Friday, April 12, 2013

Pray For Godek's Family

Assalaamu 'alaikum, Sobat! Kabar baek, kan? Gue selalu berharap kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Aamiin...

Tadi pagi sebelom gue mulai beraktifitas, kayak biasanya, gue absen di pesbuk walopun tanpa ninggalin jejak apapun. Pas gue lagi nyekrol di beranda, gue ngeliat status dari Mimi yang nulis kabar terakhir dari Pipi. Bahwa Sang suami tercintanya Mimi masih terbaring di ruang ICU. Gue cuma pengen ngajak elo semua yang kenal ama Mimi atau yang baca coretan ini, meskipun kita berjauhan, mari kita bareng-bareng berdoa buat kesembuhan Sang Pipi. Berdoa... Mulai!

Selesai!

Ini hari Jum'at, sob! Kayak biasanya jadwal gue buat ngeresensi Kitab Kuning. Atau kalo gak, Si Enha bakalan teriak, "Hari Jum'at, woiii! Mana resensi Kitab Kuning-nya?!" Tapi mo gimana lagi? Orang gue gak lagi home, gue lagi laga tandang. Lagian gue gak bawa kitab, so apaan yang mo diresensi? Gue cuma bawa Selingan Semusim yang tempo hari udah gue resensi. ;-)

Well! Kita ngebahas orang sakit aja, ya... Semoga Godek's family diberikan ketabahan! Aamiin...

Ada beberapa kutipan hadits tentang orang sakit yang gue inget dari beberapa kitab. Dalam kitab Shohih Bukhori pada "Bab Du'al 'Aa'id lil Maridh" (Bab Doa buat Orang Sakit), nyebutin hadits Aisyah R.A. bahwa Rasulullah SAW kalo lagi ngejenguk orang sakit atau si sakit yang dibawa kepada Beliau, Beliau ngucapin:

"ALLAHUMMA ROBBANNAS ADZHIBILBA'SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFAUKA SYIFA'AN LA YUGHODIRU SAQOMA."

Dan saat Rasulallah SAW ngebesuk Sa'ad bin Abi Waqash kemudian mendoakannya:

"Ya Allah! Sembuhkanlah Sa'ad, dan sempurnakanlah hijrahnya."

Tapi ada keanehan yang gue pernah liat kitab Fathul Bari, yaitu adanya sebagian orang yang nganggep musykil perihal ngedoa'in kesembuhan si sakit. Mereka beralasan bahwa sakit dapat ngehapusin dosa dan ngedatangin pahala, kayak yang disebutin dalam beberapa hadits.
Istilahnya gini, "Udah biarin aja sakit, itu udah ketentuan Allah! Pastinya Allah juga yang nentuin sembuh buat dia. Lagian kalo dia bersabar kan itu juga pahala buat dia!" hehehe...

So, buat kemusykilan ini, gue dapet sebuah maqolat dari Al-Hafizh Ibnu Hajar,

"Sesungguhnya doa itu adalah ibadah, dan tidaklah saling meniadakan antara pahala dan kafarat, sebab keduanya diperoleh pada permulaan sakit dan dengan sikap sabar terhadapnya. Adapun orang yang mendoakan akan mendapat 2 macam kebaikan, yaitu mungkin berhasil apa yang dimaksud atau ditolaknya suatu bahaya, dan semua itu merupakan karunia Allah Ta'ala."


Emang, seorang muslim harus bersabar ketika menderita sakit atau ditimpa musibah. Bukan cuma dirinya aja, tapi juga keluarga dan sanak terdekatnya. Hendaklah dia meminta keselamatan kepada Allah SWT.

Trus gimana kalo kita gak sempet ngebesuk dikarna'in jarak yang jauh? Doanya sama dengan di atas, tinggal dikhususin aja atas nama si sakit. Gak ribet, kan? Yang penting keikhlasan hati kita, sob! Karna apapun niat kita, Allah pasti tau. ;-)

Buat Mimi, Rani, Diya, Alva, yang sabar dan tabah ea... Pasti ada hikmahnya, kok! Moga Pipi cepet sembuh dan bisa bersama kalian lagi! Buat elo yang berkenan ngedo'ain, makasih banyak. Pray For Godek's Family! Jazakumullahu khairon katsiro! Barokallahu fikum!

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... ;-)


41 comments:

  1. wa'alaikuumsalaam warohmatullah.
    Saya doakan semoga diberi kesembuhan yg sempurna.
    Dan satu lagi saya punya temen blogger yang punya ilmu agama tinggi. Saya akan ikuti terus tulisan dari mas eksak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih atas do'anya, mas! :-)

      Gue masih belajar kok, mas! Sungguh jauh dari kata pinter atau paham masalah ilmu agama... ;-)

      Delete
    2. setidaknya pegangannya kitab2 kuning yang legendaris

      Delete
    3. Itu juga gue baru belajar kok, mas! Hehehe

      Delete
    4. terus belajar dan nanti sering2 di review ya

      Delete
    5. Insya Allah! Mohon do'anya aja ea mas... :-)

      Delete
  2. wa'alaikuumsalaam warohmatullah. saya doakan semoga lekas sembuh dan makasih telah share artikel sperti ini mas eksak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih atas do'anya, sob! :-)

      Sama-sama... Semoga artikel ini bermanfa'at! ;-)

      Delete
  3. semoga lekas sembuh dan senantiasa sehat selalu mass !!

    #kunjungan perdana !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih atas do'anya, sob! ;-)

      Makasih juga buat kunjungan perdananya... So, welcome ea... ;-)

      Delete
  4. yg jelas klw untuk kebaikan sesama muslim doanya pasti terkabul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah...
      Makasih ya, in! ^_^

      Delete
  5. Duh, mudah2an suami Mimi cepat sembuh ya. masuk ICU? Waduh, pasti Mimi sedang galau.
    Kalo saya setuju, lebih baik mendo'akan orang lain untuk sembuh. Itu kan do'a baik. Ketimbang mendo'akan supaya tetap sakit? Itu sih namanya mengutuk.

    Kalo diri sendiri yang sakit lebih baik minta kesabaran ketimbang kesembuhan. Itu kata guru saya. Karena sabar dalam sakit adalah penghapus dosa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih atas do'anya ya, Bu! :-)

      Bener bgt, bu! Dan doa seorang muslim buat sesama muslim itu pasti terkabulkan. Yang paling penting adalah kesabaran! ;-)

      Delete
    2. Insya Allah.
      Apa kabarnya Mimi ya

      Delete
    3. Mimi gak ada kabar, bu! Status fb terakhirnya juga belom berubah... ;-(

      Delete
  6. Yang sabar ya Mimi, semoga suaminya lekas sembuh. Oia, biar doanya cepet terkabul, katanya harus dipancing juga dg menggunakan sedekah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih atas do'anya, en! ;-)

      trus siapa yg musti sedekah? Tentu aja kita yang berdo'a, kan? Gak rugi kok berbuat baek buat sesama muslim! Enha mau sedekah ke gue? :-P

      Delete
  7. wa'alaykumsalam wr wb
    semoga lekas sehat, alfatihah ma'a shalawat

    dan bersyukurlah orang-orang yang masih di anugrahkan sakit, karena firaun slama hidupnya tak pernah sakit.. Dan setahu saya ada hadits yang mengatakan sakit itu menggugurkan dosa :)

    #mohon dikoreksi jika salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih atas do'anya, mbak!

      Emang bener kok ada hadits tentang sakit sbg pelebur dosa, ada di shohih bukhori:

      "Tidaklah seorang muslim ditimpa rasa lelah sebuah penyakit, atau sesuatu yang menyempitkan hatinya, sampai onak duri yang menempel di kakinya, melainkan Allah meleburkan kesalahannya
      (HR. Bukhori)


      lupa gak nyantumin itu, di atas gue malah fokus pada pernyataan yg memusykilkannya... Hehehe, makasih dah diingetin, mbak! ;-)

      Delete
  8. semoga babeh cepet pulih, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih atas do'anya, ea...! :-)

      Delete
  9. Semoga si babeh segera sehat lagi dan Mimi sekeluarga juga sabar menghadapi ujian ini... oya, keluarga jangan lupa tetep jaga kondisi...karena biasanya jaga orang sakit terkuras staminanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Bener, mec! Biasanya kalo ada keluarga yg sakit, yg laen juga ikut sakit... Kita doain yg terbaek aja ea, mec... ;-)

      Delete
  10. .. aq hanya dapat mendoakan aja sak. untuk kepada siapa pun yg sedang sakit, smoga lekas sembuh. aamiin,, ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih buat doanya ea, pie! :-)

      Delete
  11. Salut buat Eksak yg pengetahuan agamanya cukup mumpuni di usianya yg masih muda.
    Fatin dan Mika juga masih muda dan jago nyanyi, tapi Eksak mempunyai nilai lebih.

    Salut buat Eksak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, makin tinggi keimanan sobat kita yang satu ini! hehehe

      Delete
    2. 21inch: jgn terlalu muji, mas! Itu gak baek buat gue... But, thanks ea buat perhatiannya! ;-)

      Bung Penho: wah! Kalo iman mah lumrahnya tinggi rendah, bung! Hehehe, jadi emang gak pernah konsisten... :-)

      Delete
    3. Iya betul sak, gak baik itu memuji2.

      Delete
    4. Nah! Itu tau... Hehehe

      Delete
  12. wah, bahasanya mas penuh mengandung arti yang mendalam.
    Saya bacanya harus penuh konsentrasi ini.
    Hhehe

    #di tunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, makasih atas kunjungannya, sob! :-)

      Delete
  13. semoga ALLAH mengangkat semua sakit yang diderita suami tercinta MIMI...dan memberikan kelimpahan kesembuhan-NYA untuk suami MIMI...aamiinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih banyak atas doanya, Bang! ;-)

      Delete
  14. semoga babe cpt sembuh. Buat Mimi & radial semoga diberi ketabahan. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih atas doanya ya, Bun! :-)

      Delete
  15. Aamiiin untuk doa doa yang baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Thanks ea, Zay! ;-)

      Delete
  16. masha Allah..makasi eksak.
    Alhamdulillah abangmu sdh lbh baik
    kondisinya...thanks postingannya.
    Terharu bgd :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mi! Tetep semangat, ea... ;-)

      Delete