Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2014

Pelangi

Gambar
sumur
Saat itu telah sekian lama. Entah mengapa aku terus merindukannya. Tapi ia seperti hilang dalam peredaran masa. Padahal setiap sore aku selalu duduk menantinya.

Sore itu aku berkutat dengan sejilid tebal buku fisika. Sehabis hujan di sebuah bangku taman di kerindangan pohon akasia. Kurasakan damainya kesejukan senja dalam gerimis yang masih menyapa. Tapi kedamaian itu terusik ketika seorang gadis datang tiba-tiba.

"Sori, Bro! Aku boleh mengganggumu sebentar?"

"Apa kau tak bisa mencari orang lain untuk diganggu selain aku?"

"Sekali lagi sori aku tak bermaksud, tapi ... "

"Tapi apa?"

"Ternyata kau tampan juga."

"Hei, tak usah coba merayuku, ya! Sebenernya maumu apa?"

"Hmm ... aku cuma ingin memotret pelangi di belakangmu itu,"

"Kau gila! Taman ini kan luas, masih banyak tempat untuk memotret."

"Tapi, Bro. Sepertinya aku bisa dapat angle paling bagus dari tempatmu duduk, deh!"

"…

Kali Mati

Gambar
sumur

Secercah bulan baru di puncak petang. Tersipu malu bersimpuh di serambi langit, bercermin di permukaan kali yang mengalir tersendat karena sampah yang menghambat. Percikan cahayanya membuat riak air berpendar keperak-perakan dalam temaram malam.

Gubug-gubug kumuh berdiri rapuh di bantaran seperti kapal-kapal tua yang bersauh. Tempat para pemulung bercengkrama mengeringkan peluh. Setelah seharian mengais sampah yang menyumbat hulu jauh.

Sampah-sampah itu yang menghitamkan air kali, membuatku mati dililit ari-ari dalam kantong plastik hitam karena dicampakkan dan tak mereka temukan.

***

Jumlah: 83 kata | prompt #67 MFF

Dear Spammers !

Gambar
I decided to write to you this morning for several reasons. The first being that I feel you're grossly misrepresented out there in this place we lovingly call the blog. I really think you're misunderstood, honest, I do. With your reputation, you'd think you were a republican or a democrat … depending of course on the political views of the person investigating you. Honestly, you'd think you were a serial killer or something … I don't get it.

You see, Spammer! Every morning when I check my blog comments you are there showing your support and offering advice. You give me advice on where to find the best shoes, and popular stereotypes say that I should love shoes … so, thank you!



You also tell me where to find the best golf equipment if there’s such a time where I choose to pick up this hobby … I’d rather soccer, but you never know do you?

When it comes to my blog you give me so much encouragement and support. I just don’t know what I’d do without you to pick out im…

eksak #7 | Medan Magnet

Gambar
"Ini pembunuhan!" seru eksak layaknya detektik di parteksak #6.

Semua mata menuju ke eksak seakan ingin menelannya bulat-bulat. Bukankah telah diidentifikasi bahwa kasus ini adalah kecelakaan murni akibat dari keteledoran pengemudi? Bahkan tak sedikit juga yang mencibir.

"Apaan sih, Bocah? Mau jadi detektif, ya?"

"Jelas-jelas ini kecelakaan. Kan dia nyupirnya sendirian, gak ada orang lain?"

"Oke, oke! Sodara-sodara harap tenang. Biar pemuda ini menjelaskan leluconnya." Polisi coba menenangkan massa.

"Siapa namamu dan kenapa kamu bisa bilang kalau ini adalah pembunuhan?"

"Baik, Pak! Nama saya eksak. Coba Bapak liat kabel rem mobil yang terpotong, maksudnya dipotong secara sengaja dengan pisau atau gunting. Pelaku memotong kabel rem agar korban tak bisa berhenti saat kereta melintas. Seolah-olah korban ngebut padahal remnya blong!"

"Kalo remnya blong harusnya korban bisa melewati lintasan dengan lancar. Entah setela…

Lelaki Tua di Tengah Gerimis

Gambar
sumur

Aku sedang mengawasi pekerja di toko gerabahku saat seorang lelaki tua dengan sepeda kumbangnya melintas. Gerimis mulai deras, tapi lelaki tua itu tak tampak kehabisan napas. Seikat besar jerami di boncengan sepedanya mulai kuyup, tapi semangatnya masih belum redup.

Aku memanggilnya Lik Jarwo. Ia adalah salah satu dari pencari jerami yang bekerja di peternakan sapiku.

"Ngiyup dulu, Lik! Ini ada teh anget," sapaku.

"Nggih, Mas. Masukin ini dulu, mumpung belum deras hujannya!" jawab Lik Jarwo sambil menuntun sepedanya.

Memang biasanya sapi tak mau makan kalau jeraminya terlalu basah. Lik Jarwo paham benar akan hal itu. Ia juga termasuk pekerja yang rajin. Walau kadang aku merasa kasihan, setua itu ia masih harus menjadi pencari jerami. Kalau melihatnya, aku kembali teringat masa laluku. Siapalah diriku ketika itu? Tak beda dengan nasib Lik Jarwo saat ini. Dulu aku juga seorang pencari jerami untuk makanan sapi. Seorang pemuda miskin yang kerap dipandang seb…

Overtime Sunset

Gambar
Rawa Bokor - Tangerang. Judulnya lembur, overtime atau kerja ngelebihin waktu yang udah ditentuin.


Mungkin kalo orang kantoran atau karyawan pabrik kerjanya antara jam 8 pagi ampe jam 5 sore. Normalnya 8 - 9 jam gitu, deh ...


Beda lagi kalo elo adalah seorang freelancer, kerja bebas lembur tanpa batas.


Beda juga gue yang notabene adalah orang lapangan, pekerja proyek alias kuli bangunan. Pasti seneng banget kalo ada lembur.


Gak peduli badan udah capek dipanasin seharian, yang penting dapet tambahan gaji.


Pekerja lapangan adalah saksi hidup perjalanan matahari dari timur ke barat. Dia juga bisa jadi seorang skywatcher, yang selalu ngawasin langit. Dia yang nyaksi'in perubahan warna langit dari biru muda menjadi jingga dan lembayung menjadi gelap gulita.


Dia tau ketika ngeliat matahari udah tegak di atas kepala, itu berarti waktunya makan siang. Tanpa ngelirik jam, diapun tau ketika jam udah masuk waktu lembur.


Biasanya gue kerja ampe jam 5 sore. Trus istirahat bentar sambil nunggu …

Episode Terakhir

Gambar
Assalaamu 'alaikum, Istana! Apa kabar, Demokrasi? Setelah kemaren kita disuguhin ama sebuah sandiwara politik yang amat sulit dimengerti oleh nalar publik dan keadaban demokrasi, kemudian skenario walk out berdalih netral pro rakyat oleh aktor utama republik, trus apalagi?

Masihkah sang Sutradara menganggap bahwa rakyat adalah figuran yang bodoh? Kemudian menjelang akhir masa jabatannya, beliau sok-sokan bikin Perpu buat "ngikutin" kehendak rakyat yang isinya "menolak UU Pilkada Tak Langsung." Tapi Perpu tsb berlaku kalo disetujuin ama DPR, tapi jangan seneng dulu! Coba perhatikan komposisi anggota DPR berikut:

10 Fraksi anggota DPR 2014 - 2019 adalah:PDIP : 109 orang *
Golkar : 91 orang
Gerindra : 73 orang
Demokrat : 61 orang
PAN : 49 orang
PKB : 47 orang *
PKS : 40 orang
PPP : 39 orang
Nasdem : 35 orang *
Hanura : 16 orang *

------------------------------
Total: 560 orang

Koalisi …

Pagi Di Ranu Kumbolo

Gambar
sumur
Dari balik semak, gesa kunaikkan resletingku. Sebagian terpercik membasahi celana. Ah, sial! Bau pesingnya mencemari udara pagi Ranu Kumbolo. Tugasku pagi ini adalah mencari kayu bakar untuk memasak. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Baru beberapa langkah, kulihat setumpuk kayu di tengah jalan setapak. Rupanya tak payah mengumpulkan kayu bakar. Semua telah disediakan oleh alam.

"Dik, kayu itu punya saya!"

Tiba-tiba seorang bapak berusia 50-an menegurku. Tampangnya sangar dengan kapak besar di tangannya. Mungkin hanya pencari kayu bakar. Hampir saja aku mengambil langkah seribu, tapi urung setelah berpikir dua kali. Bagaimana jika bapak itu melempar kapaknya?

"Maaf, Pak! Saya kira gak ada yang punya,"

"Kamu yang tadi kencing di semak-semak itu, ya?"

"Eh iya, Pak."

Padahal aku yakin bahwa tak ada yang melihatku tadi. Tapi mungkin baunya diumbar angin sampai mengusik hidung si Bapak ini.

"Lain kali jangan kencing di situ, ya. Nanti pen…