Tuesday, August 26, 2014

Bodoh Itu Modis


bodoh


Assalaamu 'alaikum, Sobat! Apa kabar? Betapapun pinternya seseorang tapi pas ngejelasin sesuatu hal, kadang kata-kata yang keluar dari bibirnya ngerujuk ke arah yang gak pasti. Sebutlah kata-kata, “kemungkinan”, “biasanya”, “tidak biasanya”, “sepertinya”, “kayaknya”, dan lain-lain. Kata-kata kayak gitu semena-mena dipake buat ngejelasin suatu hal dan perihal. Semua orang pengen bicara, di tivi, di sekolahan, di forum, di acara debat, di masyarakat, pengen dibilang serba tahu, walau cuma sok tahu, pengen disebut paling taat peraturan, taat hukum dan melek hukum. Sayangnya banyak dari mereka yang gak tahu diri. Begitulah, semuanya pengen kayak pengacara, bermain kata-kata. Kalo mereka gak bisa mecahin sebuah masalah, ujung-ujungnya merekapun bikin konsep-konsep aneh. Tapi konsep-konsep aneh itulah yang malahan bikin mereka keliatan bodoh.

Lambat laun konsep bodoh merekapun jadi tren di masyarakat. Dan kalo elo gak ngikutin tren, maka elo dibilang gak modis. Bodoh itu modis, karna kebodohan bisa diconvert jadi sesuatu yang pinter ngelebihin kepinteran itu sendiri.


"The secret of creativity is knowing how to hide your sources," kata Einstein.

Rahasia kreatifitas adalah tahu bagaimana menyembunyikan potensi. Majas kasarnya jadi bodoh dulu. Apa elo lupa tokoh-tokoh hebat dan penemu-penemu jaman dulu awalnya dianggep bodoh, bahkan didrop-out dari sekolah? Ternyata kebodohan mereka itu adalah kreatifitas dari potensi yang luar biasa. Sebagian orang percaya kalo jalan untuk jadi kreatif itu harus dilaluin dengan jadi bodoh lebih dulu. Maka gak usah heran kalo di jaman sekarang ini orang mulai bosan ama sesuatu yang pinter, trus beralih ngelakuin tindakan-tindakan bodoh. Dari sinilah kemudian bodoh jadi tren dan mode. Ampe saat dimana elo gak bisa ngebedain mana pelawak dan mana politikus. Elo juga bingung mana entertainer di jagat hiburan mana yang di panggung demokrasi.

Satu hal yang istimewa dari orang bodoh. Orang bodoh gak bakal kecewa ketika nemuin dirinya jadi pinter di suatu hari, tapi orang pintar gak selalu nerima ketika suatu saat dirinya mendadak bodoh.

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam ... :)


12 comments:

  1. saya mungkin terlalu bodoh utk mengetahui apa yg kamu maksud sak..

    ttg para penemu, mrka mempunyai imajinasi yg mana imajinasi mereka itu beyond the time they lived, akan tetapi mereka berusaha mewujudkannya dan mereka berhasil,
    orang orang yg tdk tau imajinasi mereka, menganggapnya sbg suatu kebodohan
    dan, kebodohan itu akan tetapi menjadi kebodohan kl penemu itu tdk berusaha utk mewujudkannya dan hanya memimpikannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg kadang orang lain emang gak memahami tentang kita. Sabar, Dab! Gue tau kok kalo elo pinter ... :)

      Delete
  2. iya, memang ada beragam rupa manusia di muka bumi. ada yang memang bodoh, lalu berusaha keras sampai hebatnya kelewat batas. ada juga yang biasa-biasa aja dan hidupnya yaa dataaaaaaar kayak aspal jalanan. tapi ada juga yang beneran pinter, namun merendahkan diri. ada juga yang biasa-biasa aja, tapi sok-sok bisa.
    yaa, manusia~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, emang begitulah manusia. Kadang ada juga yang bodoh tapi gak mau belajar, termasuk belajar biar pura2 pinter ... hmmm

      Delete
  3. hihi, tp kan lebih baik kalo pinter dr awal gan,untuk menjadi sukses kan tidak perlu menjadi bodoh dulu,hehehe... peace2

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sebagian orang? drunk

      Delete
  4. Artikel yang inspiratif, makasih mas :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, Mbak Sri ... smoke

      Delete
  5. Ini artikel anti mainstream. Kereeen

    ReplyDelete