Monday, October 7, 2013

Malpraktik Blogging

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Apa kabar dumay? Gak ngeblog seminggu tuh rasanya enjoy banget. Gue gak mikir bahan posting, gak peduli traffic 'n Rank, gak bewe, gak nge-prompt, dsb. Itu berasa fresh beud! Emang kadang-kadang kita butuh me time, waktu dimana kita manjain diri, maen, fokus kerja dll. Blogger tuh gak melulu ngeblog. Bisa juga ngebolang, ngejam, ngetem trus ngehang.

Cuma masalah klasiknya adalah gimana ngebalikin momentum ngeblog setelah vakum? Gue sendiri ngerasa libur ngeblog seminggu tuh kayak vakum sebulan, bahkan gue pernah vakum sebulan dan rasanya tuh kayak setahun! Berlebihan gak sih? Gue kira gak lebay juga, karna setiap hari puluhan bahkan ratusan info baru muncul di internet. Dan info baru itu adalah bahan baku posting yang gak kita dapet di kemudian hari.

Tapi gak selalu bergantung pada info baru, kejadian sehari-hari di sekitar kita pun bisa jadi bahan posting yang menarik. Kayak 4 hari yang lalu gue kedatengan orang yang ngelamar kerja tukang di proyek gue.

"Elo tukang apa kenek?" tanya gue.

"Tukang, Mas."

"Tukang beneran apa tukang-tukangan?"


Gue bukannya sok. Tapi gue emang kudu selektif milih tukang. Karna biasanya tukang yang ngelamar kerja tuh tukang baru belajar atau setengah tukang. Dia coba ngelamar ke tempat yang baru buat ngejajal kemampuan dia di dunia pertukangan. Kesimpulan lain, tukang yang udah bener-bener serba bisa tuh dicari orang, gak nyari kerja.

Akhirnya gue minta dia buat dateng besok. Besoknya dia dateng. Gue tunjukkin kerjaan buat dia. Gue khusnudzon aja kalo dia udah serba bisa. So, gue minta dia masang keramik di sebuah ruangan yang entarnya bakal jadi front office.

Pas jam makan siang, gue cek kerjaan dia. Dan taraaaa ... Parah! Dia udah ngelakuin malpraktek. Pasangan keramiknya naik turun dan bergelombang, pokoknya gak keren banget kalo ampe orang kantor liat.

Ya, udah terpaksa gue minta tukang laen buat ngebongkar dan si Dia, gue geser buat ngecor lantai garasi. Sedikitnya mungkin dia tersinggung kalo gue bilang ini malpraktek. Kok bisa? Kayak dokter ajah, tanyanya.

Kemudian gue jelasin kalo malpraktek tuh istilah yang sifatnya umum dan gak selalu berkonotasi yuridis. Secara harfiah, awalan "mal" artinya "salah" atau "kurang", sedangkan "praktek" tuh yang baku "praktik" artinya "pelaksanaan" atau "tindakan". So, malpraktik berarti pelaksanaan atau tindakan yang salah dan kurang". Tapi kebanyakan istilah tsb dipake buat nyatain adanya tindakan yang salah atau kurang dalam rangka pelaksanaan suatu profesi.

Dan yang sering kita denger adalah malpraktik dalam dunia kesehatan, dimana dokter atau perawat yang menangani pasien tapi gak sesuai ama prosedur medis. Atau bisa juga pemimpin yang nyalahgunain kekuasaannya, itu juga bisa disebut malpraktek.

Sebenernya ada banyak istilah yang pake awalan "mal" ini. Contoh:
Malfunction = salah/kurang fungsi.
Malnutrition = salah/kurang nutrisi.
Malposting = kurang lebih kayak gue.
Malblogwalking = ini gue juga.
Maling = kurang duit.
Malas = kurang rajin.
Malu = kurang tebel muka.
Malaysia = kurang punya malu.
Dsb.
Nah! Ini kenapa malah jadi postingan malu-maluin kayak gini? Ya, udah! Balik ke kisah si Tukang tadi. Satu dua hari, dia masih enjoy. Dan kemaren, di hari keempat, entah karna sedikit tersinggung atau banyak malunya, dia pun ngundurin diri. So, jadilah postingan tentang kegiatan sehari-hari ini! Simpel, kan? Hehe ...

Malblogging | Ini tentang hari-hari yang panas | Tentang keinginan gue buat stop ngerokok | Tentang mupeng gue ama sebuah gadget | Dan tentang apa pun yang bikin momentum ngeblog gue balik | Tentang elo, sobat gue | Ini tentang eksak!

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam ... :-)


31 comments:

  1. satu hari kamu gak ngeblog aku jadi malarindu sama kamuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahay! Ada yang malarindu! Gue gak lagi malaria, kok.. Hehe.

      Delete
  2. Ahahahah,, ini pasti malposting karena lagi gak ada topik :p

    Tapi bener soal tukang tadi, paklekku suka dicariin orang padahal kerjaan aslinya bukan tukang, tapi mesti diminta bantuin, katanya kerjaannya rapi.

    kalo tukang reparasi hati ada gak bang? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan? Ya emang gitu! Kalo reparasi hati, gue orangnya! *kedip2

      Delete
  3. itu kalo yg depannya MAL.. kalo yang belakangnya MAL, kaya KAMAL.. itu temen baikkuuuu..

    ehh.. ileng kamal gak kang?
    hihi...

    filbarihah, ana ahtalimuka wa abika..
    hazan jiddan, kef halak ya Akhy?
    akhof 'an ka..
    'asaa ente fi shihah, amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamal? Hehe.. Inget aje ente! Alhamdulillah ane fii shihati. Li madza takhoftany? Mustakhilun! Bhahaha

      Delete
  4. kalo malaga termasuk memabukkan sak! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anggur malaga? Hehe, jadi inget waktu gue di Palembang! Alhamdulillah di Jawa gak ada, Bung! :-)

      Delete
  5. Jiahhhhh eksak eksa :) ada loh Malangbong hayoo apa tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malangbong! Aing nyahok! Eta pan kecamatan di Garut? Hehe.. *hasil gugling

      Delete
  6. ahahahaha....akhirnya siang ini saya bisa tersenyum juga setelah membaca Postingannya Sobat...mungkin Tukangnya tersinggung Sob makanya mengundurkan diri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Sob! Dah mampir ... Ya, mungkin emang orangnya kesinggungan! Hehe..

      Delete
  7. Replies
    1. Eits! Gak boleh males! Ayo bangun! :-P

      Delete
  8. Malang = kurang beruntung ato kurang jauh yak? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malang mah kalo dari Tangerang jauh banget! Bhahaha

      Delete
  9. Untung tukangnya mengundurkan diri, ya. Kalau tetap bertahan, malah bikin repot… :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Sob! Gak enak juga kalo musti dipecat! :-)

      Delete
  10. Mandore galak... :P Padahal pemasangan keramik yang ngetril itu bernilai artistik lho.

    Kang, aq ngelamar dadi kenek yo. Tak melu ngaduk labur, masang boto, gawe slup, ngecor, nglepo, ngaci.... wis pokoke opo aelah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngetril artistik ki nek arep nggawe dalan motor tril!

      Pie? Rep melu kerjo? Lha wis kerjo no kok! Malah aku sing arep melu sampean. Ngisi bensin, pertamax, solar, ngganti nozel, notal duit, mbukak tutup tangki, opo ae lah! :-D

      Delete
  11. Elu tuh yang malpraktik. Jatoh kan jadinya... :(
    Semoga lekas sembuh ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, ea ... Tapi gue tersinggung kalo dibilang malpraktik! Huhuhu

      Delete
  12. :D

    lama gak main kesini tau2 ketemu cerita tukang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya nih Rahma! Kemana aja nih gak pernah maen? ;-)

      Delete
  13. wisata kota mati kok gak jadi release?

    ReplyDelete
  14. blogging memang ada waktu jenuhnya gan, libur seminggu ngeblog itu salah satu trik untuk menghilangkan kejenuhan dalam blog, setelah satu minggu kembali ngeblog dan rasanya bakalan semangat banget...untuk mal dan malnya...asal jangan maling aja gan hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups! Bener bgt, Gan! Tapi malsalahnya sih bukan krn jenuh juga, cenderung gak punya ide dan topik buat ditulis.. Hehe.. Maling ide apa ya hari ini? :-)

      Delete
  15. Blogger tuh gak melulu ngeblog. Bisa juga ngebolang, ngejam, ngetem trus ngehang. ------> suka nih ama kalimat ini :D

    ReplyDelete
  16. Ini ceritanya gegara nggak ngeblog seminggu? Jadi bahas 'mal'. Kalau 'malrindu'? :D

    ReplyDelete