Saturday, May 11, 2013

Cerita Anak SMP | Bag. II: Aroma

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Masih semangat? Aroma white coffee nemenin malming gue. Saatnya gue ngelanjutin cerita yang kemaren. Ada yang belom baca Cerita Anak SMP | Bag. I ? Nah! Kalo udah siap-siap buat cekidot Bag. II ! ;-)

***

Hari yang gak gue tunggu-tunggu pun akhirnya datang juga. Hari itu gue pake baju warna putih dan celana panjang warna hitam. Menyusuri jalan protokol Diponegoro sambil bawa gitar yang dipinjemin ama sekolah. Yang jelas kesuksesan misa Kenaikan Yesus hari itu ada di petikan jemari gue. Pas nyampe di gerbang sekolah, gue liat Wulan ada di meja penerima tamu undangan. Santai aja gue lewat.

"Tumben gak telat?", sapa Wulan dengan senyum khasnya.

Wah! Ngeledek ni anak! Kalo gue berani, udah gue pacarin lo! Gerutu gue gak karu-karuan.

"Eks! Kamu langsung ke posisi, ya...", tiba-tiba Bu Lusi nepuk bahu gue.

Gue cuma ngangguk dan segera menuju ke tempat yang ditunjuk. Sebuah kursi, stand mic, dan tripot tempat partitur. Gue pun duduk ala musisi cafe sambil check sound gitar setelah gue plug-in ke amplifer.

Gak berapa lama setelah pendeta dari Keuskupan Propinsi dateng, acara pemberkatan ruang misa pun segera dimulai. Rosario dan air suci pun dicipratin ke seluruh penjuru ruang. Gak terkecuali ke wajah temen-temen paduan suara.

"Sial! Lo kira gue belom mandi?", omel gue pas muka gue kecipratan.

Omelan mulai mereda saat Wulan tiba-tiba udah bergabung ama koor di samping posisi duduk gue. Rambut sebahunya yang gak lurus, wajah putih dengan urat-urat membiru yang nampak di pipinya, kumis tipis di atas bibir pucatnya, kalo gue liat ni anak kayak penyakitan! Ups! Tapi dia temen baek gue kok! So, apa aja deh!

Well! Sesi demi sesi seremonial pun berjalan dengan lancar. Apalagi lagu-lagu yang dinyanyi'in koor dengan iringan gitar gue, WOW...! Sungguh memukau. Mungkin gak sekeren itu kalo bukan gue yang ngiringin. *wah! Mulai songonk nih si gue... :-D

Khutbah Sang Pendeta diakhiri ama perayaan Ekaristi atau Perjamuan Kudus. Itu juga gue tau dari pelajaran agama yang samar-samar gue dengerin sambil merem. Dimana temen-temen yang udah dibaptis ngantri buat makan sepotong roti dan minum secawan anggur merah. Gue liat Wulan di antara antrian itu dengan kedua telapak tangan tersusun di atas dada.

"Kenapa harus roti dan anggur merah?", tanya gue sesaat setelah Wulan balik ke posisi.

"Roti ngelambangin tubuh Kristus, makan roti artinya dateng pada Kristus. Anggur merah ngelambangin darah Kristus, meminumnya artinya percaya pada Kristus.", jawab Wulan.

"Ouuuww...", ceritanya gue paham.

Tapi ada yang berbeda dari Wulan. Apa ya? Nafasnya beraroma lain. Tadi pagi gak gini! Santer tercium saat dia berkata-kata tadi. Apakah ini aroma roti atau anggur merahnya? Pertanyaan itu berkecamuk di benak bersama irama gitar gue saat ngiringin koor nyanyi'in Ave Maria sebagai lagu penutup.

Itu cerita masa-masa SMP gue. Sebuah sekolah di bawah yayasan Katolik. Karna itu, gue pernah beberapa kali ikut misa, sesekali nyaksi'in prosesi Ekaristi, hampir ngerti lagu-lagu kebaktian, sedikit hafal Doa Bapa Kami dan Salam Maria, ampe gue kenal temen sebaek Wulan dsb.

Tahun-tahun berganti ampe gue SMA, nyantri dan masuk ke dunia kerja. Dimana gue bertemen ama kiai, ustad, santri, mahasiswa, anak ingusan, preman pasar, tukang ojek, satpam komplek, kuli bangunan, tukang teler, tukang gaple dkk. Kalo lagi ngumpul dan ngobrol ngalor ngidul, terciumlah aroma-aroma yang jadi profil mereka. Ada aroma keringet, aroma rokok, aroma baju gak dicuci berhari-hari, aroma minyak angin, aroma parfum yang diiklanin di tipi dan aroma yang ngingetin gue ama seseorang di masa lampau.

Biasanya temen gue yang tukang teler yang nyebarin aroma itu. Aroma anggur merah! Tercium, terhirup dan terkontaminasi ke otak. Sejenak pikiran gue melayang pada orang yang ngenalin aroma itu buat pertama kalinya. Orang yang sering gue temenin ke gereja, orang yang suka niruin gue wudhu', orang yang nungguin di teras Mushola pas gue lagi sholat, dan orang yang gak pernah sampai buat gue nyatain perasaan.

Pada perayaan Ekaristi di sebuah misa, di sebuah SMP. Wulan! Dimana anak itu sekarang?

Bersambung...

***

Oya, Sob! Cerita kali ini sekalian gue ikutin ke giveaway-nya Kaka Akin, ea... Kayaknya ada aroma-aromanya gitu, kan? Oke?! Udah, deh bilang aja iya! *maksa. Pokoknya buat elo yang bilang iya, ada Cerita Anak SMP | Bag. III buat elo, dah! Bhahaha *gue ciyus, nih! Dan demi sekaratnya karakter hp gue, langsung aja gue stempel:

"Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway Cerita Di Balik Aroma yang diadakan oleh Kakaakin."

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :-)


31 comments:

  1. kok tiba-tiba aku jadi teringat lagu anggur merah milik meggy z,
    anggur merah,
    yang selalu memabukkan diri-mu
    kuanggap belum seberapa,
    selamat berlomba sobat, semoga menjadi salah satu yang terbaik :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, penggemar dangdut nih! Hehehe, tarik Baaaanng...! ;-)

      Delete
    2. ealah malah mabok hahahaha... bukak titik jossssssss

      Delete
  2. Yah ...lagi2 bersambung. bikin penasaran sich. Sebel brow ..hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yipiee... Ada yg sebel ternyata! ;-)

      Delete
  3. Yg lagi kangen aroma Enting2 Gepuk...12/5/13 09:55

    naah...untung kemarin gw ingetin ttg aroma Wulan..etapi,bukan aroma anggur yg kecium kemaren...melainkan aroma hati yg sedang kangen... Wulaan...di manakah dikau? ada yg lagi kangen niih.. ;)
    sukses di GA Akin ya... *itupun klo diterima..haha..*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, kata siapa enting2 beraroma? Dan bales dendam pun terlaksana! :-P

      Delete
  4. baca yg pertama udah , baca yg ini udah .. tapi bersambung lgi . d tunggu season brikutnya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah berkenan baca, Sob! :-)

      Delete
  5. mhaha... edyan nih si eksak.. ceritanya te o pe dah, byk poin mnarik dlm cerita ini molai dr bag. 1.. jujur aku suka bgt sm org yang pluralis, mbaur dgn agama laen yg mmg kita semua adlh sodara, soalnya di klrgaku jg ngajarin ky gt, setali tiga uang pulak buat ngikut GA kakaakin.. hihii.. semoga si wulan baca kisah ini yak.. tega banget kamu sak ngatain si wulan penyakitan.. hahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau namanya pluralis atau apa, Us... Sejak dulu emang gue hidup di lingkungan yg multi kayak gitu. Itu yg bikin gue berteman gak pandang bulu... Bulu apa ajah! Hehehe

      Delete
  6. wah, masih nyambung nih Sak ? aroma gue kira2 terasa gimana waktu komen di blog ini? hehehe...
    sambil menunggu kelanjutannya, gue doa'in moga menang GA nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aroma elo asem kecut, Bung! Gue tau elo belom mandi! Tos! Gue juga belom, kok! Bhahaha...

      Makasih ea... ;-)

      Delete
  7. Koq bisa nyambung ya yang untuk GA ini dengan tulisan sebelumnya? Kreatif deh dirimu :)

    Jadi, naksir si Wulan dulu itu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan nyambung aja, Bu... Dulu emang naksir, tapi gak pernah terungkapkan... :-)

      Delete
  8. ternyata masih bersambung saudara-saudara...
    mari kita nantikan episode berikutnya.
    XD

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Apontah ah oh ah oh, Mi? B-)

      Delete
  10. comment geje ahh: template-nya baru yaaaa

    Eh, gmn acara di ABFInya? iya neh gak bisa datang

    Oia, g'luck GAnya yeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeeee... gue kan dateng ke ABFI, gue cuma dateng ke Srikandi Blogger... :)

      Delete
  11. Ehem..ehem..kreatif banget nih, eh tapi sayang masih bersambung

    Dalam pertemanan dan pergaulan jangan agama dijadikan sekat, nah disini mengalir dengan essip :)

    Matur nuwun, Mas, sudah tercatat sebagai peserta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Mass....
      "HORE!!!", kata gue.. :)

      Delete
  12. Nunggu bagian III, kali aja ada fotonya Wulan hahahaha... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman baheula belom ada poto, Nur! Bhahaha

      Delete
  13. jadi inget bau aroma kamu, BAU ROKOK !

    ReplyDelete
  14. Aroma manis-manis kechut gimanaaa gitu itu cukup sering juga mampir ke tempat kerjaku. Tapi biasanya sih ditambah aroma amis darah, karena biasanya ada aja orang mabok yang nekat naek motor. Hehe...

    Terima kasih udah ikutan pada GA Cerita di Balik Aroma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Kaka! Akhirnya mampir juga! Bhahaha

      Delete
  15. wah, gimana itu hasil giveawaynya?

    ReplyDelete