Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2015

Pondok Cinta

Gambar
Kira-kira sepuluh jam yang lalu sebuah nomor tak dikenal menghubungiku. Katanya dari salah satu stasiun televisi nasional. Sebuah tawaran yang menggiurkan. Aku diminta untuk mengisi sebuah program siraman rohani, lengkap dengan rincian episode dan harga kontraknya. Tentunya itu adalah sebuah kesempatan yang harus dipertimbangkan. Sebuah awal agar aku lebih dikenal oleh masyarakat luas. Apalagi dengan nominal harga kontrak yang cukup menggoda, bukankah nantinya hasil itu bisa kupakai untuk meneruskan pembangunan komplek asrama putra yang terbengkalai? Tapi yang terpenting tetap pada niatan dakwah, menyampaikan ilmu pengetauan agama kepada umat.

Waktu terus merayap. Beduk magrib telah ditabuh.  Tampak olehku para santri berbondong-bondong menuju masjid. Aku sendiri mengambil air wudu. Sejenak kemudian terdengar kor “Aaamiiin” dari masjid yang diimami Romo Kiai. Tak lama berselang, koor dengan lirik yang sama pun terdengar dari pondok putri, dekat sekali di telingaku. Mengalun syahdu jau…

Petrichor, Simfoni Kala Hujan

Gambar
Assalaamu 'alaikum, Sobat! Yang lagi kehujanan di jalan mana suaranyaaaa? Yang lagi kangen mana pikiranyaaaa? Kadang gue suka hujan, kadang juga gak suka. Apalagi waktu rumah dalam proses renovasi kayak gini. Atap bocor,air masuk rumah, jemuran gak kering, becek dll. Gue cuma suka saat mendung dan angin berhembus, karna kerja lapangan gue jadi adem gak panas-panasan. Tapi mau gimana wong lagi musimnya? Akhirnya hujan pun turun. Ya udah dinikmatin aja, ada kombinasi perasaan aneh yang gue rasain pada waktu hujan tersebut: yang tadinya gak suka jadi ada perasaan tenang, nyaman, lega tapi sekaligus perasaan sesak dan rindu. Hujan seringkali ngingetin gue pada kenangan-kenangan yang sebenernya gak pengen diinget lagi. Gak tau kenapa pas hujan jadi kayak gitu banget. Hujan juga seringkali bisa ngasih gue banyak inspirasi.


Fakta yang paling misterius dari hujan adalah bahwa hujan punya kemampuan menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa ngasih buk…

Androgini

Gambar
Malam Sabtu. Setidaknya satu hari dalam seminggu, ada waktu yang ditunggu. Waktu untuk melihat dunia luar dari sebuah sangkar. Menguak sesuatu yang samar, mengais hal yang tak pernah diajar. Ditemani solmisasi jangkrik dari balik semak, mulai kacau karena kopi di gelas mulai berkerak. Berkubik-kubik asap menyembur dari bibir yang melegam, beradu dengan malam yang semakin kelam.
Dua buah buku tergeletak di samping gelas yang hampir tandas. Bada’iz  Zuhur karya Ibnu Iyas dan Moses and Monoteism karya Freud.
“Eh, Kang! Sampeyan ngiranya Nabi Musa tuh laki atau perempuan?”
“Semprul! Pertanyaan macem apa itu? Yang namanya Nabi ya laki-laki yang nerima wahyu, sampeyan kok aneh!” jawab Kang Rofiq ketus.
“Tapi menurut hasil penelitian Irwin Braverman, seorang peneliti di Yale University, Akhenaten atau Pharaoh dari dinasti mesir ke-18, ternyata mengalami mutasi genetika yang menyebabkan ia memiliki kecenderungan androgini, Kang! Nah, dalam buku Moses and Monoteism ini,  Freud mencatat Akhe…

Pure CSS Everlasting Love

Gambar
Assalaamu 'alaikum, Sobat!'em so sorry for my lately post. Kali ini gue pengen nulis tentang "everlasting love". Artinya kurang lebih adalah "cinta tanpa akhir", "cinta yang bakalan selalu ada", "cinta yang gak bakal abis", atau apalah terserah elo pengen ngatiinnya gimana. Sebenernya kata-kata itu udah malang-melintang di mana-mana, di quote-quote tentang cinta, di lagu-lagu tentang cinta, di film-film tentang cinta, pokoknya yang berhubungan ama "love". Jujur gue sendiri tertarik ngedalemin kata-kata itu (apaan coba?), setelah gue ngeliat salah satu iklan pelembut dan pewangi yang yang nampilin dunia kain dengan boneka-boneka lucu yang lagi acara audisi vokal. Di iklan "mloto" itu si cewek kecil ikut audisi dengan nyanyiin sebuah lagu. Trus gue penasaran ama entu lagu. Jadi deh gue nanya ke nenek gayung, eh maksudnya nenek gugel pake macem-macem kata kunci. Mulai dari "lagu di iklan mloto", "soundtrac…