Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2013

Refleksi Perjalanan Cahaya

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Orang bilang sesuatu yang cepat itu diibaratin secepat cahaya. Informasi bergerak secepat cahaya. Slappp! Maka, semuanya bakal dengan mudah elo dapetin. Tinggal ngesot di depan monitor trus nyuruh 'si kacung' buat sliweran nyari info yang kita butuhin.

Ketika ada pengetahuan baru yang elo dapet walopun itu bertentangan ama yang selama ini elo tau dan yakini, apakah elo bakal percaya gitu aja?

Level Analisis

Dalam dunia internet, adakalanya info-info berbeda dengan kata kunci yang sama bisa ditemuin dalam satu waktu di beberapa pendapat yang berbeda. Buat ngejabarin apa yang sebenernya terjadi dan gimana kebenarannya, dibutuhin kegiatan analisis dalam upaya menelaah sebuah berita. Hal inilah yang kemudian disebut level analisis. Suatu bentuk sortir dari sebuah fokus yang didapet dari info-info dan berita ke dalam pembahasan dan analisa yang spesifik dalam pemikiran secara ilmiah dan logis.

Kadang gue bilang, "WOW!" pas ada yang ngerasa pi…

Cerita Anak SMP | Bag. V: Hijrah

Assalaamu 'alaikum, Sobaat! Gak usah nanya kabar, ea... Gue tau kok kabar elo baek! Itu pun kalo elo punya kabar. :-) Nah! Kebetulan rembulan udah muncul, tuh! Keliatan dari tempat pembaringan gue. Dan gue rasa ini saat yang tepat buat ngelanjutin Cerita Anak SMP | Bag. IV gue kemaren! Sebelum rembulan berlalu menyingkir dari pandangan, cekidot! ;-)

***

Di bagian ini, gue udah kelas 2 SMP. Kelas yang jadi titik tolak refleksi pemikiran gue. Pemikiran yang memaksa gue hijrah dari bumi kelahiran tercinta. Menggulung lembar-lembar kenangan dalam memori tanpa batas. Menutup sapa dengan teman-teman sepermainan gue. Mencatatkan surat pindah dari almamater yang udah ngasih gue banyak pembelajaran. Membuka mata buat dunia luar yang mungkin gak sedamai kerukunan antar umat beragama di kampung gue.

"Rasulullah pun berhijrah untuk menemukan sesuatu yang lebih baik, eks!" kata Lik Mawardi, guru ngaji gue.

"Kamu gak musti terus berada di kampung ini, aku yakin kamu akan menemuka…

Cerita Anak SMP | Bag. IV: Hari Jum'at

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Masih hari Jum'at, kan? Yang kangen ama Kitab Kuning™ , harap sabar! Kali ini gue mau ngelanjutin Cerita Anak SMP | Bag. III, silahkan baca dulu, biar paham kronologis ceritanya. And now! This is it | Bag. IV !

***

Alkisah konon kabar ceritanya, gue dilahirin pada hari Jum'at Kliwon (bukan malem Jum'at) ketika adzan Maghrib berkumandang dari mushola kecil di ujung kampung. Waktu nunjukin jam 18 lewat 4 menit. Bapak yang nungguin prosesi kelahiran gue, berdebat ama Simbah yang bilang kalo jam segitu udah masuk hari Sabtu Legi (tradisi jawa kuno). Tapi Bapak tetep keukeuh kalo hari itu masih hari Jum'at. So, ditulislah dalam SK no. 1 kalo gue dilahirin pada hari Jum'at Kliwon jam 18.04 tanggal 18 April.

Gue dilahirin dalam lingkungan kampung yang majemuk. Majemuk dalam hal agama, etnis dan budaya. Dimana Islam, Budha, Katolik dan Kristen tumbuh subur dalam kehidupan beragama. Sedangkan Jawa, Cina dan Belanda hidup damai sebagai keberagam…

Cerita Anak SMP | Bag. III: Geng

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Gue harap elo semua sehat selalu! Niatan awal gue nulis cerita tentang masa-masa SMP gue adalah buat ngegeser dominasi konten porno dan seks-eseks dengan kata kunci "Cerita Anak SMP" di search engine. Dan Alhamdulillah, Cerita Anak SMP | Bag. II gue kemaren sukses masuk ke SERP(hlm. Pertama gugel), meskipun masih di urutan bawah. Itu semua gak lepas dari dukungan elo semua yang nyempetin waktu buat baca-baca di lapak gue. So, thank a lot ea... Sebagai hadiahnya, nih Bag. III buat elo semua. Cekidot! ;-)
***
Cerita tentang sekolahan, rasanya kurang lengkap kalo kita gak ngomongin tentang geng-geng sekolahan. Ada 2 geng yang paling berpengaruh (negatif) di SMP PL pada waktu itu. Ada gengnya Nanik(nama cowok) cs dan gengnya Rianto(kakak kelas) cs. Sepreman dan sendugal apa pun gue, gue gak pernah terlibat dalam geng-gengan itu. Karna gue lebih suka bandel dan nakal dengan cara gue sendiri.
Kronologinya gini, pada suatu hari, gue lupa dalam rangka …

Cerita Anak SMP | Bag. II: Aroma

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Masih semangat? Aroma white coffee nemenin malming gue. Saatnya gue ngelanjutin cerita yang kemaren. Ada yang belom baca Cerita Anak SMP | Bag. I ? Nah! Kalo udah siap-siap buat cekidot Bag. II ! ;-)

***

Hari yang gak gue tunggu-tunggu pun akhirnya datang juga. Hari itu gue pake baju warna putih dan celana panjang warna hitam. Menyusuri jalan protokol Diponegoro sambil bawa gitar yang dipinjemin ama sekolah. Yang jelas kesuksesan misa Kenaikan Yesus hari itu ada di petikan jemari gue. Pas nyampe di gerbang sekolah, gue liat Wulan ada di meja penerima tamu undangan. Santai aja gue lewat.

"Tumben gak telat?", sapa Wulan dengan senyum khasnya.

Wah! Ngeledek ni anak! Kalo gue berani, udah gue pacarin lo! Gerutu gue gak karu-karuan.

"Eks! Kamu langsung ke posisi, ya...", tiba-tiba Bu Lusi nepuk bahu gue.

Gue cuma ngangguk dan segera menuju ke tempat yang ditunjuk. Sebuah kursi, stand mic, dan tripot tempat partitur. Gue pun duduk ala musi…

Cerita Anak SMP | Bag. I: Pangudi Luhur

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Baru tau gue kalo sekarang tanggal merah. Gue nanya ama ibu warteg, katanya sekarang Hari Kenaikan Yesus Kristus. Kalo di Islam, kita mengenal peringatan Isra' Mi'raj, perjalanan Rasulullah ke Baitul Maqdis trus naik ke Sidratul Muntaha. Ngomongin peringatan hari besar agama, gue jadi inget masa-masa SMP gue ratusan tahun yang lalu. ;-) Asal elo tau aja, ea... Ini gak nyinggung SARA, kok! Semoga...

Dulu gue sekolah di SMP Pangudi Luhur, sekolah di bawah yayasan Katolik di pinggiran kota Salatiga. Kenapa gue sekolah di situ? Alesannya deket aja dari rumah gue. Padahal ada SMP Negeri, tapi agak jauh. Gue gak suka terlalu disiplin. So, gue milih sekolah swasta itu. Dan ternyata gue salah besar, Sob! SMP Pangudi Luhur ini malah kelewat disiplin banget. Bhahaha, ya udah deh terlanjur! So, enjoy aza! ;-)

Dasar guenya emang semau gue. Skor dan skores sering gue terima. Terutama karna gue sering sengaja telat. Jam 7 teettt, pas murid yang laen udah di da…

Arjuna Mencari Srikandi Blogger 2013

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Kali ini, gue mo cerita tentang perjalanan gue menuju Srikandi Blogger 2013. Bukan perjalanan gue buat jadi SB13, tapi perjalanan gue buat ngehadirin event luar biasa itu. Kalo SB13 mah kita semua juga udah tau bahwa Alaika Abdullah yang jadi jawaranya. The great congratulation buat Beliau dan selamat juga buat peraih gelar srikandi-srikandi yang laennya. :-)

Dari pinggiran jln. Perancis, Kosambi, Tangerang. Hari Sabtu malem, gue start rute ke terminal Kamp. Rambutan. Rencananya mo ke tempat sohib gue dulu di Cisalak, Depok. Kira-kira jam 11 malem, sampailah gue di sana. Next, istirahat dan tidur...

Karna acaranya jam 9 pagi, so gue bangun jam 10 pagi. Sholat, mandi, ngopi (gak pake paste) dan berangkat. Sebelomnya, gue sms Alaika dulu, bahwa mungkin gue telat. Padahal malaikat pencabut nyawa juga tau, kalo gue emang telat. #dikedipin malaikat.

Sekitar jam 11 pagi (sbenernya udah siang), gue dan temen gue pun bertolak dari Cisalak pake motor. Via PGC Cil…