Friday, February 13, 2015

Petrichor, Simfoni Kala Hujan

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Yang lagi kehujanan di jalan mana suaranyaaaa? Yang lagi kangen mana pikiranyaaaa? Kadang gue suka hujan, kadang juga gak suka. Apalagi waktu rumah dalam proses renovasi kayak gini. Atap bocor,air masuk rumah, jemuran gak kering, becek dll. Gue cuma suka saat mendung dan angin berhembus, karna kerja lapangan gue jadi adem gak panas-panasan. Tapi mau gimana wong lagi musimnya? Akhirnya hujan pun turun. Ya udah dinikmatin aja, ada kombinasi perasaan aneh yang gue rasain pada waktu hujan tersebut: yang tadinya gak suka jadi ada perasaan tenang, nyaman, lega tapi sekaligus perasaan sesak dan rindu. Hujan seringkali ngingetin gue pada kenangan-kenangan yang sebenernya gak pengen diinget lagi. Gak tau kenapa pas hujan jadi kayak gitu banget. Hujan juga seringkali bisa ngasih gue banyak inspirasi.

papringan
Mendung


Fakta yang paling misterius dari hujan adalah bahwa hujan punya kemampuan menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa ngasih bukti ilmiah, para ilmuan cuma bisa bilang, 

"di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu."

hujan
Rintik-Rintik



Dulu kalo hujan, gue suka hujan-hujanan bareng temen-temen gue. Tapi itu dulu,Sob ... dulu banget, walaupun sekarang masih suka juga. Dulu paling suka lagunya A.T. Mahmud tentang hujan yang dinyanyiin ama Tasya dengan suara centilnya, "hujan telah tiba, hujan telah tiba, hore! hore ..." eh, salah lirik! Ini yang bener:

Hujan rintik rintik,turun rintik rintik
Dihalaman di jalan,hujan rintik rintik
Ambilkan payung untuk berlindung
Hujan turun,hujan rintik rintik


Hujan rintik rintik, turun tak berhenti
Di tengah rintik hujan, payung warna warni
Seperti jamur yang tumbuh subur
Disirami hujan rintik rintik

kaca
Tetes Rindu


Ternyata ada alasan ilmiah di balik fenomena kenapa hujan bisa nimbulin efek flashback dan rasa rindu kepada orang-orang terdekat kita. Gimana hujan bisa nenangin perasaan kita. Dan gimana hujan bisa ngedorong munculnya inspirasi pada diri kita.Gue jadi inget lagunya Opick feat. Amanda:

Hujan kau ingatkan
Tentang satu rindu
Di masa yang lalu
Saat mimpi masih indah bersamamu


jendela
Kenangan

Walaupun ada juga yang gak suka hujan gara-gara gak mau diingetin tentang kenangan di masa lalu. Contohnya kayak lagu Minang yang satu ini:

Angin malam usahlah didinginkan bana
Nak jan tabayang kisah cinto nan lamo
Awan hitam usahlah di turunkan hujan
Nak jan takana maso sapayuang baduo


(angin malam gak usah dingin-dingin
biar jangan kebayang kisah cinta yang lama
awan hitam gak usah nurunin hujan
biar jangan inget masa sepayung berdua)

Ooo, so sweettttt ... eh, gak! Itu pedih, Jendral! Okelah daripada bikin gak move on, sekarang gue langsung ke penelitian ilmiahnya ajah ...

Hujan dan Rindu


Do you love the good smell of rain? If so, you’re not alone. Dan bau itu disebut Petrichor. Petrichor adalah salah satu bau alami yang tercium saat hujan turun ngebasahin tanah yang kering. Pada tahun 1964, saintis Australia, Isabel Joy Bear dan R. G. Thomas, ngelakuin penelitian tentang aroma hujan. Mereka pun nyiptain istilah petrichor (bhs. Yunani, petra: batu, ichor: darah para dewa) buat ngejelasin fenomena tsb.

Ada 2 hal yang paling berkontribusi terhadap munculnya petrichor. Pertama, minyak yang nguap dari tumbuhan. Tumbuhan ngeluarin sejenis minyak yang mudah nguap yang kemudian terkumpul di berbagai permukaan, kayak misalnya bebatuan. Minyak tsb bereaksi dengan tetesan air hujan dan dilepasin sebagai gas ke udara. 

tumbuhan
Rumput

Kedua, geosmin yang dilepasin ama mikroba. Geosmin adalah senyawa organik yang dihasilin ama beberapa mikroba yang hidup di tanah, air tawar, dan air laut, kayak cyanobacteria dan actinobacteria. Geosmin dilepasin ketika mikroba mati, dan pas kena terpaan air hujan, geosmin terangkat ke udara dan terciptalah aerosol partikel geosmin dalam udara. Geosmin juga penyebab kenapa ikan air tawar biasanya berbau tanah. 

(Nature Journal, “Nature of Agrillaceous Odor.”)

Makanya kalo ada orang dibilang "bau tanah", mungkin dia jarang mandi makanya banyak bakteri. Ngebayanginnya, ikan aja yang mandi terus tetep amis baunya. Bhahaha ...

Petrichor, Aroma Penghanyut Pikiran Bawah Sadar


petrichor
Simfoni Hujan


Trus, kenapa hal tsb bisa nimbulin sensasi yang berbeda-beda?
Pada saat musim kering, tumbuh-tumbuhan tertentu mensekresikan sejenis minyak aromatik ke dalam tanah sebagai upaya adaptif terhadap lingkungan yang relatif kering, kemudian pada saat hujan, senyawa-senyawa ini naik ke udara.

Senyawa kimia yang dihasilin ama tumbuh-tumbuhan tsb kemudian bercampur dengan geosmin. Geosmin adalah zat kimia yang dihasilin ama bakteri berfilamen pada saat pembentukan spora, zat ini naik ke udara akibat tekanan hujan. Trus senyawa aromatik dan geosmin berbaur dengan molekul ozon. 

Ozon terdiri dari tiga unsur oksigen yang saling berikatan, terbentuk dari oksigen dan senyawa nitrogen yang “dipecah” oleh petir yang kemudian bereaksi ngebentuk ozon. Bau ozon mirip atau ngingetin kita pada bau senyawa klorin yang biasanya dipake dalam kolam renang.

geosmin
Senyawa

Dan senyawa yang dihasilin tsb ternyata punya efek aroma-terapi yang berkesan tenang, nyaman, serta ngasih inspirasi bagi yang menciumnya. Tapi beberapa peneliti nemuin bahwa aroma hujan yang dirasain tiap orang berbeda-beda karna hal ini mungkin dipengaruhin ama suasana hati penikmat hujan itu sendiri.  

When someone says they can smell rain coming, it may be that wind from an approaching storm has carried ozone down from the clouds and into the person’s nostrils.

(http://www.livescience.com/37648-good-smells-rain-petrichor.html)

Berbagai pandangan orang tentang hujan pastinya gak selalu baik. Buat yang lagi buru-buru mah bawaannya pengen ngamuk mulu. Tapi buat yang lagi santai, hujan itu banyak ngebawa berkah, adem, sejuk dan nyaman. Apalagi coba kita nanya ke orang Jakarte, "gimane, Sob? Udah surut banjirnye?" Kasian ... kasian ... kasian ...

deras
Banjir

So, pesen gue ... gak usah liat hujan, deh apalagi ampe hujan-hujanan kalo elo punya kenangan dan masa lalu yang pahit. Entar takutnya elo malah nangis-nangis, larut dan gak bisa move on. Mending elo masuk kamar, tarik selimut dan tidur! Buat yang lagi kebanjiran, moga bisa sabar dan tetep berprasangka baik ke Allah. Pasti ada hikmah di balik semua itu.

cerah
Move On

Ada lagu rindu, ada juga lagu sendu
yang belum juga bertemu, yakinlah masih ada waktu

Happy Rain, Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam ...:)




32 comments:

  1. Aku ingin menjadi hujan. Yang bisa memberikan kehangatan bagi hati yang dilanda resah. Bagi hati yang sedang rindu menanti. Bagi hati yang sedang diselimuti emosi. Harum air langit akan membawa ketenangan bagi insan yang mendamba kedamaian. Menjadi hujan untuk menyimpan segenggam ingatan yang tak ingin dilepaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu jadi hujan,aku pasti pengen hujan-hujanan terus. Aku gak bakal kedinginan karna hujanmu memberi kehangatan ... smoke

      Delete
  2. saya ada cerita menarik di balik hujan mas...ini cerita langsung dari pelakunya (kawan saya). saya akan ceritakan cersi kawan saya ya gan...

    dulu saya pernah punya anjing...sebut saja namanya abun. abut termasuk anjing yang menjengkelkan banyak orang namun sama saya dia selalu mengalah...pada suatu hari saya mengajak abun menuju kesuatu tempat...kami kehujanan namun saya masih tancap gas vespa butut saya...setelah sampai di suatu tempat tanah kosong abun masih duduk di vespa...saya mengambil motor pretelan dan berkata

    saya dilahirkan sebagai pembalap...kamu ingat tempat ini baik-baik. ini tempat yang akan mencetak saya menjadi pembalap.
    setelah sekian tahun berlalu sayapun pindah dan tidak ketemu sama abun lagi. mau tau yang dilakukan abun setiap hujan? dia pasti datang ke situ dan duduk termenung sambil kehujanan. akhirnya abunpun meninggal karena sakit di usia tua ditempat itu....

    sekarang tempat itu menjadi rumah sakit...dan ketika kawan saya sakit ia pulang kampung dan diantar kerumah sakit itu. ia sempat bicara kepada kawan lainnya..."jadi ingat abun, dulunya ia mati di tempat ini". sekarang kawan itu sudah tiada dan mati ditempat yang sama dengan abun sahabatnya.

    yang saya terharu adalah kawan itu tidak pernah menganggap anjing sebagai peliharaan...tapi dianggap sebagai sahabat....itulah cerita dibalik hujan kawan saya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cerita yang menyentuh, Mbah ... dan semoga kawannya Mbah itu diberi tempat yang baik di sana. cry4

      Delete
  3. aku gk suka hujan,.. klo pas mo brgkt kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah kerja! dad

      Delete
    2. wuahahaha...betul betuulll, peace2

      Delete
  4. kalo liat hujan, jadi inget dulu waktu kecil hujan-hujanan sambil main bola di lapangan, pulang basah kuyup kotor dg comberan dimarahin ibu deff

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahaha, senasib Sam ... happy

      Delete
  5. SUka banget "di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu."

    Lepas dr banjir dan efek rumah jadi bocor [ sebenarnya ya bukan salah hujannya tho], aku suka dengan hujan, suka dengan suaranya, suka dengan tetes-tets airnya yg memercik, suka ketika butiran-butiran beningnya menempel di helai-helai daun....hujan sejatinya penuh daya magis dan keindahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sejatinya juga adanya banjir, longsor, dan bencana lainnya kan emang salah manusia itu sendiri. Kalo hujan tetep aja rahmat yang indah bukan? happy

      Delete
  6. pokoknya saya suka hujan, walopun males keluar kemana-mana. Macet

    ReplyDelete
    Replies
    1. macet apa kebanjiran? drunk

      Delete
  7. aku suka hujan..tapi kalo terlalu sering hujan jemuran jadi gak kering deh *emak2 bingit

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan emak2 doang kok yg pusing, gue juga nyuci sendiri koq ... hehehe :)

      Delete
  8. Dalam hujan ada kenangan, sebagaimana dalam panas juga ada nostalgia.

    Kalo hujan teringat main bal-balan di waktu kecil di kampung. Main bal-balan paling seru itu ditengah hujan-hujanan, tiada banding. Ada tautan blog sampeyan di posting saya. Segera liat gih...salam

    ReplyDelete
  9. Salah masuk postingan nih...haha. Ada tuh pic yang tulisannya= hujan itu 1% air 99% kenangan. Eh tapi lebih keren lagi pic hujan itu 1%kenangan 99%inget mie rebus+telur+cabe:D.
    Btw, aku baru tahu ad senyawa petrichor . hmm masuk akal:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener tuh yang keinget ama mie rebus, apalagi sambil ngopi pasti Jos! hhehe

      Delete
  10. aku gk suka hujan,.. klo pas mo brgkt kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong bisa libur? Hohohoh

      Delete
  11. Kalo hujan teringat main bal-balan di waktu kecil di kampung. Main bal-balan paling seru itu ditengah hujan-hujanan, tiada banding. Ada tautan blog sampeyan di posting saya. Segera liat gih...salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya? Makasih ... salam kembali. :)

      Delete
  12. kalo liat hujan, jadi inget dulu waktu kecil hujan-hujanan sambil main bola di lapangan, pulang basah kuyup kotor dg comberan dimarahin ibu deff

    ReplyDelete
  13. kalau denger suara hujan, tenaaaaaaaaaaaaaaaaaang gitu,.... tapi tahu tahu tidur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saking tenangnya emang enak buat tidur! hehehe

      Delete
  14. surabaya belum hujan sampai sekarang omg

    ReplyDelete
    Replies
    1. semarang udah gerimis seminggu sekali ... dad

      Delete