Thursday, September 27, 2012

Tawriyah: Maa Yajuzu Minal Kadzibi

cross finger

Assalamu 'alaikum, Sobat! Langsung aja, deh! Coba simak cerita gue! :) ...

Cerita Pertama

 Suatu sore Gue dan Enha ada di warung bakso Kang Samaranji. Biasa... gue yang nraktir! Setelah kenyang gue dan Enha jalan-jalan nikmatin indahnya taman kota. Lagi asyik-asyiknya ngayal, tiba-tiba dateng Si Mark. Gue dan Enha pun noleh ke arah Mark.

"Eh, Mark! Tumben elo maen kemari?", sapa Enha.
"Tumben apaan? Kayaknya dia tau kemana pun gue berada! Pasti dia mau minjem duit lagi!", gumam gue pelan.

Mark tersenyum pada Enha trus keliatan girang pas noleh ke gue.

"Hai, eks! Kebetulan, nih! Elo bawa duit gak?! Pinjem dulu, gih!", kata Mark kayak yang udah gue duga.
"Motor gue ditambal di perempatan situ! Gue lagi gak bawa duit, nih!", lanjut Mark.
"Gak! Gue lagi gak bawa duit!", jawab gue cepat.

Enha ngeliat heran ke arah gue. Pasti dia pikir gue tega banget gitu, padahal Mark kan sahabat deket gue.

"Wah! Berabe nih gue!", ucap Mark sambil ngeloyor pergi.

Gue tersenyum. Si Mark udah cabut. Enha natap ke arah gue, Kayak mau ada yang ditanyain.

"Napa muka elo asem gitu, En??", tanya gue.
"Yah! Elo kejem banget! Mungkin Si Mark emang lagi butuh bantuan? Elo kan temen baeknya? Kenapa elo gak minjemin dia duit?? Padahal elo kan abis nraktir gue bakso??", berondong Enha.
"Hmmm... Elo mah kagak tau! Si Mark udah sering minjem ke gue. Utang-utang dia ke gue, mungkin aja dia lupa berapa! Bisa ketagihan dia kalo gue pinjemin terus! Nah! Gue yang bokek!", jelas Gue.
"Tapi kan elo udah bo'ongin dia, eks!", tanya Enha.
"Mana ada gue bo'ongin dia?!", gue ngebela diri.
"Lha, itu tadi elo bilang kagak bawa duit?", desak Enha
"Nah pan emang Gue kagak bawa?? Kalo gue kantongin iya!!", bales gue.


Gak tau apa yang ada di pikiran Enha. Dia cuma tersenyum-senyum tapi kayaknya masih bingung ama jalan pikiran gue.

Cerita Kedua

Kali ini datengnya dari seorang sahabiyah (sahabat Nabi yang cewek). Namanya Ummu Sulaim. Beliau adalah istri dari sahabat Abu Thalhah. Nah, singkat waktu itu Abu Thalhah lagi gak ada di rumah. Abu Thalhah saat itu udah tau kalo anaknya lagi sakit. Makanya pas Abu Thalhah dateng, Beliau langsung nanya ama istrinya.

"Ma! Gimana keadaan anak kita?", (kalo bahasa kita).
"Anak kita udah tenang, Pa!", jawab Ummu Sulaim.

 So, dalam pikiran Abu Thalhah dibilang anaknya udah tenang tuh dikiranya udah bobo'. Makannya Abu Thalhah gak nanya lebih jauh. Trus Ummu Sulaim sebagai istri yang baik ngelayanin Abu Thalhah, mijitin Beliau, nemenin makan dsb. Ampe ketika itu Ummu Sulaim minta ijin pada Abu Thalhah buat dandan.

 "Tumben-tumbenan nih Si Mama", batin Abu Thalhah.

Ummu Sulaim berhias begitu cantiknya, lebih cantik dari biasanya. Dan mungkin hari itu adalah hari tercantik buat Ummu Sulaim yang pernah diliat ama Abu Thalhah. Abis selesai dandan begitu cantik, Ummu Sulaim mulai ngegoda Abu Thalhah.

 "Pa...", kata Ummu Sulaim manja.
"Apa, Ma...?", jawab Abu Thalhah.
"Ibadah, yuk...", rayu Ummu Sulaim.

 Abu Thalhah gak ngejawab. Beliau tau apa maksud istrinya ini. :) Ummu Sulaim pun mulai ngelaksanain kewajibannya sebagai seorang istri yang ngelayanin suaminya dengan baik. Kali ini Ummu Sulaim bener-bener bikin Abu Thalhah melayang dan gak gak terpikir anaknya sama sekali. Pokoknya cuma kegiatan Mama Papa itu aja. Abis mereka selesai beribadah, Ummu Sulaim pun ngelempar pertanyaan.

 "Pa..., apa boleh seseorang yang nitipin sesuatu ke kita trus dia pengen ngambil barang titipannya?", tanya Ummu Sulaim.
"Oh ya... pasti dong..! Itu kan cuma barang titipan doang! So, kita yang dititipin gak berhak memiliki titipan itu dan penitip berhak ngambil barang miliknya kapan aja dia mau.", jelas Abu Thalhah.
 "Kalo gitu, ridhokanlah anak kita yang udah diambil kembali ama yang punya!", kata Ummu Sulaim dengan haru.
"JeDeeRRR!!", Abu Thalhah kagetnya bukan maen.
"Kenapa Mama gak bilang pas Papa dateng tadi kalo anak kita udah meninggal!!!!", pecahlah amarah Beliau.

 Next, pergilah Abu Thalhah ngadu pada Rasulullah SAW trus diceritain semuanya. Abis ngedenger cerita Abu Thalhah, Rasulullah nanya ke Abu Thalhah.

 "Apakah ente ngerasain kayak penganten baru waktu itu?"
 "Ya Rasulullah... istri ane bener-bener muasin ane, bener-bener ngelayanin ane dengan baik dan ane kayak penganten baru!", jawab Abu Thalhah.
 "Semoga Allah ngasih berkah buat kalian di malam kalian itu!", do'a Rasulullah.


 Dan elo tau? Dari hasil hubungan di malam itu, Allah menghendaki Ummu Sulaim hamil dan punya banyak anak. Dan yang lebih keren lagi, semua anaknya hafal Al-Quran, Sob! :)

Hikmah

 Apa sih yang elo tangkep dari cerita gue di atas? ;) Bohongnya Gue atau bohongnya Ummu Sulaim pada Abu Thalhah? Bisa dibilang itu adalah bohong yang dibolehin dan gak dosa. Dalam kitab Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi bab Bayaanu Maa Yajuzu Minal Kadzibi (Penjelasan Tentang Bohong Yang Dibolehin), bohong dalam cerita di atas namanya Tawriyah.

 Imam Nawawi berkata:

"Bahwasanya pembicaraan adalah perantara buat menuju pada suatu maksud. Semua maksud baik yang bisa dihasilin tanpa berbohong, maka bohong dalam keadaan ini hukumnya haram. Tapi kalo maksud baik itu gak bisa dihasilin kecuali pake bohong, maka bohong di sini hukumnya boleh. Trus kalo ngehasilinnya itu adalah sesuatu yang wajib, maka bohong demikian hukumnya ikut wajib."


 Bingung?! Nih, gue kasih cerita lagi. Misal, gue lari dikejar preman yang mau ngebunuh gue. Trus gue ngumpet di rumah elo. Pas preman itu lewat di depan rumah elo trus nanya apa elo liat gue? Karana elo tau maksud preman itu adalah pengen ngebunuh gue, maka elo wajib bo'ong kalo elo gak ngeliat gue! Yah, pan gue ngumpet! Jadi elo kan bener-bener lagi gak liat gue. :D

 Next, Tawriyah juga masuk kategori bohong yang dibolehin tapi lebih bermaksud waspada atau lebih hati-hati.

  Depinisi

 Tawriyah adalah kreatifitas pemakean ibarat atau kata-kata yang bener menurut kita sendiri, tapi keliatan sebagai kata-kata bohong menurut lahiriyah lafadz yang kita ucapin itu. Atau depinisi persi gue gini: Tawriyah adalah nyembunyiin makna dari apa yang kita ucapin sehingga orang yang kita ajak bicara bakal ngartiin lain dari apa yang sebenernya kita pikirin. Tawriyah ini dibolehin dalam Islam buat ngehindar dari bahaya atau sesuatu yang kita khawatirin ngancem keselamatan kita. Tapi ya tetep kalo klir semua, kita mesti ngejelaskan apa maksud yang sebenernya dari perkataan kita itu. Hmmm... ini nih yang penting banget! Tawriyah ini gak boleh dilakuin berulang-ulang lho,ea....! Karna bisa nimbulin kemunafikan.

 Dalil tentang bolehnya berbohong ala Tawriyah ini adalah hadits Ummu Kultsum RA, bahwasanya Beliau ngedenger Rasulullah SAW bersabda:

"Tidaklah disebut dusta, orang yang bermaksud ngadain perbaikan hubungan manusia yang lagi berselisih, lalu di nyampein berita yang baik atau ngucapin yang baik-baik." (Muttafaq 'alaih) 


 Imam Muslim nambahin dalam riwayatnya: Ummu Kultsum berkata,

"Aku gak pernah ngedenger Rasulullah SAW ngeringanin dalam segala sesuatu yang diucapin ama para manusia itu kecuali dalam 3 keadaan: yaitu dalam peperangan (karna perang adalah tipu daya), dalam ngadain hubungan baik di antara manusia yang berselisih (ngedamein), dan ucapan suami pada istrinya atau istri pada suaminya (dengan maksud buat nyenengin pasangan). [Muslim]


 Bhahaha, bisa aja Si Mama nanya ke Papa pas abis nyobain gaun malam barunya. "Pah! Mama cantik gak pake gaun ini??". Si Papa sambil nyengir ngejawab, "WOW! Cantik banget, Mah!". Padahal dalam hati si Papa bilang, "Buset dah tuh saldo terakhir gue, mana gajian besok udah dibon semua! Huft..." 

Tetep gunain sebaik-baiknya, sob! Ini termasuk Rukhshoh (keringanan) yang dikasih Allah pada kita. Kalo kita mampu gak berbohong itu lebih istimewa di hadapan Allah! "Mama cantik deh pake gaun itu! Cuma jeleknya Mama tuh boros banget!" (sampaikanlah walau itu pahit) Bhahaha... Happy Blogging 'n Keep On Fire!
 Wassalaam... :)


57 comments:

  1. Gak bingung sey...tapi nyambungnya jauh banget dr ngantongin uang [gak bawa duit] sampai ummu Sulaim yg demikian tegar sebagai seorang Ibu manakala sang anak mninggal...hemm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, semoga lama2 nyambung juga! :)

      Delete
  2. Tetap saja bohong namanya... Menipu diri sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda bohong ama nipu, sob! dibaca lagi ya penjelasannya... :)

      Delete
  3. MasyaAllah terima kasih ilmu tawriyah-nya :) keren, sungguh bermanfaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sma2, Nur! moga bermanfaat... ^_^

      Delete
  4. bhahahaha,,,endingnya ga enak bgd.

    tp ilmunya boleh juga Sak,,klo di print ksi ke babeh gmn reaksinya yaaa ???
    hhihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, kalian akan balapan saling bo'ong2an! bhahaha

      Delete
    2. Sak,,,wrna tulisannya diganti lah, ga jelas utk mata minus gini

      #sekedar saran

      Delete
    3. gnti warna apa yang cucok buat mata mimi?? ada usul??

      Delete
    4. untuk mimi mending bikin warna putih di atas putih Sak.... hahahahahaha.... jadi aseli ga keliatan... hihi

      Delete
  5. hahaha bener.. memang dalam beberapa kondisi seseorang boleh koq berbohong.. tentunya untuk tujuan yang diperbolehkan oleh syari'a t :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi takutnya syariat cuma sbg alat biar bisa kesampean maksud dan tujuan seseorang! itu yg perlu dicamkan, sob... :)

      Delete
  6. istilahnya bohong putih ya kl bohong demi kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, malah gue baru denger istilah itu, Bun! iya kali??? :p

      Delete
  7. bisa ditabok entar kalo begitu! hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa yang ditabok, Bung??? ;p

      Delete
  8. apa memang demikian persamaanya..karena menurut pandangan saya yang sangat awam tentang ilmu berbohong..latarbelakang bohong-nya sangat berbeda,..kasus yang kedua berbohong dengan segala keindahan demi menunda waktu menyampaikan kepada sang suami bahwa sang anak telah tiada,
    kemudian kasus yang pertama..berbohong untuk (maaf) kepentingan diri sendiri, tanpa mencari tahu apakah pada saat itu sahabatnya memang butuh uang untuk motornya yang mogok atau tidak,,,dan bukankah lebih bijak bila mengatakan ada duit tapi duitnya bukan untuk dipinjamkan...sambil nengok apakah motor-nya mogok atau tidak,
    itu menurut saya yang awam...salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada benarnya pendapat sobat! tapi coba kita liat motifnya dulu.. apakah kita mau dirugiin setiap saat?? sedang kata2 bijak pun gak bakalan mempan buat seseorang, :) makanya gue bilang gak oleh sering2 pake cara ini karna bisa bikin seseorang jadi munafik... :)

      Delete
  9. Kalau masalah preman itu, yah bisa juga dimengerti. Kalau misalnya lagi banyak biaya kuliah terus ortu di kampung kabarin kalau lagi gagal panen, apakah berbohong bahwa tidak ada biaya kuliah termasuk kategori ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhah kalo emang masalahnya gagal panen kan ortu gak perlu cara berbohong apapun, kita sebagai anak tentunya harus ngerti juga, kan??? :)

      Delete
  10. The Power Of Kadzab (Tawriyah) hehehe :D

    SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong...) dari pojok bumi Kali Bayem-Jogja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, sahrini (Salam Hangat Dari Sini) :D

      Delete
  11. ,,,,,,,dan.. Itu hobby nya eksak... :p

    sering berbohong.. Hahahaha

    piss :p

    ReplyDelete
  12. Kuwi nyenggol jenengkyu, wis bayar royalti rung? Haha...

    Nambahi yang dari Al Qur'an KAng... Saat NAbi Ibrahim a.s ditanya siapa yang menghancurkan berhala2. Trusss beliau (a.s) menjawab, itu yang paling besar. :D

    Siip deh, akyu dadi iso melu ngaji nang kene. Ra rugi follow blogmu iki, Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahaha, monggo kang, di pun pendet royaltinipun wonten ndaleme kulo... :p

      Delete
  13. berarti intinya, berbohong tapi tidak berbohong ya sob, cuma maenin kata2 doank

    ReplyDelete
  14. ane suka cerita yang kedua gan, kehilangan anak dan menciptakan nya lagi. hahahahha. tapi cerita yang pertama cerdas juga tu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menciptakan anak??? bhahaha

      Delete
  15. wah racun nie...

    masak boong di bolehin sih..
    hmm..

    ReplyDelete
  16. Benar .. bermanfaat. Sy pernah baca ttg ini, tapi yang ini gaya penulisannya beda. Bisa buat buku lho Sak ... tapi kudu diseriusin, jangan sampai ada sisi lemah yang bisa diserang orang :)

    Btw, postingan saya barusan mengikutkan nama dirimu ... gak papa ya, dipinjam ... tak kasih kompensasi deh. Kompensasinya ... ada di tulisan saya barusan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, ibu bisa bantu gue buat nerbitin buku?? #ngarep

      sip, mantap!!!

      Delete
  17. keren banget cara penyampaian ilmunya nih.... sangat bermanfaat. #mulai bikin list cara menkonversi kebohongan.... hihi...
    beneran kok, pencerahan yang mencerahkan Sak, makin keren deh blognya, tapi kok rasanya kurang nyaman dengan kotak komen yang scroll down seperti ini ya? enakan yang terbuka lebar deh....
    sekedar masukan sih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setdah! ada niat akal bulus... jangan bawa2 nama gue ea, al..! hehehe
      gimana sekarang? dah nyaman gitu??

      Delete
  18. http://curhatz.blogspot.com/ : wah apa sih ini ??

    ReplyDelete
  19. wah ini ilmunya bagus ya, baru denger Tarwiyah nih, sekali kali dipraktekin kalo lagi terdesak kali ya boleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip! tapi gak boleh keseringan lho ea... :)

      Delete
  20. contoh yang paling bikin mudheng, contoh yang terakhir. Ternyata, bohong pun kalo kepepet gak apa-apa ya.. hoho.. :3
    oia, videonya noreagaaa & achernhar ntu, video semi dokumenter. Terkenal di you tube kog.
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gak cuma dalam keadaan kepepet aja... buat nyenengin pasangan (suami istri) juga boleh, kok... :)

      cek ke tkp..!

      Delete
  21. Replies
    1. lagi? kapan terakhir mampir??? :p

      Delete
  22. waaaah ngaji yang begini keren nih,,,
    mantep daah..
    sory mas bro baru nongol lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. woi, Zay! kamana we, jang???

      Delete
  23. terkadang berbohong demi kebaikan itu tidak masalah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi jangan cari masalah pake metode ini, ea... :P

      Delete
  24. keren banget.. :) apalagi yang kisahnya sahabat nabi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, moga bermanfaat... ! :)

      Delete
  25. ehhh kenapa dindingnya jadi penuh bercak meraaaaah :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi dapet, Nur! Ups! hehehe

      Delete
  26. Anonymous19/9/16 06:34

    Cakeeeeeppp bradeer. Tengkyuuu...kebetulan gw lg adu argumen di youtube dgn western people ttg 4 kata tawriya, taqiyah, muruna dan kitman 4 kata yg selalu mereka bawa utk serang islam...
    Sekali lagi tengkyu
    Gw mau gas kenceng itu para kumpeni
    Hajaar maju terusss... hajar para pembantu laknatullah

    ReplyDelete