Wednesday, May 22, 2013

Saat Gue Masih Seumuran Elo

Assalaamu 'alaikum, Sobaat! Semoga elo semua senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin... Pastinya gak sekedar doa dan harapan aja, karna jarang ada orang berdoa gak pake berharap. Berharap semoga doanya terkabul. Termasuk juga pas kita ngedo'ain orang laen. Misal, temen. Apalagi doa buat kita sendiri? Ya, gak? [readers: gaaaaak...] ;-)

Seringnya kita berharap pada apa yang belom terjadi atau apa yang belom nyampe ke kita. Misal,

"Semoga tahun depan gue promosi jabatan! Aamiin..."

atau,

"Semoga kelak istri gue secantik dan sebaik Ayu Citraningtias! Aamiin..."

Nah! Ngomongin tentang umur 23 gue yang udah lewat ratusan tahun yang lalu... Gue mo flashfiction... eh, flashback dulu. Gue inget saat itu gue baru berumur 13 tahun. Gue baca sebuah buku [lupa apa judulnya...], dimana di situ ditulis, gimana seseorang ngegambarin dirinya pada 10 tahun mendatang. Atau doa dan harapan buat 10 tahun ke depan. Gue pun tertarik dan coba corat-coret di buku tulis gue [waktu itu belom kenal internet apalagi ngeblog]. Lagian coretan itu kemana rimbanya juga gue udah lupa, tapi gue masih inget butir-butirnya.

"Sepuluh tahun mendatang tepatnya pas gue berumur 23 tahun, gue musti udah punya rumah sendiri. Gue udah kerja mapan. Gue udah naik haji. Atau kalo gak gue pengen naikin haji bapak emak gue. Gue pengen ngebiayain kuliah adik-adik gue. Gue pengen punya mobil sport..."

Gue pengen ini itu dsb, pokoknya masih bersifat materi. Belom kepikiran buat bikin prospek ke depannya gimana, apalagi mikirin nikah? Jauuuhh... ;-)

Dan pas gue udah ada di zona 23 itu, doa dan harapan 10 tahun yang lalu itu gak pernah terwujud. Putus asa? Gak! Gak sama sekali. Masih ada 10 tahun berikutnya, kan? Karna Allah gak suka ama orang yang berputus asa. ;-)

Kalo ditanya hal istimewa apa yang terjadi pas gue umur 23, hmmm... Bentar gue plesbek lagi! Hmmm... *mikir 2 jam.

Dua jam kemudian...


Apa ya? *masih mikir. 

- beberapa jam kemudian - *clingg... 

Nah, ini aja deh! Umur 23, gue ada di pulau Batam. Kerja serabutan. Seruduk sana seruduk sini kayak kopi sruduk. Temen gue banyak dari berbagai macam wajah dan suku di Indonesia. Dan gue tertarik buat belajar bahasa daerah mereka. So, sambil nongkrong biasanya gue nanya-nanya. Kalo ini artinya apa? Kalo mo ngomong gini, bahasa elo gimana? Dsb. Dan hasilnya selama 19 bulan di pulau Batam, gue bisa nguasain lebih dari 5 macem bahasa daerah plus kosakata gaul dan kata-kata umpatan mereka. Ada bahasa Minang, Makasar, Sunda, Batak, Palembang, Melayu, Karo, Banjar, Ambon dll. Padahal gue sekalipun belom pernah ke daerah asal bahasa itu. Ya, taulah, Batam kan kota perantauan, segala macam orang dari segala penjuru nusantara bakal elo temuin di situ.

Jadi, dah! Gue sedikit songong. Bakumpul jo urang awak, gue cas cis cus pake baso Minang. Nongkrong jeung urang Sunda, gue pake basa Sunda. Hang out di pangkalan angkot ama tulang dan opung, gue belagak punya marga. Atau kalo gue lagi nakana elu-elu gue-gue bareng para okkots, samber aja pake mangkasarak. Intinya cuma belajar dan belajar efektik adalah langsung ketemu narasumber atau pemilik bahasa daerah tsb. Paling akhirnya mereka cuma bilang,

"Wong Jowo edan, lu!!"

Peduli amat! Yang penting thanks aja gue udah ngasih kursus bahasa. Hmm... Itu sih yang gue anggep istimewa [readers: ah! Biasa ajah!]. Yang laen? Kada, noadong, euweuh, ndak ado do, seng ada lai alias ora ono!

Buat Ayu yang lagi mo ngeraya'in ultah ke-23-nya, met ultah aja ea, Yu... Happy Birthday, Sugeng Ambal Warsa, Salamaik Hari Jadi, Wilujeng Ulang Taun, Sanah Helwah, dan met milad aja... Pastinya elo punya doa dan harapan di tahun ini, kan? Moga tercapai dan terkabul semua doa dan harapanmu. Wish you all the best! Hope happy b'day not heavy d'day for u! ;-)

Don't be yourself! Selalulah menjadi lebih baik dari dirimu yang sekarang! Tinggalin zona nyaman dan senantiasa berbenah diri! Do it 'n do the best!

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... ;-)

23 Tahun giveaway



33 comments:

  1. masih muda loe mas. kalem aja indonesia lanjut terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia muda! Hehehe

      Delete
    2. horee..istrimu secantik ayu yaa. Aamiin

      Delete
    3. Ayu kan emang artinya cantik, Rie! Lah, kalo uelik itu keren! Bhahaha

      Delete
  2. Oh, tiasa basa sunda oge mas eksak teh?...
    hebat-hebat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe naona nu hebat, kang? Tiasa2 we mun cekna tiasa mah tiasa wae! Lhah, ngomong opo iki?

      Delete
    2. salut saya, mas...

      saya kelahiran dari ibu jawa dan bapa sunda(siapa yang nanya?). bisanya cuman sunda doang...teu tiasa bahasa jawa.

      Delete
    3. Engkelah urang iraha2 urang mikin kamus jawa-sunda nyak... Hehehe

      Delete
  3. Aku bingung, sakjane pean iku umur piro tho? [sebenarnya kamu itu umur berapa tho?,red] heee...
    well cemungud aja ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dibilang jadi tua itu pasti, sedangkan berjiwa muda itu pilihan. Kalo ditanya umur gue berapa, gue cuma bisa bergumam, "kasih tau gak ea...?" ;-)

      Delete
  4. wkwkwk ternyata ada juga terselip okkot, selamat berlomba ya , semoga menjadi salah satu yang terbaik,
    turut meng-amiinkan doa untuk AYU y...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, cuma pergaulan aja, Bang! Thanks atas dukungannya ea... :-)

      Delete
  5. untung aku masih muda hahahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntunglah yang muda dan yang beragama! Bhahaha

      Delete
  6. Assalamu'alaikum,, Kunjungan tengah malam sobat.. salam sukses slalu yua!!! http://aan-shared.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa 'alaikum salaam...
      Thanks buat tengah malamnya, Sob! ;-)

      Delete
  7. Kunjungan perdana ..
    Dari judulnya terlihat Keren sekali
    Benar benar keren postingannya
    sampai saya males untuk membacanya "PEACE" ... Heheheheheee

    ReplyDelete
  8. Wahahha.. keren.. ajarin aku dong bahasa2 itu.. bikin kamus Jawa Batak gitu kaka
    Berarti seharusnya aku panggil kakak dong, atau Om, atau mbah? huehehe

    makasih doa2nya ya Bang.. terima kasih juga sudah mau berbagi kisah hidup saat merantau. sekarang masih di batam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panggil gue papa, Yu! Atau apalah suka2 elo aja! Panggil nama juga gak papa... ;-)

      entar deh gue bikinin kamusnya kalo sempet! Skarang gue ada di Perancis untuk sebuah gawean. Thanks ya yu dah di konfirm... ;-)

      Delete
  9. Wah wah...
    mengerti pakai mi pi ji di to, juga kah? Hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, ngertimi! Hehehe

      Delete
    2. Aih, di mana mi paeng komentar salahku itu?

      Delete
    3. Atakamma komenna? Pening tawwa nakke! Hihihi

      Delete
  10. wedew, gw nungguin lo mikir kelamaan sampe abis kopi sebakom neh, tanggung jawab lo, stok kopi gw kering neh wkwkwk :)

    yah moga aja lo dapet bini yg mirip dikit atau kw nya model Ayu dah, AMin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Sori, Mon! Nah, elu ngopi dewekan bae! Lagian gue mikir demi apa coba? Tau dah, gue juga bingung! Bhahaha

      Delete
  11. wis ora opo-opo, belajar gak onok salahe, belajar ga ada salahnya.semakain banyak ngerti bhasa daerah kan semakin bagus.....tul gak sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya sob, baner ente udah tak pasang, pasang balik yah?...thx

      Delete
    2. Thanks udah pasang banner gue, Sob! Banner elo segera gue pasang balik! ;-)

      Delete
  12. Umur 23 sih gw masih bergelu dengan skripsi. maklum, jadi mahasiswa cukup lama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngapain lama2 jadi mahasiswa? Gue juga pengen tapi belom kesampean! :-D

      Delete
  13. Oo..lagi melu GA toh? Yo wis..tak dongakno muga2 menang yo... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mokacih, auntie mechtaaaaaa.... :-*

      Delete