Saturday, May 14, 2016

Onde-Onde

Asal Muasal

Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri. Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto. Sejarah onde-onde dapat ditelusuri di Tiongkok saat zaman dinasti Tang, di mana makanan ini menjadi kue resmi daerah Changan (sekarang Xian) yang disebut ludeui (碌堆). Makanan ini kemudian dibawa oleh pendatang sana menuju ke daerah selatan Cina, lalu berkembang luas hingga daerah-daerah Asia timur dan tenggara. (Wikipedia)

Trus...

Kenapa kali ini gue ngebahas onde-onde? Karna gue lagi keinget ama almarhumah Simbah gue. Dulu di waktu-waktu tertentu (tepatnya pasaran jawa apa gue lupa), Simbah sering bikin onde-onde buat dijual di pasar. Namanya Pasar Templek. Gak tau kenapa namanya kayak gitu, makanya lebih baik kita ngebahas onde-onde aja. Onde-onde ala Simbah kalo gak berisi kacang ijo, biasanya diisi ama ubi ungu. Kalo gue bantu Simbah, pasti gue dapet bagian naburin wijen sebelum onde-onde siap digoreng. Dan satu lagi bagian gue, kalo onde-onde baru ditiris dari wajan, gue nyomot satu terus kabur sambil nahan panasnya. Bhahaha ...

Onde-onde & wijen.

Adalah 2 hal yang gak bisa dipisahin. Kalo elo beli onde-onde tapi gak ada wijennya, itu berarti bukan onde-onde atau onde-onde KW. Wijen (Sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) adalah semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae. Rugi banget kalo beli onde-onde tapi gak ada wijennya. Karna diteliti dari kandungan gizinya, biji wijen mengandung 50-53% minyak nabati, 20% protein, 7-8% serat kasar, 15% residu bebas nitrogen, dan 4,5-6,5% abu.

Berapakah jumlah biji wijen di atas sebutir onde-onde?

Mungkin cuma gue atau elo juga pernah penasaran, berapa jumlah biji wijen yang bertaburan di sebuah onde-onde? Nah, gini cara ngitungnya: dengan diameter 5 cm, luas permukaan onde-onde adalah 78,5 cm2. Gunakan rumus luas permukaan bola. Apabila kepadatan biji wijen 18 - 20 butir per cm2, maka jumlah wijen yang bertaburan di atas sebuah onde-onde paling gak adalah 1.413 butir. Kalo elo beli onde-onde yang wijennya kurang dari jumlah di atas atau jarang-jarang, itu pasti LCO2 (low cost onde-onde) !!! Bhahaha ...

This pen was made by flyingfisch. Edited by eksak.



17 comments:

  1. Onde-onde... nah ini termasuk salah satu makanan favorit saya. :)

    ReplyDelete
  2. low cost ONde2.. mantap kang eksak @_

    #ikutannyimak

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, kang Arif! Kemana aja?

      Delete
  3. onde-onde itu enaakkk,, apalagi isinya kacang ijo yang uda dikupas.. nyammm

    mas, template blognya kok jadi aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aneh gimana? aneh kayak onde2

      Delete
  4. Onde-onde enaknya kalau masih bangat

    ReplyDelete
  5. eh, boleh nanyak ya?
    Itu jumlah wijennya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dijelasin kan cara ngitungnya? ...

      Delete
  6. Kalo kami di sini, yang kammi sebut onde-onde itu yang dari tepung beras, dbulat2, kemudian di dalamnya ada gula merah, lalu direbus. Kemudian diguligkan di atas kelapa agak muda yang diparut. Kalo gak salah di Jawa disebut klepon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di penjuru Indonesia ada makanan sejenis entah diliat dari bahan atau bentuknya, tapi dgn nama yang berbeda-beda... hehehe

      Delete
  7. ooo..ada juga onde onde yg direbus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahloh, gue malah belom tau tuh Mbak yg direbus ... >_<

      Delete
  8. Onde mande~
    Thanks rumusnya Eksak

    Btw, template blog ini jadi so onde-onde yak? XDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, cuma background-nya aja kok, aang ... :0

      Delete
  9. onde-ondenya bagus amat........... gimana buatnya kang heeee

    ReplyDelete