Sunday, June 9, 2013

Cerita Anak SMP | Bag. VII: Caught In Between

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Are you holitoday? Gue lagi nge-repeat lagu 100 years-nya Five For Fighting yang jadi tantangan BeraniCerita minggu ini. Sambil gue dengerin berulang-ulang dan coba mahamin artinya, gue mau ngelanjutin Cerita Anak SMP | Bag. VI tempo hari. Ampe akhirnya gue ngerti arti di balik lagu tsb. Dan itu bakal gue sirat dalam Bag. VII kali ini. Check this out! ;-)

***

Rasanya baru minggu yang lalu gue ngerasain damainya kerukunan antar umat beragama di Salatiga. Seolah baru beberapa hari yang lalu gue ninggalin SMP Pangudi Luhur. Seperti baru kemaren gue di Pemalang dan pindah ke SMP Al-Irsyad. Kayak baru aja tadi pagi gue berpindah hati dari sosok Wulan ke seorang Nunung.

Waktu begitu cepat berlalu, Sobat! Padahal gue baru satu semester di Al-Irsyad, tapi gue udah jadi kakak kelas atas para murid di kelas 2 dan kelas 1. Di kelas 3, gue akrab ama seorang cewek jenius bernama Annisa Rachmawati. Dia juara kelas paralel dari kelas SD ampe saat itu. Dia sering jadi asisten guru saat guru ybs berhalangan hadir.

So, gue musti belajar lebih giat buat nunjukin eksistensi gue sebagai murid baru paling ganteng! <--- apa="" b="" ini="" macam="" murid="" nbsp=""> Gue juga musti ngedeketin Annisa, buat cari tau kenapa dia bisa sepinter itu. Jaman itu belom trend istilah "modus", kecuali dalam jajaran kepolisian.

But in the case, jalan gak selalu semulus akar persamaan kuadrat yang bisa gue pecahin dengan mata merem. Dan dalam rangka pedekate ini gue gak bisa blindfold, karna Annisa udah didemenin ama Sigit, si preman sekolah.

"Eks! Sigit mo ngomong ma ente..." kata Wandi, temennya Sigit.

"Ngomong opo?" tanya gue.

"Wis! Pokok'e ente ditunggu ning kelas."

Waktu itu jam istirahat, gue lagi ada di kantin. Tumben-tumbenan si Sigit, padahal gue gak begitu akrab ama dia. Gue pun jalan ke kelas, gue liat beberapa kacungnya si Sigit ada di depan pintu. Nyuruh masuk, ya udah gue masuk. Sigit lagi duduk di meja guru.

"Kon seneng ya karo si Annisa?" tanya Sigit to the point.

"Ora, Git! Biasa ae kok..." jawab gue to the Sigit.

"Wis! Ngaku ae lah!" desak Sigit sambil tangannya nyamber leher gue dan mepetin gue ke papan tulis.

"Tenanan ora kok, Git!" gue masih sabar walopun gue rasain kuku-kuku panjang Sigit makin nancep di leher gue.

Demi niatan awal gue. Gue hijrah ke sini cuma pengen berubah. Gue gak pengen bengal-bengal lagi. Gue gak mau diskors gara-gara masalah sepele kayak gini.

Sigit ngelepas cekikan tangannya di leher gue, tapi...

"Buuukkk!!" gitu kira-kira suara kalo perut elo ditonjok.

Sial! Perut gue langsung mual. Gorengan yang tadi gue makan di kantin mau keluar.

"Wis, Git! Uwis..." gue gak tau juga kenapa gue bisa nahan emosi, padahal si emo udah ngintip di ubun-ubun.

"Buuugggh..." kalo ini suara pas tulang pipi elo kena tinju tangan kosong.

"Intaha, Git!" kata Sarip yang lagi nonton, artinya, "Abisin, Git!"

Mata gue mulai nanar karna rasa sakit di pipi waktu gue liat tangan kanan Sigit mulai melayang dan...

"Plep!" gue tangkep pake telapak tangan gue.

Saat si emo berkuasa, gue jadi inget pelajaran Biologi dan Fisika. Tulang hidung adalah tulang tipis yang rawan. Dengan benturan seberat 2 Kg dari jarak 60 cm aja udah bisa matahin tulangnya. Gue juga jadi inget acara tinju, dimana pelipis si petinju yang sering berdarah. Itu disebabin karna kulit pelipis langsung ngelapisin tulang tengkorak dan nyekung di lubang mata. So, gampang aja sobek ama pukulan seringan 1,5 Kg.

Skor 2-2 ketika Pak Haikal, guru kesiswaan masuk ruangan. 2 buat sakit perut dan pipi lebam gue, 2 lagi buat aliran darah di hidung dan pelipis Sigit.

"Kalian berdua segera ke ruang BP!", hardik Pak Haikal.

Bu Navis, guru BP mencatatkan skor pelanggaran di buku siswa gue dan Sigit. Sementara Pak Haikal ngasih ceramah yang gue dengerin sambil nyengir-nyengir nahan nyeri di tulang pipi gue.

Suatu hari yang nguras banyak energi [E]. Momentum [I] rasa sakit yang ngintervensi esensi hijrah [v] gue.

"Kamu gak papa kan, eks?" sapa Annisa di depan gerbang saat pulang.

Bersambung...

***

Caught in between 10 and 20. Anggeplah itu masa-masa SMP ampe SMA. Masa-masa pencarian jati diri. Usia segitu kita lagi labil-labilnya. Gak cuma dreaming, karna kita juga musti doing! Biar gak nyesel di masa tua kita. 22, 33, 45, 67 itu cuma kiasan nominal angka. Gak penting juga kita tau tutup usia kita pada umur 100 tahun, kalo pada umur 99, kita cuma bisa nyesel dan ngekhayal pengen ngulang semuanya. Karna kita semua tau, bahwa gak seorang pun yang ngerti kapan tiba sang ajal. So, just do it 'n do the best!

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :-)


24 comments:

  1. what a cool fiction, written by a smart author! Keep going, Sak.
    btw, I need to discuss something, lets chat on fb when you are available ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This is based on true, Al! 'bout upon times in my junior high school! Sure by a little modifying... Hehehe

      Delete
  2. Wooouww ... what a cool story. I like your story :) *Eksak's formula ?? but, please don't give me a math or something formula hihi i don't understand.

    Your story make me more understand about you, Sak. You're a really smart boy. (wew, sok inggris banget sih gue)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Really? U know me more, Bun? Bhahahaha, i like u too... :-D

      Delete
    2. Sure, I never realize that I have a smart and good friend *huh, kemane aje ye gue

      Delete
    3. Yeaaah! Wherever u r? But 'em not as smart as u think maybe! Cie... Cie...

      Delete
  3. haelah..pke bhs inggris semuah. Ijin jongkok aja ya Sak !


    #aseekk dibolehin (gelar ambal)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa nih maen gelar2 aja? Ikutan, dong!

      #ambilbantal

      Delete
  4. .. kok anak smp mulu sak?!? ank sma n kul gak ada ya?!? he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dong! Tapi entar kalo smpnya dah lulus ea... Hehehe

      Delete
  5. Itu sedang kesakitan bisa ingat pelajaran biologi. Hebat nih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, lagi bawa buku pelajaran tu, Bun! ;-)

      Delete
  6. Jon, makin keren aja lu..
    ini gak contekan lagi khan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gue bilang gak, entar dibilang mana ada maling ngaku? Mending elo cek sendiri, deh! :-)

      Delete
  7. Campur pakai bahasa daerah juga ya Mas,sempat gak ngerti juga sebagian kalimatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa asal cerita, mas! Kurang keren kalo ditarjim ke laennya... :-)

      Delete
  8. Pengamat nama10/6/13 23:01

    Eh... blom pernah denger lagu ituuu... :(
    hm..wulan,nunung, annisa... who's next? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download aja, gratis kok! Bhahaha, next r u! :-D

      Delete
  9. wah, ceritanya sampai bikin sampel tentang tulang hidung yang rawan patah. benar2 eksak banget loe Sak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, elo juga Penho banget Bung! :-D

      Delete
  10. wah, semuanya pake rumus yak? kereennn

    ReplyDelete