Monday, May 27, 2013

[BeraniCerita#13] Sial!

"Sial! Jam pertama pelajarannya Miss Nudia!"

Slamet tergesa berlari menuju sekolahnya setelah sempat membuang puntung rokoknya. Dilihatnya Pak Tejo hampir menutup gerbang.

"Pak! Pak! Tunggu, Pak!"

Slamet menerobos masuk. Tak peduli Pak Tejo bersungut-sungut kesal. Slamet terus berlari menuju kelasnya.

"Lebih 3 menit, Slamet! Silahkan menunggu di luar selama pelajaran saya."

"Tapi, Miss..."

Miss Nudia menggeleng dan segera menutup pintu kelas. Slamet menunduk pasrah. Keringat membasahi baju seragamnya. Sejenak dia menggerutu tak jelas. Dan berjalan ke arah kantin sekolah.

"Es teh, Mbak!"

"Gak ikut pelajaran lagi, Met?"

Slamet tak menjawab. Mbak Tini beranjak ke dapur dan tak lama kembali dengan membawa segelas es teh pesanan Slamet.

"Huh! Padahal cuma lewat 3 menit, Mbak!"

"Pelajarannya Miss Nudia, ya? Beliau emang disiplin banget! Pernah beliau menyuruh anak-anak yang jajan di sini untuk segera masuk kelas, padahal jam istirahat masih tersisa 5 menit."

"Ampe segitunya, Mbak?"

"Iya... Eh, tak tinggal ke belakang dulu ya, Met! Lagi goreng-goreng, takut gosong."

Slamet mengangguk. Kemudian dia membuka tas sekolahnya. Ada sebungkus rokok yang baru dibelinya tadi pagi. Bukan sekali ini dia tak mengikuti jam pelajaran pertama. Bahkan hampir setiap pagi. Disuruh menyapu halaman di jam pertamanya Pak Sapi'i, berdiri di depan kelas selama jam pertamanya Bu Santi atau tak diijinkan mengikuti pelajaran seperti kali ini. Ada rasa malu pada teman-teman sekelasnya, lebih-lebih pada Alfiyah, cewek yang ditaksirnya.

"Ah! Ini semua gara-gara elo!"

Slamet mengumpat sambil meremas bungkus rokoknya. Sebenarnya pagi-pagi sekali, dia sudah keluar dari rumahnya. Membeli rokok di warungnya Mang Diding dan nongkrong di tepi jembatan. Ditatapnya orang berlalu-lalang sambil menghisap batang demi batang rokoknya. Akhirnya satu batang terakhir menemani langkahnya ke sekolah.

"Sebenernya tanpa elo, gue bisa dateng lebih pagi..."

***

Esok harinya, Slamet tak mampir ke warung untuk membeli rokok. Pagi itu, dia bertekad untuk datang paling awal di sekolah. Gerbang sekolah terbuka lebar. Tak dilihatnya Pak Tejo dengan wajah kesalnya. Dia pun berjalan ke kelasnya dengan bangga. Masih ada satu setengah jam sebelum bel masuk berdering. Tak sempat terlintas di pikirannya, mau apa di kelas sepagi itu?

"Tumben?"

Slamet tersentak kaget. Dikiranya itu suara hantu, ternyata Alfiyah telah duduk manis di bangkunya.

"Eh, i... iya! Ternyata elo, Al..."

"Gue emang selalu datang pagi-pagi. Rumah gue kan jauh!"

"Hehe, iya, ya..."

Slamet kehabisan kata-kata. Tapi hatinya bersorak. Sebuah ide tiba-tiba melintas di otaknya. Kalau dia selalu datang lebih pagi, dia punya kesempatan lebih untuk berduaan dan melakukan pendekatan pada Alfiyah.

"Gu... Gue... Mau pinjem catatan pelajarannya Miss Nudia kemaren bolek, gak?"

"Gak bawa, dong! Hari ini kan gak ada jamnya Miss Nudia."

Sial! Salah fokus! Slamet memaki dalam hati.



Better three hours too soon than a minute too late.
~ William Shakespeare.


40 comments:

  1. salah fokus..mungkin gara-gara kebanyakan merokok... , rokok mengandung nikotin yang bisa membuat otak jadi terganggu sehingga menyebabkan salah fokus :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups! Bisa jadi gitu, Bang! Kecanduan emang slalu bersifat khamr, menutupi smuanya... Ingatan, daya pikir, fokus dsb! ;-)

      makasih ea, Bang! :-)

      Delete
  2. .. wha..ha..ha..ha..ha..ha.. kayak nya itu lagi grogi ya?!? jd bingunk mau ngajak ngomonk apa'an. ehhhh,, malah salah lagi. kasihan banget tuch si slamet. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sssttt... Awas laler, phie! Grogi skaligus gogrok atine... Tapi gimanapun dia tetep slamet! Bhahaha

      Delete
  3. gk dilanjut critanya kang? Pdhal bgus lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sgitu itu anggep aja udah tamat, Kang! Hehehe

      Delete
  4. Replies
    1. Ketinggalan di rumah, keburu telat sih! Bhahaha

      Delete
  5. baru tau kalo ada yang telat akibat rokok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu akibat terbaru dan termutakhir, Bung! Hehe

      Delete
  6. Tadinya saya mau buat yang model gini juga, tapi... Hahaha... memang itu kendalanya kalau sering telat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kalo ada kendalaan, pasti dia gak bakalan telat! Hohoho

      Delete
    2. Iea...
      Bhahaha
      :-D

      Delete
  7. Makanya jangan ngerokok kalo gak mau telat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas nasehatnya, Sus! Hehehe

      Delete
  8. sial gue nggak ngeroko sak, jadi gue nggak sial kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak zay! Elo gak pernah sial asal elo terus maen ke lapak gue...

      #kemanajasilo?

      Delete
  9. wakakakakka PDKT nih ceritanya.. pengalaman pribadi ya Bang? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hisy! Ini pengalamannya si slamet, kok! ;-)

      Delete
  10. Besok2 beli rokoknya malem 'Met...jadi paginya tetep bisa ngrokok sambil berduaan inceran.. #eh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malem gak boleh keluar ama mamah! Bhahaha #anakmamah

      Delete
  11. ha.ha.ha. modusnya boleh juga itu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modus? Woles, boS! Bhahaha

      Delete
  12. Weleh itu sih kesenengan duluan jdi salah-salah deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, tau aja Bu! Hehehe, berjiwa muda nih! :-)

      Delete
    2. Hihihi nyindir eike nih yang udah tuwir bwhahahahha ............. :)

      Delete
    3. Hehei, gue baca komen elu lho, Bun! Yang gini: jadi tuwir itu pasti, tapi berjiwa muda itu pilihan! Hehehe

      Delete
  13. Kalo ane selalu telat karna mandi kelamaan. Mungkin solusinya harus berangkat tanpa mandi :D.. KEWL ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, bisa aja dhet! Gak mandi juga asyik kok! :-D

      Delete
  14. hahahaha....gpp, besok bisa pinjem buku ke si Al lagi, tapi mesti ngecek jadwal pelajaran hari itu dulu yaa :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya... Kan udah dapet modusnya?! Bhahaha

      Delete
  15. Hihihihi. .
    Sangking gugupnya tuh ya, Mas. :D

    Terus besoknya datang pagi lagi untuk merayu Al, gak? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dong... Eh, gak ding! Malu, dah! Hehehe

      Delete
  16. dilanjut ceritanya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah abis segitu aja, Sob! ;-)

      Delete
  17. Harusnya kalimatnya diterusin..

    "eh iya ya. kalo aku ambil di rumahmu, boleh kan?"

    *bikin cerita sendiri.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, udah kadung gugup duluan, Bee... Sbenernya mo bilang i lop yu juga... :-D

      Delete
    2. Nah kalo bilang I lop yu kecepetan. Pedekate dulu ajahlah. Uang buat beli rokoknya diake nraktir makan bakso.

      *malah ngasih tips pedekate.. :D

      Delete
    3. Bhahaha, makasih ea Bee buat tipsnya... :-D

      Delete