Friday, June 7, 2013

Demi Mood | Tulisan Acak

Aaaassmlu 'aklaium, Saobt! Apa kaabr? Murenut sautu pelneitian di Uinervtisas Cmabridge, utruan hruuf dlaam ktaa tiadk penitng. Ckuup huurf petrama dan trekahhir ynag ada pdaa tepmatyna. Siasyna bsia dtiluis bernataakn, teatp ktia daapt mebmacayna. Ini dsieabbkan kaerna oatk ktia tdiak mebmcaa huurf per hruuf, nmaun ktaa per ktaa.

Pernah liat dan baca paragraf di atas, kan? Dalam sebuah artikel atau blog laen, karna tulisan acak itu udah dikopas puluhan bahkan ribuan kali. Dan ada yang tau siapa yang nulis paragraf itu pertama kalinya? Gue gak tau! Tapi gue gak sepenuhnya setuju ama hasil penelitian itu. Kenapa?

1. Ngacak Tulisannya Kurang Ektrim.

Coba sekarang elo baca tulisan ini!

Kuabt, sjkaaeangh ekganu maewlkii paikrkniu Pkaet, kmaatu plaaert mlnueeiiymi mhartaai Aku dan suema ynag ada di seekgnlikilu Megakanrgak mpgngaaei daalm kaelm.

Gue aja yang ngacak, pusing sendiri. Bhahaha... :D Kalo elo sering minum obat masuk angin, pasti elo tau kalo itu adalah bait pertama lagu Menjaring Matahari-nya Ebiet GAD! :)

2. Kita Udah Punya Rekaman Awalnya.

Hal itu karna otak kita udah ngerekam dan tau kata-kata yang sesuai ama apa yang kita ucapin sehari-hari. Tapi coba kita pake kata yang asing dengan tulisan yang berantakan kayak di atas, otomatis otak kita gak bakalan mampu buat ngebacanya. Kesimpulan gue, otak manusia bisa mikir kalo udah ada arahan sebelumnya.Mungkin gue juga gak bisa baca kalo liat versi english dari hasil penelitian di atas. Sekarang coba elo baca yang ini!

Hroa aotismho wo moageirtn Kroe ga atnaa no amyuu mhici Hroa mae wo moreaitgn Are ga atana no mairi.

Ada yang tau kalo itu adalah bait pertamanya lagu Jepang Mirai E-nya Kiroro?

3. Gak Selamanya Kata Per Kata, Kok!

Guemung kinada laho rangya ngbia sabi asaaja. Tapisu atusa atgu epas tija dio rangya nglu arbi asa. Guepu nyaha rapan, guepu nyaci taci taya ngha ruster capa isua tuha rinan ti. Guebu kanlaho rangya ngpu nyase gala nyata pigu epu nyaka lianya ngnge duku nggue. Maka sihbu atapaa jaya nge loka sihkegu e. :)

Analisa sok tau gue, susunan acak pada kata-kata yang pernah kita tau gak bakalan ngacak-ngacak memori rekam kita, kecuali kata-kata dalam bahasa asing, kode-kode sandi, dan tulisan di gua-gua pada jaman purbakala dan prasasti. 

Sebenernya gue lagi gak em o o de buat nulis, Sob! Kartu seluler gue yang buat ngenet tiba-tiba failed registration alias mati total. So, gue musti beli kartu lagi dan mulai nguprak-nguprek buat nyari trik baru. Kabar Si Leno udah agak baikan, cuma gue musti berjibaku ama batre yang mulai rewel. Wiken bakalan bikin gue keliling server buat ngedapetin hak gue sebagai gretongerz! Udah saatnya jaga malem, Sob! Gue kan sekarang nyambi jadi satpam komplek juga. Bhahaha... :D

Happy blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :)




21 comments:

  1. Males ah bacanya, pusing. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue pengen banget baca postingan elu yang dirilis dari Leno. Barulah gw bisa bahagia, karena bisa ngeliat si Leno bermanfaat lagi. So, keep fighting to let Leno work again, ok?

      Delete
    2. thanks, AL! Tunggu aja tanggal maennya... :)

      Delete
  2. stuju kalau ngacaknya kurang ekstrim. tapi kalau yang rekaman awal? wah ane ga punya rekaman apa apae di otak, masih fress otak gue.. hehehe,

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih fresh berarti masih mahal, dong? bahahaha

      Delete
  3. Baru kali ini saya mikir pas baca postingan kamu sak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelomnya elo gak pernah mikir ea? bhahahaha

      Delete
  4. Apontah!!!!

    #pusing 10 keliling dibuatnya....huwaaaa!!

    ReplyDelete
  5. Pacak pulo kau apo apoan sak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pacak apo bae, had! Hehehe

      Delete
  6. hanya bisa bilang salut buat otak si Eksak. bukan angka lagi yg di pake buat bikin pusing, sekarang lebih maju lagi dengan menggunakan huruf. salut 1000% buat sekaks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Gue malah lagi belajar logika dari elo, Bung! Hehehe, gue juga 1500% salut ama elo... :-)

      Delete
  7. ada tuh penelitian bahasa di amerika, orang membaca tidak ditentukan oleh huruf selain huruf pertama dan terakhir, jadi yg menandakan kosakata itu huruf pertama dan terakhir. tapi ya ini sulit juga. ekstrem lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau dah universitas Cambridge dimana, Bang! Gue pikir sih penelitiannya gak lengkap gitu... ;-)

      Delete
  8. Ane sih sependapat karo Eksak,klo tulisannya sederhana aja sih gampang di baca, coba klo tulisan jawa kuno di tulis acak apa gak klenger bacanya "keo eamgn preint Ska, leik dhe"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, hanacaraka mo diacak gimana lagi... Penelitian itu mah masih kalah ama acakan bhs prokem kita. Ya gak, Bun! Mo hurup pertama dmn, yg trakhir dmn... Bhahaha

      leo ajug preint, badun mricha dandria!

      Delete
  9. Jaman esema ku biyen sempat ngetren ngomong walikan honocoroko lho, mis : gomom = rokok, caklam = bapak, ngicu = ibu, dll...
    yen kulina dinggo sih lancar2 wae..nek suwe ra krungu lha kudu mikir ndisik tur suwiii...hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, boso prokem gali semarangan ea? Wis lali banget... :-D

      Delete
  10. Batrenya dicelupkan ke air saja, Mas. . .:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah!? Elo kira teh celup, dah? Bhahaha

      Delete