Saturday, February 8, 2014

eksak #4 | The Clue



"Kebetulan ada elo! Berarti elo bisa ngebantu gue dalam penyelidikan ini,"

"Eh ya gak gitu, dong! Kan elo detektifnya?"

"Pokoknya elo yang musti mecahin kasus ini. Wong Mas Penulisnya bilang gitu, kok!"

"Gue kan ke sini cuma mau berbelasungkawa atas meninggalnya Bokapnya sobat gue Dinda!"

"Pokoknya elo! Elo kan tokoh utama dalam cerita ini? Gitu kok kata Mas Penulisnya."

Wah sialan nih Mas Penulis! Gue kan gak tau apa-apa? *eksak meracau. Buat yang gak 'ngeh' kenapa bisa sekacau ini, silahkan baca eksak #3 ...

***

eksak pun mulai olah TKP. Serius menyusuri sekeliling jasad korban. Barangkali ada yang bisa dijadiin petunjuk. Tubuh Bejo telungkup di bawah meja makan dengan kursi yang didudukinya terjungkal ke belakang. Ada beberapa butir pil berlogo VGR 100 berserak di dekatnya. Sementara itu di atas meja ada sebotol anggur dan gelas berisi potongan-potongan es batu yang hampir mencair. Ada juga hape touchscreen yang layarnya terkunci dengan nomer PIN. Dari suhu tubuh korban dan es batu dalam gelas yang belum mencair sempurna, diperkirakan korban meninggal sekitar 2-3 jam yang lalu. Kemudian eksak ngambil hape di atas meja dan nyoba masukin nomer secara acak buat ngebuka hape itu. Tapi selalu gagal.

"Ayolah, eks! Elo gak bisa selalu bergantung pada clue. Kasus di dunia nyata gak bakalan sama dengan yang elo tau dari cerita-cerita fiksi detektif. Elo gak harus selalu nemuin barang bukti, senjata pembunuh dan dying message dari korban yang ngarah ke pelaku. Lagian mana sempet korban sekarat mikir buat bikin kode-kode macem chiper, ROOT13, Franklin dsb. Kan gak semua orang tau itu?" cecar Rani.

"Tanpa clue? Trus gimana elo bisa tau kalo ini pembunuhan, bukan bunuh diri karna overdosis kayak yang polisi duga?" balas eksak.

"Oke! Liat air es dalam gelas itu! Ada beberapa yang gak mau mencair. Pasti ada zat tertentu yang dimasukin ke situ, racun misalnya. Walopun sildenafil citrate dalam kandungan Viagra 100 mg bakalan fatal kalo diminum pake anggur. Seolah ini adalah bunuh diri, karna korban mengonsumsinya bareng anggur. Mungkin itu adalah kebiasaan korban, dengan catatan korban mengonsumsi Viagra buat keperluan selain ngobatin disfungsi ereksi. Bisa jadi korban memakainya buat ngurangin rasa sakit saat serangan jantungnya kumat!"

"Hah?! Jantungan? Dinda, apakah Bokap elo punya jantung eh, maksud gue penyakit jantung?" pertanyaan eksak beralih ke Dinda.

"Iya, Bokap emang sakit jantung," jawab Dinda.

Syetdah! Analisa Rani emang nyerempet-nyerempet gimana gitu? Emang payah nih si Mas Penulisnya! Kenapa tokoh utamanya gue, gak si Rani aja? *lagi-lagi eksak meracau.

"Trus kenapa tadi pagi elo nanya alamat rumah ini? Jangan-jangan ... " eksak nanya lagi ke Rani, tapi keburu dipotong.

"Eits! Gak boleh asal nuduh, dong! Tetep nurut ama asas praduga tak bersalah. Walopun detektif, kita gak musti notabene nyari-nyari kesalahan orang. Kita musti tetep nyari kebenaran. Elo nanya aja ama Mas Satpam ini!"

"Mas Satpam, gimana? Sampeyan naksir ama Mbak ini, gak? Eh, maksudnya pernah liat, gak?" tanya eksak pada satpam sambil nunjuk Rani.

"Iya, tadi pagi sekitar jam 9 lewat, Mbak ini emang ke sini. Tapi saya gak ngebolehin masuk karna Pak Bejo pesen kalo hari ini Beliau gak mau nerima tamu,"

"Trus siapa lagi yang dateng selain Mbak ini?"

"Banyak, Mas! Ada sales sandal jepit, pedagang siomay, tukang sampah, kucing trus sorenya ada Non Dinda yang pulang dianter ama tukang ojek."

"Oke! Kemudian siapa yang pertama kali nemuin korban?"

"Gue, eks! Gue balik dari kampus dan kaget ngeliat Bokap udah meninggal," ucap Dinda.

"Dan sampeyan siapa?" tanya eksak pada cowok berjaket hitam di sebelah Dinda.

"Saya tukang ojek yang nganterin Non Dinda dari kampus. Saya juga ngeliat korban, karna saya ngebawain barang-barang Non Dinda ke dalam rumah ... " jawab si Tukang ojek sambil nunjukin kompor gas, LPG 12 kg, tikar, tenda dan lampu badai. *eh! Dinda nih ngampus apa kemah, sih?

***

dinda, sabarlah menanti
tak kan lama lagi
saat musim berganti, aku kembali
percayalah, hati ini sedih
rindu akan hadirmu ...


Tiba-tiba Lagu Cinta-nya Cross Bottom berdering dari hape di kantong celana eksak.

"Ya, halo Emak The Mommy! Eksak lagi kerja, nih!"

"Kerja apaan? Biji mata elo kendor! Balik, gih udah Maghrib! Ada cewek nungguin elo, nih!"

"Ya, Mak! Iya ... " seru eksak diikuti bunyi tut ... Tut ... Tut ...

"Huft! Pasti Emak The Mommy nyariin jodoh buat gue lagi, deh! Pake ngundang-ngundang cewek buat maen ke rumah lagi," ups! *keceplosan

"Hehe, udah langsung tembak aja! Jangan dipendem lama-lama, disamber tukang ojek baru tau rasa lo!" celetuk Rani.

"Apaan sih elo, Ran!" balas eksak.

"Nah, itu yang di ringtone hape elo? Siapa lagi kalo bukan ... " Rani menahan ucapannya setelah dikedipin ama eksak.

Suasana dalam ruangan mendadak hening. Ke mana gerangan orang-orang? Ya, elah BUSYET! Itu kenapa para polisi pada tiduran sambil nonton? Malah ada yang pijet-pijetan sambil ngerokok! Ada juga yang makan popcorn. Mereka kira nonton sinetron kali, ya? Mereka kan dibayar negara? Kok tugasnya gak pada bener gitu, sih? WOI!!!

"Maaf, Bu Rani dan saudara sekalian, jasad korban harus segera kami bawa ke RS untuk keperluan otopsi. Bila ada penemuan lain terkait jasad korban, kami akan memberitahukannya kepada Bu Rani. Dan buat Mas Engkrak eh, eksak, terima kasih atas kerjasamanya!" kata salah satu anggota polisi.

"Oke, deh! Lagian udah Maghrib ini, Kan? Ini bukan cerita ala komik detektif yang penyelesaiannya musti saat itu juga. Di dunia nyata ada kok kasus-kasus pembunuhan yang terungkap setelah puluhan tahun. Malahan ada juga yang gak pernah terungkap sama sekali!" kata eksak.

"Buat sementara ada beberapa anggota polisi yang berjaga-jaga di sini. Kita toh masih belom tau pelakunya orang luar atau orang dalam," ucap Rani.

"Ya, dan semua bisa jadi pelakunya. Termasuk elo, Ran!"

"Lhah, kok gue sih, eks? Gue kan detektifnya?"

"Nah, gue kan tokoh utamanya? Gitu kan yang dibilang ama Mas Penulis? Hehe ... "

Rani cuma bengong. Jadi siapakah sebenernya Rani? Apa motif lain Rani ada di sini? Itu beberapa pertanyaan yang berputar-putar di pikiran eksak.

"Dinda, gue pulang dulu ya ... Elo baik-baik di rumah," pamit eksak ke Dinda.

Dinda mengangguk manis. Kacamatanya berembun? Atau matanya masih tampak berkaca-kaca? Terasa ada yang aneh ama kacamata itu.

BERSAMBUNG ...






13 comments:

  1. Penikmat kisah detektip8/2/14 05:44

    aiih... masih beberapa episode lagi ni tampaknya... suabaaar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. disambi ngemil Jenang Pelem aah...

      Delete
    2. Ijek jenange, Bu?

      Delete
  2. Sampe ngos ngosan juga ya mas
    Nyari clue nya hehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngosngosan juga nyari endingnya. Hehe

      Delete
  3. hmm masih bersambung rupanya ya, kira-kira berapa sesi nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih puluhan sih rencananya. Bhahaha

      Delete
  4. Anonymous8/2/14 10:08

    Blog wallking :D
    Permisi sobat blogger semua mau kasih info nih.

    Vido Garment :

    Menerima pesanan
    - kaos,
    - kemeja,
    - polo shirt
    - jaket

    telp : 031 9123 2394 / 081 901 410 500
    Pin BB : 21DFA975
    www.vidogarment.com

    Alamat : jl. Gubeng kertajaya 6 no 37, Surabaya - Jatim

    Terima kasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyepam apa jualan, Sam? =-O

      Delete
  5. wew, kenapa bu rani sampe bisa tahu kalo pak bejo punya sakit jantung ea?
    Apakah pernyataan bu rani di atas ttg penggunaan viagra sbg obat pengurang rasa sakit mrp analisis semata, atau karena dy memang tau riwayat kesehatan korban? *mencurigakan*

    Bu rani pasti punya latar belakang medis kekna inimah. #aselingasalnebak

    Semula kupikir dy dokterna pak bejo, tapi kekna kagak mungkin deh ih. Masa' dokter keluarga sampe kagak tahu alamat pasienna.
    Kalo dy orang yg sangat kenal dg pak bejo, kenapa alamat rumahna pak bejo aja dy kagak tau?
    Tapi, kalo dy cuma orang asing, kenapa bisa sampe tahu riwayat penyakit pak bejo?
    uaaneeh bingit... jangan2, bu rani inih adalah stalker na pak bejo ea? wkwkwkwkwkwk...
    #aselingaco

    kalo di cerita2 ala Conan, ga menutup kemungkinan bahwa pembunuhna adalah keluarga dekat si korban sendiri kan... So, ane nyimak dulu ajadah..

    *nyimaksambilmelakukanprofiling*

    Konklusi sementara>>> Nunggu next chapter dah wkwkwkwk:p
    #buntudanlagimalesmikir :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseli ngaco deh analisa elo, En tapi bagus buat hipotesa selanjutnya. Bu Rani kan sukanya nebak2 kayak elo, lagian org yg dipercaya kepolisian kan emg bukan org sembarangan, paling gak dia harus serba tau. Kayak DC yg tau segala hal medis ampe fisika dan kimia.

      Yups, begitulah! hehe :-)

      Delete
  6. Sharing di sini bersama saya ya dan jangan meninggalkan spoiler :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya apa nih, Pak? Hoho

      Delete