Saturday, September 7, 2013

Khayalan Toyyiban



Assalaamu 'alaikum, Sobat! Apa kabar? Masih di dunia, kan? Entah itu dunia maya atau dunia nyata, yang penting kita masih di dunia. Sebenernya kita pun sadar, kehidupan dunia tuh gak lain cuma kesenengan yang semu/nipu [Ali Imron: 185]. Karna semu bin nipu, itulah kenapa kita suka banget mengkhayalkannya. Beda ama kehidupan akhirat yang kekal, apakah kita pernah mengkhayalkannya?

Dulu gue pernah ngaji kitab Nasho'ikhul 'ibad karya Imam Nawawi dan ada penggalan sya'ir yang berkesan banget buat gue.

"Hai orang yang sibuk ama dunianya, sungguh panjang angan-angan/berkhayal udah menipunya."

Berkhayal bahasa 'arabnya "tamanna" (harapan kosong), lawan katanya "tarojja". Kalo Imam Ghozali menyebutnya "thulul amal". Dan termakna dari sya'ir di atas, berkhayal selalu dikaitin ama duniawi. So, wajar aja kalo penduduk dunia tuh hobinya berkhayal.

Well! Karna gue masih penduduk dunia, boleh dong kalo gue ikut-ikutan berkhayal juga? Gue suka berkhayal tentang apa aja dan dimana aja. Apa aja? Yang baik (dikit), banyakan yang jelek, jorok, aneh, gak logis, porno, bahkan yang berpotensi bikin dosa. Dimana aja? Di kamar, di WC, di jalan, di belakang rumah, di depan tipi, di depan umum, bahkan di depan lawan jenis.

Khayalan toyyiban (yang baik-baik) walopun dikit, biasanya terbersit pas gue lagi ngaji tafsir atau tadabbur ayat. Dan ini bakal jadi daftar pendek dari panjangnya khayalan gue.

1. Gue Pengen Hidup Di Empat Musim

Autumn

Khayalan ini terlintas pas gue lagi ngaji Az-Zumar ayat 21:

"Apakah kamu tidak memperhatikan?"

Silahkan elo buka Qur'an dan liat terjemahan ayat tsb!

" ... bahwa Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi … "

Secara logika, kejadian pada ayat tsb ngegambarin hujan. Tapi kalo kita sinkronin ama ayat selanjutnya bisa juga dimaknain ama air yang berupa butiran kristal salju. So, that's winter! Alias musim salju.

" … kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya … "

Well! Itu kan jelas banget abis musim salju yang musim semi, dong? That's spring!

" … lalu ia menjadi kering, lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan … "

Dalam biokimia, ini disebut proses apoptosis (pematian sel yang terprogram) yang dilakuin ama tumbuhan sebagai pengaruh dari fitohormon kayak etilen dan asam absisat. Daun-daun yang hijau jadi menguning dan kering, ini disebabin reduksi klorofil oleh etilen. Apalagi namanya kalo bukan musim panas? That's summer!

" … kemudian dijadikannya hancur berderai-derai."

Kalo dedaunan udah menguning dan kering, tibalah saatnya buat jatuh dan berguguran. That's autumn!

"Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal."

Bisa aja gue jadi TKI di negeri berlintang utara 23,5° dan berlintang selatan 66,5° buat ngerasain 4 musim itu. Tapi itu bukan khayalan gue. Dan khayalan gue adalah 4 musim itu terjadi di negeri tercinta Republik Indonesia!

2. Gue Pengen Mati Syahid Dalam Medan Perang

Khayalan ini tercetus pas gue lagi nonton atau baca berita tentang Palestina, Suriah, Mesir, dsb. Trus gue inget ayat ini:

"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah, lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar." [At-Taubah : 111]

Dan bisa aja gue berangkat ke negara-negara konflik itu pake cara apa pun. Tapi gak! Karna khayalan gue adalah Indonesia yang jadi medan perangnya. Biar "hubbul wathoni minal iman" -nya dapet! :-)

3. Gue Berkhayal Tentang Kehidupan Setelah Mati

Beberapa hari yang lalu Makdhe gue yang di Salatiga meninggal dunia karna kanker payudara. Dan gue berkhayal tentang kehidupan Almarhumah setelah mati.

Apakah Almarhumah bisa ngejawab pertanyaan dari Munkar Nakir? Trus kalo bisa gimana? Kalo gak bisa diapain ama malaikat?

Khayalan pun beralih ke pertanyaan buat gue sendiri. Rupa Munkar Nakir kayak apa, ya? Apakah gue bakal gemeter pas ketemu mereka? Trus shiroth kan sebesar rambut dibelah tujuh, kan? Bisa keliatan ama mata telanjang gak, ya? Kalo gak keliatan kan bahaya, bisa kepleset!

Udah, ah ngekhayalnya! Entar kesenengan elo! Keseringan berkhayal tuh juga gak baik. Elo bisa males, lupa Allah dan gak inget mati. Tapi boleh-boleh aja asal gak keterusan! Rosulullah bersabda:

"Sesungguhnya Allah memaafkan umatku, apa yang terbayang dalam hati mereka, selama tidak melakukan atau pun mengungkapnya." [HR. Bukhari no. 5269 dan Muslim no. 127, dari Abu Hurairah].

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam ... :-)


"Khayalan ini diikutsertakan dalam Giveaway Khayalanku oleh Cah Kesesi Ayutea"


15 comments:

  1. hmmm,,,kalau saya khayalannya apa yaa Sob....kalau saya berkhayal bisa masuk surga dan di temani bidadari cantik,,,hm kan mantap tuh sob...ahahahayy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masuk surga gak usah dikhayalin, Sob! Dìharapkan dan diusahakan aja ... Tentu aja dg ibadah dan amal2 kita. :-)

      Delete
  2. Khayalan pertama dan ketiga oke. Tapi yang kedua tuh yang gak oke, karena gue pengennya Indonesia damai... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Damai tapi hancur dari dalam? Kalo perlu gue berkhayal tentang kudeta pemerintah aja! Hancurkan rezim! Hehe..

      Delete
  3. yg no 2, enggak bgt, deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouw.. Semesta gak mendukung! Huhuhu

      Delete
  4. hahhaa... khayalan thoyyiban ya?

    namroh tsaani itu lhoo yg bikin aku jd takut,, hubbul wathon sih iya.. tp kan gak kudu Indonesia juga yang perang, terus ente mati syahid.. bhaha

    gpp wis.. tapi sing no 2 moga ae gak terjadi..

    aku emoh perang soale.. wis biasa perang bathin sih..

    sip.. makasiihh kang Slameeett.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Gue pernah juga berkhayal jadi militan! Bhahaha..

      Syukron, ea..

      Delete
  5. u/ sementara gue pilih nmor 2 kang,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik, ada yg ngedukung! Nuhun, Kang.. :-)

      Delete
  6. Khayalannya nggak tanggung-tanggung ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. .Yg penting tanggung jawabnya, Bun! Hehe..

      Delete
  7. subhanAllah ya khayalan toyyiban ny, sesuatu sekalih hhe...
    sukses GA ny :)
    #SalamUkhuwah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Pudja .. Makasih atas dukungannya ea ... #SalamUkhuwah! :-)

      Delete
  8. Gue Pengen Mati Syahid Dalam Medan Perang ---> persis kayak khayalan suami gue >.<

    ReplyDelete