Saturday, October 25, 2014

Kali Mati



sumur


Secercah bulan baru di puncak petang. Tersipu malu bersimpuh di serambi langit, bercermin di permukaan kali yang mengalir tersendat karena sampah yang menghambat. Percikan cahayanya membuat riak air berpendar keperak-perakan dalam temaram malam.

Gubug-gubug kumuh berdiri rapuh di bantaran seperti kapal-kapal tua yang bersauh. Tempat para pemulung bercengkrama mengeringkan peluh. Setelah seharian mengais sampah yang menyumbat hulu jauh.

Sampah-sampah itu yang menghitamkan air kali, membuatku mati dililit ari-ari dalam kantong plastik hitam karena dicampakkan dan tak mereka temukan.

***

Jumlah: 83 kata | prompt #67 MFF



19 comments:

  1. irit mas. asyik. tp ga ada dialognya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saking iritnya ampe gk tau musti dialog gimana? Hehehe

      Delete
  2. hmm... dililit ari-ari?

    ReplyDelete
  3. Kok melasi temen sih iku ..? Hiks..

    ReplyDelete
  4. deskripsinya asik, eksak. hanya kalimat terakhir yang janggal sedikit. "Sampah-sampah itu yang menghitamkan air kali, membuatku mati dililit ari-ari dalam kantong plastik hitam karena dicampakkan dan tak mereka temukan."

    kalimat tersebut seolah 'menyalahkan' sampah karena membuat 'aku' mati dililit ari-ari. aku memilih 'menyederhanakannya' menjadi seperti ini :
    "Sampah-sampah menghitamkan air kali, membuatku yang mati dililit ari-ari dalam kantong plastik hitam tak bisa mereka temukan."

    Segitu aja deh komennya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Rig! Dah ditambalin bolongnya ... sekalian ban motor gue juga, ea ... *eh, gak gak ;)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Bang Eksak lagi romantis niyeee....

    Jadi matinya karena sampah, kali yang hitam, atau terbelit ari-ari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna dibuang ama ortunya, dong ... hehehe :)

      Delete
  7. .. kalimati,, kayak pernah denger dech,, kalo gak salah nama jalan tuch sak. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi jalanku ke kamu gak pernah ada matinya, Pie! Ecieye ... XD

      Delete
  8. oh ini cerita bayi yg dibuang oleh orang tuanya ya.. iya.

    ReplyDelete