Sunday, August 17, 2014

The Seventeenth Of August



merdeka


Assalaamu 'alaikum, Sobat! Are you "merdeka" today? Really? Amerika punya the fourth of July, kita patut berbangga karna kita punya the seventeenth of August. Terlalu berkiblat banget, ya … jadinya maksa kayak gitu? Udah bagus-bagus disebut tujuhbelasan atau tujuhbelasagustusan, kenapa jadi sok-sokan inggris gitu? Lagian kenapa juga musti berkiblat ke Amerika? Negara superpower yang liberal dan polisi dunia yang semena-mena! Itu artinya kita belom sepenuhnya merdeka, karna apa-apa kita masih berkiblat kemana-mana. Mode, lifestyle, fashion, dsb, kita lebih suka yang kebarat-baratan daripada yang ketimur-timuran. Kita belom merdeka, Sob … kita belom berdaulat! Bahkan negeri yang katanya agraris ini ternyata gak berdaulat soal pangan ketika pemerintah mulai ngelupain petani. Buktinya apa? Buktinya benih padi hibrida aja kita ngimpor dari Cina, beras aja kita ngemis dari Vietnam, bawang merah kita datengin dari Filipina. Apalagi?

Banyak fenomena yang terjadi baru-baru ini mencerminkan kalo ternyata kita belom merdeka. Negara yang belom merdeka itu identik ama penjajahan. Gak nyadarkah kita kalo kita masih dijajah ama kebodohan, kemiskinan, kesombongan, korupsi dsb? Gak taukah kita masih berada di tengah-tengah perang keyakinan, perang pemikiran dan perang hawa nafsu? Kita masih merangkak dalam pekat, kita masih merayap dalam gelap. Dari sengketa pilpres ampe fenomena ISIS dan gejolak jilboobs. Akhirnya kita sendiri yang saling hujat dan saling memojokkan. Ada yang gak sekubu dalam ngedukung presiden, yang radikal dalam hukum agama, atau yang suka majang foto cewek berjilbab tapi menonjol.

Tapi tetaplah bangga jadi orang Indonesia, Sob! Karna era global yang serba cepet ini bikin apapun yang terjadi di negeri kita segera diketahui ama dunia internasional. Kita jadi terkenal, kita jadi bahan pengamatan dan perbincangan di kancah internasional. Kita patut bangga kalo yang kedenger ama dunia adalah hal yang baik-baik. Kita punya banyak prestasi yang bisa dibanggain. Kita punya kekayaan alam yang bisa menanggung hidup anak cucu kita. Kita punya banyak budaya yang bikin kagum mancanegara, dsb. Tapi apakah sebaliknya kita patut malu jadi orang Indonesia kalo yang sampe ke dunia adalah peringkat korupsi pemerintahan kita? Atau cuma butuh prihatin ketika ada foto-foto anak Indonesia yang meniti jembatan rapuh demi asa berpendidikan tersebar ke media internasional? Bukankah itu malah jadi aib dan aurot kita di mata dunia? Maka udah saatnya Indonesia Berhijab! Hijab yang bakalan numbuhin rasa malu kita. Hijab yang bakalan jadi rem ketika kita mau ngelakuin hal yang memalukan. 

berhijab


Enam puluh sembilan tahun usia kemerdekaan Indonesia. Usia yang udah mateng banget buat berbenah diri. Usia yang ngebanggain kalo kita bener-bener punya rasa malu. Usia yang diridhoi Allah kalo kita bisa menyembunyikan aib dan menutup aurot dengan bener. Usia yang mustinya patut jadi teladan buat yang lain, bukan melulu jadi follower yang labil. Usia yang bikin kita lebih banyak beribadah daripada bermaksiat. Usia yang bikin kita lebih banyak bersyukur daripada kufur.

Selamat hari jadi wahai, Tanah Air! Namamu akan selalu terpatri dalam sanubari ini. Semoga menjadi bangsa yang berdaulat. Bangsa yang benar-benar merdeka. Bangsa yang membuat kami bangga selama-lamanya. Aamiin …

Happy Blogging 'n Keep On Fire! Merdeka!
Wassalaam … :)

indonesia



18 comments:

  1. Saya sepakat Sekali. INDONESIA harus memiliki ciri khas sendiri dan jangan mudah terpancing untuk berkiblat ke Adi Daya Amerika Serikat. Kini adalah kita. Semoga dengan HUT ke 69 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini bisa dijadikan MOMENTUM yang tepat untuk berbenah diri dari semua masalah bangsa yang masih belum selesai sampai sekarang. Majulah INDONESIA. Saya bangga jadi orang Indonesia. I am proud to be INDONESIAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asem...pertamax nya udah diboking kang asep :)

      Delete
    2. Asem manis asin...nano nano kan ya

      Delete
    3. Betul, Pak Asep! Gue juga bangga jadi orang Indonesia (tapi kadang juga enggak) ^_^

      @Bang Pur: Solarnya masih kok! Hehehehe

      @Ririe: Wah, ngiklan nih yeee ... ;P

      Delete
  2. Amin harapannya mas eskak
    Juga menjadi harapan kita semua ya :)

    Merdeka... !
    #semangat bambu runcing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah ikut ngaminin, Bang! Merdeka!

      #semangat bom molotov ...

      Delete
  3. keren ih memaknainya dengan Indonesia berhijab. Sayangnya kemarin polwan kita udah dilarang pake hijab ya.. yah jadi belum merdeka lagi dong?

    kemerdekaan hak belum terealisasikan yah kang eskak.
    Apalagi liat saksi mata di MK.. yang gak punya hak buat nyoblos.
    ehhee.. jadi inget NOvela asal papua :)

    SEMOGA INDONESIA BERHIJAB :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang payah tuh aparat! gak mau tau orang mau taat, baru juga tobat! Dasar kepa ... ah, sudahlah ... :)

      Delete
  4. Indonesia berhijab.. berarti semuanya pake hijab dong.. laki-lakinya juga?? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo elo mau pake juga gak papa kok, SoB! gue mah enggak. Bhahaha

      Delete
  5. betul mas semoga kedepan kita bs merdeka dalam arti yg sebenarnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. .aamiin ...

      thanks ya Sob! :)

      Delete
  6. baik buruk tetap indonesia. yang baik dikembangkan yg buruk diperbaiki :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget, Yu! tetep! ;)

      Delete
  7. Horeee...eksak berhijab? #EH???

    ReplyDelete