Monday, May 13, 2013

Cerita Anak SMP | Bag. III: Geng

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Gue harap elo semua sehat selalu! Niatan awal gue nulis cerita tentang masa-masa SMP gue adalah buat ngegeser dominasi konten porno dan seks-eseks dengan kata kunci "Cerita Anak SMP" di search engine. Dan Alhamdulillah, Cerita Anak SMP | Bag. II gue kemaren sukses masuk ke SERP (hlm. Pertama gugel), meskipun masih di urutan bawah. Itu semua gak lepas dari dukungan elo semua yang nyempetin waktu buat baca-baca di lapak gue. So, thank a lot ea... Sebagai hadiahnya, nih Bag. III buat elo semua. Cekidot! ;-)

***

Cerita tentang sekolahan, rasanya kurang lengkap kalo kita gak ngomongin tentang geng-geng sekolahan. Ada 2 geng yang paling berpengaruh (negatif) di SMP PL pada waktu itu. Ada gengnya Nanik (nama cowok) cs dan gengnya Rianto (kakak kelas) cs. Sepreman dan sendugal apa pun gue, gue gak pernah terlibat dalam geng-gengan itu. Karna gue lebih suka bandel dan nakal dengan cara gue sendiri.

Kronologinya gini, pada suatu hari, gue lupa dalam rangka apa, yang gue inget sekolah gak ngada'in KBM alias bebas jam belajar. Semua warga sekolah dari mulai, guru, murid dan karyawan lagi lesehan di aula buat nonton pilem dari proyektor yang disorotin ke dinding. Pilem yang diputer adalah tentang perjalanan Yesus. Dari mulai lahir ampe disalib.

"Tuhan kok ditonton?", celetuk gue.

Wulan cuma tersenyum sambil mata tetep fokus ke pilem. Tiba-tiba kedenger suara ribut-ribut dari arah halaman. Hampir separo murid yang lagi asyik nonton, berhamburan keluar mau tau apa yang terjadi.

"HAJAR, NIK! HAJAARR!", sorak anak-anak di antara kerumunan.

"KAMPLENG, RI! KAMPLENG!!!", teriak yang laen.

"Ada apa to, eks?", tanya Wulan ke gue.

"Kayaknya gengnya Nanik ama gengnya Rianto lagi gelut!", jawab gue sok tau.

"Moso' ada yang berantem malah ditonton, bukannya dipisahin!", kata Wulan.

"Iya! Payah banget! Biar gue pisahin!", kata gue sok jentel sambil lari dan menyeruak ke kerumunan.

"AWAS! Minggir! Minggir!"

Ternyata Nanik dan Rianto lagi duel sementara anggota dari kedua geng nyemangatin dan manas-manasin dari luar arena pertarungan.

"Wah! Lumayan nih, abis tadi nonton Tuhan sekarang nonton Smack Down gratis!"

"Ayo, Nik! Antemi... Antemi! Ayo, Ri! Ojo gelem kalah!", teriak gue di antara para penonton.

Pertarungan pun terpaksa dihenti'in gara-gara pak Kepsek dan Kaur Kesiswaan ngelerai mereka dan nyuruh penonton buat bubar.

Pulang.

Esok harinya, gue dapet hukuman dari Suster Cathrine karna kebiasaan telat gue. Hukumannya, suruh nyapu sepanjang teras dari kantor guru, kelas, perpus dan gudang. Mampus gila plus dilirikin ama murid-murid dari jendela kelas.

Hei hei hari itu ada guru bahasa Inggris pavorit gue, Bu Wiji. Orangnya item, kecil dan lucu. Bukan pelajarannya yang gue suka, tapi lirik lagu yang dia tuliskan di papan tulis. Buat kemudian kita nyanyi'in bareng di akhir pelajaran. Lagu-lagu bermain kayak Brother John, ABC, 'Aud Lang Syne, Row Row Your Boat, bahkan lagu dari musisi modern kayak lagunya Avril Lavigne dan Celine Dion. Dan salah satu yang gue suka adalah lagu ini:

Clap your hand! 123
Make the monkey climb the three,
Shake your hand with your friend,
Let's the friendship start again!
How many fingers do you have?
123456789 10 ... ;-)

Kayak biasa, jam terakhir menjelang pulang yang lebih cocok buat tidur siang adalah pelajarannya Bruder Frans. Dan kali ini yang dibahas adalah tentang Liturgi Baptis. Mereka umat Kristen dan Katolik gak sembarangan milih nama baptis buat mereka sendiri. Gak asal keren dsb. Harus dicocokin ama akte, bulan lahir dan klop ama hari kelahiran Santo dan Santa mereka.

Saat Bruder minta temen-temen yang udah dibaptis buat ngenalin nama baptis mereka, saat itulah ada peristiwa yang malu-maluin. Wulan, nama aslinya Wulan Septiani, lahir bulan September, nama baptisnya Maria, jadi lengkapnya Maria Wulan Septiani.

"Apa nama baptis kamu, Har?", tanya Bruder pada Haryanto.

"Felix Xaverius Haryanto!", jawabnya mantap.

"Tumini?"

"Margareth Elizabeth Tumini!", jawab si Tum.

"Bhahahaha..."

Seketika tawa gue pecah. Gue terbahak-bahak dan berhenti saat Wulan ngisyaratin buat diem dengan telunjuk di depan bibirnya. Syetdah! Ternyata cuma gue aja yang ketawa, Sob!

"Kenapa kamu ketawa?", Bruder melototin gue.

"Eh, Anu, Bruder... Saya ngantuk, makanya saya ketawa biar gak ngantuk. Kan gak etis kalo tidur pas jam pelajaran...", jawab gue gelagepan.

Gue ngelirik ke Wulan, dia cuma tersenyum sambil menutup mulut dengan tangannya. Gue juga ngerling ke Tumini, dia merengut sambil menggembungkan mulutnya. Buat Tumini dimana pun sekarang elo berada, "Maapin gue ya, Tum! Gue kan reflek!"

Udah, deh daripada gue trus dicemberutin ama si Tum, mending langsung ke bel pulang aja ea, Sob! Pas lagi jalan ke gerbang, gue ama Wulan sempet bareng (biasanya enggak). Gue nyium ada sesuatu yang gak beres, pas gue liat ke luar gerbang, banyak pemuda gak dikenal pada nongkrong (biasanya enggak juga), jumlahnya ada sekitar 20-an orang. Ketika Pak Satpam ngebuka gerbang, anak-anak pun menghambur keluar. Dan shock banget ketika mereka disambut ama hantaman batu sebesar kepalan tangan ama para pemuda yang nongkrong tadi. Khususnya murid-murid cowok yang kena serangan itu. Yang cewek cuma bisa teriak-teriak histeris. Temen sekelas gue, Yadi, ampe berdarah-darah kepalanya pas dia kembali masuk gerbang. Ada juga yang nuntun temen yang laen masuk ke UKS. Siang itu jadi huru-hara banget deh pokoknya.

Dari arah kejauhan, gue liat batu bergaya sentrifugal dengan kelajuan standar bergerak swing, melintas di atas pagar sekolah ke arah Wulan. 

"Awasss!!!", gue ngambil posisi berdiri Wulan dan...

"Pletaaakk!!!"  

"Gak papa, eks?", tanya Wulan.

"Gak papa, kok! Gue duluan ea.."

Keributan udah reda, gerbang pun dibuka lebar setelah beberapa polisi (gak tau siapa yang nelpon) berhasil ngebubarin massa dan nangkep beberapa pemuda yang dianggep sebagai provokator. Uswah punya uswah, eh usut punya usut ternyata mereka adalah pemuda dari kampungnya Rianto. Pasti Rianto yang bikin ulah. Mungkin mau bales dendam ke Nanik, tapi malah membabi buta ampe banyak jatuh korban.

"Iker-iker (kerah baju) mu kok gopak abang-abang iku opo, le?", tanya simbah pas gue baru masuk rumah. 

Gue gak ngejawab apa-apa karna kepala gue pusing banget. Gue masuk kamar dan ngambil kaca spion buat ngeliat wajah ganteng gue. Dan kaget saat ngeliat kerah baju gue berlumur darah. Etdah! Pala gue bocor! Pasti kena lemparan batu tadi.

Bersambung...

***

Kejadian di atas pas gue masih kelas I, Sob! So, masih ada beberapa bagian lagi yang musti disambung-sambungin biar lebih ngebosenin. Eh, tapi jangan bosen ea... :) Semoga bagian-bagian berikutnya juga bisa nembus SERP. Aamiin... Sebenernya ini juga bisa jadi himbauan buat elo semua, ayo rame-rame bikin cerita masa-masa sekolah versi elo. Bisa Cerita Anak SMA, SMP, bahkan SD! Cek aja pake kata kunci itu dan siap-siap ngelus dada masing-masing.

Happy blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :)


17 comments:

  1. wah tau dibalang watu to?
    lha sing dibalang penghapus kui kapan?

    terus,, kapan pindah nug Pemalange??
    tak enteni cerita lanjutane yoo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iku kejadian ning kelas 2! Sik suwe! Bhahaha

      Delete
    2. wah jadi tau kakakaaka :P

      Delete
    3. berarti koe mbiyen Nakal meni yo Kang? hahaa

      Delete
    4. Do nopo bocah2 iki? Bubar... Bubar!

      Delete
  2. masa sekolah gue suram banget sak. suram oleh di tolak mulu ama cewek hehehe!.
    lanjut, ditunggu cerita selanjutnya walaupun sedikit bingung karna perasaan agak kurang nyambung dikit (ato gue mesti baca 2 kali ya?) soalnya bahasa elo, gue banget gitu. jadi jujur deh, gue agak repot memahaminya SAK!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo elo bingung berarti masa gue itu juga suram, Bung! Bhahaha, gak usah dibaca 2 kali, baca aja berkali-kali pasti tambah bingung... ;-)

      Delete
  3. Izin berkunjung mas ??

    ReplyDelete
  4. Salam kenal, semoga sukses gan jangan lupa mampir ke blogg ane ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Sob! Insya Allah ea... ;-)

      Delete
  5. Ceritanya sekalian dimasukkan untuk menembus posisi serp yah Mas.Bagus Mas isinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas! Hehe, makasih ea... ^_^

      Delete
  6. waduh.. udah telat tida tahap nie, mana mau kerja lagi. ane simpen dulu ah, baca belakangan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Sob! Met kerja aja ea... :-)

      Delete
  7. Salatiga's Fam15/5/13 23:22

    semoga nembus SERP lagi..sayangnya berarti nambah konten negatif yaitu tawuran yo.. mudah2an cerita selanjutnya lebih banyak hal positifya anak SMP :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa ya... Huh! Tawuran emang bukan sesuatu yg positif! *mendaki puncak SERP

      Delete