Monday, July 1, 2013

Sebuah Review Persahabatan: Godek's Family

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Will you pair me for contest?

"I've got a partner."

"Aku udah ngelamar seseorang..."

"Aku udah dilamar!"

"Gue sponsor!"

Itu beberapa jawaban yang gue dapet saat gue tergelitik berburu pasangan buat kontes SR-nya Pakdhe Cholik. Tergelitik? Yups! Secara walopun gue banyak tau kalo Pakdhe sering ngadain kontes dan GA, tapi baru kali ini gue nyoba buat ikutan. Trus, pengen tau adakah yang mau nerima ajakan blogger kacangan kayak gue?

Kembali berburu. *pinjem TOA mesjid*

"Hallluuuww... Mau gak pasangan ama gue buat kontesnya Pakdhe?"

"Ada beberapa sih yang ngelamar gue, tapi gue lagi gak mood."

Kata seorang blogger. Gue heran, padahal beliau getol banget ama yang namanya kontes. Terbukti beliau bikin sebuah blog laen yang khusus buat kontes blog dan GA.

"Kenapa gak mood? Tumben..."

"Lagian apa yang mau direview dari blog gue? Wong isinya cuma curhatan aja!"

"Ayolah! Elo review aja blog gue! Biar aja gue yang pusing ngereview blog elo."

"Oke, deh! Tapi nunggu mood gue balik dulu ea.."

"Deal! ;-) "

***


Adalah Mimi Radial. Seorang blogger yang produktif, aktif, gaul dan cinta keluarga. Mimi adalah panggilan sayang dari ketiga jagoan kecilnya yang akhirnya jadi panggilan beken di kalangan warga dunia maya. Radial adalah inisial dari ketiga jagoan itu, yaitu Rani, Dia dan Alva. Mimi adalah seorang ibu yang bijak buat Radial dan istri yang setia buat suami tercintanya. Anak-anak dan suami tak ubahnya dianggap sebagai teman yang mewarnai hari-harinya. So, gak heran keharmonisan rumah tangga pun tercipta. Mungkin Mimi pikir kurang lengkap rasanya kalau kebahagiaan itu gak dibaginya buat kita selaku teman di dumay. Sehingga pada Januari 2008, hadirlah godek's family di blantika perblogan Indonesia ini.

Godek's family emang berisi curhatan, kegiatan sehari-hari, kegokilan dan keaktifan seorang Mimi. Tapi konten positif dan pesan moral selalu tersaji dalam setiap kisah yang dipostingnya. Gue kira malah kayak gitu hakekat blog sebagai diary online sesungguhnya. Catatan online yang berisi keseharian, kesederhanaan dan kekeluargaan.

Hmmm, gue kenal Mimi gak tau kapan, yang pasti gue masih muda sedangkan Mimi... #eh, ini mengandung saru (entar bisa didiskuali ama shohibul kontesnya) lanjut ke review blog deh!

1. Desain Blog

godeksfamily
http://godeksfamily.blogspot.com

Desain adalah hal yang krusial pada sebuah blog, atau apapun yang kita inginkan orang berkunjung ke situ. Dampak visual timbul dari apa yang pertama kali terlihat. Apakah visitor bakalan betah atau malah buru-buru kabur, itu tergantung banget ama apa yang tampilin buat pertama kali dilihat. Pilihan warna ungu itu udah cucok banget ama kepribadian Mimi yang kalem dan lemah lembut di dalemnya, kalo di luarnya gimana, gue rasa seantero blogsphere juga udah tau gimana sosok blogger yang satu ini.

Sekedar saran, ea.... Sebaiknya ada beberapa post yang ditampilin di homepage, biar sejajar aja ama gadget yang ada di kanan dan kiri bidang posting. Itu malah ada Feedjit! Apaan coba? ckckckck. Trus menu navigasi biar nampak jelas kenapa gak di tarok di header aja? Dengan adanya 2 sidebar, gue rasa itu malah bikin bingung pengunjung. Masa' musti tengok kanan-kiri, emangnya mau nyebrang jalan? #ups! Kemudian, coba mimi cek lagi barangkali ada banner-banner yang udah kadaluarsa, karna itu cuma berpeluang bikin crawl di google webmaster dan bikin load-nya agak berat. Apalagi buat mobile user kayak gue ini. :)



          Load yang lama via opera mini, gue musti ngos-ngosan ngebuka versi web-nya.


2. Traffik Blog

Kalo gue review di Alexa Rank, blog godek's family udah ada di angka 823.665 berarti udah ada di bawah sejutaan, yah gue rasa itu udah bagus. Tapi kalo ngeliat umur blog yang udah agak tua'an, harusnya angka itu bisa lebih ramping lagi, seramping Mimi maybe. We hope! :) Buat alexa-nya udah ada satu review, nah! Itu oleh-oleh dari gue. Langsung aja gue kasih review bintang lima!!! Hore....!!!!




alexa
Alexa Rank
pagerank
Page Rank
index
Index Google




Trus buat Page Rank, udah 2/10 berarti bisa dibilang udah keren. Apalagi katanya Mimi sekarang lagi gak mood buat ngapa-ngapain. Jangankan bewe, ngepost yang baru aja udah males-malesan. Makanya gue ngajak Mimi, biar gak status diam aja. Juga biar lebih ke-index ama gugel kayak gambar terakhir di atas.

3. Kecepatan Blog


Gue dapet dari iwebtool. Waw! Kenapa gue musti bilang wow? Dengan size html yang udah lebih 100 kb, tapi load time-nya kebilang masih cepet. Dengan rata-rata kecepatan per kb-nya 0,01 s. Mungkin bisa dipercepet lagi dengan ngurangin sedikit banner bergambar atau bikin cukup satu sidebar aja cukup, kok! 

4. Gue dan Mimi

Mungkin itu, Mi! Yang bis gue sampein. Saran dan kritik udah gue gelontorin di atas. Intinya buat bisa aktif ngeblog dalam kesibukan ngurusin rumah tangga dan karir itu gak mudah.  Tapi seorang Mimi mampu nunjukin bahwa itu bisa dilakuin kalo ada kemauan. Tetep bergaul dengan temen-temen di sosial media di sela-sela waktu luangnya. Bahasa yang renyah dan tawa yang menderai badai. Itulah Mimi kita! Gue yakin pembaca juga gak asing lagi ama sosok yang satu ini. Dan itu juga yang bikin gue pengen terus bertemen ama Mimi, syukur-syukur bisa dimasukin ke dalam kartu keluarganya. #ngehayal mode: on.

facebook
Gue dan Mimi


Semoga kebahagian dan keharmonisan selalu menyertai Mimi dan keluarga. Salam ya buat Abah dan Radial! Salam hangat dari Kawasan Perancis, Tangerang. :)

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :)



*secara resmi review ini gue luncurin setelah deadline berakhir. So gue gak jadi ikutan. Karna gue berbelasungkawa banget atas meninggalnya Suami Mimi tercinta. Moga almarhum bisa diterima di sisi Sang Pencipta. Dan buat Mimi, moga tabah dan sabar serta bisa ngelanjutin aktivitas kayak hari-hari biasanya... Al-Fatihah! 






15 comments:

  1. Nyang punya blog curhatan1/7/13 08:09

    Insya Allah dengan membaca review ini Mimi makin semangat untuk ngeblog lagi...
    BTW... kapan2 klo org sibuk ni lagi ga punya kerjaan, boleh deh nge-review blog full curhat gue.. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Dan request diterima, tinggal tunggu tanggal mainnya! Hehe..

      Delete
  2. Wah, napa gak ngajak gw, Sak!
    Kita kan punya cerita yang cukup seru :D
    Etapi, akhir2 ini emang gw sedang gak update-an blog, jadi percuma juga sih ngajak gw hehehehe...

    Btw, suami Mimi meninggal? Innalillahi wainna ilaihi rajiun.
    Yang tabah yah, Mi :(
    Al Fatihah gw kirimin buat almarhum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Nurus, lama tak jumpa, aku kangeenn..
      #salah fokus #kabooorrrr

      Delete
    2. Nurus: yeee... Iya... Gmn nama elu gak ada di daptar TO gue, ea? Padahal seru juga kalo gue partneran ama elu! Bhahaha... Elu sih jarang nongol? :-D

      Ayu: gue juga kangen elu, Ai! #eh

      Delete
  3. Maaf ya, waktu itu aku sudah ngelamar orang.
    Padahal kita bisa jadi pasangan ya... :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Gpp! Gue suka emot-nya... :-)

      Delete
  4. prosesi nglamarnya kok gak ngajakin aku sih? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kamu kan lagi honeymoon? Hehe.. :-)

      Delete
  5. Hm... blom ada 'Tiket Keberuntungan' nyantol di sini.... balik kanan sik aah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhentiiiiii... Graakkk! Eh, mo kmn lu? :-P

      Delete
  6. Terima kasih sahabat...sbnrnya mimi
    udh bolak balik baca. teteup aja
    sedih ga bisa ikutan kontesnya. Maaf
    ya Ndi . btw mks jg ripiu
    judesnya..juga utk doanya. Mimi juga
    sayang Andi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, Mimi! Lagian mana
      tega gue nagih ke Mimi
      dalam keadaan kayak gini? Kita smua kan gak
      nyangka ... So, yg penting yg terbaik aja buat Mimi dan Radial ... I luv u All!

      Delete
  7. padahal ripiunya apik,, tapi gapapa gak ikutan,, ini kan ada kontes lagi.. akhy bisa ikutan.. oke!

    ReplyDelete