Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2013

Selingan Semusim | Alaika Abdullah

Gambar
Assalamu 'alaikum, Sobat! Apa elo udah baikan setelah kemaren gue jejalin elo dengan sesuatu yang bikin mendadak kenyang? Kalo udah kenyang, sekarang gue pengen ajak elo buat nginget-inget pelajaran di SD beberapa abad yang lalu. Yaitu tentang Review dan Resensi.Review adalah evaluasi (awal) buat sebuah buku, jurnal, film, produk dll yang lebih ngarah pada suatu bentuk penilaian terhadap suatu karya. Review ngebawa dampak yang berbeda bagi para reviewer, tergantung identitifikasi gagasan apa yang mereka cermatin dari karya tsb. Kalo khusus buat buku, gue lebih suka pake istilah resensi. Kayak biasanya gue ngulas sebuah kitab kuning. Resensi meliputi menimbang, menilai, ngungkap dan ngebahas suatu karya. Biasanya dilakuin buat ngasih gambaran menarik bagi para pembaca/penikmat karya. Karna pada resensi ada sinopsis, ulasan, dan rekomendasi berupa saran biar reader ngebaca buku yang kita resensi tsb.

Selingan Semusim
Kemaren sore, sebuah kiriman yang gue tunggu-tunggu akhirnya datang …

Metode Dan Etika Belajar Mengajar

Gambar
Assalamu 'alaikum, Sobat! Sedikit prolog bakda salam gak papa, kan? Sambil nungguin dosen dateng, biasanya para mahasiswa ngebaca-baca lagi pelajaran yang kemaren dikasih. Atau ada juga yang ngabisin berlinting-linting tingwe di teras kampus. Sebagian yang laen ada yang lagi halaqoh gadget dengan bluetooth mode: on. Ada lagi yang umbrus tentang tim bola yang bakal tanding entar malem, dsb. Ketika Sang Dosen dateng, dengan serta merta mereka gemruduk memasuki ruangan. Sesi demi sesi dilalui dengan khidmat. Tanpa ada tangan ngacung, tanya jawab, instruksi audiens, dll. Just listen & listen! Tapi setelah jam pelajaran selesai, musyawarah masalah pun terjadi di antara mereka. Saling adu argumen, coba ngebangun opini yang marak di publik, bedah kasus, mempretheli kata per kata, memaknai kalam per kalam dst. Mungkin seperti itulah metode belajar mereka. Cenderung kritis pada realita, tapi kadang juga bersifat sporadis. Selangit ego yang kadang bikin mereka ngerasa paling paham dalam…

Tela'ah Risalah Dalam Kitab Rosa'ilul Maqrizi

Gambar
Assalamu 'alaikum, Sobat! Are you like Friday? Friday buat lingkungan instansi pendidikan berbasis Islam adalah hari libur. Misal, kampus spiritual (baca: ponpes) dan madrasah ngejadiin Friday sebagai hari libur. Mungkin dari kata Free Day kah? Dimana para spiritual student (baca: santriwan/wati) gak ngelakuin kegiatan belajar di hari ini. Sebagian dari mereka, kalo rumahnya gak begitu jauh dari kampus, paling juga pulang ke rumah. Dengan alesan kangen ama masakan mama, karna mungkin elo juga tau makanan di kampus tuh ngeprihatinin banget. Jangankan buat ngecerdasin otak, buat stamina tubuh aja itu udah minim gizi. Tapi itulah bentuk dari tirakat keprihatinan mereka, suatu misi penting buat kemashlahatan umat di masa depan.
Kalo yang gak pulang, karna berasal dari luar daerah, paling banter mereka cuma nonton tivi di warung luar pager sambil ditemenin segelas kopi yang di-eman-eman banget abisnya. Ada juga yang demen ngobrak-abrik rak kitab yang ditinggalin ama alumni mereka, ka…

Al-Kaba'ir | Ensiklopedia Dosa Besar

Gambar
Assalamu 'alaikum, Sobat! Kef Hal? Apa Kabar? Eh, udah hari Jum'at aja, nih!!! Padahal baru berapa postingan yang gue bikin dari Jum'at kemaren? Tau-tau udah Jum'at lagi! Kemana aja loh? Malah elo udah ada yang nyiapin acara buat wiken... :) But, it's OK lah... Yang mau jalan-jalan, ama keluarga ama gebetan, ati-ati aja deh! 'coz lagi banyak uji coba 4 in 1 di jalanan. Entar elu kejaring lagi! Bhahaha... :D Atau yang single permanen, elu bisa kok ngelakuan apa aja yang berguna di rumah. Lap-lap kaca, ngepel, nyabutin rumput (tapi jangan rumput tetangga ea...), ngebersihin buku-buku di rak (waspada! Tu si rayap bisa lebih pinter dari elo! Karna dia makanannya buku), dll. Well, btw soal buku, elo kutunya kan? Eh, sory! Sebagian besar penulis atau blogger pasti demen banget ama yang namanya buku. Malah dari elo ada yang udah nerbitin buku sendiri! (salut GILA!) Kalo dulu jaman sekolah gue yang ratusan tahun lalu, gue cuma kenal 5 macem buku. Ada buku tulis, buku …