Tuesday, February 19, 2013

Menyusuri Kota Kendal Yang Hampir Terlupakan

logo kendal
Logo Baru Kendal

Assalamu 'alaikum, Sobat! Puluhan tahun hidup di kota ini, jujur gue gak pernah kemana-mana. Padahal ada beberapa spot yang menurut gue keren banget buat hunting. Sering-seringnya gue pergi buat keliling Indonesia, malahan kota yang jadi hometown kedua gue ini gak pernah gue ubek-ubek. 'en selaen nyimpen berjuta kenangan selama gue di sini, ternyata kota ini juga nyimpen tempat-tempat yang bagus. Yups! Mungkin sebagian dari elo ada yang udah tau darimana gue berasal. KENDAL. Sebuah kota kecil di Cumbria, Inggris. Terletak 64 km di selatan Carlisle, deket ama Sungai Kent. Kota yang penduduknya ampe 27.521 jiwa ini dulu adalah bagian dari Westmorland. Terkenal juga ama sebutan 'Auld Grey Town, karna bangunan-bangunannya dibangun dari batu kapur. Disebutin di Domesday Book dengan nama Cherchbi, selama berabad-abad kota ini disebut sebagai Kirkbie Kendal yang berarti « Desa dengan gereja di lembah Kent ». Kastil paling awal dibangun ama bangsa Normandia, makanya pemukiman itu dikasih nama Kirkbie Strickland. Kendal terus berkembang sebagai kota pasar yang mengkhususkan diri dalam industri wol. Antara tahun 1888-1974, Kendal adalah ibukota administratif Westmorland.

Kira-kira itu gambaran tentang kota gue yang gue tanyain ama Tante Wiki, saking-sakingnya gue gak tau apa-apa tentang hometown gue sendiri. Tapi ternyata gak kayak gitu, Sobat! :p Kendal gue cuma sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang terletak di lintas pantura ini berbatasan ama Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat. But, it's OK! Gue bangga kok jadi penduduk Kendal, walopun sebenernya gue lahir di Kabupaten Semarang. :)

batas kota
Batas Kota Dari Arah Barat

gapura selamat datang
Batas Kota Dari Arah Timur


Kabupaten Kendal terdiri atas 20 kecamatan yang dibagi lagi atas 265 desa dan 20 kelurahan. Tau kan apa bedanya desa ama kelurahan walopun sama-sama ada dibawah kecamatan? Basis pemerintahan berada di Kecamatan Kendal

masjid agung
Masjid Agung Kendal

polres kendal
Polres Kendal

Selaen Kendal, kota-kota kecamatan laennya yang cukup signifikan adalah Kaliwungu sebagai basis keagamaan. Kaliwungu gak pernah sepi dari kehidupan Islami. Banyak pondok pesantren berdiri di sini. Santriwan santriwatinya pun berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Katakanlah Kaliwungu adalah Kota Santri-nya Kendal. Pokoknya suasana di Kaliwungu tuh asyik senangkan hati, deh! Well! Udah kayak lagu aja... Dimana setiap hari elo bisa ngeliat orang-orang berbusana muslim dan muslimah berlalu lalang pulang pergi mengaji. Alunan ayat suci pun selalu berkumandang sepanjang hari di setiap sudut kota.

masjid kaliwungu
Masjid Agung Kaliwungu


Ada juga kecamatan Weleri yang jadi basis perdagangan. Kota ini jadi transit dan tujuan para pedagang dari seluruh penjuru Kabupaten. Setau gue ada banyak pasar tradisional di sini dan 3 pasar besar berada di jantung kota ini. Yang terakhir adalah kecamatan tempat gue bersemayam yaitu kecamatan Pegandon. Gue bingung mau dijadiin basis apaan? Wong kotanya sepi banget! Paling juga yang bikin rame cuma keluarga gue. Kalo semua ngumpul, ada Bapak, Ibu, dan adik-adik gue pasti ramenya nyaingin kota manapun! Bhahahaha, … I LOVE MY FAMILY...


Nah! Buat elo yang ngaku bekpaker atau yang suka trapeling alias jalan-jalan, mungkin Kendal bisa jadi alternatif tujuan. Kalo gue bilang gak terlalu banyak obyek wisata sih! Karna gue cuma tau yang gue pernah kesana aja. Mungkin yang laen masih luput dari kunjungan gue. Yang bisa gue sebutin cuma Curug Sewu, yaitu air terjun tiga tingkat setinggi 80 meter yang terletak di Kecamatan Patean

curug sewu
Curug Sewu Sukorejo


Ada juga Pemandian air panas Gonoharjo Nglimut di lereng Gunung Ungaran. Atau wisata pantai? Ada Pantai Muara Kencan di Kecamatan Cepiring, Pantai Sendang Sekucing di Kecamatan Rowosari

muara kencan
Pantai Muara Kencan Kala Senja


sekucing
Pantai Sendang Sekucing Bakda Shubuh


Buat elo yang biasa uji nyali, ada Goa Kiskendo di Kecamatan Singorojo. Goa ini punya legenda tentang Mahesa Sura dan Lembu Sura serta Sugriwa dan Subali

kiskendo
Goa Kiskendo


Dan buat elo yang suka hunting spot potograpi dan outbond, ada Agrowisata Kebun Teh Medini di Kecamatan Limbangan. Di mana elo bisa liat landscape Kota Semarang dari atas Gunung Ungaran yang tingginya 2.100 mdpl. Masih di Kecamatan Limbangan yang terletak 30 km selatan dari Kendal, ada Agrowisata Sekatul. Di situ ada perkebunan buah stroberi dan buah-buahan laen, pemancingan, serta taman bermain buat anak anak elo. :)

curug semawur
Curug Semawur, Anak Dari Curug Sewu


Selaen air terjun Curug Sewu di Kecamatan Patean juga ada Srendeng Agrowisata. Agrowisata yang satu ini berbasis pendidikan, di mana elo bisa belajar tentang berkebun, beternak, bertani, outbound, mebel dan village tour. 

Yah, maklum... karna cuma sebagian kecil yang gue tau dari tempat-tempat menarik di Kendal. Kan udah dibilang gue gak sering kemana-mana? Hehehe... Itu juga hasil dari penjelajahan gue yang telat. Pengen tau Kendal setelah gue puluhan tahun tinggal di sini. Huhuhu, ironis lebay hiperbola! Dengan berbekal kamera hape, gue coba ngabadiin apa yang gue liat. Gak cuma tempat wisatanya, tapi juga masjid-masjidnya, gerbang selamat datangnya, jalan aspalnya, dan apa aja yang menarik buat dijepret. Dan ampe hari ini gue jadi suka jalan-jalan, jeprat-jepret, lebih-lebih sepulang gue dari rantau urang. Sendiri? It's NeverMind! Menyusuri sudut demi sudut Kendal Tercinta! Ada yang pengen nemenin??!!! Yuk, dateng ke sini! WELCOME TO KENDAL CITY!!!

Hasil Jepretan Laen Yang Gak Kalah Ngawur

jalan tembus
Jalan Tembus Kec. Kendal - Kec. Patebon

pabrik gula
Pabrik Gula di Kec. Cepiring

menara
Menara Masjid Agung Kendal


bahurekso
GOR Bahurekso, Kendal

maghrib
Dari Atas Sana Adzan Maghrib Berkumandang
neon
Neon Batas Kota


kaliwungu
Masjid Agung Kaliwungu Dari Jauh


ashar
Ashar di Masjid Kaliwungu

Oke! Gue mau nerusin jalan-jalan gue dulu ea... buat elo: Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... ;)


68 comments:

  1. saya pernah ke Kendal sob, tapi ya udah lama, sampe lupa seluk beluknya juga, ternyata banyak hal yang menarik yah:}

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu itu itu T.T

      kirain yang awal2 ciyus miapah miowoh T.T

      itu itu itu, air terjunnya keren, huanya juga kerewn,, kalo kesana dapet tempat nginep gratis nggak nih :D

      Delete
    2. bang muro'i: hheehe, gue aja baru tau baru-baru ini, bang! :p

      m. rvai: dapet nginep gratis, sob.. tapi gak di penginepannya.. :D

      Delete
  2. wow, udah logonya bagus, masjidnya jg cakep2 ya..
    pesona alamnya juga begitu indah... jd pengen maen kesitu.. kpn ya?
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, sob! maen aja, kapan2 juga bole, kok... :)

      Delete
  3. eh, beneran tuh sungai curug sewunya kereeeen polll banget kayak gettu?


    ckckckckkk...pengen mancing disono deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahh, itu air terjun, gak ada sungainya, so pendam impian elo buat mancing disana! bahahaha

      Delete
  4. Anonymous19/2/13 15:31

    aku tinggal diplantungan,disini ada curug semawur yg keren abis,masih perawan pula.main dong kesini,I'am waiting for u...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mantep tuh! kalo di plantungan, gue suka pancuran air panasnya.. hehehe

      Delete
    2. Anonymous21/1/14 07:21

      pancuran air panas tu di BATANG... BUKAN kendal

      Delete
    3. di bumi perkemahan plantungan juga ada, kok! coba deh maen ke sana! :)

      Delete
  5. wuihh keren banged pencahayaan masjid agung kaliwungu nya kang.. ckckckc.. keren.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi belajar jeprat jepret aja kok kang! :)

      Delete
    2. hobi jeprat fepret gini kan hobi yg mahal kang buat saiia ;( hiks

      Delete
    3. Buat saiaa juga mahal kok, Kang! Hehe, tapi kesenangan tu gak bisa dihargai berapa pun kan? :-)

      Delete
  6. Kendal memang terkenal.... Aku trus enget dengan lirik
    Kendal kaline wungu, ajar kenal karo aku
    Lelene mati di thuthuk, thuthuk nganggo walesane........

    Sebanyak itu yang aku enget cuma guwo Kiskendo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, emang gak terlupakan tuh lirik, pak! kapan maen kesini lagi?? ")

      Delete
  7. melihat foto-foto dan membaca ulasanya, sepertinya saya harus berkunjung ke kendal suatu saat nanti,untuk melihat dengan mata kepala sendiri keindahan air terjun curug sukorejo, goa kiskendo, majid agung kaliwungu,....indonesia memang sangat kaya dengan keindahan alam, tak perlu pergin ke british kalau mau lihat Kota Kendal....luarbiasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, bang! ditunggu kunjungan besarnya.. :)hehehe, bukan kendal, british ini kan??

      Delete
    2. oke ditunggu ya...siapa tahu bisa kopdar dengan sahabat-sahibit blogger se kota kendal :-)

      Delete
  8. mmg gitu kyknya yah. lahan org lebih hijau dri kita. sukanya liat kampung org dripda kampung sndiri. padahal bnyak juga emas yg tersembunyi. :)

    eh, dari batang ke kendal lewatin alas roban dak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah kok tau?? yaps, elo musti lewat alas roban!! hehehe, siapa bilang rumput tetangga lebih hijau?? :)

      Delete
  9. wow keyen...palagi goanya^^
    Ngomong2 disana sentra pembuatan keris ya, soalnya logonya ada keris???

    ReplyDelete
    Replies
    1. keris? gak juga sih sob!...

      Delete
  10. masjidnya indah-indah ya sob, belum lagi bangunan-bangunan lainnya
    "Kendal memang oke"

    ReplyDelete
  11. waah kotanyanasiik kayaknya tuh..
    Ane belom pernah tuch kesana..
    #tertarik sama Goa Kiskendo, uji nyalii..
    berani ga yach :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. berani, dong!! ayo kamu bisa.. :)

      Delete
  12. kapan ya aku ke Kendal ?/
    nanti ajak jalan2 yah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu, teh maen kadieu... entar gue ajak jaln-jalan.. ^_^

      Delete
  13. Replies
    1. nah loh kok ekstrim?? apanya?

      Delete
  14. Betul2 serpihan surga yg tersembunyi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. well, trus gimana dengan surga yang sesungguhnya? ^_^

      Delete
  15. Nah lho ini nih yang namanya nggak kenal daerah sendiri. La wong tempatnya enak enak begitu dipandang baru tau. haha,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue naksir sama goanya itu hadooooh...

      Delete
    2. lha wong nyatanya baru ngeh? gimana jal?? goa apa tuh yang ditaksir?? :p

      Delete
  16. .. masjid ma pantai nya bagus sak. kapan^ ajak aq donk. he..86x. aq pengen dech kesana. kan ntar sekalina maen kerumah km tuk abizin makanan sak. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo pie... maen rene! arep jaluk pakan opo tak turuti! Bhhahaha

      Delete
  17. WEi' kendal sangar yo..........perasaan aku tahu kok, tahu lewat ae he he.
    Tapi Kab.Kendal gak masuk tujuan utama Visit Jateng yo......why???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang gak jadi deh kayaknya mas... kurang tau juga! hehehe

      Delete
  18. Wow kota santri juga rupanya ya. Saya tahu Kendal cuma dari pelajaran IPS di SD dulu. DUlu waktu SD kan ada pelajaran peta buta, jadi lumayan tahu nama2 kabupaten di Jawa. Masjidnya cantik ya. Sukunya bagaimana? Panas ya krn di pantura. Kecuali yang di gunung2 itu. Penasaran, panas mana suhunya dengan kotaku ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. walopun cuma tau dari peta buta, mungkin bu mug lebih tau dari gue... hehehe, panas juga sih bu.. gimana yang ngebandinginnya?? :)

      Delete
  19. ijin berbagi kata motivasi yaa
    " janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
    thx :)

    ReplyDelete
  20. hmmmm....mimi prnh ke kendal, menyusuri setiap sudut kotanya plus beranjangsana ke pantai kencan. rehat sebentar di mesjid agung nya utk melanjutkan perjalanan ke kota impian....zzzZZZZZzzzzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. o... ya...? kapan tuh mi? ketemu brad pitt-nya kendal gak? gak ea? Yah....sayang, dong....??!!! :0

      Delete
  21. moga2 kapan2 sy bs ke kota Kendal :)

    ReplyDelete
  22. kok kalibodrinya gak diliput , kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. entar kapan-kapan, deh ea....

      Delete
  23. Replies
    1. Waw.. Dpt kunjungan langsung dari Duta Wisata Kendal, nih! Silahkan ... ^_^

      Delete
  24. Explorasi kendal,kok kota pegandon ndk di expose,kan ada bendungan juwwiro dan jembatan tantungnya?....serta krupuk kulit sapi yang renyah.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iki mesti cah Kendal asli! Pegandon iku desaku, Mas ... Tp yo iku rung sempet eksplor! Juwero yo photoné malah ilang .. Hehe, rambak to? Sak ngertiku iku malah kulit kebo .. :-)

      Delete
  25. Anonymous25/5/15 22:45

    kalo bangga kendal knp pakenya elu gue?asal juga semarang kan?kalo dg bahasa Indonesia yg sewajarnya saja malah ga banyak dibilang Kendal suka niru2 bhsa kota lain karena ga PD sma bahasa kendal nya yang 'ra','meni',dsb....jangan malu pake bahasa sendiri yg ga kalah keren juga ya kak...salam semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cah Kendal juga gak katrok2 amat kok, Mas ... So, santai aja Sobbb ... ya penting gue gal malu ngaku orang Kendal, ... eksak cah Kendal gak perlu pake anonim ... hehehe *pisss

      Delete
  26. Anonymous25/5/15 22:51

    selain memperkenalkan tempat2ny kan juga bisa ngenalin bahasa n budayanya sbg jati diri Kendal...semangat wong Kendal ;)

    ReplyDelete
  27. keren2 tempat di kendal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dooonnnggg .... wind

      Delete
  28. www.galerifajar.com
    Beraneka raga.

    ReplyDelete