Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2016

BPJS Kesehatan, Haram?

Gambar
Assalaamu 'alaikum, sobat? Ketemu lagi ama gue yang udah mulai jarang-jarang apdet, males ngeblog, dsb. Langsung aja, deh! Udah pada tau, kan? Beberapa waktu lalu MUI memfatwakan ketidaksesuaian BPJS Kesehatan dengan syariah Islam. Meski belakangan fatwa tersebut "melunak" karna berbagai "tekanan" dari sana-sini. MUI sih gak bilang, "haram" cuma bilang, "gak sesuai syariah". Tapi "tekanan" itu tadi hakikatnya gak mengubah fakta keharaman BPJS ini. Kenapa haram?Ternyata BPJS Kesehatan haram gak sekedar karena mengandung unsur riba, gharar (kegakjelasan/spekulasi), dan kezaliman sebagaimana difatwakan MUI. Ada beberapa faktor lain, yang di antaranya justru mendasar banget. Melihat kegaksesuaian BPJS dengan syariah cuma karna mengandung riba, gharar, dan kezaliman, menurut gue itu gak pas. Alasannya, bisa aja BPJS disyariahkan biar sesuai dengan syariah. Caranya? Diilangin aja ketiga unsur tersebut. Dengan begitu, seolah masalah BPJS…