Friday, November 22, 2013

[BeraniCerita #37] Intaha



BRAAAKK!

Suara gebrakan pintu dari sang Mudabbir1 urusan ibadah sudah menjadi sarapan setiap pagi untuk membangunkan santri-santri pemalas sepertiku.

"Qumuuuu!!! Qumuuu!! Hatta tsalatsa! Wahid ... itsnani ... "2

Sang Mudabbir mulai menghitung, sontak membuat seisi kamar panik setengah mati.

CETAAARR!

Suara rotan yang selalu dibawa sang Mudabbir melecut di udara. Bergegas kubuka lemari untuk mengambil baju koko dan sarungku. Sementara teman-teman yang lain telah keluar kamar, aku masih berkutat mengaduk-aduk isi lemari. Hei, dimana sarungku? Aduh! Mana yang lain belum sempat kucuci!

"Tsalatsa!! Huna!!! La tajri! Qif amami kullun, Alif!"3

Sial! Hitungan sang Mudabbir sudah sampai tiga, dia pun memberhentikan gerakanku.

"Limadza antum la taqumu? Sayarunnul adzan! Kholas! Al an irfa' rijlak!"4

Aku hanya terdiam mendengar omelannya. Dan aku pun menerima hukuman. Sebuah sabetan rotan di kaki. Mantap!

***

"Lo jadi mondok, Lif?"

"Iya, Al! Semata-mata menuhin permintaan terakhir Bokap gue."

"Hehe ... ternyata elo anak yang berbakti juga, ya? So, elo mo tobat nih ceritanya?"

"Semasa hidup Bokap, gak pernah sekalipun gue nurutin kata-katanya. What?! Tobat? Enggaklah! Masa' rocker tobat!?"

"Bhahaha ... "

Aku dan Alexa tertawa. Kemudian berpelukan. Erat, seolah-olah ini adalah pertemuan terakhir kami.

"Eh, Lif! Gue punya sesuatu buat elo," kata Alexa sambil mengeluarkan sebuah bungkusan hitam.

"Apa, nih?" tanyaku penasaran.

"Buka aja!"

Kubuka pelan-pelan bungkusan itu. Dan ternyata isinya adalah sebuah sarung. Tawa kembali berderai. Dengan gemas kuacak rambut warna-warni Alexa.

"Thanks ya, Al!" ucapku sambil mencium pipi Alexa.

***

Hampir setahun aku berada di pondok pesantren ini. Sebenarnya aku bisa menemukan nikmatnya belajar agama di sini. Tapi entah kenapa akhir-akhir ini wajah Alexa selalu terbayang di benakku? Apalagi setelah tadi pagi aku kehilangan sarung pemberiannya. Apa kabarnya si Tomboy itu?

"Eh, Lif! Ngelamun aja ente," tiba-tiba ada yang menepuk punggungku. Ternyata si Zahir, sang Mudabbir urusan dapur.

"Wah! Ente, Hir! Hampir aja jantung ane copot."

"Hehehe, lagian pikiran ente kosong! Mending ikut ane masak, yuk!"

"Gak, ah! Eh, Hir! Di sini ane kok gak pernah ngeliat santriwati, sih?"

"Lha, ini kan asrama putra! Asrama putri terpisah jauh dari sini. Emangnya ente kira ini pesantren rock 'n roll? Bhahaha ... "

"Astaghfirullah! Bukan itu maksud ane. Ente udah ke pasar belum?"

"Ya udah tadi ke pasar buat beli keperluan dapur."

"Hadeuhhh ... tau gitu tadi ane nitip sarung ama ente!"

"Emang sarung ente kemana? Ngapain juga mesti jauh-jauh ke pasar, koperasi di samping mesjid kan juga nyediain sarung?"

"Oke! Syukron ya, Hir!5 Ane ke koperasi dulu."

Bergegas aku melesat keluar kamar, daripada pikiranku makin kacau gara-gara sarung hilang.

***

Adzan ashar berkumandang. Alhamdulillah, sarung baru sudah ada dalam genggaman. Dan ternyata aku bisa melihat santriwan dan santriwati hilir-mudik belanja keperluan mereka. Maklumlah selama hampir setahun aku di sini, tak pernah sekalipun aku ke koperasi pondok.

 "Hai, Lif! Kaifa khaluk?"6

Aku sempat terkejut. Seorang santriwati yang cantik dan anggun dengan hijabnya menyapaku.

"Alhamdulillahi inni bi khoir!7 Al? Lo di sini juga?" aku makin terkejut, ternyata santriwati itu adalah Alexa.

"Emang kenapa? Emang antum aja yang boleh tobat? Eh, udah ya, sore ini ane ada kelas!" katanya sambil berbalik badan.

Aku hanya mengangguk, memandangi punggung Alexa yang berlalu. Tapi baru beberapa langkah, dia kembali lagi. Sementara aku masih dalam keterkejutanku. Sarung yang kupegang hampir saja jatuh.

"Oh, iya! Ada yang kelupaan. Ana wa antum, intaha!8 Assalaamu 'alaikum ... "

"Wa ... wa 'alaikum sa ... salaam."

***

*Jumlah: 500 kata.



Note:
Intaha dalam Bhs. Arab artinya rampung, selesai atau berakhir alias END! Beda dengan kata "tamat" walopun sama-sama berasal dari Bhs. Arab berarti sempurna atau berakhir dengan sempurna. Kalo "intaha" berakhir tapi belum tentu sempurna. :)

1. Merupakan isim fa'il dari dabbaro-yudabbiru yang berarti pengurus.
2. BANGUN! BANGUN! Kuhitung ampe 3, 1 ... 2 ...
3. Di sana! Jangan lari! Diam di tempat, Alif!
4. Kenapa kamu gak bangun? Udah! Sekarang angkat kakimu!
5. Makasih, Hir!
6. Apa kabar?
7. Alhamdulillah, aku baik-baik saja.
8. Gue Elo End!


30 comments:

  1. akhy.......... kok pakenya INTAHA?? kenapa nggak YAKFY?

    akh.. bakhil jiddan sih, athlub namroh faqoth laa yajuz :(

    akh.. ane pertamax niihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakfy? Gak pas! :-)

      Delete
    2. تذكرت الوقت في المدرسة
      Tadzakkartu 'alwakt fil'madrasah

      Delete
    3. Hehe, mataa waktuhu?

      Delete
  2. untung sama rotan, coba pake kayu jati? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, penyiksaan itu mah! XD

      Delete
  3. Sepertinya cerita selanjutnya akan lebih seru, harus cek tiap hari nih biar gak ketinggalan cerita tentang Alexa.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceritanya cuma segitu aja, kok! Kan udah intaha? Hehe..

      Delete
  4. tidak begitu bisa bahasa arab, tapi spontan ketawa baca ana wa antum intaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih udah baca! :-)

      Delete
  5. Menyimak Ah... Banyak pelajaran bhs Arab nih hehehe...

    Alexa sekarang dan jadi Ustadzah ya Kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom! Dia masih belajar juga, kok ... ;-)

      Delete
  6. waduh militan nih pake rotan hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung gak pake ciuman! Apa gak tambah militan, tuh? Apalagi mudabbirnya cowok! Bhahaha

      Delete
  7. jadi inget di Pondok aku pernah di sabet pake rotan 40x gara2 gak sholat jamaah di Masjid, nyabete neng ngarepe santri/wati pulak.. didepan 'dia' pula..

    na'am, Ism Binty Noofa Adzkiya Putri Zain...

    limadza?

    ReplyDelete
  8. ...jangan-jangan...
    sarungnya ilang gegara jadi sarung jama'ah..
    XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, tau aja! Itu mah biasa. Gak peduli juga akhirnya gatel jama'ah! :-D

      Delete
  9. Emang Alexa nya ndak sms..kalo masuk pondok mas....hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak tau! Kan dipondok gak boleh pake hp kecuali penting bgt? Hehe ..

      Delete
  10. mantap.... pake kosa bahasa arab lagi... keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Jam! Hehe, kan elo yg udah nerbitin buku dg kategori motivasi Islami? :-)

      Delete
  11. تذكرت الوقت في المدرسة
    Tadzakkartu 'alwakt fil'madrasah


    pake bahasa arab juga aahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, mantap! Mataa waqtuhu? :-)

      Delete
  12. aah... ga papa.., masih Intaha.. blom tamat kan? hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentar lagi tamat, koq! Bhahaha

      Delete
  13. Huwahhh...Eksak keren nih bahasa Arabnya *melipir cantik*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orin beneran cantik deh kalo lagi mlipir! Huhuhu B-)

      Delete
  14. sepertinya ini pengalaman pribadi. *uhuk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fiksi, Miss! Fiksi ... *hadeuwhhh >_<

      Delete