Saturday, June 22, 2013

Menyemai Cinta | Everybody Can Be A Lover

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Whaddap, Guys?! Are you lover? Everybody can be a lover! 'coz begitu banyaknya lagu tentang cinta, puisi tentang cinta, kata cinta dan cerita cinta. Terlalu banyak kisah cinta buat ditulisin. Makanya gue bingung, harus berkisah yang mana?

Gue adalah pecinta banyak hal. Mulai dari keluarga, wanita, harta, guru, buku ampe gadget. Gue juga pecinta banyak tempat. Mulai dari Salatiga, Kendal, masjid, pespus, di bawah pohon ampe jamban. Gue pun mencintai banyak kegiatan. Mulai dari ngeblog, bewe, pesbukan, chatting, makan ampe buang air besar. Dan gue juga mencintai banyak waktu. Mulai dari shubuh, pagi, senja, maghrib ampe waktu tidur.

Flashback

Dan gue tau elo mulai berpikir kalo gue gak niat nulis, ampe gue keinget ama sebuah momen pas gue masih ikut-ikutan ngaji di sebuah majlis di kampung gue. Pengasuh majlis adalah seorang yang gue cintai karna gue ta'alluq ngaji ama beliau. Tapi ternyata gampang banget gue berpindah ke laen hati setelah gue tau beliau punya seorang putri yang ehemm... Saat itu gue gak tau, apakah secret admirer bisa dibilang lover? Karna gue cuma mengaguminya dari kejauhan dan berharap bisa lebih deket. Ngeliat kerudungnya yang dijemur berkibar diterpa angin aja gue ngerasa kayak tangannya yang melambai-lambai manggil gue. Atau saat ngeliat sandalnya terparkir di teras ndalem (rumah pengasuh majlis) aja, gue ngerasa kalo dia bilang, "follow me!" Sayangnya jaman itu gue belum kenal twitteran. :-)

Entah kebetulan apa gak, saat awalussanah/awal tahun ajaran baru, gue milih kitab Kasyful Mahjub buat sorogan (setor bacaan kitab pilihan suka-suka). Mulanya gue gak tau isi kitab itu. Ampe pengasuh majlis nanya ke gue, "kamu lagi jatuh cinta, ya?" Gue pikir beliau punya indera keenam ampe bisa baca isi hati gue. Tapi ternyata pilihan kitab gue itu yang ngasih clue terang-terangan. Bhahaha :-D

Kasyful Mahjub

Syekh Ali bin Utsman Al-Hujwiri (pengarang Kasyful Mahjub) ngejelasin beberapa istilah cinta dari berbagai kata dalam bahasa arab. Mahabbat (cinta) dibilang berasal dari kata Hibbat, yang artinya benih-benih yang jatuh di tengah gurun. Nama Hubb (cinta) diberikan pada benih-benih gurun tsb (hibb), karna cinta adalah sumber dari kehidupan sebagaimana benih yang merupakan asal tanam-tanaman. Kayak halnya kalo benih-benih itu disemai di gurun, trus kependem di bumi, hujan turun di atasnya, matahari menyinarinya dan panas serta dingin melewatinya, tapi benih-benih itu gak terpengaruh ama perubahan musim, karna mereka bakal tetep tumbuh dan munculin bunga-bungaan trus ngasih buah-buahan. 

Begitulah cinta. Bila cinta udah milih tempat kediamannya dalam hati, gak bakalan keganggu ama kehadiran dan kegakhadiran, ama suka atau duka, atau ama perpisahan dan pertemuan.

Ada juga yang bilang Mahabbat berasal dari kata Hubb, yang artinya "sebuah kendi yang penuh berisi air", karna kalo cinta ngumpul di dalam hati dan memenuhinya, gak ada lagi ruang bagi pikiran kecuali yang dicinta. Sebagaimana Imam Shibli bilang, 

"cinta disebut mahabbat karna cinta ngehapus dari segala hal selain sang Kekasih."

Yang lain juga bilang, Mahabbat berasal dari kata Hubb yang berarti "empat keping kayu tempat kendi air ditarok di atasnya", karna seorang pecinta ngerasa enjoy aja ngebawa apa pun yang ditimpain ama kekasih padanya. Pujian atau hinaan, duka atau lara, baik maupun buruk.

Ada juga yang bilang dari kata habab, "air yang mendidih dan melonjak-lonjak", karna cinta adalah semangat hati dalam ngerinduin persatuan ama kekasih. 

Kalo tubuh ngedapetin hidup dari ruh, maka begitulah hati yang dapet hidup dari cinta, dan cinta dapet hidup dari pengliatan batin dan persatuan ama sang Kekasih.

Hei, sebenernya kemana arah postingan ini? Readers pun mulai meradang dan ngelakuin orasi. Trus sang Pecinta pun tampil buat nenangin massa yang berdemo ria. Sabar ya, Sob! Ketentuannya kan panjang tulisan gak dibatesin? So, let him berbla-bla-bla! :-)

Maqolat 'Ulama

Satu lagi maqolat 'ulama yang jadi dasar gue buat ngartiin kata cinta, ahabba > yuhibbu = mencintai. Menurut Hasan Hanafi, lafadz "yuhibbu" (mencintai) selalu ber'irob rofa' dengan harokat dhommah. Rofa' yang jadi lambang fa'il yang sejatinya bermakna pelaku, pengendali dan penentu. Sedang harokat dhommah ngindikasi'in sesuatu yang erat dan kuat buat bisa nguasa'in keadaan.

Tandasnya, saat kita mencintai seseorang, ketahuilah bukan dia yang bikin hati kita gak berdaya, meski dia setampan Nabi Yusuf atau secantik Cleopatra, karna itu gak bakalan ngaruh apa-apa. Karna dalam kadar yang udah Allah tetepin, kita sendiri yang nentuin kapan, gimana dan pada siapa rasa itu tertanam ampe tumbuh di hati kita.

Yuhibbu adalah kata kerja (verb), kita adalah fa'il (subject) nya. Cinta gak cuma sekedar rasa tapi juga sebuah usaha.

Jadi apa yang mau gue share tentang "menyemai cinta" ? Kayak yang gue tulis di atas, cinta laksana benih yang disemai di gurun pasir. Bakalan tetep tumbuh tanpa intervensi apapun. Cinta juga ngalihin apapun dalam pikiran kecuali yang dicinta. Cinta juga ngarepin pertemuan dan persatuan, bukan perpisahan dan cerai berai.

Hubungan Tanpa Batas

Manusia itu diciptain berpasang-pasangan (Al-Hujuraat:13). Setiap pasangan yang ngejalin komitmen, pastinya pengen slalu dapet perhatian, bisa sharing dan curhat tentang apa aja serta kapan pun waktu yang dipengenin. Pas lagi bete, ada yang ngasih nasehat dan masukan. Pas lagi ngejar target prestasi, ada yang ngasih semangat. Cuma kadang gara-gara sesuatu dan hal lain, ada juga yang mesti LDR (Long Distance Relationship). Lo disini, Dia nun jauh disana..., pasti sedih banget, kan ya..? Gak cuma intensitas ketemu aja yang bakal kurang, durasi curhat pastinya juga terbatas. Emang sih, di jaman serba canggih ini gak jadi soal buat ngejalanin komunikasi yang kepisah jarak dan waktu. Tapi pastinya beda banget dibanding kalo kita bertemu langsung. Ya, nggak..ya, nggak...?

Kalo kita sering denger HTS (Hubungan Tanpa Status) kayaknya udah basi, deh! Now, elo kudu coba HTB (Hubungan Tanpa Batas). Ngebina hubungan yang kepaut jarak dan waktu, kedengerannya berat banget, ya? Gimana nggak? Pas orang lagi asyik malem mingguan, hang out ama soulmate-nya, kita malah asyik sendirian. Nggak karna lagi jomblo, tapi karna Si Dia jauh di mata. Ck...ck..ck! Wokehh.! Back to HTB! Lo perlu software macem kesetiaan & kejujuran dalam ngejaga komitmen. Lo nggak perlu ngebayangin Dia nggak setia atau tebar pesona ke orang lain. Walaupun Dia jauh, sebenernya Dia deket banget, kok! Jadi lo nggak perlu 3G, chating, eMail, dan webcam buat ngejalin komunikasi ama Dia. Ada yang lebih canggih dari itu semua, yang bikin seolah-olah lo ngeliat Dia di depan mata elo..!

Siapa sih, Dia?
 
Gak usah takut miss komunikasi ama Dia. Dia slalu ada buat elo, kok! Siapa sih, Dia? Dialah Allah yang nakdirin kita berpasang-pasangan. Dialah Allah yang gak bakal gak setia ama kita. Kita bisa curhat kapan dan dimana pun kita berada. Cukup ambil paket premium 5 kali sehari atau paket plus-plus (sunah Rawatib) itu bisa juga. Gak ada jaringan sibuk, gak ada pesen kepending atau curhatan keputus gara-gara low batt. Nggak perlu koneksi apapun antara Kita Dan Allah, nggak bakal ribut sinyal ilang. No limit dan pastinya nggak berbayar.

Cara Mujarab Deket Allah (CDMA)

Allah jauh? Nggak ah! Lo kali yang bikin jauh? Pake nih CDMA, biar komunikasi lo jalan terus!
 
1. Komitmen
Coba deh bikin komitmen buat dijalanin 'n ditepatin! Misal: Lo tuh nggak tau kapan eLo "balik". So, lo kudu slalu inget Allah, supaya lo slalu deket dan slalu dapet pehatian. Kalopun lo mesti "balik", lo ngadep dalam keadaan "eling" atau inget Allah.

2. Percaya
Lo musti percaya kalo Allah tuh slalu mbarengin langkah lo kemanapun. So, elo gak bakal ngerasa putus hubungan ama Allah.

3. Jalin Komunikasi
Bersihin diri, curhat, dong! Kadang kepala batu ini harus serendah tapak kaki. Supaya batu ini cuma jadi kerikil yang menggelitik tapak kaki.

4. Memahami
Juz, ini pentingnya minta ampun! Jangan cuma nuntut apa yang elo pengen aja. But, kita kudu ngerti apa kewajiban kita kepada-Nya.

5. Kejujuran
Hubungan dengan Allah bakal lebih rawan ama yang namanya kebohongan. Mulai dari yang kecil ampe yang gede. Karna kita nganggep sekarang kalo kita lakuin ini itu, "Allah nggak ribut, kok!" Eiitz..Ntar dulu! Mau lanjut hubungan, nggak? Kalo mau, jujur aja dech..!

6. Kesabaran
Apapun yang lo arepin dari hubungan ini, apapun yang lo pengenin, pasti kesampean, kok! Sabar, ya!

Alhamdulillah..! Akhirnya ketemu juga cinta sejati! Gak ada istilah LDR, HTS, TTM, PIL/WIL, yang ada cuma HTB/NLR (No Limit Relatio
nship). Moga semuanye aje, deh! Pade terkabul doanye! Yang lagi nungguin yang jauh, sabar aja, ya! Amiiin.....

Udah gitu aja, moga readers berkenan ama banyak omongnya gue ini dan akhirnya tau kemana arah postingan ini. Everybody can be a lover. Happy Weekend! Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam.... :)

 



24 comments:

  1. Mantap banget tuh Eksak HTB dan NLR-nya. Ditambah dengan CDMA, wah bisa jadi semaian cinta yang luar biasa.

    Makasih tulisannya, udah tercatat jadi peserta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, Bunda... :) ^_^

      Delete
  2. Keren... mantan anak pesantren ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok mantan sih? hehehe, kayak narapidana ajah... :)

      Delete
  3. Bukannya enakan hubungan tanpa status daripada hubungan tanpa batas hehehe.

    hape ane masih gsm kang, ntar kalau lagi jatuh cinta baru ganti cdma kang (bercanda sob).
    Semangat mengikuti giveaway aja kang. Semoga menang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak apa gak tergantung yang ngejalanin, Kang! Makasih ea... ")

      Delete
  4. Tukang Baca22/6/13 21:09

    Hm...jadi pengen baca kitab Kasyful Mahjub itu...tapi, terjemahannya saja..haha... Sukses di GAnya Jeng Niken ini ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin..
      thank ye Mec.. ^_^

      Delete
  5. di semaikan di lahan yang subur sak kakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencoba di lahan yang tandus, Pas... hehehe

      Delete
  6. Haha keren and mantabbb bang ... ini toh si Lima ribu karakter itu. Teope begete.

    Paket CDMA terbarunya bakalan laku tuh di pasaran, apalagi unlimited. Keren pisan euy.

    Terimakasih pak Ustad bibit cintanya dah tersemai nih tinggal ngerawat aza.

    Assalaamu 'alaikum pak Ustad :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, Bunda... ^_^
      tapi sori eaaaa... ane bukan Ustad! hehehe

      Delete
  7. Piye kabare Sak? catet ah yang tips CDMA diatas. penting ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, masih sehat Zay! :)
      silahkan di catet... hehehe

      Delete
  8. CDMA yang terakhir, kesabaran, itu yang menurutku susah banget aku lakukan, Bang. entah kenapa aku tu orangnya gak sabaran. kalo pengen ini jadi pengennya cepet segera dapet..

    Mantab, Bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya itu juga bagus... lebih cepet bakalan lebih baek, Kan? Tinggal kita cari penyeimbangnya aja... :}

      Delete
  9. utk HTB dan NLR serta CDMA....aku hanya bisa bilang WOW banget getu deh

    ReplyDelete
  10. datang berkunjung...
    menyemai cinta dengan cara yang unik yak. jadi tahu pembahasan cinta dari yang tahu asal usulnya dalam bahasa arabnya. makasih info dan tipsnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, sob! Skedar sharing aja, kok ... :-)

      Delete
  11. pas udah nulis komen,,

    aku mikir ulang..

    gak jadi deh..

    wekekekekk

    ReplyDelete
  12. Sudahkah pengumuman pemenang GA nya? harusnya postingan ini jadi juaranya, karena membahas kitab kuning tapi dengan ringan dan gak memberatkan readersnya, keren uii... [subhanallah]

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pengumuman, kok! hehe,, makasih ea noe... ^_^

      Delete