Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2016

Mereka Yang Ditunjuk Oleh Waktu

MondayFlashFiction Monday "Selamat datang." "Selamat datang di desa kelahiranku.""Desa bekas jajahan. Desa tempat terjadinya perang," katamu."Aku akan memandumu berkeliling-keliling desa. Mengunjungi rumah penduduk dan mewawancarai mereka sebagai narasumber untuk bahan skripsimu."

Alangkah senang hatiku mendapat pemandu cantik sepertimu. Gegas kukemasi perlengkapan perangku. Buku catatan, pena, recorder dan tak lupa kamera digitalku. Setelah berpamitan dengan ayah dan ibumu, kita pun berangkat. Menyusuri setapak demi setapak tanah desa yang mencengkeram jejak kepahlawanan. Langkahmu pilu. Menyibak rerumputan basah seolah itu genangan darah. Tapi kau tegar, paling tidak hingga saat ini. Saat waktu menunjukmu sebagai saksi masa lalu. Flash Narasumber pertama adalah seorang wanita paruh baya bernama Sakinah. Prajurit wanita dari satuan khusus. Ia menyambut kami dengan senyumnya yang indah. Hingga berkepala empat, ia belum pernah menikah. …

Kinjeng - Kinjeng di Semarang

Gambar
Assalaamu 'alaikum, Nda?Piye kabare? Blaik! Malah kakean coa, ik ... Ben dino kok takon kabar, wong sing takon kabarku yo rak ono. Njur piye, Jal? Awak, awak ... Iki ceritane gek nggedabrus logat semarangan mergo aku gek urip ning daerah Semarang. Sisan ameh nambah label anyar ning angkringan iki. Label anyar iki takjenengi "Semarangan" yo mbuh isine opo wae, sing penting mbahas tentang kutho Semarang. Sok tau, Kowe! Yo ben! Blog-blog'e inyong be ... lho kok maleh ngapak?
Hidup di Semarang, rugi banget kalo cuma kerja, pulang trus molor. Gak sangar kalo orang Semarang bilang. Padahal "sangar" kalo dalam bahasa Indonesia artinya "menakutkan" atau "medeni" tapi di Semarang digunakan lebih umum. So, pulang kerja (kalo gue pas kena shift siang), gue milih jalan-jalan bareng temen satu shift. Kemana kek yang penting hepi. Biasanya kalo gak ke Simpang Lima, ke Tugu Muda, atau ke daerah Stasiun Poncol. Nah, tempat terakhir yang gue sebutin tadi…

Mencoba Eksis Kembali

Gambar
Assalaamu 'alaikum, Sobat! Apa kabar? Kayaknya bukan kesibukan kerja yang bikin gue males ngeblog, tapi ya emang lagi males aja. Bahkan pas dulu gue cuma bersenjatakan hape jadul aja gue masih bisa nulis di sela-sela kerjaan gue, tapi sekarang yang malah ada komputer berkoneksi internet di depan idung, gue malah gak bisa manfaatin waktu. Kayaknya sih emang bukan karna gak bisa manfaatin waktu, tapi karna saking bodonya diri gue yang gak bisa manfaatin waktu yang ada. Ini sebenernya gue juga gak ngerti, apakah gue lagi nyoba posting apa karna gak ada kerjaan gara-gara kampus libur. 
Oh ya, Sob! Asal tau aja sekarang kerjaan gue berkaitan erat banget ama dunia kampus. Ya otomatis berhubungan ama mahasiswinya. Kalo berhubungan ama mahasiswa gue agak males, karna punya kita sama jadi kurang greget. Nah, karna bulan ini kampus lagi libur ya kerjaan gue jadi sepi. And now, whaddayathink'bout my job? Yang pasti bukan blowjob apalagi jadi ayam kampus. Karna itu gak banget! Bisa jadi g…