Wednesday, August 1, 2012

Nothing Like Ramadhan 2 | Futural

"Assalamu 'alaikum, mate! How are you going?", sapa Alef, pemuda asal Maroko yang juga ngekost di tempat Opah Nediyah.
"Wa 'alaikum salam, Al! 'em fine! How are you? What's happen?", jawab gue nyalamin Alef dan ngasih pelukan kecil buat temen lama.
"Mrs. Nediyah's passed away ba'da ashar after said u will come today!", jawab Alef dengan raut muka berkabung.

"Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un...", gue tercekat.

Cepet-cepet gue berlari ke dalam rumah. Ternyata Zalfa udah ada di samping pembaringan. Bibirnya bergetar ngebaca penggal demi penggal do'a jenazah. Diusapnya aliran bening yang hampir jatuh. Dia tau jangan ampe duka itu ngerusak senyum sang jenazah. Cuma bacaan yang terus aja ngalir, coba ngeredam isak tangis yang percuma. Gue pun duduk di belakang Zalfa. Haru dan pilu berbaur jadi satu.

"Sembahyang Maghrib dulu, Fa!", bisik gue ke Zalfa.

Zalfa cuma ngangguk. Trus bangkit dan menuju tempat sholat. Tamu terus saja datang dan ngedoain Opah Nediyah. Begitu erat persaudaraan Islam di benua yang muslimnya minoritas ini. Lagi-lagi gue terharu.

Bakda Isya' gue ama kedua temen gue meluncur ke Tobin Brother Funeral, Kingston, tempat pemandian jenazah. Emang sesuai peraturan di Australia, gak diijinin buat mandiin jenazah di rumah sendiri, bahkan ngebawa pulang jenazah ke rumah pun mesti pake prosedur dan pengawasan yang ketat, karna terkait ama masalah kesehatan lingkungan. Di depan Tobin Brother Funeral udah nungguin beberapa orang tetangga termasuk Zalfa. Proses pemandian dipimpin ama salah seorang ulama dari Indonesia yang udah jadi Permanent Resident Australia. Proses pemandian selesai jam 9 malem waktu Canberra. Abis dikafanin, jenazah kemudian di bawa pulang ke Yaralumla buat disholatin di Abu Bakar Mosque.

Salah satu dari tiga hal yang harus disesegerain dalam Islam. Yaitu mayit yang harus segera dikuburkan. So, malam itu juga jenazah Opah Nediyah dimakamkan.

Jam 9 pagi waktu Aussie, 5°C.

Gue pandangin pohon-pohon meranggas dari balik kaca jendela mobil di sepanjang perjalanan Canberra - Sydney.

"Ah... Dunia emang sekedar tempat singgah sekejap."
, gumam gue dalam hati.

Ketika kita ditanya, "Apakah elo takut mati?" sebagian besar ngejawab, "Gak takut!" dengan alasan Kullu nafsin dza-iqotul maut, dan kita bener-bener gak bisa lepas dari bayang kematian. Tapi kita ngesampingin bekal. Udah cukupkah bekal kita? Gue malah bergidik ngeri kalo inget mati, sedang gue gak punya bekal apa-apa. Lain kalo bekal gak jadi prioritas, biar Izroil nyabut nyawa gue lebih cepet daripada orang-orang tercinta dalam hidup gue. Karna berada di samping jasad mereka itu lebih sedih daripada kalo gue sendiri yang yang berbaring di posisi mereka. Gue bakal gak berdaya ngelepas kepergian mereka. Karna ditinggal itu lebih sakit daripada meninggalkan!

Gue di samping Alef yang lagi nyetir. Menerobos jalanan lengang batas kota Canberra. Zalfa di belakang, tampak khusyuk dengan Qur'an kecil bercover hijaunya. Melantunkan ayat-ayat kebesaran Sang Penentu Segala.

Bandara Sydney, 6°C

"eks! Kalo ade luang, mainlah ke KL!"
, kata Zalfa di ruang tunggu Bandara.
"Atau kau yang main ke Jakarta!", balas gue cepet.

Gue dan Zalfa tertawa. Memecah kebosanan gara-gara flight yang delayed. Zalfa harus pulang ke KL atas bujukan Pak Ciknya. Ngelanjutin keasingan di negeri asalnya. Gue? Gue balik ajalah ke tanah air tercinta. Ngabisin Ramadhan di sela senyum semangat Bapak, Emak dan adik-adik gue.

"Ade sesuatu yang kau perlu tau, eks!", kata Zalfa sembari megang kedua telapak tangan gue.
"Ya... Apa itu, Fa?", tanya gue tertegun ngerasain sentuhan tangan itu.
"Bolehlah kau beri aku bahagie, eks! Kerna aku dah lame aku memendam rasa cinte padamu.", kata-kata Zalfa berdistorsi ama suara pengumuman flight Sydney - KL dan gemuruh calon penumpang yang berebut ke arah pintu masuk.
"Hahh? Ape cakap kau tu? Tak dengar akak kau ni!", kata gue ngerasin suara ampe kedengeran menjerit.
"Zalfa sayang eksak!", balas Zalfa menjerit juga sambil mengemasi barang bawaannya.
"Apa Zalfa?!", tanya gue lagi sambil ngebantu Zalfa membawa barang-barangnya. Masih bergelut ama suasana riuh bandara menjelang flight.

Astaghfirullah! Sahur apa gue semalem di Jabal Halal Market? Ampe budeg begini. Zalfa gak bisa lagi ngulangin kata-katanya. Dia udah hanyut dalam kerumunan penumpang ke arah tangga pesawat. Cuma seulas senyum dan lambaian tangan yang samar gue liat. Gue nyesel. Terpaku di ruang tunggu. Ada sesuatu yang gue gak tau. Hampir tau tapi ternyata Allah belum ngijinin. Gue tersenyum tanpa Zalfa. Tinggal nungguin jatah flight gue. Gak ampe di sini aja. Karna masih banyak penantian-penantian lain di depan sana.

Nothing Like Ramadhan 3 | Wassalaam.


44 comments:

  1. ...ngunyah petromaxxxxxx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak? Cuti puasa, Mi? Kalo gitu mari kita bersulang! *tuang mimi lemon ke gelas#

      bhahaha

      Delete
  2. jadi critanya dah balik ke indo nii ???

    lanjot crita berkelana keliling Indonesia Sak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya aussie di indonesia ya mi?

      Delete
    2. Mimi: iyo ni, mi! Tunggu akak balik ka jambi yo, Mi! :-*

      Ocha: biar mimi yg jwb ya, oc! :-P

      Delete
  3. saya mampir ke sini sob.. sambil baca kisah.. :D

    ReplyDelete
  4. . . widichhhhhhhhhhhhh,, tu cewek menyatakan cinta nya itu beneran ato bo'onk'n nich?!? he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, tanya aja ke dia! ;-) emg lu gk pernah shot first, pie? :-/

      Delete
    2. vpie tuh orangnya pemalu sob.. hehehe.. :D

      Delete
    3. Hahe, itu kan ngakunya dia sob! *piss, pi!#

      Delete
    4. . . ngawur 'sak ' ini. aq tuch emank pemalu kale. maksud nya lebih ke arah malu^n. he..86x . .

      Delete
    5. Tuh kan ngaku lagi! Bhahaha

      Delete
    6. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. .

      Delete
    7. Ckckck... Gak laper, ngakak mulu?! Huhuhu

      Delete
    8. Ada bakso, nih! Gak pengen? Hohoho

      Delete
    9. . . pengeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnn,, he..86x . .

      Delete
    10. Buuuuuu.... #nyorakin :-P

      Delete
    11. . . jiachhhh,, pake sorak^ bergembira segala. he..86x. biasa aja kale sak klo ketemu aq. he..86x . .

      Delete
  5. hadir kesini sobat untuk baca-baca...

    wehhh,, cewek menyataka cinta,, kapan yah saya mengelamin itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali anda datang kemari, sodara! Karna kami akan membuat anda ditembak cewek dalam waktu 2 X 24 jam! #bhahaha, ini bo'onk

      Delete
  6. fiksi lagi pasti nih kang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kok tau?

      *karna kau telah memiksi-miksikan hatiku!#

      ...aw... Aw... Aw...

      Delete
  7. Bang eksak, nagmbil nama-nama tokoh kok keren-keren banget yah..
    Subhanallah yaa imajinasinya *salut* \^0^/ hihihi --> fiksi kan yaa bang?

    Lain kali jangan budeg ya bang.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoha, makasih GIA ---> gue kapital dan gue bold nama elu dalam hati gue! *hasyeek#

      kalo budeg mah gak piksi gak asli, juga udah bakatnya! *nyaingin H. Bolot#

      Delete
  8. oalah ternyata si zalfa suka sama kau bang ? seperti cerita di sinetron :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahe, para penonton setuju kan kalo gue jadian ama zalfa? *polling sinetron# ;-)

      Delete
    2. setuju2 saja ane mah selama dia baik, tapi ada hadiahnya kagak :ppppp

      Delete
    3. Hehehe, makasih udah berpartisipasi di polling, sob! Suara ente, ane tampung dulu! Hadiahnya kagak ada! ;-)

      Delete
  9. Mampir sini, baca-baca
    Salam sahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, sahabat!
      Salaam... :-)

      Delete
  10. @Ocha,,yaelah Ocha ga tau yak,,Aussie itu pan Agak Ujung Ssiekit dari jakarta alias Bekasi hihihi

    #numpang ngerumpi ya Sak :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. *pura2 gak denger *risiko cowok ganteng yg slalu dirumpiin ama ibu2 komplek dan sekitarnya# :-D

      Delete
  11. weiiii... ada kisah cintanya juga. seru sepertinya, ehm... budaya dan iklim ke sehatan di sana sampe segitunya ya. bagus lah, kita yang minoritas jadi harus ikut. ehm, jadi tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kisah cinta jadi2an, sob! Huhuhu, walopun minor yg pnting kita tetep eksis! ^_^

      Delete
  12. Izin nyimak aja ya sobb ??

    ReplyDelete
  13. Salam untuk Zalfa...
    Salam kangen... #loh?! wekekek...

    Salfa anak mana sih, Kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah ke Kendal lum si Zalfa?... Kan bagus tuh Malaysia-Indonesia :D

      Delete
    2. Bhahaha, entar gue sampein salam smpyan, kang! Cah kene omahe kono ae, kok! Hehehe

      ke kendal? Ke hatiku malahan! Bwahahaha

      Delete
  14. dari duka menuju bahagia,,kisah yang penuh makna,,,ditunggu penantian-penantian selanjutnya kawan :)

    ReplyDelete