Wednesday, February 6, 2013

Gak Sekedar Wisata Adu Nasib

Assalamu 'alaikum, Sob! Ada yang mo nanya kabar gue? Eitt... atu-atu ea...! Jangan berebut! Angkat tangan dulu, deh! Bhahaha, siapa juga yang mo nanya? Ada juga gue yang mustinya nanya ke elo. Apa kabar elo semua? Ada yang kangen gue? Kalo gak ada, yuk langsung aja kita lanjut ke pokok masalah. Apa maksud postingan gue ini? Sebenernya gak ada kata hiatus dalam kamus blogging gue. Cuma karna gak pamitan, gak bye bye, ya udah, lapak ini terpaksa gak jualan buat sekian lama. Ya gak lama banget ding! Paling cuma 2 bulan. Tapi buat seorang yang ngaku-ngaku blogger kayak gue, 2 bulan gak ngelapak tuh sama aja gak jualan selama 60 hari!!! Bujubugil, mo dikasih makan apa anak istri pak lurah kalo gue gak jualan??? Arrrrgghhhhhh.....

Keitung sejak 20 November 2012, pas tanggal 19 sorenya gue bertolak ninggalin kampung tercinta. Gak cuma keluarga yang gue lepas secara militer, eh.. melankolis, tapi juga nasib lapak yang kebayang dramatis. But, it's OK lah! Demi sesuatu yang lebih higienis, kan? Ups! Apaan,tuh?! :p

Tujuan wisata nasib kali ini adalah Sumatera Selatan, tepatnya di kabupaten Lahat. 13 jam nyusurin pantura, akhirnya nyampe juga gue dan ekosistem di pelabuhan Merak. Jam 8 pagi, kami pun nyeberangin Selat Sunda ampe berlabuh di Bakauheni. Perjalanan pun kembali dilanjutin. Lampung ke Palembang, gak tau berapa jam! Terlena ama gelapnya lampu bus yang gak dinyalain, tertegun ama lika-liku siluet kaki bukit barisan lintas Sumatera. Kira-kira jam 4 pagi, kami pun nyampe di kabupaten Muara Enim. Perjalanan panjang pun akhirnya dilanjutin pake truk ke medan laga.

jalan hutan

It's kira-kira 75 km trek jalanan berlumpur. Acacia mangium, sawit dan karet terbentang di kanan kiri jalan. Burung dan satwa liar menyambut kedatangan kami. Suasana pagi yang indah sebenernya, tapi kami terlanjur capek ama perjalanan 2 hari 2 malam yang kami tempuh. Ampir 4 jam berpacu dalam lumpur dan kubangan air ujan, akhirnya nyampe juga kami di dusun Lagan, kecamatan Merapi Timur, kabupaten Lahat. Sejenak ngelepas lelah, jama' qoshor, makan dan mandi. Sambil nyusun rencana buat aktivitas besok, kami pun bermalem di blok Lagan, Menara 08. Dinginnya malem di tengah hutan, bikin gue berkali-kali bangun sekedar buat ngebenerin sarung.

Pagi yang cerah, Sob! Sebelom gue terusin, maap-maap kate, kalo susunan kalimat gue amburadul. Maklumlah, baru nyoba ngebangun momentum corat-coret yang sekian lama resign. :) Oke! Dilanjut ke laporan berikutnya: Hujan semalem nyisain dedaunan yang basah dan jalan tanah yang becek dan licin. Pagi ini, gue dan ekosistem dibagi dalam beberapa regu. Gue jadi salah satu koordinator lapangan yang ditunjuk. Orang-orang terpilih yang tergabung satu regu ama gue ada 15 orang. Kami pun segera diluncurkan ke lapangan setelah dibekali berbagai macem peralatan. Mulai dari tenda, lampu badai, bahan makanan, peralatan kebun dsb. Dari awal pasti elo penasaran, apa sih kerjaan gue disini? Yups! Gue cuma kuli tanam! Bekerja sama ama sebuah P.T. Peninggalan Pak Harto di bidang tanaman industri. Proyek kali ini adalah penanaman bibit Acacia mangium dan eucalyptus. Tanaman yang kayunya dijadiin sebagai bahan baku kertas. Dengan sistem borong dan harga per hektar yang udah disepakati ama CV yang ngebawa gue dari Jawa, inilah adu nasib yang kali ini gue coba.

camp penanaman

Ampe lokasi penanaman, gue dan ekosistem pun segera ngediriin tenda, masak, dll. Saat-saat kayak gitu gue jadi inget temen kita yang suka idup di hutan juga. Sejenis monyet sih, tapi ini lebih dominan berwujud manusia. Siapa lagi kalo bukan Stumon? Well, dimana ya si doi? :) Di tenda yang cuma beralas tikar itulah, kami tidur dan berlindung dari apapun. Dari malem yang dingin, dari hujan yang ngebawa angin besar atau dari serangan satwa liar. Mungkin elo belom pernah ngerasain tidur malem dibawah siraman hujan lebat pas tenda elo tiba-tiba terbang dihempas angin. Mungkin elo gak pernah ngerasain pas keabisan sembako trus elo mancing dapet kura-kura yang lucu tapi terpaksa elo bantai buat ngisi perut. Atau mungkin elo penasaran gimana rasanya jalan kaki puluhan kilometer ke kampung terdekat cuma buat minum segelas es trus kesasar 3 hari 3 malem di hutan belantara pas mau balik ke tenda? Atau elo pengen tau gimana rasanya kerja kuli kayak gue?

Minggu pertama lancar. Minggu kedua mulai keliatan kendalanya. Mulai dari pengiriman bibit yang telat, cuaca ekstrem yang maksa kami buat berdiam di tenda, kekurangan pupuk, keterlambatan logistik dan sembako, dsb. Itu yang bikin kami jadi kebanyakan meeting daripada kerja. Diskusi antar kuli, gimana kalo kabur aja? Atau nyari kerjaan laen di kampung terdekat, dkk. Lagian setelah dikalkulasi, upah kami cuma abis kepotong bon makan. Akhirnya dari 15 orang regu gue, satu persatu dari kami pun pergi. Ada yang bener-bener kabur. Ada yang ijin baek-baek ama CV, trus pulang ke Jawa dengan duit pas di ongkos. Ampe genep 2 bulan, tinggal 5 orang termasuk gue yang tersisa. Tentunya disini gak ada kata-kata give up atau menyerah sebelom bertanding, kan? Gak bisa disalahin mereka yang gak mau bertahan, ini mutlak kesalahan manajemen. Dan itu bener-bener di luar jangkauan gue. Gue cuma pekerja lapangan dan gak tau menahu apa yang terjadi di atas.

pohon akasia

Dan gue? Tanggal 26 Januari 2013, gue pun ikut cabut juga. Percuma dipertahanin, `kata temen seperjalanan gue. Tiga orang termasuk gue bertolak ke Jawa dari Tanjung Enim. Sebuah bus Antar Lintas Sumatera nganter kepulangan kami. Tanggal 28 pukul 3 pagi, akhirnya gue terdampar di terminal bus Mangkang, Semarang. Sial, ketiduran! Jadi lewat deh!!! Well, itulah sekelumit Journey Note gue. Sesuatu yang cukup buat pelajaran dan pengalaman. Gak sekedar kemping, tapi juga pusing. Hah! Apa maksudnya? Ini cuma coretan yang gak bisa ngewakilin sedikit pun dari perjalanan itu. Sekedar berbagi, sebagai pengobat rindu gue buat elo semua.

Satu lagi yang gue dapet dari wisata kuli kali ini: Bahasa Palembang. Hehehe, laen kali pasti gue bikin post pake bahasa wong kito galo ini. Just wait ea... :) Berhari-hari nak posting, tapi katek kuota. Wong idup tu biaso nak enjuk dan narimo. Sapo ado yang nak enjuk kuota ka wong? Pasti kito sedio nak narimo. :p

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :)




54 comments:

  1. pantes ru muncul.ternyata lagi berkelana ya.hahaha welcome back

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you, pas... :)

      Delete
    2. Iyo ki, dolin gak woro2 :p

      Delete
  2. ehm... wah hebat juga. loe pergi dari dunia maya ternyata berbuat banyak ya buat dunia nyata. Hebat lo, keren dan patut di apresiasi. sampe berminggu minggu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, jadi ge-er nih guenya! makasih ya sob,,,^_^

      Delete
  3. widih jalan2 nya seram haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang jalan2 ke kuburan? bhahahaha

      Delete
  4. kisah perjalanan yang menarik untuk disimak ini sob

    ReplyDelete
  5. ini sebenarnya kerja apa kemping sih. bingung gue Sak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seterah mo bilang apa, bung! gue juga bingung,,.
      hehehehe

      Delete
  6. ternyata mendalami kehiudpan ala manki tho? pantesan sunyi sneyap lapaknya....

    KLo mau posting pke bahasa palembang, jgn lupa ksh trejemahan lho...awas kalau gak! #pasang muka sangar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, ya begitulah, rie...

      #bener2sangar tuh muka..

      Delete
  7. Dimelokno GAne Millati Indah ae, Kang.

    Yah, setidaknya bisa jalan2, walopun rugi secara materi, tapi kan untung di pengalaman. Wueheheheh.... Welcome back my best bro :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, rung sempet dolan ning nggone milati mbarang! ono GA ne tho... :p

      Delete
  8. rute jalannya mantap tuu kang.. jadi penasaran :( hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiah.. kenapa penasaran pake hiks segala?? ckckck

      Delete
  9. ternyata inget juga lo yah sama gue :p
    terus lo udah lancar dong sekarang pake bahasan wong kito gelo, eh kita galau, eh salah lagi, wong kito galoh nya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana gue lupa ama elu, boz..! ya ada gue lupa gimana tampang elu! bahahaha, kito? elo aja kaleee.... :p

      Delete
  10. Wah seru banget.. perjalanan ini.... Ecalyptus biasanya ditanam di hutan... tentu sebuah petualangan menarik, melelahkan namun sangat menyenangkan ya mas......

    Belajar baso wong kito dak pulo repot, mudah bae kalu nak.... hhe
    Selamat mas sukses buat sampeyan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, bener tuh pak, yang penting nak bae lah.. ! :)

      Delete
  11. Terus terang saya salut banget sama ente sob, bisa bertahan selama 2 bulan di tengah medan yang sulit..luar biasa pengalamannya..
    Betewe saya juga pernah tinggal di lahat sob, di Tanjung Menang Dempo Selatan, tapi yah beda nasib kali hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, suwon, sob! oww, tanjung menang tho, gak lewat tuh! hehehe

      Delete
  12. Owalah merantau tho bro
    Mangkang ki ketoke cedak omahe si Haris yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. owalahhh, una iki tho?? haris pow omahe mangkang ???

      Delete
  13. ditunggu deh post bahasa Palembang nya.. hehe.. seru kyknya.
    pengalamanmu makin byk aja ya sob
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke... ditunggu aja ea... :)

      Delete
  14. akhirnya bisa juga ya merasakan suasana di hutan, ngelewatin perkebunan kelapa sawit dengan jalan yg berlumpur, tuh jalan kalau kemarau biasanya debunya bukan main, dan kalau musim hujan lumpur + licinnya ikut2n bukan main juga... Setidaknya itulah yg sy rasakan selama 4 tahun kerja di pabrik kelapa sawit,,, tp alhamdulillah kalau tidur di tenda di tengah hutan, kehujanan, belum pernah,,,, tapi pernah dulu sewaktu masih jadi kuli bangunan, tidur dibawah atap coran yang belum diaci (dilapisin semen), pas hujan airnya merembes,,, basah kuyup deh jadinya,,, belum lagi tempat tidurnya susah, harus rela berbagi dengan pasir, kayu, batu bata, dsb,,, ditambah lagi alasnya cuma triplek atau dus semen,,, itulah pengalaman hidup,,,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,, si akang rupanya pengalaman oge! kumaha eta di kalimantan? lancar mah?? iraha2 abi ngiringan yak... :)

      Delete
  15. liat poto2nya spt melihat para pekerja tanam akasia di sini dehh...dan klo liat pasti mimi sedih.
    dan ternyata elo melakoninya Ndi ??? owaaaaaaa !!!! klo liat langsung mimi psti nangis guling2...sumpahhhh. hhiikkzzzzz

    bisa membayangkan gmn kondisi badanmu sekarang ...pasti makin......... xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaaaa, mimi ternyata perhatian juga.. #terharu

      abiz hikz kenapa xixixi? #ilpill

      Delete
  16. ternyata ada yang lebih berat lagi kerjanya daripada saia... #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhah emang situ kerjaanya apa?? #bolehtau?

      Delete
    2. Aku derep kang hahahha...

      Delete
    3. wah podo aku nek ngono!!! bhahaha

      Delete
  17. .. eksak jahat ich. yg di inget cuma pid aja. huhh. udah gak inget aq, ehhhhhh ,, gak bawa oleh^ lg buat aq. dasar pak lek sak pelupa. wha..ha..ha..ha..ha..ha.. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jyahahahaha, ada yang lagi pengen dikangenin nih!!! cup cup, aku pulanggggg... :p

      Delete
  18. kunjungan pertama nih, salam kena.. duh template nya serem

    ReplyDelete
  19. waalaikumsalam,
    yang penting bisa pulang kembali dengan selamat sobat....,
    kalau pulang nama,,,apalah kata dunia nantinya,
    welcome back,,,keep smile and keep happy blogging always :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih buat welcome-nya, kawan... ! ;)

      Delete
  20. Syukur alhamdulillah bisa pulang dengan selamat ya, akh. . .
    Welcome lagi di ex3onfire ya..

    Awakmu mesti dadi kurus lan item yah.. Hehehe :*

    ReplyDelete
  21. gue baek baek aje sak #sekian.

    Eh ntar dulu dah agak lamaan dimari, soalnya panjang juga ye ceritanye....

    ReplyDelete
    Replies
    1. beuhh, gak kangen lu ma gue! ,maen sekian2 aje... :(

      Delete
  22. halo halo... masih hidup sak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oww, pasti jeng! dah beranak berapa nih???

      Delete
  23. Ngapolah dak mampir tmpatku kang??
    Pacak kito mancing di musi dulu kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahhh, ndak tau tempatmu dimano kang!!!

      Delete
    2. Kapan nak balik ke sumsel lagi kang??

      Delete
    3. belom kepikir, kang... hehehe

      Delete
  24. blogwalking aja, salam kenal :D

    ReplyDelete
  25. Kemping yang luar biasa ini....
    Jadi teringat dulu saya serombongan naik gerbong kereta barang mau ke Jombang, ternyata kereta malah ke kediri, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, pengalaman yang luar biasa wea..tu gimana ceritanya bisa nyasar kayak gitu?? untung gak ketiduran., bisa ampe bali dong?? hehehe

      Delete