Wednesday, January 27, 2016

Kinjeng - Kinjeng di Semarang

Assalaamu 'alaikum, Nda? Piye kabare? Blaik! Malah kakean coa, ik ... Ben dino kok takon kabar, wong sing takon kabarku yo rak ono. Njur piye, Jal? Awak, awak ... Iki ceritane gek nggedabrus logat semarangan mergo aku gek urip ning daerah Semarang. Sisan ameh nambah label anyar ning angkringan iki. Label anyar iki takjenengi "Semarangan" yo mbuh isine opo wae, sing penting mbahas tentang kutho Semarang. Sok tau, Kowe! Yo ben! Blog-blog'e inyong be ... lho kok maleh ngapak?

Hidup di Semarang, rugi banget kalo cuma kerja, pulang trus molor. Gak sangar kalo orang Semarang bilang. Padahal "sangar" kalo dalam bahasa Indonesia artinya "menakutkan" atau "medeni" tapi di Semarang digunakan lebih umum. So, pulang kerja (kalo gue pas kena shift siang), gue milih jalan-jalan bareng temen satu shift. Kemana kek yang penting hepi. Biasanya kalo gak ke Simpang Lima, ke Tugu Muda, atau ke daerah Stasiun Poncol. Nah, tempat terakhir yang gue sebutin tadi emang stasiun alias tempat pemberhentian kereta. Tapi geser dikit ke Jalan Imam Bonjol, gue bisa liat capung-capung tersenyum yang siap ngajak siapa aja buat terbang. Capung-capung itu adalah kupu-kupu malam bermodal sepeda motor yang coba menggoda setiap laki-laki yang lewat. Di sini mereka biasa disebut "gadis kinjeng" (kinjeng=capung -bhs. Jawa) atau "gadis mio" karna tunggangan mereka kebanyakan Mio.


kinjeng
Gadis Kinjeng

Sekarang agak seriusan, ya Sob! Karna kita bakal ngomongin tentang bisnis. Bisnis prostitusi di Semarang gak cuma di Sunan Kuning yang dianggep sebagai lokalisasi terbesar di Jawa Tengah. Tapi, jika kita menelusuri lebih jauh lagi, masih banayak banget bisnis serupa, walopun gak terlokalisasi. Salah satunya di jalan-jalan protokol Kota Atlas ini.

Pemandangan gadis-gadis seksi dengan dandanan menor sedang duduk santai di atas motor terlihat berjejeran di kawasan Stasiun Poncol itu atau di sepanjang Jalan Imam Bonjol. Merekalah para Gadis Kinjeng. Mungkin karna mereka sering ngegodain para pria yang lalu lalang di jalan tersebut sambil nangkring di atas motor dan "siap terbang" menuju pembaringan yang udah disepakatin. Penyedia jasa seks ini emang bisa diajak mbojo (kencan -bhs. Semarangan) baik di hotel kelas melati, maupun hotel berbintang.

bermotor
Nungguin Elo


Selain di sekitar Jalan Imam Bonjol, PSK bermotor ini juga kerap dijumpai di sekitar Jalan Pandanaran dan Jalan Ahmad Yani. Tapi di kedua area itu, mereka lebih bermain rapi ampe sulit banget dikenalin. Rata-rata setiap hari Gadis Kinjeng ini nongol ke permukaan antara jam 11 malem ampe sekitar jam 3 pagi. 

Dari penelusuran abal-abal gue, Ada dua titik transaksi lagi yang berada di sebuah minimarket sekitar Kawasan Tugu Muda dan Lawang Sewu. Gue anggep permainan mereka di situ lebih terorganisir. Pernah suatu malem gue lagi nongkrong ama temen gue di depan minimarket itu, tiba-tiba ada seorang wanita separuh baya bawa ipad yang nyamperin gue. Trus si Ibu itu (tampang-tampangnya sih ala mucikari atau mami-mami gitu) ngasih liat foto-foto cewek cakep di dalam ipad-nya. Tapi karna gue dan temen gue gak begitu interest ama modus yang dia lakuin, akhirnya si Ibu itu pindah ke cowok lain yang juga lagi kongkow di tempat itu. Dan kayaknya modus berhasil! Mencet-mencet nomor telepon sebentar, kemudian datanglah cewek bermotor dari kegelapan malam. Dan menurut taksiran gue, tentu aja cewek yang bermami gini lebih mahal tarifnya daripada gadis kinjeng yang di pinggir jalan tadi. Setuju kan, Lo?

mangkal
Yang gak bermotor juga ada ...


Ya, sekedar sharing aja sih, Sob! Kapan-kapan maenlah ke Semarang, entar gue ajakin nonton para kinjeng alias capung berterbangan di gelapnya malam. Bukan buat jajan yang enggak-enggak karna ada wingko babat, bandeng presto dan lumpia yang lebih enak dan pastinya halal.

See you, Sob! Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam ... :)




2 comments:

  1. lamo nian sy gk kemari peace2
    --
    mf br sempat mampir, dah setahun ini sy ngeblog lwt Hp

    ReplyDelete
  2. sama, Bro ... wak juga baru aja ... dad

    ReplyDelete