Tuesday, December 17, 2013

Desember



Assalaamu 'alaikum, Sobat! Whaddap, Guys! Gue gak bakalan pake alesan hujan kalo elo nanya kenapa gak pernah posting. Emangnya janjian? Gue juga gak mau pake alesan gak ada waktu, karna waktu selalu nyertain setiap langkah gue. 7x24 jam, Cuy! Banyak gak tuh? Coba elo bayangin kalo setiap jam gue mosting satu judul (judulnya doang ... ), ada berapa judul yang gue bikin dalem 7x24 jam itu? Tapi masa' sih gak ada kerjaan laen?

Gue mah gak peduli ama pagerank yang anjlok kayak gerbong kereta api atau Tante Alexa yang udah gak ramping lagi. Gue cuma pengen nulis sekiranya gue punya waktu buat nulis. Gue pengen nulis tentang bulan Desember, tentang akhir tahun, tentang cuaca yang labil, atau tentang hujan yang plin-plan.

Kalo bulan kemaren ada November Rain-nya Gun 'n Roses (GNR), maka bulan ini ada Desember-nya Efek Rumah Kaca (ERK).

Buat sebagian orang mungkin menyenangkan atau bisa juga ngebawa kesejukan. Nenangin pikiran cuma dengan nyium bau tanah segar selepas diguyur hujan. Sebagian yang lain mungkin ngeluh, mungkin elo yang jemurannya gak kering-kering, atau buat elo yang tinggal di bawah jembatan, gak suka basah dan takut banjir kalo hujan turun gak setop-setop. Apa pun itu, setiap orang pasti punya kesan tersendiri tentang hujan. Gitu juga ERK yang mungkin punya kesan mendalam ama si Hujan ampe terciptalah lagu 'Desember' ini.

"Desember" selalu sukses ngebius gue setiap kali gue ngedengarin. Berulang-ulang, meskipun bukan di musim hujan dan kalender gak lagi nunjukin bulan Desember. Secangkir kopi panas, santai tanpa batas, sendiri atau bareng komunitas, guyuran hujan di depan teras jadi temen yang menurut gue paling pas di kala nikmatin lagu ini.

Selalu ada yang bernyanyi dan berelegi di balik awan hitam

Seperti yang gue catet di atas, setiap kali hujan turun pasti selalu ada yang seneng ampe ujan-ujanan dan nyanyi-nyanyi kayak di pilem India. Atau ada juga yang berelegi, bersedih hati, karna selalu kebanjiran gara-gara sampah memblokade saluran air.

Semoga ada yang menerangi sisi gelap ini

Selalu berharap ada yang dateng buat ngebantu atau ngasih solusi. Gimana cara ngatasin banjir dsb, tanpa sadar bahwa bantuan dan solusi itu ada pada diri kita sendiri. Atau kesadaran hati kita udah mampet karna sampah-sampah yang dibuang sembarangan?

Aku selalu suka sehabis hujan di bulan Desember

Awalnya gue penasaran kenapa cuma hujan di bulan Desember aja yang disuka? Hujan kan gak cuma turun di bulan itu? Gitu pikir gue pas pertama kali ngedenger lagu ini. Lama-lama, alunan musiknya yang menghanyutkan pun bikin gue gak lagi mempermasalahin keistimewaan hujan di bulan Desember tsb.

Kemudian menurut gue, repetisi pada kata 'Desember' justru ngasih kesan romantis. Dari sekian banyak hujan yang turun dalam setahun, hujan di bulan terakhir inilah yang paling berkesan di hati ERK. Mungkin karna intesitas dan trafiknya tinggi ampe nyebabin banjir dsb. Atau kalo dianalogiin, ini sama kayak perasaan jatuh cinta. Di antara banyak cewek, cuma satu yang paling berkesan dan bikin seorang cowok jatuh cinta.

Di sisi lain, lagu ini juga ngegambarin kegalauan seseorang tentang cinta yang selama ini cuma bikin dia luka. Meskipun gitu, dia tetep berharap bahwa suatu saat nanti, bakal datang cinta yang bisa ngobatin lukanya itu dan memilih buat tetep setia, seperti pelangi yang setia menunggu hujan reda.

Walopun ERK nyoba bikin lirik anti lagu cinta, tapi analoginya tetep aja gue pelesetin ke cinta-cintaan. Bhahaha ...

Sampai nanti ketika hujan tak lagi meneteskan duka meretas luka sampai hujan memulihkan luka ...

Happy Blogging 'n Keep On Fire! Wassalaam ... :-)


15 comments:

  1. kalau intensitas hujannya gede, jadinya nggak romantis dong ah, apalagi kalau sampai banjir segala

    ReplyDelete
  2. Desember... Ohh. Desember..
    bulan yang kelak menjadi sejarah buat aku, ibu, dan keluargaku,

    ReplyDelete
  3. ternyata dirimu seorang erik estrada ya sak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan! gue cuma easy listener ....

      Delete
  4. Desember
    Juga ngebawa berkah..kang ojek payung
    Mas.... :)

    ReplyDelete
  5. kok gak posting tentang hari ibu, sak...?

    ReplyDelete
  6. kalau hujan jadi males ngapa ngapin,,, pengennya tidur geetooh... :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaps, betul banget getoooh! bhahaha

      Delete
  7. penikmat desember25/12/13 07:50

    desember ini... rasanya campur2 buatku... ada jalan2.. hahahihi with temans... ada sakit yg datangnya rombongan... ada galau nunggu yg ga ngerti ditunggu.. ada berita bahagia yg akhirnya tiba... kumplit deh... *ups, sori..malah curcol...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan buat elo yang lagi jalan2 ama temen2, yang lagi galau nungguin yang ditunggu, pokoknya met nikmatin desember aja .... :)

      Delete