Wednesday, June 12, 2013

[BeraniCerita#15] Aku Ingin Pulang

Aku menutup kitab kecil bersampul hijau itu. Ku dekatkan hidungku. Ku hirup lekat aroma yang telah lama tak pernah menyinggahi hatiku. Serasa baru kemarin, aku mengkhatamkannya. Serasa baru kemarin, syukuran kecil diadakan di rumahku. Aku masih ingat sorot mata ayah yang menatapku bangga. Atau senyum haru ibu dengan bulir-bulir air yang hampir jatuh di sudut matanya. Memang bukan sesuatu yang besar bagi sebagian orang, tapi itu merupakan nikmat yang tiada terkira bagi kami sekeluarga.

Kini aku selalu membawa kitab itu kemanapun aku pergi. Walau jarang sekali aku membuka apalagi membacanya. Baru malam ini aku merasa merindukan kembali barisan huruf-huruf itu.
Perlahan ku selipkan kitab itu di antara pakaian di dalam tasku. Kemudian ku raih buku tabungan di atas meja. Ku perhatikan deretan angka itu. Katanya si Tole lulus SD tahun ini. Ku harap sedikit uang ini cukup untuk mendaftarkannya di SMP. Waktu berjalan begitu cepat. Serasa baru kemarin aku meninggalkan si Tole bersama kakek dan neneknya.

Malam ini saatnya aku pulang. Sekedar bawaan hampir selesai ku kemasi. Mungkin terlambat, setelah aku menerima diagnosa bahwa hidupku tinggal beberapa bulan lagi. Dan kini aku benar-benar ingin pulang. Penyakit ini akan segera merenggut nyawaku. Nanar ku pandangi surat diagnosa dokter di genggamanku.

"Aini! Cepat keluar! Bos Reno menunggumu di ruang tamu!"

Ku buka jendela kamar. Aku harus segera meninggalkan tempat ini. Menjumpai si Tole yang tak pernah kenal siapa bapaknya.



37 comments:

  1. Tole anakknya Aini trnyta. Lah Bapak Ibunya Aini meninggal knp? hehe Kasin kamu Le !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, gue gak bilang bapak dan ibunya Aini meninggal lho ea...
      Yg jelas ortunya Aini adalah kakek dan neneknya si Tole... ;-)

      Delete
    2. pertanyaan yang sama tapi ternyata udah di jawab...

      Delete
    3. sama-sama, dong? hehehe

      Delete
  2. Eh salah nangkep aku ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuu... Gimana lagi nangkepnya? :-)

      Delete
  3. Wah... ternyata... :'O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata apa, nih Chil? ;-)

      Delete
    2. Untung anaknya 'tole'. Kalo 'nduk' pasti endingnya nyari siapa Bapaknya biar jelas garis keturunan dan buat jadi wali nikah T_T (Mikirnya kejauhan)

      Delete
    3. kejauhan tapi kritis...!! emang itu masalah yang sering kali terjadi di masyarakat.. :)

      Delete
  4. Aku masih belum bisa menangkap jalan ceritanya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus gimana dong,Yu? Gue yg musti ngedit ulang apa elo aja yg baca ulang? Hehehe

      Delete
  5. agak susah dimengerti, aku tadinya penasaran dengan kitab yang diceritakan dalam porsi yang banyak dalam cerita, ternyata ngga ada hubungannya ya...

    keep writing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh, gue kasih clue! ;-)

      Kata 'kitab' gue pake buat nunjukin masa lalu atau masa kecil Aini yg religius. Dia bawa kitab itu ke tempat kerjanya, tapi gak pernah tersentuh. Ampe suatu malam ketiki Aini pengen kabur dari tempat kerjanya itu. Sebutlah itu jalan buat tobat! :-)

      Delete
    2. oo, gitu tho kang.. Mudheng aku saiki hehehe

      Delete
    3. Nah tuh! Kang Budhy aja mudheng... Hehehe

      Delete
    4. haha... lha piye rak mudeng.. lha wong clue ne sak paragraf dewe.. ;)

      Delete
    5. bahahaha, iya gen dho cepet mudeng..

      Delete
    6. haha, itu sih bukan clue, ya Mba Mechta? Tapi penjelasan! Hihi.

      Delete
    7. betool mbak Al.. sekalian saja bikin clue sak postingan! Week.. ;)

      Delete
    8. Al: Bhahaha, iya ya? :D

      Mec: Kalo sakpostingan jenengan dudu clu to, Bu... :p

      Delete
  6. ceritane apik2 tapi kok gus sak paragrap2 tok tho kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo gur sakmono thok iku, Kang! Iku jenenge adhiné cerpen, ceritané gak iso luwih seko 500 kata... ;-)

      Delete
  7. Endingnya nendang. Aini ini waria kan ya?

    Bagus..! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya Aini itu seorang tuna susila makanya Tole gak ketauan bpknya.

      Delete
    2. Bee: Salah!

      eMDi: Benar!

      Delete
  8. aih... semoga Aini sempat bertobat & bersitatap dg si Tole sebelum terlambat...
    Hm...naga2nya bannernya nyantol lagi di sini nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Kita doain aja ya Mec! ;-)
      kok nyantol banneré, nyantol ning tema ae mbuh2an, Mec! Hehehe

      Delete
  9. Sebenernya gue ingin muji tulisan elo, tapi takut lo kegeeran ah ... whahahhaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dipuji, Bun! Dipuji elo, entar gue malah menang! bhahaha

      Delete
  10. ketipu aku mas, tak pikir aku-nya cowok, ternyata Aini hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aku juga...

      Delete
    2. Orin: mungkin karna gue yang nulis cowok ea... ? hehehe

      GIA: hehehe...

      Delete
  11. Anonymous19/6/13 22:18

    Oh aini cewe? Kirain kelamaan pergi jadi figur bapak gak ada. Dan bapaknya pergi buat jadi waria. *malah bikin cerita sendiri :D. Berarti saya salah duga nih.

    -rinibee-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, jadi gitu juga deh! Bee kan gudangnya ide cerita! :-)

      Delete