Saturday, June 29, 2013

Nothing Like Ramadhan | Sahabat Dan Manifestor

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Gimana nih kabarnya? Hmmm... Gak kerasa ya bentar lagi kita bakal kedatengan sahabat tercinta. Sahabat yang nyempetin waktu buat nengokin kita di setiap tahunnya, tapi kita malah kadang setengah hati nyambut dia. Sahabat yang nawarin bisnis dengan profit berlipat, tapi malah sering gitu aja terlewat.

Sebenarnya gue ngerasa belom layak sahabatan ama dia. Secara maqom (derajat) gue masih hewani. Ngelangkahin kaki dan ngayunin tangan masih didasarin ama nafsu bukan hati.

Gubuk kecil gue berada di lingkungan majlis ilmu agama dan ponpes. Walopun gue gak pernah nyantri secara total, gue sering ikutan ngaji dan belajar kitab di pengajian-pengajian kampung gue. Tapi ampe saat ini, gue masih ngerasain kegersangan spiritual. Jiwa gue cuma ngejamah wilayah eksoterik dari ajaran agama. Apa yang gue kunyah selama ini cuma kulit, belom sedikit pun nyicipin inti dari buah penghambaan.

Gue ngibadah cuma ngarepin surga dan ngejauhin larangan karna takut neraka tanpa nimbang-nimbang apa yang udah gue lakuin buat ngedapetin itu semua. Padahal penghambaan sejati yang dipengen Allah adalah penghambaan yang murni tanpa tendensi. Walopun haq dan bener adanya, Surga neraka sekedar sebagai pengingat (tadzkiroh), bukan sebagai tujuan akhir (al-ghoyatul al-akhiroh).

Maksiat dan dosa gue udah ngakar tunggang dan ngejalar di detak jantung dan denyut nadi. Gue pengen bisa ngelakuin ritual ruhani (tajribah ruhiyah) dan penyucian hati (tadzkiyatun nafs) di pertemuan terakhir ama sahabat gue ini.

Di dalam Fushulul Hikam (mutiara hikmah), manusia adalah tajali (manifestasi) Allah yang paling sempurna. Karna di dalam diri manusia ada dua energi, yaitu energi reseptive (munfa'il) dan energi creatif (fa'il). Kalo kita ngarungin kedua energi tsb, maka kita bakal ngedapetin keyakinan (al-ma'rifah al-yaqiniyyah) dan ilmu rasa (al-ma'rifah al-dzauqiyah).

Kita manusia, kita sebagai manifestasi Allah. So, gimana bisa sebagai sebuah manifestasi kita malah ngerugi'in Dzat Yang Maha Memanifestasi? Sedangkan kalo kita yang bermanifestasi di dunia aja, kita gak mau rugi kan? Tapi sebenernya Allah gak narik sedikit keuntungan pun dari kita. Tapi Allah juga gak bakalan rugi serusak apapun manifestasi-Nya.

Nah! Dengan datengnya sahabat kita yang satu ini, Allah nawarin manifestasi bisnis dengan keuntungan berlebih dan berlipat buat kita. So, apakah kita bakal ambil bagian atau ngelewatinnya gitu aja? Gak usah mikirin ilangnya keihlasan dalam beribadah, karna sesungguhnya Allah berseru pada kita. Fastabiq! Berlomba-lombalah! Imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala).

Suatu cara biar kita gak nganggep biasa pada kedatengan sahabat kita, anggep itu adalah kedatengan dia yang terakhir dalam sisa hidup kita! Biar timbul kekhusyu'an dan keseriusan dalam ngejalanin setiap program yang diberikan.

Nothing like Ramadhan. Nothing! So, as last coming for us. Say Marhaban, Say Welcome, Say Alhamdulillah! 'cos it's the last! Happy Ramadhan, Happy fasting for you All! ;-)

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :-)


18 comments:

  1. Happy Ramadhan. Mohon maaf lahir batin ya kalo ada salah2 kata

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. Bu Mug! Maapin gue juga ea... :)

      Delete
    2. puasa telah datang..... wah bakal macet ne jalanan ama orang jualan... :(

      Delete
    3. Bhahaha, pasnem mikirnya kritis! Tau dah gue gak pernah jalan2 ... :-P

      Delete
  2. Happy fasting month my son :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy fasting, My Mom.. :)

      Delete
  3. Alhamdulillah... trimakasih sdh diingatkan... Semoga Ramadhan ini adalah awal yang indah utk kita bersama, menjadi pribadi lebih baik.. InsyaAllah... Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...
      semoga kita semua baik2 aja.. :)

      Delete
  4. pengen segera cepet2 ramadhan :')

    ReplyDelete
  5. Semoga bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita...
    Semoga bisa ngaji agak banyakan...

    ReplyDelete
  6. semoga kita semua bisa menikmati indahnya Ramadhan hingga usai...,
    mohon maaf lahir batin bila ada salah dan khilaf kata perbuatan selama ini....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Gue juga minta maap ya, Bang! Salam... ;-)

      Delete
  7. "So, apakah kita bakal ambil bagian atau ngelewatinnya gitu aja? Gak usah mikirin ilangnya keihlasan dalam beribadah, karna sesungguhnya Allah berseru pada kita. Fastabiq! Berlomba-lombalah! Imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala)"

    kalimat tersebut bisa menjadi pemacu bagi saya bisa menyambut dan menjalani ramadhan tahun ini semoga lebih baik daripada tahun2 sebelumnya..

    terima kasih mas atas masukannya yg sangat berarti ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Dab! Smoga kita bisa ngejalanin Ramadhan lebih baek dari tahun2 sbelomnya ... :-)

      Delete
  8. Let's welcome the Holly Month Happily. This is a golden chance for us to increase our Pahala, to prepare a golden way to Jannah. :)
    So, welcome ya Ramadan Kareem. Jadi ntar elu bakalan sahur dimana nih, bro? :) Mau sahur bareng gue di Bandung? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..
      So, when's the first fasting's day in Bandung? Thurs or Wed? Kita bisa bubar (buka bareng) dan sabar (sahur bareng), kan Mommy? :-*

      Delete