Sunday, September 16, 2012

Panen Tembakau 2012

pro kontra

Assalamu 'alaikum, Sobat! Gimana kabar elo hari ini? Panas? Sepanas pro kontra RPP Tembakau tempo lalu. Siapa ngelawan siapa? Tapi gue pikir tetep orang kecil ngelawan orang kecil. Orang besar tinggal mancing aja di suasana keruh kayak gitu. Entah berapa duit yang mereka dapet cuma gara-gara ngerancang UU atau PP? Tapi lupain aja hal itu! Kita tengok yuk, gimana kerasnya hidup di pedesaan. Nyari sekedar makan, malah cuma bikin gendut segelintir orang di atas sana. Kayak yang gue bilang di postingan kemaren, kebetulan kampung gue lagi musim panen tembakau. Musim yang cuma dateng sekali setaun ini bener-bener jadi waktu bergantung para petani.

Beda jauh ama panen tahun lalu, tahun ini harga tembakau turun 75%. Tembakau yang diambil dari petani cuma cukup buat balik modal aja, bahkan gak sedikit yang rugi besar. Analisa sebagian besar orang nganggep bahwa ini adalah permainan gudang dan pabrik rokok. Bisa aja para pembeli besar sepakat nurunin harga. So, para petani lah yang kalang kabut, ampe ada juga tembakau yang gak laku kecuali mau dibeli dengan harga murah.

Gue dan Bokap gue adalah salah satu dari mereka. Yang ngerasain kerugian besar-besaran ini. Yang dapet upah cuma buat beli tisu pengelap peluh dan keringat. Yang berpanas-panasan di sawah daripada nganggur di rumah. Tapi inilah sumber penghidupan kami di kampung. Kami bakal tetep tanam tumbuhan bernikotin itu. Biarlah kayak apa gejolak pro dan kontra itu berlanjut. Karna inilah jalan hidup kami.

Setdah! Tumben nih postingan serius banget? Poto-poto dulu. ah... Gue jadi potograpernya. Kamera!!! Eksyen!!!


panen 2012

  1. Tobacco Field Factory [sawah]
  2. Tobacco Downloader [pengunduh/pemanen tembakau]
  3. Strongerman [orang yang ngebawa hasil panen ampe rumah]
  4. Cutterman [orang yang ngerajang tembakau]
  5. Bendo/Tobacco Sword [peso buat ngerajang tembakau]
  6. Displayer [orang yang ngegelar/nganjang(jawa) di rigen(wadah) sebelom tembakau di jemur]
  7. Dryer [orang yang ngejemur tembakau].


panen tembakau

8. Tembakau pas umur sebulan.
9. Tembakau pas umur 2 bulan.
10. Tembakau udah mau abis [mrothol (jawa)]
11. Sortir, ngebersihan tembakau yang lagi di jemur dari segala macem kotoran.


Itulah, sob! Yang bisa gue bagi kali ini. Sekedar berbagi apa yang bisa gue bagi. Bukan tentang belas kasihan, keprihatinan atau keputusasaan. Tapi tentang semangat dan masa depan yang lebih baek. Hukum tetap hukum, tapi serahin pada kami kebebasan ngasih hukum atas apa yang kami perjuangin. Bagi kami tetap berlaku relativitas hukum tentang masalah ini. Sekali lagi! Karna ini adalah penghidupan kami.

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :)






107 comments:

  1. uhuk... Uhuk...
    Tak nglinting sik kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mugo2 ndang mundak maneh rego mbakone Kang. Ki nggonku rego sawit karo karet yo mudun.
      Yo jenenge urip kadang nang nduwur kadang ning ngisor koyo manten anyar hagahaha...

      Delete
    2. monggo, monggo, kang... ;)
      wah.. wah... wong tani juga tho kang Budhy iki???
      yow ngono ikulah jenenge wong urip..
      hehehe

      Delete
    3. loh manten anyar koyo ngono ta mas. nang ngingsor duwur yo.. ehm, dadi pengen ngerasak ke.. hehehe

      Delete
    4. hahay, sopo sing manten anyar..?? mas budhy eqa...?? cie cie!!! ahay... ;D

      Delete
  2. Replies
    1. yups... melimpah,, tapi tekor! bhahaha

      Delete
  3. pparah juga yah sampai dihargai murah begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. he'eh, parah! hiks... ;(

      Delete
    2. terus berjuang aja gan dan tetap semangat :)

      Delete
    3. makasih buat smangatnya, sob! :)

      Delete
  4. Replies
    1. sip! Mantep! lanjutkan... :)

      Delete
  5. gambar ente yang mana sob, eh lupa ente yang moto kan..
    sabar aja deh, semoga harganya bisa stabil lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah, tapi mungkin taun depan! ;)

      Delete
  6. ini lah yg ditanyo maren yo...kirain buah gtu Sak (nabok tmn sebelah).

    sing sabbar yo Le......

    ReplyDelete
  7. smoga aja harga tembakaunya jdi lebih baik dri harga2 sblumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...
      nunggu taun depan, sob! ;)

      Delete
  8. yg tabah ya sob,, smoga yg akan datang tembakau tsb mnjadi harga yg stabli lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah, sob...
      makasih buat dukungannya.. ! :)

      Delete
  9. Kalau menuntut keadilan memang ngga bisa di bayar. ada yang cape berpeluh keringat tapi penghargaan yang di terima cuma secuil, ada yang uncang uncang kaki tinggal suruh sana sini dapet sesuatu lebih dari cukup untuk keluarganya. ckckck keringat emang ngga ada yang bisa bayar,
    tapi asyik juga kayaknya pengalamannya itu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks...
      tapi apalah arti keadilan di negeri ini, Zay?
      kecuali buat mereka yang punya duit untuk membelinya..

      Delete
  10. Salam kenal agan...pecinta tembakau nih hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga , gan! iya nih,, hehehe

      Delete
  11. cing gera kirim kesini ke kalimantan kang,,, gak usah bnyak2,,, satutrukaja cukup,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. eleh2, akang di kalimantan ieu?? jauh pisan euy.. ongkirnya mahal..
      bhahaha

      Delete
  12. . . lagi curhat nich sak?!? he..86x. emmmmmm,, sak,, situ jd fotografer kok gak ngajak^ sich?!? padahal aq mau loch jadi model nya. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih pie..
      mau jadi model gue?? tapi di sawah?? jadi orang2an sawah??
      bhahaha

      Delete
    2. . . ich,, ich,, kejam mu sak. huhh . .

      Delete
    3. huhuhuhu, yg gak kejam gimana cuba???

      Delete
    4. . . ya contohnya aq ditraktir makan,, di ajak jjl,, beli'in aq hape,, beli'n aq laptop. begitu sak. itu baru gak kejam. he..86x . .

      Delete
    5. ya elu suruh ke makam gue kagak mau, pan katanya pengen ditraktir?? pigimane sih??!!

      Delete
    6. . . makam?!? gak salah tuch?!? emmmmmmmmmmmm,, . .

      Delete
    7. ea... bhahahaha...

      Delete
  13. gue suka ngehisap tembakau, tapi ngeliat daun tembakau itu sedekat ini baru dari lapak elo bro! mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, udah diklik buat memperbesar??
      hehehe...

      Delete
  14. Wah,,luar biasa tembakaunya,,ini menjadi komoditi Indonesia yaitu Rokok,,tampak kita lihat saat sekarang ini iklan rokok menjamur dimana2. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rokoknya yang tambah mahal, bahan bakunya malah merosot tajam... hiks..

      Delete
  15. semoga tetep eksis bro.. dan para petani bisa mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik lagi aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin,,,
      makasih doanya, sob! :)

      Delete
  16. Sing sabar yo Mas :).
    Saiki rugi, sopo ngerti sesuk untung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiiin,,,
      insya Allah! ;)

      Delete
  17. masi mending sob dibeli murah dr pd g laku2.. kadang senang kadng duka itu lah hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, kang! *miriz

      Delete
    2. D'masiv bilg syukuri apa ada.y

      Wali bilg hidup ini indah bila mencari berkah

      Delete
    3. gak suka mereka, kang! hiks...

      Delete
  18. jangan2 ente jg jualan rokok palsu ya? Luarnya Marlboro dalemannya Padud? jiahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ente nuduh ea...
      gue cuma pemake, mie..!!! :p

      Delete
    2. bruakakak, ane kira ente bandarnya! :p

      Delete
    3. lah ini apa'n sih.. mie tau g kakek.y itu kyai, bapak.y ustadz, eksak.y bhaha sy g mau nyebutin..

      Delete
    4. eksaknya peramal togel!! bhahaha

      Delete
  19. yang penting jadi duit dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini yang paling bener!
      bhahaha

      Delete
  20. bw sob, banyak yg gak suka tembakau banyak pula yg menghisapnya, jadi menurut saya imbang saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. imbang antara yang suka ama yang menghisapnya??? hehehe

      Delete
  21. waalaikumsalam,
    tembakau di indonesia dominan hanya dijadikan bahan baku rokok, padahal tembakau bisa juga dijadikan bahan baku obat-obatan, dan hal ini sudah dilakukan di negara lain,
    seandainya tembakau diolah lebih dulu menjadi bahan-bahan yang siap jadi, tentulah harga jualnya akan lebih tinggi :)
    btw-saya sudah email sobat...tolong dicheck ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengetahuan kami cuma itu, sob! ternyata betapa gampang dibodohin ya si kami ini...

      yang kami tau cuma tanam dan jual...

      gbr dah tak sikat, sob! thankz, ea... :)

      Delete
  22. 75% ???? Gila ... banyak amat turunnya. Jadi, bagaimana kehidupan para petani di sana? Waah, membaca komen pak Haryanto, saya jadi mau nanya? Di desamu gimana, dijadikan apa saja tembakau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di desaku tidak ada tembakau kok :D
      namun ada kebijakan pemerintah mengenai diversifikasi tanaman tembakau,
      jadi daun tembakau nantinya bisa dijadikan sebagai bahan baku pestisida, kosmetika, obat bius lokal, pengencang kulit dan lainya.
      Bahkan oleh industri daun tembakau sudah digunakan sebagai bahan baku deodoran, pewangi mobil dan penyamak kulit...dinegara lain hal ini sudah berjalan dengan baik, dan dengan diversifikasi ini posisi tawar petani tembakau bisa jadi lebih tinggi :)

      Delete
    2. Bu Mug: di tempat gue tembakau cuma jadi bahan baku rokok,,, gak ada pengembangan laen selaen itu..

      entah setelah sampe di distributornya?? ;)

      Pak Har: Sumpah! pastinya keren kalo kebijakan itu masuk juga ke daerah gue!! :)

      Delete
  23. Rugi yo mas?
    Semoga keadaan segera membaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo,mas...
      aamiin,,.
      suwon yo, mas! :)

      Delete
    2. Astopiloh! sumpah gue lupa... ! :)

      Delete
  24. Petani tambak disini bro @@
    ..........

    wah itu benar2 keterlaluan, masak menurunin harga secara sepihak sih tanpa melibatkan petani, padahal harga rokok aja melejit -__-
    pengusaha besar sekarang sudah mulai gak punya hati kayaknya.

    fotonya mantap deh, cocok jadi potograper XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceile, petani tambak mah menjanjikan beud!

      emang bener2 keterlaluan..
      hikzz..

      potograper abal-abal, nih... hehehe

      Delete
  25. sabar ya sob, semoga kedepan harganya ideal ya

    ReplyDelete
  26. tumben postnya serius ? iya serius tapi bermamfaat loh bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih tumben banget!

      aamiin... ^_^

      Delete
  27. Sak....blog loe dh bs dibuka dr Laxy gw nih...:), jd bs sering maen kesini deh....
    Begitulah penguasa ya Sak, apa aja dipermainkan!
    Gw berdoa smg hari esok bs menjadi lbh baek... teteup semangat ya sob!
    Eh iya Sak, ntar kalo gw maen ke Kendal, ajak ke kebun tembakau ye... penasaran how does it feel to be there... pasti menyenangkan ya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah klao gitu!
      hah?? kapan maen ke kendal! bener, nih!!
      ^_^

      Delete
  28. kembali lagi dimari, untuk meramaikan suasana :D

    ReplyDelete
  29. ehm. ane turut sedih aja dah gan. inilah nasib indonesia yang katanya negri agraria tapi pemerintahnya ga mau pusing mengurusi hal hal seperti ini. mereka lebih anak ngerjain proyek yang berduit, akhirnya rakyat lah yang jadi korban

    ReplyDelete
    Replies
    1. inilah negeri kita, sob!!
      prihatin, sedih.. ;(

      Delete
    2. iya ya. kenapa kita tidak bangga dan memahami karakter diri banga sendiri sebagai bangsa aggari, pemerintahnya telah lalai mencapai apa yang bukan karakter negaranya.

      Delete
    3. suatu saat mungkin sedikit yang bangga berbangsa Indonesia, kang!

      Delete
  30. di jember juga panen raya kang, apalagi kemarau berkepanjangan begini

    salam kenal bang ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... jember mah panen selebritis...
      bhahahaha

      Delete
  31. wah tembakau yach ? bahan bakunya rokok ane bukan ? hehehe... mampir balik yach

    ReplyDelete
    Replies
    1. tauk rokok ente bahan bakunya apaan?? jgn-jgn kubis!! bhahaha #pisss

      Delete
  32. Ternyata ada istilah inggrisnya. Strongman. Keren.

    ReplyDelete
  33. Replies
    1. Berpikir keras mau ngasih bantuan ya?...

      Delete
    2. whoahhhh.. *angop

      Delete
  34. Hmmmmm ....... *berpikir keras juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaaammmm.... *ikutan deh!

      Delete
  35. Mmmhhhh, mo komen apa yaa.Koqyo diwocodadimelu nggrentes...

    Aaaaah,ki padune ben rak dijaluki jatah syukuran tow, Kang? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. jyahh... sampeyan wong wetanan mbok ya mbelo aku ngunu lho... ckckck

      Delete
  36. Bagi-bagi dong hasil panennya sobb hheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ente bagi-bagi obat anemia ea.. ??

      Delete
  37. ada yang padi merah putih nggak? atau mungkin tembakau merah putih... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha yo mbok kiro iki isih agustusan??? ngono??? ckckck

      Delete
  38. lapor, banner-nya sdh terpasang yee...

    #bagi2 dunk hasil penjualan panen tembakaunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maturnuwun, rie...
      pow sampeyan udud???

      Delete
  39. blog ente di hack bang ?

    ReplyDelete
  40. Apa kabar eksak ? :)
    Lama tak bersua kesini..

    Eh, ada yg baru nih, SMS pake SUARA, gratis untuk pelanggan telkomsel :)

    http://imajinasi-hari.blogspot.com/2012/09/smsan-pake-suara-gratis-sesama-telkomel_21.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. baek, nhis,,,
      kamu gimana kabar???

      apa tuh yg baru>>???

      Delete