Sunday, January 11, 2015

Goa Rong View






Gua Rong View

Panorama 5 Gunung

ENTER SOUTHERN SEMARANG

Sebenernya tempat ini bukanlah tempat yang baru buat gue dan keluarga gue. Dari semasa gue SD, gue udah suka maen ke tempat ini. Gua Rong adalah sebuah gua di atas bukit dengan ketinggian 998 meter di atas permukaan laut. Berlokasi di desa Ndelik, kecamatan Tuntang, kabupaten Semarang. Jaman SD gue tentu aja Nggunung Rong (rong = lubang) gak kayak sekarang ini. Jalan menuju ke puncak juga gak aspal kayak sekarang. Juga bukan tempat wisata. Konon lubang Gua Rong panjangnya gak terukur. Menurut cerita orang-orang tua, Gua Rong adalah tempat bertapanya orang-orang suci zaman dulu. Katanya, para petapa ini dengan kebersihan hatinya, bisa masuk lubang Gua Rong dan keluar di Demak. Sekarang kawasan ini dikelola oleh Perusahaan Daerah Citra Mandiri Jawa Tengah (PD CMJT). Trus dikasih nama Gua Rong View. Dinamai begitu karna dari atas bukit, kita ditawari pemandangan yang menakjubkan. Dari bukit yang gak terlalu tinggi ini, kelihat jelas Rawa Pening dan kalo beruntung bisa ngelihat lima gunung berjajar dari utara ke selatan: Merapi, Telomoyo, Ungaran, Sindoro, dan Sumbing.


view
Rawa Pening dari puncak bukit
Dari Kota Semarang untuk menuju bukit Rong bisa di tempuh pake sepeda motor. Dari pertigaan Bawen ambil arah solo, trus entar ngelewatin jembatan Tuntang ada pertigaan pos polisi ambil arah kiri. Trus ikutin aja jalan ampe lapangan desa Ndelik. Ambil arah lurus kira-kira 200m ada pertigaan ambil kanan ampe ujung jalan, trus ambil arah kanan lagi. Di sekitar area ada papan yang nunjukin rute Gua Rong berada. Kalo masih bingung, gue saranin buat nanya ama warga setempat.

GUA RONG

Dengan membayar tiket retribusi Rp.3000,- di hari biasa serta Rp.5000,- di hari Sabtu dan Minggu, kita bisa milih buat parkir kendaraan di pos jaga atau di lokasi wisata dengan biaya parkir Rp.2000,- buat sepeda motor serta Rp.4000,- buat mobil. Langkah kaki yang menaiki tanjakan menuju Goa Rong gak bakal kerasa capek pas ngeliat sekeliling jalan dipenuhin ama pepohonan serta sesekali memandang jauh daratan yang ngebentang di wilyah Kabupaten Semarang.


loket
Loket Masuk
Dengan ketinggian mencapai 998 mdpl, tentu kita perlu nyiapin fisik sebelum bisa memulai petualangan di bukit rong ini. Meskipun tidak terlalu tinggi, tetep aja kita perlu berhati-hati. Perjalanan yang ditempuh dengan melewati jalanan berkelok dijamin gak bakal ngebosenin. Dengan pemandangan indah di kanan kiri nemenin perjalanan kita. Disediain juga kendaraan, mobil ataupun motor dari pengelola bagi kita yang ngerasa gak siap secara fisik buat naik ke puncak. Jangan lupa juga bawa kamera buat mengabadikan keindahan pemandangan yang kita temuin. Ada beberapa spot di sepanjang perjalanan yang akan ditempuh menuju ke puncak yang sayang banget buat dilewatin. Wisata ini sendiri belum terlalu dikenal masyarakat luas, cuma wisatawan dari daerah sekitar seperti Semarang, Ungaran dan Salatiga yang tahu dan sering berkunjung di hari libur.

love is felt togetherness

Mungkin ada dari elo yang punya mimpi mendaki gunung, karna emang kelihatannya kegiatan pendakian itu keren sekaligus menantang banget. Nah, buat yang pengen “latihan” mendaki gunung mungkin bisa ngunjungin Gua Rong ini. Gua Rong emang tempat yang pas buat nyobain gimana rasanya mendaki gunung sebelum beralih ke gunung atau bukit yang lebih tinggi.


gazebo
Salah satu gazebo buat liat pemandangan
Namanya emang Goa Rong, tapi setelah nyampe ke puncak kita gak bakal nemuin goa atau rong yang dimaksud. Dari puncak ada jalan turun kecil menuju gua. Atau bisa juga dari bawah di pertengahan perjalanan menuju puncak bukit ada jalan setapak sedikit naik. Dari situ cukup naik sekitar 10 meter sudah sampai ke mulut gua. Gua Rong memang kecil dan kurang menarik, makanya yang dikelola PD CMJT bukan Goa Rong-nya tapi View-nya yang ada di puncak bukit.


14 comments:

  1. Tuntang???????????? APIK,, asyik. mau ke sana akh, sama SUAMI.. pleased

    ReplyDelete
  2. Aiih fotonya keren, bagaimana caranya itu bisa berubah2 begitu kalo di-scroll?

    Murah ya masuk ke sana .... 3000 - 5000 saja. Nanti kalo sudah terkenal pasti naik deh biayanya :)

    Oya, buruan ke blog Noorma, penguman sudah ada tuh (selamat ya):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, moga aja HTM-nya tetep merakyat, Bu ... 'n makasih atas informasi pengumumannya! cheer

      Delete
  3. Pemandangannya bening2 sob.. dari mulai gambar header ampe gambar lainnya semua pada bening, hehe... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, si Bro tau aja yang bening-bening! dad

      Delete
  4. Wisata alam memang sellau menyajikan yang indah-indah ya?... Bukit yang hijau-hijau selalu segerrr... Eh itu foto di background tulisannya bikin penasaran :D bikin muncul begitu?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups bener banget! support

      Delete
  5. aku belum pernah ke semarang,, kemaren baru ke gua pawon di padalarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho, ayuuu visit Semarang! haii

      Delete