Sunday, February 16, 2014

eksak #5 | The Psyco



Maghrib merambat cepat, Isya' menyayat urat syaraf. Penyelidikan ala eksak pun kayaknya musti ditunda ampe besok atau diserahin aja sepenuhnya kepada pihak yang berwajib. Buat yang belom 'ngeh' penyelidikan itu makanan apa, silahkan baca eksak #4 ...

***

Sejauh ini eksak mulai mempersempit sangkaannya cuma pada 4 orang di TKP ini. Dinda (anak korban), walopun dia punya alibi saat kejadian, tapi gak nutup kemungkinan karna biasanya kasus pembunuhan sering ngelibatin anggota keluarga dan orang-orang terdekat korban. Sapto (satpam rumah), ngakunya jarang banget masuk rumah majikannya, tempatnya selalu ada di pos depan gerbang rumah. Narko (tukang ojek) yang nganterin Dinda pulang dari kegiatan kampus sore itu. Dan Rani (optional), lagian salah siapa belagak sok misterius nyari rumah si Bejo pagi-pagi?

Mereka semua masih berada di ruangan ini bersama beberapa polisi jaga dan ahli forensik yang bersiap ngangkut jasad Pak Bejo ke RS, kecuali si Narko yang minta ijin pulang duluan. Ketika penyelidikan dinyatain delayed, basa-basi eksak nanyain perihal kacamata baru Dinda.

"Nda, elo ganti kacamata, ya?"

"Eh, ini? Baru aja tadi, sih! Sebelum pulang sempet mampir ke optik deket kampus,"

"Trus kacamata kesayangan elo?"

"Gak inget ketinggalan dimana, paling juga di rumah. Males belom sempet nyarinya."

"eks! Jasad Pak Bejo udah dibawa ke RS, dan pas tubuhnya diangkat, gue nemuin ini di bawahnya. Kayaknya remuk ketiban badannya ... " tiba-tiba Rani dateng ngehampiri eksak.

Eksak terbelalak karna ngenalin banget ama apa yang barusan ditemuin si Rani. Apalagi Dinda, karna ternyata itu adalah kacamata kesayangannya yang hilang. Tapi sayang, bentuk frame-nya udah bengkok gak karuan, lensanya pun udah pecah sebelah.

"Nah, ini kan kacamata gue?" seru Dinda gak percaya.

"Lhah kok bisa ketindihan jasad korban?" tanya eksak.

"Bisa jadi itu jatuh waktu ada pertengkaran antara Pak Bejo dan Non Dinda yang saya dengar tadi siang. Pak Bejo pernah curhat ke saya kalo Beliau pengen nikah lagi, tapi Non Dinda gak setuju!" tiba-tiba Sapto si Satpam angkat bicara.

"Tadi siang? Bukankah Dinda baru pulang dari kemaren?" selidik eksak.

"Sebenernya gue emang sempet pulang siang tadi, tapi gue cuma ngambil flashdisk doang, kok! Lagian Bokap juga gak di rumah, ditelponin juga gak diangkat. Eh, Sapto! Elo gak usah ngarang cerita macem-macem, ya! Dasar satpam gak tau diri!" Dinda mulai naik pitam.

"Udah deh, gak usah berkelit lagi, Non! Saya juga tau Non Dinda shock waktu tau bahwa Pak Bejo adalah seorang pemasok Viagra dari berbagai negara! Non juga bersikeras pengen kabur dari rumah kalo Pak Bejo gak berhenti dari bisnis itu, kan?" balas Sapto.

"Diem, Sapto! Elo gak usah ngebongkar aib keluarga gue!" suara Dinda parau.

"Oke, stop! Gue harap kalian semua bisa tenang. Kalo aja kacamata Dinda jatuh waktu terjadi pertengkaran pasti dia tersadar trus diambil dan pergi," eksak coba nengahin.

"Atau bisa juga lupa ngambil, kan lagi emosi?" tambah Rani.

DING ... DING ... DING ... DING ...

Mendadak terdengar nada SMS dari hape Pak Bejo di atas meja. Secara refleks, eksak langsung mengambilnya. Rani ngeliat aja sambil senyum-senyum geje. *mantan jambret kalee ...

"Nda, lo tau nomer PIN kunci hape ini?" eksak nanya ke Dinda.

"1910, tanggal dan bulan kelahiran Bokap gue," jawab Dinda.

Eksak pun memasukkan angka-angka yang disebutin Dinda ke dalam kotak PIN. Akhirnya layar hape terbuka dan eksak ngebaca sebentar sambil mesam-mesem kayak abis dapet kiriman pulsa nyasar.

"Bener Dinda tadi nelpon bokapnya tapi gak diangkat, tertera di sini ada 3 kali miscall pada jam 13 lewat seperempat," jelas eksak.

"Ya, gue emang pulang sekitaran jam 1 siang tadi," tandas Dinda.

"Hmmm ... Bro Sapto, bisa minta pulsa elo gak? Buat sms emak gue, kalo gak sempet bikin sayur, nasinya digoreng aja," eksak menatap tajam Sapto.

"Sa ... sa ... saya gak punya hape, kok! Kemaren baru aja saya jual," jawab Sapto terbata.

"Iihhh, masa' hari gini gak punya hape?" Rani ikut nimbrung.

"Hehehe, emang bener kok dia gak punya hape. Gak penting juga apa alesannya, yang jelas tertera di sini ada SMS keluar ...

Gmn cranya lu msti bs bikin Dinda ngojek mtr elo. Dan kita bkl sma2 ngeliat sbuah kejutn! .SAPTO.


terkirim jam 13 lewat 20 menit! Itu artinya pas Dinda nelpon bokapnya, hape ini udah ada di tangan Sapto karna sebelomnya Pak Bejo juga udah mati di tangannya!" hipotesa eksak.

"Eh, lu jangan maen tuduh ya! Apa buktinya kalo gua yang udah ngebunuh Pak Bejo?"

"Kadang pelaku pembunuhan diketahui bukan dari alat atau cara pelaku ngebunuh korban. Tapi secara psikologi, penyidik bisa ngebaca pelaku lewat perubahan gerak-gerik selama interogasi berlangsung. Toh, ahli forensik juga belum ngasih hasil otopsinya! Atau elo aja yang nerangin ke semua yang ada di sini, gimana kronologinya setelah gue kasih tau bukti dan motif pembunuhan ini!" desak eksak.

"Apa?! Apa!? Apa motifnya?!!" Sapto mulai kalang-kabut.

"Barusan hape ini bunyi, kan? Ternyata ada SMS masuk. Mungkin dia masih ngira kalo ini adalah nomer elo, ini adalah SMS dari nomer yang elo kirimin pesen tadi siang ...


Gw sng, Bang! Si Bejo dah mti. Pasti emak jg bkln sng di srg, krn skt htinya dah diblsin. Hinaan n caci maki si Bejo slm emak krj di rmhnya emg gk bs dimaapin ... "


"Itu pasti SMS dari Narko si Tukang Ojek!" kata Rani.

"Yups! Dan gue yakin emaknya gak jadi seneng karna punya anak sejahat ini!" tambah eksak.

"Jadi kalian berdua anaknya Bi Lasmi?" pekik Dinda gak percaya.

"Gue ... Gue ... Gue benci Bejo! Gue juga benci elo, Dinda! Gue benci ama orang-orang yang udah ngehina keluarga gue!!!!" jerit Sapto nelen airmatanya yang mulai deras ngalir.

Begitulah, tapi ampe kapanpun airmata seorang anak tetep gak bakalan pernah sederas airmata orang tuanya.

BERSAMBUNG ... :-)


31 comments:

  1. Kacian pak bejonya...kasusnya belonan juga terungkap...hehe

    ReplyDelete
  2. selamat Siang Mas... ceritanya masih Bersambungya Mas... kalau begitu saya tunggu kelanjutan ceritanya ya Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena dari awal saya tidak ngikuti,jadi kurang mengerti tentang cerita diatas,
      ikutan nyimak aja sob

      Delete
    2. Makasih udah pada nyimak ya, Sob! :-)

      Delete
  3. tukang sayur16/2/14 11:17

    ah, malah jadi penasaran dengan sebaris kalimat pernyataan di akhir episode ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran juga gak ama guenya? Hehehe

      Delete
  4. "Gue ... Gue ... Gue benci Bejo! Gue juga benci elo, Dinda! Gue benci ama orang-orang yang udah ngehina keluarga gue!!!!" jerit Bejo nelen airmatanya yang mulai deras ngalir. >> kok 'jerit Bejo'? Bukannya harusnya 'jerit Sapto'?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups! Bener bgt ... thanks buat koreksinya. ♥

      Delete
  5. Haduh, terus saptonya kemana tuh. Critanya menarik gan. .

    ReplyDelete
  6. Aduh, ini bakalan sampe berapa episod? Penasaran terus dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh penasaran, kok. Silahkan ♡

      Delete
  7. Replies
    1. Dideng-dengke rwa ! Bhahaha

      Delete
  8. Lhadalah, kok cepet bener endingnya? Kurang panjang ahh... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehegge, lagi belajar kok mbak! Mohon bimbingannya ea ...

      Delete
  9. Oh disini ada cerbung toh ??

    ReplyDelete
  10. wah kamu phycho banget sak..
    sak karepmu dewe..

    ReplyDelete
  11. Ndu kok gagal faham yah :D

    ReplyDelete
  12. halo mas eksak, apa kabur? masih ingat monyet katrok gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahai, pie kabare Kang? Hehe

      Delete
  13. Ini mas eksak kayak bikin cerita detektif gitu kan? waw...excellent! Salut...

    ReplyDelete
  14. lapor oom..! gue belum beres mbacanya.. baru setengah
    soalnya ini onlennya di kantor :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoho, entar kalo dah beres lapor lagi ya Oom! :D

      Delete