Wednesday, July 18, 2012

Gue Dan Sahabat



Assalaamu 'alaikum, Sobat! Besok atau lusa kita bakal kedatengan sahabat. Say welcome padanya! Qul marhaban padanya! Sahabat yang setiap tahun selalu nyempetin diri ngunjungin kita, tapi kadang kita cuek bebek nyambut dia. Sahabat yang nawarin bisnis dengan profit berlipat, tapi malah sering gitu aja terlewat.

Gue inget pertama kali kenal dia. Waktu itu gue masih kelas 3 SD. Dari Guru PAI gue yang humoris dan Buku Kegiatan Ramadhan yang dibagiin ama pihak sekolah. Puasa centang [V], gak puasa silang [X]. Terawih centang [V], gak terawih silang [X]. Begitu seterusnya selama sebulan penuh. Gue dkk diwajibin ngisi buku itu, dengan instruksi abis lebaran dikumpulin dan isi buku itu bakal ngaruh ke hasil raport caturwulan. Dengan bermodal niat puasa yang gue apalin, setiap waktu sahur gue baca lafadz itu keras-keras ampe nenek gue marah-marah. Beliau bilang, "Niat tuh cukup di dalam hati atau dilafadzkan tapi cukup kita sendiri yang denger!"

Yah, namanya anak-anak! Kadang puasa, kadang enggak. Gak puasa ngakunya puasa. Ikutan sahur, tapi sarapan pagi juga, sekalian buka puasa. Bhahaha, tapi buat terawihnya gue gak pernah absen, sob! Senengnya mushola selalu ramai, karna banyak jajan dan makanan. ;-)

Tahun-tahun berikutnya gue mulai full puasanya. Malah kadang jarang tidur di rumah. Tidur di mushola ama temen-temen, bangunin orang buat sahur keliling kampung. Pake kentongan, jerigen, baskom, ember dsb. ;-) Saat itu buat gue dkk sebaya, apalagi yang ditunggu selain lebaran? Malemnya gue dkk keliling kampung bawa obor sambil bersorak takbir dan takbir. Paginya, Baju baru, celana baru, sandal baru, maen mercon, berkunjung ke orang-orang di kampung, makan ini itu, dsb.

Masa-masa SMP gak beda jauh ama SD! Monoton, tapi gue selalu suka kedatengan sahabat kita yang satu ini. Dan selalu itang-itung lebarannya kurang berapa hari? Walopun baru aja puasa sehari, gue udah bilang ke temen-temen, "Lebarannya kurang 29 hari lagi!" bhahaha :-D

Beranjak SMA, gue mulai ngerti apa arti sahabat! Ketika dia dateng, gue gak mau dia pergi. Ketika dia pergi, gue selalu ngarep dia cepet kembali. Bisa dibilang isi Ramadhan dari tahun ke tahun lebih berbobot. Bersamanya gue ngabisin bulan buat ngaji kitab kuning. Kita menyebutnya, "Pasanan". Kalo ada kerjaan di sawah ya gue bantu ortu sambil ngaji di majlis-majlis kampung. Kalo gak ada kerjaan ya gue luar kota. Buat nimba ilmu lebih dalam. Kadang ke Rembang, Pati, kadang juga ke Kediri dll.

Lebaran juga gak berasa gegap gempita kayak tahun-tahun sebelumnya. Gak ada lagi yang baru-baru, petasan, ya paling cuma silaturahm yang gak bakal kelewat. Tapi masih galau, maap-maapan kok cuma pas lebaran aja? Ya, lah daripada gak sama sekali! :-)

Dan kini...
Ketika gue lepas masa anak-anak itu
Gegap gempitamu tertutup kelap-kelip dunia
Datang dan pergimu berasa biasa saja

Pastinya iman gue yang mulai tererosi
Oleh slip gaji dan mimpi yang gak pasti

Sahabat, maapin gue...
Masih maukah Elo nerima gue?
Kayak dulu pertama kenal Elo di kelas 3 SD ?


Yah, dari dulu beginilah hidup! Kadang dekat, kadang jauh. Kadang taat, kadang khianat. Semoga kedatengan Sahabat kita kali ini, kita bisa ngejamu dia semaksimal mungkin. Atau anggaplah ini kedatengan dia yang terakhir, biar tumbuh kesungguhan kita dalam ngejalanin program-program yang diberikan! Aamiin...

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam...



64 comments:

  1. yaah beginilah hidup =D

    Selamat menunaikan ibadah puasa \^,^/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat juga bua GIA, ea... ^_^

      Delete
  2. gue maafin sak, jangan di ulangi lagi ya. heheh. masa romadon adalah masa yang paling indah, terutama lagi anak anak, ane juuga ngalmin. klo ud dewasa, lebih terbatas dah, masa mau kya gitu juga. ntar di kira tua tua keladi, makin tua makin jadi.. heeheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya, sob! Suerr! Gak bakal gue ulangin, deh! Hehehe...

      Delete
    2. hahah. bagus lah :D hahaha. bisa aja ente.

      Delete
    3. Hehe, met puasa aja ea... ^_^

      Delete
  3. bener kata lagi ya, masa yang paling idah adalah masa kanak kanak. heheh. maafin saya juga ya sob. walau saya baru kesini, tapi ya sama sama memaafkan lah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, sob! Sama2 ya sob! Walo kita gak salaman yg penting kita berteman dan maap2an! ;-)

      Delete
  4. maafin gw juga yak, sebentar lagi semua yang di atas bakalan di ulang meski dalam bentuk tubuh yang berbeda 'bukan anak-anak' dan ke masjid bukan cuma gara-gara jajanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, zay! Mau ngapain kita di dunia kalo gak saling memaapkan? Jadi inget masa kecil... Hiks

      Delete
  5. iye..iye.....ane maapin...udah donk jgn mewek gitu..heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks... Hiks... Makasih ya, Cii... #terharu

      Delete
  6. smg semangat kita dlm beribadah lbh baik lg dr ramadhan tahun2 kemarin..,Aamiin.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Maapin gue kalo ada salah kata, ya sob! :-)

      Delete
    2. sama2 sob.., gw jg minta maap klo ada salah kata... *smile

      Delete
    3. Innallaha ma'anaa... *smile

      Delete
  7. sebelum gue maaf'in elo, gue juga mo say "met nyambut Bulan Ramadhan"... and mohon maaf juga kalo selama ini kita gak pernah ketemu langsung, saling bertatap muka and bertegur sapa sambil minum kopi heheheee...
    selanjutnya...gue maaf'in elo dahhh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, paling gak karna kita cuma beraktivitas via teks, mungkin ada salah kata, kurangnya tanda baca, nyinggung, nyakitin, dsb. ;-)

      makasih dah maapin gue, Bung! B-)

      Delete
  8. semoga Ramadhan ini kita untung besar ya sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Maapin gue ya, Mon! Kalo kadang kata2 gue nyakitin, nyinggung elo atau bikin keki, baek yang elo tau atau yg elo gak tau... ;-)

      Delete
  9. Pastinya iman gue yang mulai
    tererosi
    Oleh slip gaji dan mimpi yang gak
    pasti

    pletakkk!!? berasa di lempar ulekan oleh Tuhan...mf kan eksak ya Allah :'(

    ehh..iya. mimi perlu ga ya minta maaf zugaaa ??
    tapi yg jelas Eksak adalah anak Mimi yg plg soleh, smart walau agak sedikit pelit bhuahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimi gak perlu minta maap, eksak kok yg banyak salah! Pelit? #jederrr #ksamber cewek

      Mimi minta apa, deh? Yg penting Mimi mao maapin eksak! :-)

      Delete
    2. gombal apa nyogok lo sob???, hahaa :P))

      Delete
    3. Berbuat kebajikan, Mon! Bhahaha

      Delete
  10. hah!! beneran ya...mimi pgn bgd punya mobil yg pintunya bisa naek entuh...pgn bgd punya kamera yg monyong entuh...pgn bgd jalan jalan gratis ke jakarta gituh..pgn bgd liat idola mimi di korea lbh dekat...pengen ..pengen...pengen...

    #dilempar botol trus siuman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaaammm... Inget, Mi! Bulan puasa! Ngepet gue libur! Gue dah insap... Ckckck

      Delete
  11. Anonymous19/7/12 10:21

    Marhaban ya Ramdahan.. :)
    suasananye udeh berase banget nih, kagak terlalu panas adem gitu ati Nay jadi ikutan adem :)

    Maafin Nay juga ye, maaf kalo ada salah kata ame candaan Nay.. nyok.. kite sambut sahabat kite dengan senyum paling manis ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah, nay! Emang snyum elu paling manis dah, ah...
      Iye, maapin gue juga ya, Nay! ;-)

      Delete
  12. slmt menunaikan ibdah puasa sob :D

    ReplyDelete
  13. mudah2an Ramadhan kali ini ga cuma numpang lewat ya.. ayoo itikaf lagii kaya duluu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Hayyukkk...! :-)

      Delete
  14. Yuhuuuu..... eni badi hom?

    Kang, kalo gue bikin jengkel, mangkel en dongkol ama elo selama ini, dimaapin eaaa. Awas kalo kagak *ngasah pedang* :D

    Happy Ramadhan, Cah Baguuus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Iya... #eh, pedang lu harga brp? :-P maapin gue juga ya, kang! Bubar yuk bubar...

      Delete
  15. sy datang hanya brharap maap darIMU sob atas sekian bnyak salah yg qlakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, sob! Maapin ane juga ya, kang! ;-( #terharu

      Delete
  16. cuma sedikit heran... "tidur di mushola ama temen-temen, bangunin orang buat sahur keliling kampung." Ah, gimana mau bangunin orang sekampung kalo kamunya tidur di mushola... -__-

    ohya, aku minta maaf ya kalo selama ini ada salah-salah kata, mohon maaf lahir batin, selamat berpuasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ochaaa... Kamu tuh bukan heran tapi protes! Ya, bangun sendiri dulu lah, baru bangunin org sahur! Gitu aja kok repot? Bhahaha

      sama2, cha... B-)

      Delete
  17. saya sangat merindui ramadhan.. sebuah bulan yang dulu juga membuat saya menangis terpingkal pingkal ketika saya shalat tahajjud, untuk berdoa agar masuk perguruan tinggi favorit.. dan alhamdulillah itu berhasil.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiye... Ada maunya tuh! Gimana Ramadhan kali ini? Ada yg lebih bikin nangis slaen ngarep nikmat surga? :-)

      Delete
  18. Eksak, sy juga datang buat minta maap jika ada salah2 kata yang tdk berkenan di hati, smoga Allah melancarkan ibadah kita di bulan penuh berkah ini. Aamin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Makasih, Nhis! Dah berkenan hadir skedar memberi maap buat gue ini! Barokallahu fiik... ^_^

      Delete
  19. deuh tulisan teh mni asa nyindiran sorangan euy,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dihayangkeun hampura we mun aya nu kasindir, Kang! Hehehe

      Delete
  20. . . waduch,, lagi buka buku harian nich. sampe dimasa kecil pun tak luput untuk di buka. he..86x. smoga aja ya bulan ramadhan ini kita menjalankan dengan ikhlas dan dapet hikmah nya n yang lebih penting kata blog tetangga smoga puasa yg akan kita jalanin ini puasa yg bener^ dech. trz jangan asal centang^ aja kayak waktu itu. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, phie! Tp smpe skarang juga masih nyentang, cuma namanya aja ganti contreng, gak nyoblos lagi! Hehehe, inget cagub yg ada patil lelenya ea... Bhahaha

      Delete
    2. . . kalo disini c bilangnya coblos kumisnya. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. .

      Delete
    3. Wah! Bisa jadi tren tuh kumis! Gak cowok gak cewek bakal pake kumis, tuh! Bhahaha

      Delete
    4. . . enak aja. aq gak pake kumis ya. huhh . .

      Delete
    5. Gak ngikutin trend, dong? Udah pake aja! Bhahaha

      Delete
  21. tetap semangat aja gan ! :D

    ReplyDelete
  22. Selamat menunaikan ibadah puasa ya kang slamet....
    :D

    kalo 3 tahun yang lalu, ada sosok kang slamet yang bangunin aku, sahur.. Kalo tahun ini, yang bangunin aku sahur, bapak dan ibuku..
    Hihihi...
    Lhaa pie jal?? Wong bojoku nug Semarang :(

    ReplyDelete
  23. waalaikumsalam, maaf diterima dan memaafkan...selamat menyambut bulan suci Ramadhan..mohon maaf lahir batin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sob! Mari kita sambut Ramadhan dg sukacita! :-)

      Delete
  24. semoga Ramadhan kali ini lebih berkah. Kita semua mendapatkan Rahmat dan Ampunannya dan selalu bersyukur masih bisa dipertemukan kembali dengan Ramadhan yang selalu dinanti ini, Alhamdulillah :) <-- Amin Ya Rabbal Alamin....

    ternyata pernah ngaji kitab kuning juga ya dirimu sob? :D

    met berpuasa yaaa, mohon maaf lahir dan batin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Al, gmn punya kbr? Puasa hari nie? Kitab kuning? Hehehe

      Delete
    2. Alhamdulillah, kabarku sip-sip aja... Kitab Kuning? belum.. hehe

      Delete
    3. Hah?! Apanya yang belum?

      Delete