Monday, April 22, 2013

[BeraniCerita#08] Secangkir Teh Untuk Ibu.

Seperti biasa, pagi ini bapak menyeduh secangkir teh.

"Ibumu itu, paling cerewet soal teh. Tak boleh sedikit saja salah takaran. Bagaimana mungkin lidahnya begitu mahir mengukur jumlah racikan gula dan teh?", keluhnya sambil menakar remah teh pada sebuah sendok kecil.

"Padahal sering bapak ingatkan, terlalu banyak minum teh juga tak baik untuk kesehatannya. Maagnya sudah sering kambuh. Belum lagi fungsi ginjalnya kurang baik. Banyak minum teh mengganggu fungsi ginjal, yang akan semakin memberatkan penyakitnya yang lain."

Meskipun keluhannya selalu sama tiap pagi, aku tak pernah bosan. Karena senyum bapak tak pernah lepas dari wajah tampannya. Dia masih menjadi suami yang baik untuk ibu.

"Bapak berangkat kerja dulu. Segera antar teh ini ke kamar ibumu!"

Setiap pagi selalu begini. Bapak berangkat kerja, aku pun segera membuka pintu kamar ibu. Ku pakai lipstik warna merah kesukaan ibu dan meminum teh yang dibuat bapak. Sempurna! Sisa lipstik dari bibirku sudah melekat dengan manis di bibir cangkir itu. Ku pandangi jasad ibu di tempat tidur. Sepertinya ibu selalu tersenyum melihat kelakuanku setiap pagi di kamarnya.

Hari ini, genap setahun bapak dan ibu pisah ranjang. Berarti genap 8 bulan yang lalu ibu menghembuskan nafas terakhirnya.



42 comments:

  1. ??? jadi ibunya sudah meninggal?
    atau bapanya yang pura pura menganggap ibunya masih hidup?
    tapi waktunya sudah 8 bulan meninggal?
    wah bingung juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, gue juga bingung! ;-)

      Delete
  2. jadi si ibu ini udah wafat ya SAK. bingung gue mesti baca beberapa kali neh. untuk tulisannya gak panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, begitulah Bung! Lagi belajar bikin cerita pendek, nih... Hehehe

      Delete
  3. ceritanya bikin galau sob. hiks hiks

    Blogwalking sobat....Happy Blogging....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cup... Cup... Tenang, sob! Si akunya aja selalu tersenyum... :-)

      Delete
  4. hedehhh...belom pada move on :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, ampir sama endingnya ama penantang yg lain, ya Rin? :-D

      Delete
    2. banyak yg imajinasinya liar di tantangan ini mas qiqiqiqi

      Delete
    3. Elu bener, Rin! Belajar move on, ah... ;-)

      Delete
  5. Waduh, tapi ibunya gak di mumi kan? :mrgreen:

    ReplyDelete
    Replies
    1. .Kasih tau gak ea... ? Hehehe

      Delete
  6. Kunjungan ke Blog sobat di siang menjelang sore hari, wah nampaknya ini cucok mau jadi penulis cerpen ya...:) salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas kunjungannya, sob! :-)

      Delete
  7. hoalaah, itu kamarnya ngga bau nyimpen jasad ibu 8 bulan? hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tau aja apa mau tau bgt? Hehehe, kan pake AC penghilang bau... ;-)

      Delete
  8. ealaaah....
    *sst...bagi2 resep pengawetan jenazahnya doong*
    nice story, bung! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pssstt... Beli aja formalin di warteg terdekat... Psst... *bisik2

      Delete
  9. gilee bang merinding bener baca scen terakhir:3
    kereeeen banget :3
    jadi inget di film shutter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew, film jepang yg ngeri bgt itu mah! Hiiii...

      Delete
  10. Replies
    1. Napa lu, Bos? *ngunyah bakwan...

      Delete
    2. Penikmat Bakwan23/4/13 21:15

      bagi bakwannya dwong ;)

      Delete
    3. Dah abeeess..!! Bhahaha

      Delete
  11. tumben ru nongol sak...kakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Pan elu yg baru nongol? Huhuhu

      Delete
  12. waduh, saking sygny bapak dg ibu, sampe2 jasadnya gak dikubur :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak gak tau kalo ibu udah meninggal, bapak cuma tau ibu masih sakit... Yang tau kalo ibu udah meninggal cuma si aku! ;-)

      Delete
  13. waduuhhh.. mending nikah lagi, heheheh

    ReplyDelete
  14. jadi, 4 bulan sebelum meninggal, baoak-ibu udah cerai? *mikir*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaaaahhh! Hehehe, coba lagi ea... ;-)

      Delete
  15. kok pd mikir? *jd ikut mikir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayyuu, ach... We mikir together! :-)

      Delete
  16. itu mayatnya dibalsem ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, Bu! Atau mungkin diformalin? Hehehe

      Delete
  17. coba dieksplore lagi yang tentang kenapa ibunya nggak dikubur. pasti lebih oke :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Miss! Gue belajar lagi ea... Makasih. ;-)

      Delete
  18. mantapp sobb ini cerita . . .wlaupun rada bingung juga . . .salam kenal dan sukses selali sobb!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal dan sukses juga buat elo, sob! :-)

      Delete