Tuesday, April 22, 2014

Earth Day 2014

 

  

Hari Bumi 2014

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Apa kabar penduduk bumi? Sehat? Kalo kemaren tanggal 18 April adalah my birthday, trus tanggal 21 April adalah Hari Kartini, maka tanggal 22 April adalah Hari Bumi atau yang biasa disebut Earth Day. Tentunya kita semua bakalan sehat kalo bumi kita juga sehat. Itulah yang menyejarahi Hari Bumi pada tahun 1969 ketika Gaylord Nelson, senator Amerika memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup dimasukin dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Tujuan utama Earth Day sendiri adalah untuk ningkatin kesadaran terhadap planet yang kita tinggalin ini. Simpelnya adalah ngajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. 

earth day


Setiap tahunnya, Hari Bumi difokusin ama masalah-masalah lingkungan yang unik. Dan di tahun 2014 ini, tema sentral yang diangkat adalah Green Cities atau Kota Hijau. Dari tahun ke tahun pembangunan kota semakin pesat. Gedung-gedung tumbuh tinggi kayak rumput liar. Mall-mall makin menjamur bahkan ampe ke pinggiran kota. Tingkat urbanisasi pun meningkat dengan tajam. Penduduk dunia semakin banyak yang ngadu nasib ke kota-kota. Perkembangan dan pembangunan kota kayak gini nih yang nimbulin berbagai permasalahan lingkungan. Sehingga sering kali kota meenjelma jadi wilayah yang gak nyaman lagi buat manusia, kesehatan, dan lingkungan hidup. Belum lagi alat-alat transportasi di jalanan yang bikin polusi udara. 

Let's go somewhere where the grass is green and the trees are leafy! You can read me random pages from your favorite book and I'll teach you to memorize the eternal digits of pi. We can write songs about changing seasons and the way it feels to walk barefoot in the summertime. Then I'll take pictures in my mind and you'll take pictures with your phone. 

Hehehe, it sounds like paradise, right? Dan tugas kita adalah bikin bumi senyaman mungkin like at paradise. Dengan musim hujan yang menyejukkan dan musim panas yang menghangatkan. Tapi gimana kalo musim udah gak menentu kayak gini? Siangnya panas banget, malemnya hujan deres banget? Apakah elo gak ngerasain ada sesuatu yang kurang ketika gak ada kicau burung yang menghiasi pagi? Atau mungkin tiba-tiba mendung dateng menyelimuti indahnya sunset di sore hari? Apakah kita belom sadar kalo bumi udah banyak berubah? Semakin berumur, semakin tua, semakin gak sehat, semakin sakit-sakitan? Padahal ketika bumi bergerak miring dikit aja kita udah kalang-kabut nyari tempat sembunyi? Dan elo tau apa akibatnya saat bumi berkomplot dengan hujan yang airnya gak nemu tempat aliran? Banjir! Tanah Longsor! Bayangin kalo suatu saat bumi berputar tanpa kontrol begitu cepat trus melemah, berkedip-kedip kemudian
hilang! #bencana 

Back to Kota Hijau! Udah ampir 2 minggu gue di kampung setelah sebelumnya gue ikut-ikutan ngadu nasib di kota. Tepatnya di Tangerang Selatan. Gue pikir geografisnya udah masuk pegunungan, yah tapi yang namanya masih kawasan JABODETABEK, kondisinya yang gak jauh-jauh amat dari keadaan ibukota Jakarta. Gedung-gedung dan mall-mall juga balapan kayak panjat pinang. Kali Ciapus yang ngebelah kota itu juga nasibnya sama aja dengan Ciliwung, cuma tempat sampah dan tempat pembuangan puing-puing bangunan. Dan kalo hujan, ya banjir meluap ampe ke jalan-jalan. Kota Hijaunya? Ada di depan-depan mall tapi dikit. Kayaknya gak bisa nampung emisi gas buang dari kendaraan yang melimpah-ruah. Nah, kalo kota pinggiran aja udah minim sadar lingkungannya, gimana ama Jakarta? Lebih parahkah? 

So, yuk mari dengan semangat gerakan hari bumi, kita semua bisa sayang dan ngejaga bumi kita ini! Kalo bukan kita sebagai penduduk bumi yang sadar trus siapa lagi? Gak mungkin kan penduduk Mars atau penghuni planet Namec? Dan buat siapa lagi kalo bukan buat anak cucu kita kelak? Ini kan juga bisa jadi 'Gerakan Sayang Anak Cucu'. #sayanganaksayanganak 

Happy Blogging 'n Keep On Fire, Guys! 

Wassalaam ... :)


8 comments:

  1. pesenku sih cuma satu kalo mau ngejaga bumi ini, jangan buang sampah sembarangan! itu aja.

    Akang apa kabar? long time no see ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, Yu! gue baik, elu?

      Delete
  2. iih... mumeeet lihat huruf miring n muter2 gituuu.... hiks... *faktor U

    ReplyDelete
    Replies
    1. faktor X kayaknya Bu, kalau Faktor U semua orang juga ngalamin ...

      Delete
  3. gan, tulisannya kok miring sebelah. mungkin template nya ada yg salah tuh. met hari bumi pokok nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak, kok! Emang diskrip kayak gitu ... :)

      Delete