Friday, May 24, 2013

Cerita Anak SMP | Bag. V: Hijrah

Assalaamu 'alaikum, Sobaat! Gak usah nanya kabar, ea... Gue tau kok kabar elo baek! Itu pun kalo elo punya kabar. :-) Nah! Kebetulan rembulan udah muncul, tuh! Keliatan dari tempat pembaringan gue. Dan gue rasa ini saat yang tepat buat ngelanjutin Cerita Anak SMP | Bag. IV gue kemaren! Sebelum rembulan berlalu menyingkir dari pandangan, cekidot! ;-)

***

Di bagian ini, gue udah kelas 2 SMP. Kelas yang jadi titik tolak refleksi pemikiran gue. Pemikiran yang memaksa gue hijrah dari bumi kelahiran tercinta. Menggulung lembar-lembar kenangan dalam memori tanpa batas. Menutup sapa dengan teman-teman sepermainan gue. Mencatatkan surat pindah dari almamater yang udah ngasih gue banyak pembelajaran. Membuka mata buat dunia luar yang mungkin gak sedamai kerukunan antar umat beragama di kampung gue.

"Rasulullah pun berhijrah untuk menemukan sesuatu yang lebih baik, eks!" kata Lik Mawardi, guru ngaji gue.

"Kamu gak musti terus berada di kampung ini, aku yakin kamu akan menemukan kebaikan di tempat lain."

"Insya Allah, Lik!" jawab gue.

Di otak gue masih berputar tentang maksud di balik perkataan Lik Mawardi itu. Apakah lingkungan majemuk yang terlihat rukun ini bakalan berubah? Apakah sekolah di yayasan agama tertentu bakalan ngaruh ke iman gue? Buat ngejawab itu semua, gue bener-bener musti ngikutin apa kata Beliau.

SMP PL, awal caturwulan kedua. KBM berjalan sebagaimana biasanya. Ketelatan gue, skors-skors gue, perdebatan gue ama guru agama, masih mewarnai hari-hari terakhir gue di sekolah itu. Senyum Wulan yang beresolusi ribuan megapixel pun tetep gak pernah klop gue pasang pake frame manapun. Tapi sebentar lagi itu semua bakalan segera fade out, seperti lagu-lagu rohani yang mendayu di tiap-tiap misa kebaktian. Doa Bapa Kami yang mengawali kegiatan belajar siswa di pagi hari atau Doa Salam Maria yang dilafalkan sebagai penutup acara sekolah, bakalan gak gue denger lagi.

Gue selalu inget hari itu. Jam pelajaran terakhir, gue minta ijin pada guru pengajar. Ketika gerimis mulai membasahi pot-pot bunga di depan kelas. Langkah terseret ngebawa gue ke ruangan Pak Semi Widodo, kepala sekolah. Pengajuan surat pindah adalah spekulasi yang musti dijalanin. Beliau banyak bertanya, seolah-olah nahan gue biar gak jadi pindah. Dengan alasan keluarga, akhirnya surat pun ditandatanganinya.

"Teeett... Teeett... Teeeeetttttt...."

Bel panjang akhir pelajaran berdering. Transaksi alot di ruang kepala sekolah pun berakhir. Saat gue mau keluar dari ruangan, beberapa guru nyambut gue di depan pintu. Beberapa temen pun terlihat di situ.

"Sayang banget kalo kamu pindah, eks!" kata Bu Susi, wali kelas gue.

"Walopun kamu nakal, tapi kamu punya potensi buat sekolah ini." Bu Haryanti, guru biologi yang cantik pun unjuk bicara.

"Yang ati-ati di sana ya, le..." kata Pak Win, guru olah raga gue.

"Maafkan kalo selama ini saya punya salah, Pak! Bu! Semoga di tempat lain, saya gak nakal lagi." gue mencoba tersenyum dan tetep semangat.

Apa kata yang tepat buat protes terhadap waktu berpisah? Mbok ya jangan dilepas kayak gini guenya! Kenapa Bapak Ibu guru membekali kepergian gue pake airmata? Bu Susi nangis, Bu Har nangis, Pak Win yang tengil itu aja juga berkaca-kaca.

"Eks! Digolek'i si Wulan kae to!" kata temen gue Supri kalo gue dicari'in Wulan.

Gerimis berubah jadi hujan yang menghentikan murid-murid di teras-teras kelas. Ada yang nunggu payung jemputan, ada yang ngonyos basah kuyup maksa pulang, dsb.

Dari kejauhan gue liat Wulan yang berjalan ke arah gue. Bukannya muter lewat teras kelas, malah lurus lewat halaman yang mulai digenangi air hujan. Otomatis sepatunya basah, tas yang dipeluknya juga basah, rambutnya basah dan wajah pucat itu pun basah.

"Met jalan ya, eks! Kamu temen yang baek." Wulan tetep senyum meskipun sayu.

"Makasih ea... Kamu juga temen yang baek, kok!", gue nyalamin Wulan.

Hujan mereda, tapi rinainya masih lembut basahi rumput halaman. Sekolah mulai sepi. Setelah pamit ama segenap guru dan karyawan, gue pun pulang. Beberapa temen nyalamin gue di depan gerbang.

"Dolan-dolan rene, ndes!" kata si Supri.

"Wuassuuu... Semang pindah mbarang koe ki!" umpat si Kothe.

"Ojo lali karo masmu iki yo, ngger!" oceh si Triyatno.

Gue cuma tersenyum. Senyum perpisahan yang basah oleh rinai hujan dan air yang menggenang di sudut-sudut mata. Ah! Sejak kapan gue secengeng ini? Gudbai, Cah! Good bye SMP PL! ;-(

Bersambung...
 
***

Hiks... Tenang, Sob! Cerita ini belum berakhir. Mau tau di mana sekolah baru gue? [readers: gaaaakkkk...] Just wait di bagian selanjutnya ea..! Berhubung jempol gue udah pegel, so...

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam...
:-)


28 comments:

  1. naruh posisi dulu di bagian pertamax

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari gini pisah pake nangis? apa kata dunia!
      ada hangout di G+, ada facebook yg bisa bikin terus ketemuan.
      tapi kalo ketemu langsung bareng do'i plus kecupan, emang sulit sih hehehe...!
      oke ditunggu kelanjutannya kawan. walaupun gue gak pernah berfikir buat apa nyari tau dimana elo sekolah gkgkgk!

      Delete
    2. Bhahaha, jaman dulu belom musim internet, Bung! Jangankan fb, g+, twitter, hp aja gue gak punya! :-D

      ya, kali aja dulu kita satu sekolahan? Kan kita bisa reunian, bisa ngopi bareng! Bhahaha

      Delete
  2. Replies
    1. dah baca, kayaknya siwulan endingnya jadi bini loe ya kang hahahaha.

      Delete
    2. Gak gitu, kang! Itu cuma kenangan aja... Bahkan ampe skarang gue gak pernah ketemu dia... ;-(

      Delete
  3. Wuidih, udah SMP masih caturwulan? Gue aja SD udah pake semster dong. Beda generasi ya kita bray wkwkwk
    mantep ceritanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Elo gak tau gimana enaknya sistem caturwulan ea? Liburnya lebih banyak, Bray! Bhahaha, tapi sayang di kelas 3 gue udah pindah ke sistem semester... ;-)

      Delete
  4. Hm.. dari PL trus mondok, po? OK deh... *nggelar klasa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip! Nggelar klasa sik, Mec! Jawabane entar di bagian berikutnya... Hehehe

      Delete
  5. Dulu sudah ada istilah ini: "Makasih ea"? :)

    ReplyDelete
  6. hmmm gw kok penasaran sm wulan, nanti disambingannya di csritain gak tuh dia ... eh pake nagis wkwkwkk ... gaya lo ky bisa nangis aja ... gkgkgk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahaha, tau aja loe... gue nangis beneran, nih!!!!

      Delete
  7. kunjungn malam, makasih baner ane udh di tempelin

    ReplyDelete
  8. Angkatan berapa sih eksak ini? Kok kayak tua banget yah. Hehehe... :V
    Well well, lama2 di salatiga emang nggak bagus buat keimanan. Pada garis sejajar: Al-Azhar, lalu satyawacana, lalu gereja. Itu area pusat hangout anak2 mudanya. Krn disitu banyak warnetnya eaaa... ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, tua ea? Tapi gak setua oma irama, kan? Hehehe...

      Dulu sih belom ada warnet, yg ada cuma tempat ding dong dan bilyard! Tau dah sekarang? Dah ratusan tahun gue gak pulang ke sana! :-)

      Delete
  9. mega sinetron! ceritanya bersambung mulu nih.
    wkwkwk.
    XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mega sinetron, En! Tapi mega mendung! Jiah... :-P

      Delete
  10. engga baca...cuma setor komen aja pertanda masih ada nyawanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha! Mimi mo ngapain aja boleh, kok! ;-)

      Delete
  11. T_T Sayangnya banyak dialog tidak kutahu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma dialog ringan kok, Daeng! Hohoho

      Delete
  12. SMA nanti lebih banyak nih ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya Cerita Masa SMA malah dikit! ;-)

      Delete