RaDiAl | Islamic Idol feat. Athifah

"Assalamu 'alaikum...!", setelah kemaren nge-wall di FB, hari ini gue jadi berkunjung ke Jambi dimana Mimi RaDiAl bersemayam.
"Wa 'alaikum salam! Eh, elu sak! Masuaklah! Mimi lai masak ko, maenlah lu jo anak-anak!"

"Oke, Mi!"
, jawab gue. Gue liat anak-anak Mimi lagi maen di serambi rumah. Tapi ada gadis kecil laen yang gue baru pertama kali liat.

"Bis, bis apa yang paling keren?", suara Rani yang udah gak asing lagi. Yang laen pada geleng-geleng pala. Rani bangga teka-tekinya gak terpecahkan. Tapi...

"Bisa jadi Kak eksak, tuh!", tiba-tiba gue dateng ngerusak acara anak-anak.
"Ahh... Kak eksak! Mestinya Kak Rani yang jawab!", Rani cemberut.
"Ye... Kak Rani kan yang ngasih tebakan?", kata gue. Tapi Rani tetep manyun. Tiba-tiba ada yang dateng dari dapur.

"Ko eksakta?", ternyata ada Bu Mugniar disini.
"Eh, Bu Mugniar! Disini juga?", gue surprise.
"Iya, nih! Mimi manelpong suruhki datan mambantu masak! Ko mauki maen anne alloa. Eh, iya ini Athifah!", kata Bu Mugniar sambil ngenalin gadis kecil yang gue liat tadi.
"Athifah, ini Kakak eksak! Tanya ji apaki nang biasa Athifah tanya ka Mama!", kata Bu Mugniar lagi.
"Athifah...", sapa gue ke gadis kecil itu.
"Iyah...", Athifah malu-malu. Kayak iklan ajah!
"Apaki nang Athifah mau tanya? Nantipi kak eksak jawab.", tanya gue. Tapi Athifah cuma tersipu malu.

"Oke, deh! Sambil nunggu maghrib, kita maen tebak-tebakan aja, yuk!", ajak gue.
"Kan dari tadi kita udah maen itu!", jawab Rani masih sewot. Gue cuma tersenyum.
"Kak Rani kok masih cemberut, sih? Entar puasanya gak dapet pahala, lho...", kata gue.
"Kalo gitu biar kak eksak aja yang ngasih tebakan! Kak Rani, Kak Diya, Dede Alva dan Athifah, semua boleh jawab.", kata gue lagi. Anak-anak keliatannya antusias.

"Pertanyaan pertama! Siapa nama istri tercinta Rasulullah Muhammad SAW?"

"Siti Khodijah!"
, jawab Rani cepat.
"Dia princess!", tambah Diya.
"Mimi pernah cerita!", kata Alva.
"Yup! Bener banget! Princess Khodijah! Athifah tau?", gue ngeliat Athifah yang diem.
"Itu idola Mama! Mama juga kasih tau saya!", angguk Athifah mantap.

Perlu kiranya menampakkan siapa yang patut diidolakan untuk anak-anak sedini mungkin. Tapi gue ngerasa takjub di sini. Semoga nantinya anak-anak ini berguna bagi agama dan bangsa.

"Kedua! Siapa putri tersayang Nabi Muhammad dan Siti Khodijah?", tanya gue lagi.

Anak-anak saling pandang. Atau cuma geleng-geleng kepala kalo ngerasa dipandang yang laen. Akhirnya mereka memandang gue yang emang sedap dipandang.

"Rani gak tau, Kak!"
"Siapa Dia?"
"Pasti secantik Princess Khodijah!"
, anak-anak menebak-nebak.

"Dialah Siti Fatimah Az-Zahra", jawab gue. "Dialah yang ngerawat Rasulullah sepeninggal Bunda Khodijah. Waktu itu Dia masih 6 tahun. Tapi Dia mencoba menampakkan sosok Princess di sisi Rasulullah. Makanya Rasulullah sayang banget ama Siti Fatimah!"

"Ooo..."
, sambut anak-anak.
"Saya suka... Saya suka...", seneng ngeliat anak-anak nemuin idola barunya. ;-)

"Ketiga! Siti Fatimah punya suami yang juga anak dari pamannya Rasulullah.", kali ini gue gak nanya.
"Siapa yang beruntung menikah dengan Siti Fatimah?", tanya Rani. Ini yang gue tunggu. Antusiasme dan semangat anak-anak dalam mengenal tokoh Islam.

"Ali bin Abu Tholib! Sosok pemberani yang pandai. Gak ada pertanyaan yang gak terjawab olehnya, karna Beliau adalah pintu ilmunya Rasulullah!", jelas gue.

Wajah anak-anak berbinar. Wajah ujung tombak perjuangan bangsa dan agama. Pasti Bunda-bunda mereka bangga.

"Trus! Mau tau siapa anak-anak dari Ali bin Abu Tholib dan Siti Fatimah yang juga cucu-cucu kesayangan Rasulullah?"
"Mau... Mau... Mau!"
, lhoh! Kok ada suara emak-emak juga? Oh, ternyata para Bunda udah pada nongkrong di samping putra-putri mereka. Hehehe...

"Mereka adalah Hasan, Husein, Ummu Kultsum dan Zainab!"

"Kalo anak-anakku: Rani, Diya dan Alva!"
, kata Mimi sambil mengelus kepala ketiga anaknya.
"Kalo anak-anak saya: Athifah...", sambung Bu Mugniar sambil memeluk Athifah. "Yang di rumah ada si sulung Affiq dan si bungsu Afyad!"

Gue tersenyum ngeliat kemesraan mereka. Siapa cewek yang bakal ngasih gue anak? Kapan gue punya anak? Pastinya mereka juga yang bakal mewarisi kegantengan gue!

"Woyy!!! Ngelamun! Mikir apaan?!", Mimi ngagetin gue.
"Udah hampir Maghrib! Yuk kita siap-siap!", kata Bu Mugniar.

Gue ngelirik ke meja makan yang udah diserbu anak-anak duluan. Ada es kelapa muda, es cendol, es teler, es campur, es teh, es cincau, es lilin, es krim, nah! Kok es semua? ES = Ek-Sak! ---> penutupnya gak catchy! Harusnya kan ini:

Wassalaam... B-)

Komentar

  1. Anak2 selalu membuat dunia ceria.
    Rasulullah Saw sangat menyayangi anak2.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt, Pakdhe! Makasih udah berkunjung kemari!

      Salam juga hangat dari Bekasi! ^_^

      Hapus
  2. Mewarisi kegantengan Elo sak????? hhhmmmmm.... (pede amat ya ini orang!) gkgkgkgkgk!
    btw, memainkan tebakan kayak gini yang bagus. sambil memberi pelajaran agama! mantapz Sak, anak2 elo entar memang pantas mewarisi ilmu seperti ini (bukan kegantengan makusd gue) hahahhaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iyalah marisin kegantengan gue, masa' marisin kegantengan elo, bung? Walaupun kita sama2 ganteng tapi kan itu anak gue! ---> ini ribuat apaan, sih?

      Makasih bung buat dukungannya! Kalo gak kita buat anak2 kita trus sapa lagi? ;-)

      Hapus
    2. Hisy... Entar anak2 bangun! :-P

      Hapus
  3. "Siapa putri tersayang Nabi Muhammad dan Siti Khodijah?"
    jangankan anak anak... saya pun, masih menebak nebak... #jleb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, namanya juga tebak2an ya harus menebak-nebak, dong! Nah! Kalo buka puasa itu baru makan memakan! :-)

      Hapus
  4. Ternyata ada yang belum aku tau, mas.
    Hasan dan Husein. .. :)

    Ayoo, teabk2an lagi ayoo. .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, skarang udah tahu kan! Yuk maen tebak2an lagi! ;-)

      Hapus
  5. mana nih ibu mimi radialnya.. :D

    kok belum berkunjung.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gatel telapak tangan,,,merasa ade nyang tereak2

      Hapus
    2. Gatel mau nerima atm, tuh! Bhahaha

      Hapus
    3. ehh udah dateng si ibunya.. :D

      Hapus
    4. Dateng buat demo! Bhahaha

      Hapus
  6. terima kasih kaka Ek Sak utk ceritanya,,bsok2 klo ke rumah lagi jgn tangan kosong dong...ketara banget mo numpang buka di rumah hihihi

    ralat dikit : sejak kapan Mimi bisa masak yaaa ??? *ngarang ni sodara2 hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelaan diri: hah! Mimi cantik! Itu kelapa muda, cendol, cincau dsb yg dibikin es yang bawa siapa? Huhuhu

      konfirmasi: gue tau mimi gak bisa masak, makanya ngundang Bu Mugniar ke rumah buat ngebantuin! Ya, kan? Ya, kan? Bhahaha

      Hapus
    2. ondeeee.....manolah biso kalah dg kaka niii, ado be caro berkelitnyo, ckckckck

      Hapus
    3. Biso kalah jo pitih, Mi! Wani pirow? Bhahaha

      Hapus
    4. pitih pitih pitih jo ang...karajo nan rajin, pitih datang sadonyo

      Hapus
    5. Lai bana bausaho bansaik anggan jauah di badan, Mi! Huhuhu ;-(

      Hapus
  7. Ini beneran, ngumpul bareng di dunia nyata? Wah, senang sekali bisa kumpul bareng Athifah dan anak-anaknya Mimi. Soal tebak-tebakannya, sangat mendidik, belajar sambil bermain. Semestinya kuis-kuis yang diadakan di televisi selama bulan Ramadhan juga seperti ini, bukan hal-hal yang malah nda ada kaitannya dengan Ramadhan/Islam. Semoga bukan karena khawatir para pemirsa televisi tidak bisa menjawab pertanyaan semacam ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak... Gak beneran, kok! Ini cuma fiksi. Tapi tetep ane sisipi unsur islami biar smangat ramadhannya keliatan. Kalo masalah acara tipi, wah entar deh ane reformasi kalo ane udah jadi kru atau pimpinan redaksi! ;-)

      Hapus
  8. Weleeh.. serunyaa.. ngumpul bareng bunda :D

    tenang Sak, pasti ada wanita yang khilaf ngasih elo anak.. #uhuii..
    salam buat bunda Mugniar sama Mimi Radial ye dari Nay keren ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nay ??? kemana aja sayang ??? koq jd anonim gini sich... smg dirimu sllun sehat yaaa,,,muaacchh

      Hapus
    2. Belo: gue harap cewek yang ilap itu elo, Nay! :-*

      Mimi: Naya udah tutup akun, Mi! Takut tiap hari ketemu Gue di dumay bisa bikin dia klepek2... :-D

      Hapus
  9. baru pertama BW kesini, Saya langsung susah membedakan mana yang nyata dan yang khayal ya. Hebat nulisnya ya.. Keep blogging :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khayal dan nyata itu beda tipis, sob! Sama ketika kita lebih akrab ama temen di dumay daripada di dunia nyata!

      Makasih bewenya... :-)

      Hapus
  10. Kenapa anaknya Mimi manggilnya Kakak Eksak? BUkannya Om atau Pakdhe lah pantasnya...
    Ada lagi neh pertanyaannya...siapa kakaknya Fatimah Az zahra?...#kabuur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya mereka mau manggil gue "dede", karna gue keliatan kecil, imut dan mungil! Tapi kan gue cowok ya gengsi, donk! Bhahahaha

      Fathimah tuh anak ragil, Rie! Kakaknya ada 6: Abdullah, Ibrahim (laen emak), Qosim, Ummu Kultsum, Ruqoyyah dan Zainab. :-)

      Hapus
  11. . . jiachhhhhhhhhhh,, maen tebak^an. ikutan juga ach. eksak itu termasuk jenis apa hayoch?!? he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eksak tuh termasuk jenis makhluk Allah yang paling ganteng sejagad raya! Bhahaha

      Hapus
    2. . . apaaaaaaahhhhhhh?!? eksak ganteng?!? wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ngimpieeeeeeee. he..86x . .

      Hapus
    3. Etdaahh! Diketawain...
      Gue ganteng, pie! Bukan lucu! Huhuhu

      Hapus
    4. . . tapi kayak nya sak,, setelah aq trawang n liat dari kuku. kayaknya km lebih condong ke lucu dech. dari pada ke ganteng. he..86x. pizZz,, . .

      Hapus
  12. nice info, semoga tetap semangat y gan, jg lupa kumbal sekalian follow jika berkenan,
    www.rhony-94.blogspot.com

    BalasHapus
  13. saya juga suka anak-anak mas ....


    Kunjungan pra-Maghrib ^ ^ Mau follow gak ada linknya
    Follow balik yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link follow cuma ada beranda depan, sob! Di postingan ane umpetin! ;-)

      Hapus
  14. Kunjungan balik neh..
    Btw, aku udah taruh banner-mu di blog-ku, silahkan dicek yah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tak cek tapi kok gak nampak bannerku! Di urutan atas ada penghuni60, punyaku gak kliatan! ;-( it's ok tunggu punyamu tak pasang ea... :-)

      Hapus
  15. salam kenal ya... Ngabuburitnya kopdar nih ceritanya sama anak2 kecil ya.. Salam buat mimi & mbak Mugniar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal ke2nai! ^_^ iya ceritanya begitu... ;-)

      Hapus
  16. lamunannya kok keren gitu?
    mengiri saya :D
    kapan melamun dengan latar belakang tempat kami? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, musti liat sikon keluarga, tipografi, ketinggian tanah, dan strategisasi rumah mbak niq dulu baru ngelamun! :-)

      Hapus
  17. wehh.... ternyata boongan.... lain kali ikut deh kalo gitu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo begitu silahkan kirimkan data diri anda, rekening bank, slip gaji dll, hehehe *juzkidd ;-)

      Hapus
  18. siapa ya yang bakalan ngasih anak ke ente? hehehhe. hayo cari atuh.
    tapi itu agak bingung, bahasa apa ya? kayanya baru tau ane. maklum, jarang keluar dari pulau jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyari apaan, sob!

      yg ma mimi bahasa minang, yg ma bu mugniar bahasa makasar. Hehege... :-D

      Hapus
  19. hahaha, emang asik ya kalo buka puasa sambil ngumpul bareng.
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt! Hehehe, emang asyik Sob! ;-)

      Hapus
  20. kumpul-kumpulnya seru banegt yah kayaknya :)

    BalasHapus
  21. Menunggu maghrib sambil tebak-tebakan.... rame, akrab, asyik

    BalasHapus
  22. hadir dimari lagi ah :D

    BalasHapus
  23. kunjungan pertama kalinya

    BalasHapus
  24. menyimak terlebih dahulu, udah bolong berapa kali bang puasanya :p

    BalasHapus
  25. tampaknya sangat mengasyikan yah :)

    BalasHapus
  26. kang eksak itu paling ganteng sedunia,,,,

    Tapi sayang gk ada yg tau,, wkkkwkk,, (heureuy ah,,)

    Memang pendidikan seperti ini harus kembali digalakan, mengingat jaman yang sudah eddan sekarang, anak-anak lebih hapal pemain sinetron/personil band daripada keluarga Rasulullah saw,, Sahabat-sahabat ra.,,, bahkan bnyk yang lebih hafal lagu peterpan,, aramda,, dlll,, tp jika disuruh baca shalawat,, bnyk yg diam,,

    Hmmm,,,

    BalasHapus
  27. mas.. saya ada pertanyaan nih mas.. menurut yang saya baca di wikipedia.. keluarga inti dari sahabat Ali itu termasuk keluarga besar ya mas.. istri 8 atau 9 saya lupa dengan 36 anak.. lalu bagaimana beliau berlaku adil dalam mengurus keluarganya tersebut mas.. soalnya yang saya tahu.. beliau termasuk orang yang tingkat zuhudnya tinggi.. sama dengan para khalifah sebelumnya ;( terimakasih atas bimbinganya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.... ane gak paham, sob!! masih belajar nih...

      Hapus
  28. Pasti semua aneka es itu dibeli mimi di pasar. mimi kan cuma bisa masak air putih doang :D

    BalasHapus
  29. Seru juga ya kalo bisa ketemuan Eksak dan Mimi :D
    Maaf baru main ke mari ya ... met lebaran... maaf lahir batin :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita ABG | Pendidikan Seks

BTW, Apa Sich Arti CMIIW, FYI, IMHO & LOL?

Belajar Bahasa Minang

Ayat-Ayat Teleportasi

Cerita Anak SMP | Bag. III: Geng