Saturday, November 3, 2012

Perspektif Mujtahid | Taqrir Al Istinad Fi Tafsir Al Ijtihad


Taqrir Al Istinad Fi Tafsir Al Ijtihad


Assalaamu 'alaikum, Sobat! Malming telah tiba... Malming telah tiba... Hore! Hore! Apaan sorak-sorak? Kayak bocah aja! Ckckck... Tanpa punya maksud buat ngerusak malem Minggu elo, gue pengen nyuguhin sebuah resensi yang beda dikit. Bedanya, yang biasanya jadwal resensi gue hari Jum'at, sekarang geser dikit ke malem Minggu. Bedanya lagi, ya kitab yang gue angkat ini pastinya beda ama sebelomnya. Maca' cama? Kan gak keyen! Kalo malem Jum'at, elo pengajian, siraman rohani, kumpul-kumpul di mushola itu mainstrem banget alias udah biasa. Kalo malem minggu, elo hang out, jalan ama gebetan, malmingan itu juga udah terlalu mainstream! So, di malming ini coba kita ngerutin dahi dikit atau bikin muka ditekuk sejelek mungkin, supaya doi males ngajak jalan, trus elo bisa baca coretan gue ini! Bhahaha, ngarep banget si gue ini!

Buat elo yang suka browsing buat ngartiin atau nafsirin satu ayat dari Qur'an, mungkin elo gak asing lagi ama yang namanya Kitab Tafsir Jalalain. Tapi buat elo yang lebih seneng hunting di toko buku, versi Indonesia dari kitab ini jarang banget. Paling juga ada Tafsir Qur'an versi Quraish Shihab. :) Balik ke Tafsir Jalalain, kitab ini adalah hasil kristalisasi hati dan pikiran dari Jalaludin As-Suyuthi. Tapi bukan Tafsir Jalalain ini yang bakal gue resensi, Sob! Karna terus terang gue belom pernah ngekhatamin kitab tafsir ini. ;)

Jalaludin Suyuthi adalah sosok sarjana Islam klasik yang ngetop di kalangan kampus spiritual (baca: pesantren). Buat para mahasiswa (baca: santri), Imam Suyuthi akrab dikenal karna mayoritas sekolah yang ada di bawah naungan pesantren ngejadiin buku-buku Imam Suyuthi sebagai kurikulum. Gagasan-gagasan Imam Suyuthi yang udah mengkristal dalam ratusan karyanya banyak dikaji di lingkungan pesantren. Di antaranya adalah Tafsir Jalalain (yang tadi gue singgung di atas), Jami’ Ash-Shagir (kamus hadis), Uqudul Juman ( buku tentang sastra arab), Asybah wa An Nadzair (kaedah fikih) dll.

Tapi ada salah satu buah pena Imam Suyuthi yang keliatannya luput dari perhatian. Padahal karya ini juga gak kalah keren ama karya-karya Imam Suyuthi yang lain. Sebuah risalah kecil yang berjudul Taqrir Al-Istinad Fi Tafsir Al Ijtihad. Kitab tsb diterbitin bareng ama karya-karya ulama lainnya dalam bentuk bundel oleh penerbit ternama, Darul Kutub Ilmiah Beirut Lebanon. Mukadimah kitab ini nampilin biografi singkat Imam Suyuthi. Nama lengkapnya adalah Jalaluddin Abdul Rahman bin Kamal bin Abu Bakar Muhammad bin Sabiq al Din, al Khudhairi al As-yuthi al Syafi’i. Nama yang dikasih ama ortunya saat umur Beliau tepat tujuh hari. Beliau lahir malam Minggu (tepatnya abis maghrib) pada bulan Rajab 849 H. Sementara Beliau wafat pada jum’at pagi, 19 Jumadil Ula 911 H. Imam Suyuthi udah norehin prestasi gemilang dalam karir intelektualnya karna Beliau udah ngehasilin 500 kitab dari berbagai disiplin ilmu.

Di bagian awal, Imam Suyuthi ngejelasin bahwa ijtihad adalah suatu kewajiban. Lihat gambar gue di atas! Kata-kata itu gue ambil di hlm. 3 dari kitab ini. Tapi ijtihad adalah kewajiban kolektif (fardhu kifayah). Jadi kalo udah ada yang ngelakuin, so gugurlah kewajiban yang lain. Kalo gak ada stupun orang yang ngelakuin, ya eluruh umat manusia nerima dosanya. ;( Buat nguatin pendapatnya, Imam Suyuthi ngegandeng cendekiawan lain yang senada ama Beliau yaitu Az Zarkasyi dan Asy Syahrastani.

Pada bab berikutnya, Imam Suyuthi berstatement bahwa setiap zaman gak boleh lekang dari mujtahid. Beliau ngutip pendapat Hanabilah yang bilang kalo setiap masa harus ada mujtahid, baik mujtahid mutlaq (independen) atau pun mujtahid muqoyyad (afiliatif). Beliau juga nyebutin ulama dari kalangan Syafi’iyah yang setuju ama Beliau. Di antaranya pendapat Ibnu Daqiq Al’id, Muhibuddin (ayah Ibnu Daqiq), Imam Nawawi dalam Majmu’nya serta para pemikir yang lain. Bahkan sebagian Ulama bilang kalo ijtihad di zaman ini jauh lebih gampang ketimbang di masa-masa awal. Hal ini karna perangkat ijtihad (ushul fikih, hadis dll) udah terkodifikasi dengan baik sehingga gampang aja buat dirujuk. Berbeda saat masa-masa awal di mana gak satupun peralatan ijtihad yang terbukukan. (hlm 5).

Syarat-syarat berijtihad pun dikupas abis dalam kitab ini. Imam Suyuthi ngejabarin persyaratan ijtihad secara komprehensif. Dalam kitab ini juga ditampilin syarat ijtihad menurut Asy Syahrastani, Ar Rofi’i, An Nawawi, Al Ghazali, Abu Manshur Tamimi, Ar Rozi, Armawi, dan Ibnu Shalah. Selanjutnya, Imam Suyuthi menyebutkan syarat ijtihad menurut versi Beliau sendiri. Gimanakah seseorang bisa tau kalo dirinya udah nyampe pada derajat mujtahid ?. Trus gimana orang awam tau kalo seorang intelektual udah berhasil nyabet predikat mujtahid ?. Temuin jawabannya dalam kitab ini!. :)

 
Ups! Moga gak telat! Udah pada tau apa itu Mujtahid, kan Sob? Mujtahid adalah orang yang berijtihad. Apa sih ijtihad? Gak lepas dari kata ijtahada yang artinya ialah: bersungguh-sungguh, rajin, giat. Sedang kalo kita ngebongkar makna kata jahada, artinya adalah mencurahkan segala kemampuan. Atau pasti udah familiar ama Man jada wa jada? Itu juga satu turunan kata dari kalimat ini. So, menurut bahasa, ijtihad adalah berusaha atau berupaya dengan sungguh-sungguh. Perkataan ini tentu aja gak bakalan dipake dalam sesuatu yang gak mengandung kesulitan atau sesuatu yang gampang-gampang aja. Mujtahid dalam perspektif Imam Suyuthi adalah pembaharu (mujaddid) agama. Mujtahid adalah case solver! Hal ini dipahami dari sebuah hadits:

”Dari Abu Hurairah r.a. katanya bahawa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah mengu­tus pada umat ini di setiap awal 100 tahun seorang (mujad­did) yang akan memperbaharui urusan agama mereka.” (Ri­wayat Abu Daud)

Sebagai pembuktian, Imam Suyuthi nulis siapa saja yang udah di utus oleh Allah pada setiap seratus tahun. Mereka adalah :

 
1.  Khalifah Umar Ibnu Aziz (mujaddid pertama, datang pada awal kurun kedua Hijrah)
2.  Imam Syafi'ie
3.  Imam Abu Hassan Asy'ari dan Ibnu Suraij Al Iraqi
4.  Imam Al Baihaqi dan Syeikh Abdul Hamid Isfaraini Asy Syafi'ie
5.  Imam Al Ghazali
6.  Imam Fakhrurrazi
7.  Ibnu Daqiqi Al ‘Id
8.  Al Balqini

Bahkan sebagaimana yang terlansir dalam karyanya yang lain, Imam Suyuthi berharap Beliaulah yang jadi pembaharu pada ratus tahun yang kesembilan. Dan itu bener-bener terbukti, Imam Suyuthi jadi mujtahid yang ke 9! :) Menurut referensi yang gue dapet di literatur laen, Sekurang-kurangnya ada 13 mujtahid yang datang di setiap awal kurun Hijriyah yang udah berlalu selama 14 abad sejak kewafatan Rasulullah SAW. Trus di 100 tahun setelah Imam Suyuthi ada:

10. Imam Muhammad Ar Ramli
11. Abdullah Salim Al Basri
12. Ad Dardiri
13. Asy Syarqawi

Sedangkan pada ratus tahun terakhir kelak akan turun Nabi Isa Al-Masih.

Hmmm... Gue gak maksa elo buat baca uraian ini. Yang pengen malem mingguan, silahkan aja Sob! :) Tapi sedia payung sebelom ujan ya! Lagi musim, nih! Kan gak enak kalo basah kuyup di jalan... :) Kayak kitab ini yang gue bilang laksana siraman air ujan di tengah kemarau panjang. Hehehe, ...Di tengah problematika kontemporer yang terus melaju kencang dan butuh jawaban dengan segera. Butuh ’ijtihad’ baru buat ngerespon berbagai kasus.

Para mujtahid atau mujaddid sebenarnya adalah umpama para nabi di zaman dulu. Peranannya bukan ngebawa syariat baru. Mereka cuma nyampein syariat Rasulullah buat tiap seratus tahun sekali biar setiap umat sepanjang 100 tahun itu dapet sentuhan Nabi melalui mereka ini. Trus, sekarang seharusnya udah masuk kurun 14, kan? Siapakah The Next Mujtahid? .Bisa aja ulama dari Indonesia. Kan? Atau mungkin elo? Kalo gue gak kalee, ya..! Hehehe, musti dapet dukungan SMS biar bisa kepilih! Eh, ngawur, ding! :p Well, kita serahin aja semua ini pada Allah SWT... Karna Dia Yang Maha Tau apa yang terbaek buat umat-Nya! Aamiin... Terakhir, kepada Imam Suyuthi, ucapan terima kasih yang tiada terkira! :) . Selanjutnya, biarlah kami yang ’berijtihad’!!.

Happy Weekend, Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :)


Judul Kitab :  Taqrir Al Istinad Fi Tafsir A; Ijtihad
Penulis        :  Jalaluddin Suyuthi
Teks            :  Arab
Penerbit      :  Darul Kutub Al-Ilmiah
Tebal Buku :  25 hlm.


30 comments:

  1. saya pernah baca, jika seorang mujtahid berijtihad, maka jika dia benar pahalanya dua, terus kalau salah satu. nah pertanyaannya, sekarangkan banyak ulama yang berijtihad tapi bo ya kesannya malah mengotak-atik ayat,
    what your opinion?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups! Bener bgt! Itu hadits! Tapi ijtihad bukan smata-mata kebebasan berpendapat atau kelihaian mengotak-atik suatu dalil hingga tercetuslah suatu hukum. ;-)

      Ada teori2 njlimet di balik ijtihad. Hanya yg bener2 mujtahid yg paham akan hal itu, bukan skedar ulama yg ngaku2 mujtahid. Dalam fiqih mereka disebut pembaharu agama jalur lamban, gak bener2 mujtahid yg ditunjuk Allah! ;-)

      Delete
  2. nice post :)
    kunjangan balikx ea.

    ReplyDelete
  3. Hm..... Postingan serius nih, kudu ambil kacamata dulu, duduk manis dan simak dengan penuh konsentrasi.... :)
    Ntar balik lagi ya Sak... mau nonton TV dulu... hihi...
    Kemana nih kamu malmingnya bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, Al! :-) malming gak kemana-mana, kok! Cuma nikmatin hujan di serambi rumah sambil ngebolak-balik lembar demi lembar kitab usang! Gejejeje...

      Delete
  4. alhamdulillah jadi belajar agama.. Thanks brotha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ur welc0me, brader! Moga2 manpaat... B-)

      Delete
  5. the new mujtahid ??? Insya Allah salah satu dr RaDiAL...aamiin

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Punya, donk! Hehehe, pengen?

      Delete
    2. .. hu um sak,, bagi^ donk. he..86x ..

      Delete
    3. sini donk, phie? Hehehe

      Delete
    4. .. sini tuch kemana sak?!? nich aq udah disini. he..86x ..

      Delete
    5. sini ke istanaku! Aku lagi cari selir... Bhahaha

      Delete
  7. Sy ngefans sama al Ghazali, buku2nya banyak beredar di kalangan awam di Indonesia. Kalo sama imam Suyuthi, memang gak familiar walau sesekali nemu namanya di bacaan2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emg karya2 imam suyuthi jarang beredar kecuali yg berteks arab, beda ama karya2 imam ghozali kayak ihya 'ulumuddin yg gampang dijumpai dlm teks indonesia! ;-)

      Delete
  8. wah keren pembahasannya, sepertinya ente sudah akrab dengan ini. Ane dulu sempat mau ngaji tafsir jalalain, tapi cuma sempat beli kitabnya aja. ilmunya belum mumpuni jadinya belum bisa ikut. ane padahal penasaran banget pengen ngaji QUROTUL UYUN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahh! Wait! Belinya tafsir jalalain kok malah penasarannya ama qurrotul 'uyun? Bhahaha, ngepot jauh bgt! ;-)

      Delete
  9. terlepas dari artikel yang dituliskan ato bisa dibilang cukuplah buat ngikutin seluruh komentarnya, gue berbalik buat ngelirik template elo sak! udah agak enakan nih mata gue ngebaca tulisannya. berarti body postingnya udah white.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, template lagi, template lagi! Pengamat template bgt deh bung penho ini! So, kalo udah enakan, it's ok lah! Makasih atas perhatiannya, bung... :-)

      Delete
  10. wah terlalu dalem gan ane gak kuat baca ginian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiperbolis bgt, seeehh! ;-) dalem kayak apa, gak kuat kayak lagi ngapain? Bhahaha

      Delete
  11. saya siapnya taklid aja sob hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal gak taqlid buta aja, sob! Hehehe

      Delete
  12. Izin simak aja mas bro, lam kenal ya semoga sukses ?? AMIIN ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, br0!
      Aamiin...
      Makasih do'anya, ea...

      Delete
  13. Slam.. gan, tau ga kitab karangan beliau yg khusus membahas ttg ijtihad Umar bin Khattab? terimakasih

    ReplyDelete
  14. Slam.. gan, tau ga kitab karangan beliau yg khusus membahas ttg ijtihad Umar bin Khattab? terimakasih

    ReplyDelete