Sundae Story



sundae
Monday Flash Fiction


Segelas sundae dapat menjadi teman menunggu lebih baik daripada segelas kopi. Tentu saja itu berlaku untuknya, bukan untuk waktuku. Lihatlah cara gadis itu menikmati sundae! Dia mencelupkan jari-jarinya ke gundukan es krim lembut itu, kemudian dijilatinya jemari itu satu persatu.

"Berapa lama lagi?" tanyaku.

"Sebentar lagi. Kau tak meminum kopimu?" ucapnya.

Dia terlalu menikmati es krimnya, hingga lupa apa tujuan kami datang ke kafe ini.

"Tempat ini dulu adalah pemukiman kumuh. Mungkin di sekitaran sinilah tempat tinggalku,"

Pemukiman kumuh? Sebuah cahaya berputar tiba-tiba muncul di bawah meja. Berputar semakin cepat hingga membentuk sebuah lubang cahaya. 

"Masuklah!"

Tanpa menunggu lama akupun terjun ke dalam lubang itu dan entah.

***

Bau busuk memenuhi paru-paruku. Tempat sampah? Seorang gadis kumal dan seorang wanita tua dengan keranjang sampah di punggungnya. Memunguti gelas-gelas bekas air mineral di antara tumpukan sampah itu. Sejenak matanya terpaku pada gelas plastik besar. Gelas bekas sundae. Kemudian gadis itu memasukkan telunjuk kotornya ke dalam gelas itu dan menjilatinya. Aku bergidik.

"Surti ... "

"Iya, Bu ... "

"Ayo kita pulang! Sepertinya adikmu sudah mau lahir,"

"Bu, nanti kalo adik sudah keluar, bolehkah aku yang memberikan nama?"

"Siapa namanya?"

"Sugi. Sugiharto!"

"Sugiharto?"

Aku harus segera kembali. Semoga kakak masih menungguku di kafe.

***

Jumlah: 199 kata.

* nama Sugiharto berasal dari bahasa Jawa. Terdiri dari 2 kata, sugih artinya kaya dan harto artinya harta.

Komentar

  1. Nama yang bagus, ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah mirip nama belakang Pebulu tangkis terkenal yang pernah dimilik Indonesia. Icuk Sugihato

      Hapus
    2. ya .. karna nama adalah doa orang tua kepada anak-anaknya ! :)

      Jadi inget ama Icuk ... ^_^

      Hapus
  2. Sugiharto, dengan nama itu diharapkan dia bakal jadi orang yang kaya harta, ya, Mas.

    BalasHapus
  3. jadi 2 org yg di kafe itu, surti dan sugiharto?

    BalasHapus
  4. agak bingung, jadi si adik meninggal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. si adik yang balik ke masa lalu ...

      Hapus
  5. sak kenapa komenku kok dihapus atau ilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ilang berarti, Dab! aku gak rumongso ngapus ig :p

      Hapus
  6. wah... kakak beradik ternyata.

    tampilannya baru nih :D

    BalasHapus
  7. emang lebih enak menunggu dengan segelas sundae daripada segelas kopi sob...
    salam kenal...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, salam kenal juga, Sob! ^_^

      Hapus
  8. Jadi Surti dan Sugiharto kembali ke masa lalu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. .yang balik ke masa lalu cuma si Sugihartonya doang, kok ... :)

      Hapus
  9. 'aku' di bagian pertama ini si Sugiharto? tapi di bagian ke dua 'aku'nya Surti? *belom mudeng* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. "aku" di bag. pertama emang bener si Sugiharto, dan yang di bag. kedua juga Sugiharto ... :X

      Hapus
  10. Sugiharto bisa juga diartikan 'sugih' + 'arto' yang artinya kaya uang.. hehe..
    *salahfokus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi, leres sanget, Bu! hehehe ...

      Hapus
  11. ooo jadi mereka itu kakak adik...

    BalasHapus
  12. jadi ingat dengan almarhum mantan presiden kita...suharto.... namanya mirip mirip ya.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suharto yang bilang penak jamanku itu ya? Bhaahaha ...

      Salam Blogger dari Kendal, Bang! :-)

      Hapus
  13. aku kurang nangkap ceritanya nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. .ampun, Master .... ;(

      Hapus
    2. Idem.siapa yg membuka portal ke masa lalu?tujuannya?Surti mau menunjukkan kalau mereka berasal dari daerah kumuh?atau ceritanya Surti jadi juragan sundae akhirnya kaya raya, trus ngapain nunjukkin keadiknya ttg asal mereka sblm kaya?

      Hapus
    3. iya, yg kaya tuh Sugiharto, makanya Surti yang nemuin adiknya di masa depan pengen ngasih tau asal kehidupan mereka di masa lalu. :) imho

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita ABG | Pendidikan Seks

BTW, Apa Sich Arti CMIIW, FYI, IMHO & LOL?

Belajar Bahasa Minang

Ayat-Ayat Teleportasi

Cerita Anak SMP | Bag. III: Geng