Friday, May 17, 2013

Cerita Anak SMP | Bag. IV: Hari Jum'at

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Masih hari Jum'at, kan? Yang kangen ama Kitab Kuning™ , harap sabar! Kali ini gue mau ngelanjutin Cerita Anak SMP | Bag. III, silahkan baca dulu, biar paham kronologis ceritanya. And now! This is it | Bag. IV !

***

Alkisah konon kabar ceritanya, gue dilahirin pada hari Jum'at Kliwon (bukan malem Jum'at) ketika adzan Maghrib berkumandang dari mushola kecil di ujung kampung. Waktu nunjukin jam 18 lewat 4 menit. Bapak yang nungguin prosesi kelahiran gue, berdebat ama Simbah yang bilang kalo jam segitu udah masuk hari Sabtu Legi (tradisi jawa kuno). Tapi Bapak tetep keukeuh kalo hari itu masih hari Jum'at. So, ditulislah dalam SK no. 1 kalo gue dilahirin pada hari Jum'at Kliwon jam 18.04 tanggal 18 April.

Gue dilahirin dalam lingkungan kampung yang majemuk. Majemuk dalam hal agama, etnis dan budaya. Dimana Islam, Budha, Katolik dan Kristen tumbuh subur dalam kehidupan beragama. Sedangkan Jawa, Cina dan Belanda hidup damai sebagai keberagaman etnis dan budaya.

Bahkan ada temen gue yang keluarganya beda-beda agama. Si Bapak Islam, Si Ibunya Kristen, anaknya ada yang ngikut agama Islam kayak bapaknya, ada yang Kristen, ngikut ibu atau malah nyari agama laen, Budha dsb. So, gak heran kalo perkawinan berbeda agama di kampung ini jadi suatu yang udah tau salah tapi dikaprahkan (lumrah, umum, biasa). Itulah asal muasal kata salah kaprah. *eh, gak juga ding!

Letak tempat ibadah kayak masjid, gereja dan vihara itu hampir berdekatan. Anggeplah cuma berjarak 500 meter satu sama lain, ampe gue dan temen sepermainan gue yang berbeda agama, biasa aja maen dari teras masjid trus lompat ke halaman gereja trus lari lagi ke kebun vihara dsb. Atau bisa juga pada saat-saat tertentu, kita beribadah di tempat yang sama. Nah loh! Kok bisa? Bhahaha

Misal gini, pas bulan Ramadhan, masjid jadi rame dibanding hari biasa karna temen-temen gue yang non muslim ikut-ikutan pake sarung dan peci trus bareng-bareng sholat teraweh. Jungkir balik gak tau bacaannya yang penting seneng karna biasanya abis teraweh banyak jajan dan makanan.

Gak beda gue kalo hari Minggu kadang-kadang ngikut temen-temen yang Kristiani ke gereja karna sering ada perjamuan makan dan minum. Atau pada hari tertentu, gue juga ikut-ikutan ke vihara, baca Om Hyang Adi Budhaya sambil ngincer ayam panggang dan buah-buahan yang dibuat sesaji. ;-)

Lingkungan yang indah, kan? Itu juga yang bikin sekolahan beryayasan Katolik atau Budha menjamur di sekitar gue. Yang ngedaftar di sekolah-sekolah itu pun gak cuma umat agama bersangkutan itu aja, tapi bebas dan suka-suka. Akhirnya itu juga yang bikin gue masuk ke SMP Pangudi Luhur.

Huh... *ngelap kringet. Malah jadi cerita kemana-mana? Balik ke bahasan hari Jum'at, Sob! Selain sebagai hari lahir gue, ada cerita-cerita unik di balik hari itu. Kalo di SD, biasanya diisi ama SKJ di Jum'at pagi trus pulang awal. Kalo di SMP PL, hampir setahun di kelas 1 gue gak nemuin sholat Jum'at! Hari Jum'at pulang jam 2 siang, sedangkan pulang awal ada di hari Sabtu sekitar jam 11. Pada Diskusi Akhir Tahun, perubahan peraturan pun tercetus atas hasil usulan gue dan temen-temen sesama muslim biar dikasih kesempatan buat kami Jum'atan. Akhirnya mulai kelas 2 cawu 1, hari Jum'at pulang lebih awal dan jam pelajaran hari Sabtunya diperpanjang. Case solved! ;-)

Eureka! Akhirnya nyampe juga bagian kali ini di kelas 2. Tapi disinilah perseteruan-perseteruan dalam hati gue mulai berkecamuk. Tentang refleksi keimanan gue, tentang lingkungan majemuk kampung gue, tentang cinta monyet SMP gue, tentang keinginan gue buat hijrah dsb. Gak bakalan abis kalo gue cerita di bagian ini. Hmm... Kayak ada yang kurang di bagian ini! Oh, ya... Gak ada cerita tentang Wulan! Hehehe, masa lalu yang indah tapi berliku. Di kelas 2, Wulan gak sekelas ama gue. Tapi kita masih suka maen bareng, kok! Menyusuri jalanan protokol kotamadya di kala senja, shopping buku pelajaran bekas di pasaraya, dsb.

Bersambung...

Kemaren lusa gue ngebesuk Si Leno anugerah dari Sang Srikandi yang lagi diopname, tapi gak juga kelar karna penyakitnya belom kediagnosa secara total. So, maklumlah kalo penyakit karakter hape masih ngejangkitin jempol gue.

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam...
;-)


20 comments:

  1. yang pasti kalo lompat mesti hati2 SAK. ntar kalo di kebun viharanya jangan ganggu kebunnya. soalnya bisa di kungfu hehehe..!
    salut buat kemajemukan daerah elo.
    ditunggu kelanjutannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, gue bales pake soccer Bung! Speechless gue kalo inget masa2 itu, kayak pengen balik lagi ke sana... ;-)

      Delete
    2. balik lompat - lompat maksudnya ya? kakakaka

      Delete
    3. balik lompat? lo kira gue pampir? huhuhu

      Delete
  2. .. waduch,, suka nya ngikut temen^ mulu. bahkan sll ngincer makanan. he..86x. ada^ aja nich. jangan lupa kuilnya ya?!? ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuil cinta ea? bahahaha... itu dulu, pie.. ^_^

      Delete
  3. Replies
    1. buat apa, sob? sama2, deh ea... :)

      Delete
  4. tinggal di daerah mana sih bang?
    jadi penasaran.
    btw kita samaan nih, lahir hari jum'at

    ReplyDelete
    Replies
    1. di daerah salatiga, Ais! hari Jum'at juga ea? sama, donk... :)

      Delete
  5. kalau baca cerita kayak gini rasanya damai banget. lelah hati ngelihat bentrok suku agama ras di sana sini jadi hilang. coba ya seluruh dunia bisa kayak di daerahnya mas ya :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu selalu jadi doa dan harapan kita semua, Mbak! Gak cuma di daerah gue, tapi juga di seluruh dunia... ;-)

      Delete
  6. Yang gak lahir di hari Jumat19/5/13 17:43

    Eh, yg lairnya Jumat kan biasanya baik hati & suka nraktir tuuh... *modus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, ngaku gak lahir di hari Jum'at, biar gak dimintain traktiran! Modus... :-P

      Delete
  7. kupikir asal surabaya, hampir mirip kebudayaan disini yang masih kental dengan adat jawanya, memang disalatiga masih kental ya itung2gan jawanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups! Masih kental banget, Sob... Makanya ada sebutan abangan dan putihan! Hehehe

      Delete
  8. Ceritanya mantpapp brooo..

    ReplyDelete
  9. Widih, ternyata pernah di Salatiga eaaa... kapan2 kl ke salatiga mampir ketempatku sak. Di kauman kidul pabelan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak cuma pernah, tapi di sana tempat lahir beta! ;-)

      Ou... Ou... Hapsari dari kauman, toh! Sering ke rumah temen di sekitaran situ. Skarang masih di sanakah? Hehehe

      Delete