Friday, August 23, 2013

Prompt #22: Masalembo

mondayflashfiction.blogspot.com


Kami baru saja berbuka puasa saat diberitahukan bahwa KM Tampomas III akan memasuki perairan Masalembo. Cuaca sedang tak bersahabat. Gerimis mengundang. Kulihat Maria mulai mual. Tapi keempat anakku malah berlarian di sepanjang dek.

"Kindi! Jangki' lari-larian, Nak! Bawami adik-adikmu kamari!" seruku pada si Sulung.

Selepas maghrib, kami menuju tangga turun ke kamar penumpang. Gerimis berubah menjadi hujan dan angin kencang. Kapal mulai oleng.

"Semua berpegangan!" aku mulai panik.

Tentu masih terbersit dalam ingatan ketika Tampomas II karam bersama ribuan jiwa di perairan ini. Perjalanan laut dari Tanjung priuk ke Soekarno-Hatta memang harus lewat jalur ini. Mungkin juga sudah puluhan kali kami melewatinya, tapi selalu ada rasa mencekam saat harus melintasinya lagi.

"Bang! Liatki itu!" teriak Maria.

Gelombang setinggi monas menjulang dan menghempas buritan.

BRAAAKK!

Suara keras hantaman jangkar di bawah kapal. Air mulai menggenangi geladak. Kapal makin oleng.

"Maria! Kindi dan Kinan mana?"

Maria lunglai saat menyadari kakak beradik itu tak lagi di sisi. Kipti dan Kila menangis, melihat ibunya tak sadarkan diri.

"Mariaaa!" histeris kuguncang-guncangkan tubuh Maria.

Terjangan berikutnya benar-benar mengubah suasana kapal. Semua penumpang dalam kepanikan. Tangis dan jeritan terdengar dari seluruh penjuru. Gelombang datang menerjang. Menyeret tubuh pingsan Maria menjauh dari pandanganku.

"Mariaaaa ... "

***

Mataku mengerjap. Suara kepanikan samar-samar berubah menjadi lantun takbir dari masjid di dek atas. Senyum bidadari dan malaikat-malaikat kecil menata saraf sadarku.

"Mohon maaf lahir batin ya, Bang ... "

Tak kujawab. Kudekap erat bidadari di hadapanku. Seakan tak ingin kulepas lagi.

"Udah shubuh, Bang. Ayomi anak-anak bersiap, nantipi kita sholat 'id!"

Kutatap malaikat-malaikat kecilku, sesaat sebelum semuanya menghambur ke pelukanku.

Rupanya kapal sedang bersandar di Tanjung perak, Surabaya. Itu berarti masih sehari perjalanan ke Soekarno-Hatta, Makassar. Biarlah kami berlebaran di hari pertama ini tanpa ketupat, sop konro, coto mangkasarak dan pallubasa. Walaupun di atas kapal, yang penting kami berenam masih bisa merayakannya bersama-sama.



*Words: 298.
*Jangan kamu lari-larian, Nak! Bawalah adikmu kemari!
*Bang! Lihat itu!
*Ayo anak-anak bersiap, sebentar lagi kita sholat 'id!
*pallubasa = soto jeroan sapi.


41 comments:

  1. Saya kira sedang bermimpi hehehe... pikiranku meleset :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, trus yg gak meleset apa hayuuu... ? :-)

      Delete
  2. Pertama-tama, gue mau ngakak duyuu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun nggak ngetwist, tapi aku suka ;)

      Delete
    2. Ngakak gara2 gak nge-twist ea? Hiks ;-(

      Delete
  3. bahasa daerahnya asyik ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bahasanya? Hajar ceritanya dong, Rin! Huhuhu

      Delete
  4. iyya, setuju sama mbak orin, bahasa daerahnya asik punya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Bahasanya aja di asyikin? Krisannya mannah? Hehe..

      Delete
  5. iya, asyik karena ada bahasa daerahnya. 'ga asik' karena cuma mimpi. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm.. Emang sih adegan mimpi adalah twist yg mentok! Bhahaha

      Delete
  6. Mimpinya sambil teriak2 kayakya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kok, Bun! Malahan sambil nulis fiksi! Hehe..

      Delete
  7. mengubah bukan merubah mas hehehhe


    yg bikin unik krn ada bahasa daerah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, erlinda! Udah langsung 'diubah' bukan 'dirubah' hehe... :-)

      Delete
  8. Gara2 ndak mudik kmrn jangan2 ...jd kbawa mimpi ya bang...hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Tau aja nih si Bos! :-D

      Delete
  9. Ingat samar2 dengan tragedi ini, di awal 80-an. Banyak kisah dan spekulasi yang beredar waktu itu. Oya, boleh koreksi? Makassar bukan Makasar, jangki' bukan janki'. Masalembo, bukan MAssalembo .. ^__^

    Pa kabar nih? Lama gak main ke sini ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw! Mantep bgt dapet pencerahan langsung dari empunya mangkasarak! Aseeek! Langsung dibenerin, Bu'!

      Makasih ya Bu' dah mampir kemari! Dan thanks berat buat koreksinya ... ^_^

      Delete
    2. ha ha..ada yang koreksi bahasa na :-)

      Delete
    3. Iyo', Bang! Nakke masih belajar, nah? Hehe.. :-)

      Delete
  10. Melestarikan budaya bahasa daerah...baguuus... :D

    ReplyDelete
  11. Makin kreatif aja nih, Eksak. Ga hrs ngetwist selalu lah. Yg penting kan critanya asyik! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Al! Elu emang yg paling bisa ngegedhein hati gue! ;-)

      Delete
  12. dikit enggak nyambung juga dengan bahasa daerah, tapi bagus.. salam sukses buat Eksak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah gue kasih terjemahannya? Hehe, thanks ea... B-)

      Delete
  13. lha aku tahunya kapal tampomas itu juudl lagunya Iwan Fals lhoh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Lha iya! Kan lagu tampomas-nya Bang Iwan itu based on true? :-)

      Delete
  14. slmat mlm sobat. wah kalu kapal tompo mas ituh tenggelam di daerah kepulauan Selembu bener gk y heheh. lhir badhin mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu kan kapal tompo yg di kep. Selembu? Kalo tampomas sih emang di masalembo! Hehe, maap lair batin juga yak! ;-)

      Delete
  15. e dede...cerita na bikin saya teringat tentang musibah tampomas II...tapi bagus memang tong ki kalo bikin cerita...gammara ki...mantap meng tong....tabe' salama ki. mar ki' di'....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik tawwa, se're nai empu na mangkasarak datan! Makasih yo', Bang! Nda laing nakke kan cuma mappalajar, kuran labihna bahasa mohong dimaapta! Hehe..

      Delete
  16. palubasa tu enaaaak :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa' sih? Gue malah belom pernah ngerasain! Bhahaha

      Delete
  17. Asyik kok ceritanya... Yang ngajarin bahasa daerahnya siapa tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Bunda! >_<
      yg ngajarin ya temen2 blogger yg asli makassar... Hehe.. ^_^

      Delete
  18. jyah mimpi, mimpi pas mudik kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Gue kan mudiknya naek bus, gak naek kapal! ;-)

      Delete