demonya kelaperan... ga enak dong pas lagi teriak2 "ganyang" Eh ga boleh ya teriak begono haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, kok tinggal ganyang aja ransum yang dibawa ...

      Delete
  5. yg wajib bin kudu, klo mo demo ya siapin payung dungz om. panas ciiinn..
    habis tuw jangan lupa sunblock, camilan.
    eh ini mo demo apa camping syantip yaks? lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu ... ke pantai aja kaleee

      Delete