Sunday, June 2, 2013

Cerita Anak SMP | Bag. VI: Al-Irsyad

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Selamat pagi... ;-) Akan selalu gue ucap 'selamat pagi' dengan senyum agar senantiasa tercipta semangat, walopun kapan aja waktunya elo baca cerita ini. Yang udah baca Cerita Anak SMP | Bag. V, saatnya buat go ahead to Bag. VI! Itulah okenya cerita gue, karna bisa dibaca kapan aja! :-)

***

Pagi jadi perenda saksi himpunan kosong yang ngeretas irisan luka jiwa gue. Deru mesin bus antar kota dengan angkuh mamerin kelajuannya. Ah..., Salatiga, elo gak pernah kenal gue. Gue adalah subset terasing dari hiruk pikuknya elo. Dalam limit iman, cuma dimensi ruang, tempat gue ngebunuh waktu. Interval kehidupan nganterin sepi-sepi linier yang terintegrasi dalam semesta tanpa definisi. Distribusi abnormal bagai mimpi tanpa batas dalam setiap absis dan ordinat jejak langkah gue. Mungkinkah absennya gue bakal ngakhirin deret tanpa pola ini? Gak ada probabilitas, apalagi nilai pasti dalam ukiran sastra tanpa logika ini. Cuma sekedar asumsi-asumsi pengantar tidur yang ngebuai mimpi-mimpi buruk. Apa fungsi modulus vektor pembaharu, sementara teorema lampau, terus jadi bagian dari imaginer hidup? Gue gak berharap aljabar pengurai titik nadir itu bakalan ada, karna pecahan-pecahan di atas nilai eksak cuma bagian persentase konyol dari seniman angka yang sok eksis ini. Kesedihan ini udah jadi aksioma hidup, gak lagi dalam derajat fuzzy. Dan lagi cuma tanya yang muncul tanpa jawab, benarkah perjalanan ini adalah potret geometris hidup gue?

Program caturwulan berubah jadi semester, gue masih galau milih sekolah pindahan. Padahal sebenernya gue gak punya pilihan. Gue disambut 'selamat datang' di batas kota Pemalang. Beberapa SMP Negeri dari ujung perbatasan Pekalongan - Pemalang, gue masukin. Tapi nihil! Gue gak diterima. Alasannya gue dari SMP Swasta, so musti ke swasta juga. Oh, ini birokrasi diskriminatif! Okelah kalo begitu... Akhirnya gue terdampar di sebuah SMP yayasan Islam dari Syekh Asy-Syurkati dari Mesir. SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah di kecamatan Taman, Pemalang Kota. Di mana gue dapet temen-temen baru yang kebanyakan dari keluarga Arab.

Otomatis gue masuk udah di kelas dua, semester kedua. Bentar lagi test semester. Apa persiapan gue? Nothing! Pelajarannya sedikit beda ama kurikulum di SMP PL. Pelajaran Agama Islam aja terpecah jadi beberapa mapel tersendiri. Ada Fiqih, Aqidah Akhlaq, Al-Qur'an Hadits, Tarikhul Islam, Tajwid, Mabadi Al-Iryad, Bahasa Arab dan Nahwu. Syetdah! Pengetahuan gue masih tererosi oleh kemajemukan iman, masih terabrasi oleh gelombang keberagamaan. Akhirnya modal gue cuma satu kata sakti: Just Do it! :-)

Temen pertama gue namanya Nunung Faiqoh, sang juara kelas. Dia yang coba ngebantu segala ketertinggalan pelajaran gue. Buat Nunung, dimanapun sekarang elo berada, syukron katsir buat kebaikan dan perhatian elo ke gue! Jazakillahu khoiron katsiraa... :-)

Hasilnya ketika pembagian raport kenaikan kelas, gue sukses nyabet rangking pertama! Nah lho kok bisa? Tau dah kenapa bisa begitu? Gue aja shock dan gak percaya. Wah! Jadi gak enak nih gue ama Nunung!

"Eksaaaaakkk....!!! Selamat ya...! Ente emang pantes dapet rangking satu..." pekik Nunung nepuk punggung gue di depan papan pengumuman.

"Makasih, Nung! Jadi gak enak ane ama anti! Secara yang ngajarin ane kan anti, masa' ane musti ngegeser posisi anti?" jawab gue gak enak hati.

"It's nevermind, Sob! Gue seneng kok ada ente di Al-Irsyad! Kita bakal terus bersaing!"

"Hmmm... Enggaklah, Nung! Ane gak sepinter anti, kok! Kali aja ane lagi mujur..."

"La... La... La... Gak ada istilah mujur dalam isi kepala! Pokoknya ente top, dah! Dan ente musti traktir ane! Hehehe..."

Awal yang bagus, kan? Ini semua gak lepas dari suport temen-temen baru gue. Gak nyangka mereka begitu welcome atas kehadiran gue.

Naik ke kelas 3, bikin adaptasi makin alot. Banyak kejutan kasus yang bakal terkronologi di kelas baru dan sekolah baru ini. Tapi sayang, Nunung gak sekelas ama gue lagi. Ada kisah yang berubah, walau gue rasa sesuatu itu terlalu cepat.

Bersambung...

***

Kemaren Si Leno dari Sang Srikandi udah bisa bernafas. Tinggal nyari'in harddisk aja. Maunya sih yang 320GB, tapi gue liat dulu kedalaman kocek gue. Semoga Si Leno bisa cepet nemenin gue. Aamiin...

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam...
:-)


12 comments:

  1. Mantan warga Salatiga2/6/13 19:01

    anak pindahan langsung dpt ranking 1...hm...ada dejavu di sini... *tapi, klo gw pindahnya klas 3 SD.. haha*
    oya..semoga si Leno makin meningkatkan produktifitas lo ngeblog ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beuh... Kongruen ternyata? Kita sama kaki sama sisi! Hihihi... De javu emang gak pernah terdefinisi... :-)

      thanks ea, Mec! ^_^

      Delete
  2. Widih dahsyat diksinya, banyakan gak pahamnya drpd pahamnya. Ini tulisannya yg bhsnya ketinggian atau otakku yg tak sampai? Tpi sih sebenernya otakkulah yg terlalu kecil utk mencerna (Ceritanya sih oke)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita ini based on true masa-masa SMP gue, Bun! Tapi dibalut ama pikiran otak sekarang! Hehehe

      Delete
    2. Oh true story toh, cie cie cie jadian gak tuh sama Nunung suit .. suit

      Delete
    3. Cuma temen, Bun! Diexplore bgt, sih... Huhuhu

      Delete
  3. oh, anak al irsyad toh... ngapain jauh2 ke pemalang? salatiga aja ada noh, di tengaran.
    waaah, eksak pinter ternyata. ya, ya, moga makin pinter aja deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengaran bukan salatiga, haps! Lagian masih deket, entar gue pulang2 mulu... Bhahaha

      Delete
  4. Habisin semua ilmu dgn lahap, sob! setelah selesai, asmie yang pertama panggil njenengan dgn sebutan Habib. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah! Gak gitu juga dong, asmie... Habib kan tetep dari keturunan arabian... Gak bisa dari jawa tulen! ;-)

      Delete
  5. Replies
    1. Baru tau dewa bahasanya kayak gitu... Bhahaha

      Delete