Sunday, September 1, 2013

Cerita Anak SMP | Bag. Terakhir

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Primèn kabaré, kiyè? Gak kerasa udah 2 minggu gue berada di kota Pemalang. Itu berarti ±14 hari gue napak tilas kota dimana gue ngelewatin masa-masa SMP ampe kelulusan gue.

Kalo elo pernah ngikutin bagian demi bagian Cerita Anak SMP gue, maka sekarang saatnya gue ngelarin bagian terakhir dari bagian itu. Karna gimanapun, cerita dan kehidupan di kota ini pernah mewarnai hari-hari gue. Dan dialek jawa ngapaknya masih melekat di lidah gue.

So, abis Cerita Anak SMA | Bag. VII, inilah bagian terakhirnya! :-)

***

Pemalang - IKHLAS (Indah, Komunikatif, Hijau, Lancar, Aman dan Sehat). Sebenernya bukan hal yang nge-twist kalo gue berhasil menyabet nilai tertinggi pada UAN (Ujian Akhi Nasional) di SMP Al-Irsyad. *ampun, dah songongnya ...

Tapi yang gak disangka adalah ternyata gue cuma menduduki peringkat kedua pada jumlah nilai keseluruhan di rapor akhir. Gue masih berada di bawah rival tercinta gue, Annisa Rachmawati. *duuhh.. Kemana si Jenius itu sekarang?

Dengan bangganya gue dan Bapak naik ke atas panggung buat nerima penghargaan. Tepuk tangan segenap guru dan wali murid ngiringin momen itu. Lagu Queen dengan We are the champion-nya membahana penuhi aula sekolah. Ada rasa yang bercampur aduk di sana. Ada bangga, haru, senang, bahagia, dsb. Annisa dan ortu pun berada di atas panggung sebagai predikat nilai tertinggi kedua.

"Kon pan nerusna maring endi, Eks? Nang SMA 1 ya karo aku?" tanya Annisa setelah resepsi sekolah selesai.

"Wah, kayané aku bakal nerusna nang Kendal, Nis!" jawab gue.

"Yaaahh ... kok adoh men? Perekan kene bae li ... "

"Wah, ora bisa, Nis! Wong tuwane aku pan pindah mana ka ... "

Tak ada jawaban. Annisa terdiam. Matanya memerah. Tears stream down on her face. Ampe saat ini gue sering nanya, kenapa cewek mau nangis buat gue? Apakah gue nyakitin mereka? <== ini apa coba? Kekerenan banget! *skip!

"Annisaaa ... yu balik!" ortunya Annisa manggil, "oh, kiye ta sing arané Eksak? Bagus ya bocahè."

"Nggih, Bu." Jawab gue tersipu malu-maluin.

"Hehe ... ya wis Annisa balik ndingin ya, Eks!"

Gue cuma ngangguk gak jelas. Annisa cuma tersenyum tanpa sepatah kata apapun. Huft! Kenapa lu diem aja, sih? Say ai lop yu ana apa ngono li! *eih, nggilani!

"Eksaaaakk!!!" gue dikagetin pas mandangin Annisa berlalu, eh, ternyata punggungnya baik-baik aja, gak berlubang, kok!

"Eh, koen, Nung!" ternyata si Nunung Faiqo.

"Selamet ya ... eh, primen? Ngomong apa si Annisa?"

"Ya, mbuh! Inyong bae bleh weruh kaaa ... apa maning koen?"

"Huh! Goblog men! Mbokan ditembak miki, li?"

"Ditembak apa? Ya melasna rwaaa ... "

"Heh! Bocah kok angel men! Ah, ya wis inyong balik ndingin ea ... "

"Ya wis mana ra ... "

Satu persatu sahabat pergi dan tak kan pernah kembali ... Lagunya Bang Iwan Woles eh, Fales jadi soundtrack gue kala itu. Dan ternyata emang guenya gak pernah balik ke kota ini selama puluhan tahun. Sekarang gak tau pada kemana mereka? Ngapain? Ama siapa? Udah punya anak beraba? *kepo mode: inyong #sampluksisanli!

Hari itu juga gue minta surat rekomendasi dari P & K pemkab Pemalang. Trus packing trus ngising trus go to Kendal. See ya next time, Pemalang! Kapan-kapan ketemu maning! :-)

***

Dengan ini, gue bilang kalo bagian demi bagian Cerita Anak SMP udah paripurna. Begitu banyak kisah dan kenangan yang susah buat dilupain. Tentang rivalitas, persahabatan, pertemuan, perpisahan dan cinta. Tentang gue, elu, elu, elu dan dia, dia, dia. Mungkin bakal gue lanjut ke Cerita Anak SMA, tapi entah kapan?

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam ... ;-)


6 comments:

  1. Keprok-keprok buat Eksak, Sang Jawara ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih.. makasih.. makasih... :)

      Delete
  2. nyong pan protes ah.. asli kue gudu bahasa and logate wong Pemalang.. nek ana "LI" iya pancen bener.. tapi nek 'rwaaa' kue wong kendal.. wkwkwk...

    mene gehh kursus karo nyong bae.. ben bisa lanyah ngomonge.. lagi nang Kaligelang kan?
    salam go pakdhe Tarono yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa iyak? hehehe, jebule pancen iyak! :D

      Delete