Thursday, May 9, 2013

Cerita Anak SMP | Bag. I: Pangudi Luhur

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Baru tau gue kalo sekarang tanggal merah. Gue nanya ama ibu warteg, katanya sekarang Hari Kenaikan Yesus Kristus. Kalo di Islam, kita mengenal peringatan Isra' Mi'raj, perjalanan Rasulullah ke Baitul Maqdis trus naik ke Sidratul Muntaha. Ngomongin peringatan hari besar agama, gue jadi inget masa-masa SMP gue ratusan tahun yang lalu. ;-) Asal elo tau aja, ea... Ini gak nyinggung SARA, kok! Semoga...

Dulu gue sekolah di SMP Pangudi Luhur, sekolah di bawah yayasan Katolik di pinggiran kota Salatiga. Kenapa gue sekolah di situ? Alesannya deket aja dari rumah gue. Padahal ada SMP Negeri, tapi agak jauh. Gue gak suka terlalu disiplin. So, gue milih sekolah swasta itu. Dan ternyata gue salah besar, Sob! SMP Pangudi Luhur ini malah kelewat disiplin banget. Bhahaha, ya udah deh terlanjur! So, enjoy aza! ;-)

Dasar guenya emang semau gue. Skor dan skores sering gue terima. Terutama karna gue sering sengaja telat. Jam 7 teettt, pas murid yang laen udah di dalam kelas dan ngelafalin "Doa Bapa Kami", gue baru nongol di depan pintu kelas.

"Kamu telat lagi, eks?", kata Suster Cathrine, pengampu pelajaran PPKn nyambut gue di depan kelas.

"Ya, Sus!", jawab gue.

"Jangan duduk sebelum kamu baca doa bapa kami!"

Gue pun berdiri di depan kelas dan mulai baca doa,

"Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah namamu, datanglah Kerajaanmu, jadilah kehendakmu, di atas bumi seperti di dalam surga, berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami, dst... , Amin.", ucap gue terbata-bata.

"Tumben kamu hapal? Dah, Duduk!", kata Suster dengan senyum sinisnya.

Gue musti berterima kasih pada Wulan di bangku urutan kedua dari meja guru, karna udah ngegerakin bibirnya buat gue ikutin pelan-pelan. ;-)

Jam demi jam pelajaran pun berjalan kayak biasanya. Jam terakhir, datanglah Bruder Frans, pengampu pelajaran agama Katolik. Gue inget waktu itu pembahasan tentang Pentakosta, ampe tiba-tiba ada yang mengetuk pintu kelas.

"Tok... Tok... Tok..."

Ternyata Ines, Sang ketua OSIS. Setelah minta ijin ama guru, dia pun ngasih pengumuman.

"Untuk teman-teman yang saya panggil, harap segera berkumpul di ruang misa, sebagai perwakilan paduan suara pada acara misa kebaktian Hari Kenaikan Yesus minggu depan...", kata Ines.

Gue lagi ngantuk.

"Wulan, Paulus, Haryanto, Tumini, Eksak, dan Kristin..."

Glek! Beuh! Kenapa gue kena juga? Gue ngelirik ke arah Wulan. Dia keliatan tersenyum senang.

Kami yang dipanggil pun segera menuju ke ruang misa. Di sana udah ada siswa-siswi dari perwakilan kelas lain. Bu Lusi selaku instruktur kebaktian ngasih pengarahan ini itu yang sedikit pun gak gue simak. Tiba-tiba...

"Eks! Kamu bisa maen gitar, kan? Minggu depan kamu jadi pengiring koor!", minta Bu Lusi ngagetin gue.

Belum sempet ngejawab apa-apa, Wulan dateng dari depan ngasih gitar dan berlembar-lembar partitur lagu misa ke gue. Mungkin karna gue ngikut ekskul band di sekolahan?

"Wuasssuu... Opooo iki!?", omel gue dalem hati.

Temen-temen pun mulai berlatih. Gue? Melongo di pojok ruangan, mantengin not balok sambil sesekali genjrang-genjreng gak jelas.

Bel akhir jam pelajaran pun berdering. Doa Salam Maria pun serentak dibacakan di kelas-kelas.

"Eks! Kamu terus latihan ya... Gitarnya boleh kamu bawa pulang!", kata Bu Lusi sebelum pulang.

Di rumah. Gue cuma pelototin aja not-not itu. Mending juga ngiringin dangdutan! Lebih asolole! Ada lagu Damai Saudaraku, Ave Maria, Firman Tuhan, Aleluya Aleluya dkk, yang bikin gue koplo. Tapi lumayanlah dapet pinjeman gitar, bisa buat temen ngopi di rumah.

"Kentrungé sopo iku, Lé?", tanya Simbah gue.

"Wah! Simbah rak gaul! Iki jenengé gitar, Mbah... Dudu kentrung...", jawab gue gak sopan. Ups!

Simbah pun berlalu dengan tali bambu dan aritnya.

"Ajeng ngarit to, Mbah?", tanya gue.

"Nggowo arit, pow ngertimu arep ngamén?!", jawab Simbah bikin gue nyaris kejengkang.

"Saudara... Mari semua... Sambutlah altar tuhan kita...", gue nyanyi ampe Maghrib.

Esoknya kembali ke sekolah. Biasalah telat lagi. Apalagi jam pertama ada Bu Haning. Dia yang bikin pelajaran segampang Fisika jadi males gue ikutin. Sebagai hadiah buat ketelatan gue, kali ini gue musti baca Doa Bapa Kami sambil tangan di kuping dan satu kaki diangkat. Sial! Gue liat Wulan nuntun gue berdoa sambil tersenyum tipis. Huft!

Dan kayaknya cerita pengalaman masa SMP ini kudu gue bersambungin, karna karakter hp gue yang sekarat. Laen kali pasti gue lanjutin! ;-)

Bersambung...

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :-)


26 comments:

  1. Wow hukumannya disuruh baca do'a ya? Waduh ... :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak cuma itu, Bu! Gue juga musti nambahin skor pelanggaran di ruang BP dll... Hehehe :-D

      Delete
  2. Replies
    1. bingung mo komen apa, jadinya ku komen wew aja. Hahahaha.
      Ditunggu next part-nya deh.

      Delete
    2. Okabeg! So, yg part 2 udah publish buat elo, En! Hehehe

      Delete
  3. ditunggu kelanjutan ceritanya sampai finish baru bisa komen neh! lanjut sak, sambil menanti episode bag II

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, eni apa namanya kalo bukan komen? Oke, ditunggu aja ya, Bung! ;-)

      Delete
  4. "pelajaran segampang fisika.." appaahhhh?????
    aku aja males banget ketemu fisika.. muahahahah #ups

    ikutan giveaway di blogkku yukk Sak #promosi nih ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, kalo gue sih tergantung gurunya. Fisika bisa jadi asyik, bisa juga nyebelin! ;-)

      oke, Yu! Gue dah ke tkp elo, kok! Insya Allah, gue ikutan... ;-)

      Delete
  5. mhahaa.. tetanggaku ada jg tuh sak yg tiap hr minggu haleluyaan, aku jg ikut komat kamit dsna.. rasanya damai bgt pdhl ga tau artinya pa'an :/ ave maria aku jg suka lagunya, om jai jagadish juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, ngikut juga ternyata? Huhuhu, apalagi di kampung gue yg multi agama... Rame bgt deh pokoknya! :-D

      Delete
  6. ceritanya seru, gaya bahasanya ngena banget. di tunggu bagian 2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ea, In! Insya Allah... ;-)

      Delete
  7. Replies
    1. Nape, Mi! Ati2 dong kalo jalan! Hihihi

      Delete
  8. awas loh nanti di cuci otaknya, pindah lagi hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindah lagi? Pindah kemana, Sob? Hehehe

      Delete
  9. Wew kadang masuk sekolah yang seperti itu, yang ƍäªќ sealiran dengan kita jadi simalakama. Yang penting keyakinan Anda teguh ya " ALLAHU AHAD ", salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah gue masih teguh ampe sekarang, Sob! Makasih, ea... ;-)

      Delete
  10. Cah Salatiga11/5/13 13:39

    Oo... tau dadi cah PL to? ehm...selintas tercium 'aroma bunga' dari si Wulan... ihirrr... *salahfokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah, Mec, tapi cuma ampe kelas 2 cawu 2 aja... Abis itu gue cabut! Aroma? Kayak giveaway! Bhahaha, entar Wulan gue ikutin GA, ah... :-)

      Delete
  11. wah gila .. lagi seru serunya nie ko di putus.. kemana cerita selanjutnya?
    btw lo ahli agama ternyata pernah sekolah di begituan juga ya, keren lo berarti sak. salut gue, angkat topi ama lo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Ampe angkat topi segala, emang lagi pake topi? Gue bukan ahli agama, Sob! Sekolah disitu juga nyasar aja, kok! Bhahaha

      Delete
  12. Ceritanya naggung bro....

    ReplyDelete